Salah satu dari bangunan paling misterius di Timur Tengah adalah monumen megalitik prasejarah yang terabaikan selama berabad-abad di Dataran Tinggi Golan, mungkin karena itu tidak terlihat dari darat, namun hanya dapat terlihat jelas dari udara. Dikenal sebagai Rujm el-Hiri dalam bahasa Arab, artinya “tumpukan batu kucing liar”, kompleks ini memiliki lima lingkaran konsentris, dan yang paling besar lebarnya lebih dari 152 meter, dan sebuah ruang kuburan besar di tengah-tengahnya. Nama Ibraninya Gilgal Rephaim, atau “roda raksasa”, merujuk kepada ras raksasa kuno yang disebutkan dalam Alkitab. Ada bukti kuat bahwa raksasa dalam Alkitab atau Rephaim yang tercatat di Kitab Suci adalah arsitek Lingkaran Rephaim.

Dan pada tahun yang keempat belas, Kedorlaomer dan raja-raja yang bersamanya datang dan memukul orang Rephaim di Ashtherot-Karnaim, dan orang Zuzim di Ham, dan orang Emim di Shaweh-Kiryataim… Kejadian 14:5

israel-map4

Dalam Kejadian 14:5, “Orang Rephaim menghuni daerah yang disebut Ashtherot-Karnaim. Berjarak sepuluh mil dari Lingkaran Rephaim ini terletak situs kota kuno Kanaan yang disebut Ashtherot.”

…dan daerah perbatasan Og, raja Basan, dari sisa orang raksasa, yang tinggal di daerah Ashtarot dan di Edrei… Yosua 12:4

Dalam Yosua 12:4, “Raja Og dari Bashan, yang terakhir dari orang Rephaim, yang hidup di Ashtarot… memerintah suatu wilayah yang membentang mulai dari Gunung Hermon di utara.

Kepada anak-anak Gersom: Dari kaum setengah suku Manashe: Golan di Basan dengan padangnya; dan Astarot dengan padangnya. 1 Tawarikh 6:71

Dalam 1 Tawarikh 6:71, kita diberitahu bahwa setengah suku Manasseh belakangan menghuni “Golan” di Bashan. Gambaran paling jelas mengenai ukuran orang Bashan ditemukan dalam Ulangan 3:11.

Sebab hanya Og, raja Basan, yang tinggal hidup dari sisa-sisa manusia raksasa. Lihatlah ranjangnya adalah ranjang dari besi; bukankah itu masih ada di kota Rabbah bani Amon? Sembilan hasta panjangnya dan empat hasta lebarnya, menurut hasta manusia biasa.” Ulangan 3:11

“Ranjang besi Raja Og disimpan di Rabbah… dan berukuran 9 hasta panjangnya dan 4 hasta lebarnya.” (1 hasta=0,4572 meter) Orang Rephaim adalah suku yang sangat besar dan kuat, sama tingginya dengan Anakim (orang Enak, raksasa).

Dalam Tawarikh 20, orang Enak terakhir dibunuh.

Dan terjadi lagi peperangan di Gath; dan di sana ada seorang yang tinggi perawakannya, yang tangan dan kakinya masing-masing berjari enam, jadi jumlahnya dua puluh empat; ia juga lahir dari raksasa. Dan dia mengutuk orang Israel. Maka Yonatan anak Simea, saudara Daud, membunuhnya. Mereka semua lahir dari raksasa di Gath; dan mereka tewas oleh tangan Daud dan oleh tangan hamba-hambanya. 1 Tawarikh 20:6-8

Perhatikan di sini juga, bahwa dia adalah putra seorang raksasa, seorang Elouid.

gilgal-700-ok
Foto udara menunjukkan ‘Rujm al-Hiri’, struktur kuno lingkaran batu, ditemukan di Dataran Tinggi Golan. Itu terletak 16 kilometer sebelah timur pantai timur Laut Galilea.

Pola lingkaran batu ini ditemukan oleh arkeolog yang sedang mempelajari survei udara Dataran Tinggi Golan setelah perang tahun 1967. Dataran Tinggi Golan, yang namanya dikenal dari Kitab Suci sebagai kota pengungsian Golan di Bashan (Ulangan 4:43, Yosua 20:8), adalah daerah perbukitan menghadap ke atas lembah Sungai Yordan di barat.

Usianya lebih dari 5000 tahun, menurut estimasi terkini, menjadikannya sezaman dengan situs Stonehenge di Inggris. Tidak seperti monumen Stonehenge yang lebih terkenal yang didirikan dari sekitar 100 batu raksasa yang beratapkan palang, struktur batu Golan terbuat dari tumpukan ribuan batu-batu basalt yang lebih kecil yang keseluruhannya mencapai berat lebih dari 40.000 ton.

stonehenge-7
Monumen Stonehenge di Inggris

“Itu situs yang menimbulkan teka-teki. Kami hanya punya sedikit informasi, tapi bukan gambaran keseluruhan,” kata Uri Berger, ahli makam megalitik di Otoritas Kepurbakalaan Israel. “Ilmuwan datang dan takjub akan ukurannya dan merumuskan teori mereka sendiri-sendiri.”

“Tidak ada yang tahu siapa yang membangunnya,” katanya. Beberapa orang berpikir itu mungkin peradaban nomadic yang mendiami daerah tersebut, tapi itu akan membutuhkan dukungan jaringan yang sangat besar yang tidak mungkin didapat dari sekelilingnya.

“Ada kemungkinan astrologi yang signifikan. Pada hari terpendek dan terpanjang dalam setahun – titik balik matahari bulan Juni dan Desember – matahari terbit segaris dengan celah pada monumen batu itu,” katanya.

Berdiri di tanah di dalam kompleks, itu nampak seperti labirin dari tumpukan dinding batu yang ditumbuhi rerumputan. Dari atas gundukan makam setinggi lima meter, dimungkinkan untuk melihat pola lingkaran. Hanya dari udara bentuk impresif dari lingkaran konsentris ini benar-benar terlihat jelas.

“Pecahan tembikar dan peralatan batu api ditemukan di berbagai penggalian cukup menolong penentuan penanggalan situs ini,” kata Berger. Ilmuwan secara umum setuju bahwa konstruksi ini dimulai sejak awal 3500 SM dan bagian-bagian lain mungkin ditambahkan hingga lebih dari kira-kira 2000 tahun. Kompleks ini ada di daerah  yang sekarang digunakan untuk latihan militer Israel, namun pengunjung dapat mengeksplorasi dinding-dinding ini dan merangkak ke dalam ruang makam sepanjang 6 meter pada akhir minggu atau hari liburan.

Baca juga:

Geografi Paranormal Tanah Israel: Pusat Peperangan Gelap Melawan Terang

Referensi:

Mystery Of The Pre-Adamic Didanum Race: Giants Who Were Ancestors Of The Nephilim and Rephaim

‘Wheel Of Giants’ And Mysterious Complex Of Circles – Prehistoric “Stonehenge” Monument In The Middle East

‘Stonehenge’ of the Golan Heights Fuels Ancient Mystery

Iklan