Enam belas tahun lalu, film kartun The Simpsons meramalkan bahwa Donald Trump akan menjadi Presiden Amerika Serikat. Hari Rabu 9 Oktober 2016 kemarin prediksi ini menjadi kenyataan.

Dalam episode “Bart to the Future,” yang aslinya ditayangkan pada bulan Maret 2000, Lisa Simpson memerankan posisi sebagai presiden AS yang ditugasi untuk memulihkan keamanan dan memperbaiki kondisi negara yang dalam tayangan itu digambarkan “mewarisi kehancuran” yang ditinggalkan oleh pendahulunya, tokoh fiksi Presiden Trump. Dalam film kartun ini, pemerintahan Presiden Trump menyebabkan keuangan negara dalam kondisi “gawat” yang akhirnya membuat bangkrut negara itu.

Dalam klip pertama digambarkan Lisa Simpson sedang duduk di Oval Office dikelilingi oleh para penasihat.

lisa-simpson-oval-office-2

“Kita mewarisi kondisi keuangan yang genting dari Presiden Trump,” katanya.

“Seberapa burukkah Sekretaris van Houten?”

simpson-america-broke

Stafnya menunjukkan grafik bahwa negara Amerika Serikat bangkrut karena pendahulunya.

Penulis episode Simpsons, Dan Greaney mengatakan kepada Hollywood Reporter bulan Maret lalu bahwa episode ini dimaksudkan sebagai “peringatan kepada Amerika.”

“Itu seperti perhentian logis terakhir sebelum menekan tombol. Ini ditayangkan karena ini konsisten dengan visi Amerika yang menjadi gila,” katanya.

Film kartun The Simpsons menyimpan rahasia ‘gelap yang menyeramkan’ akan kemampuannya meramalkan masa depan. Enam tahun lalu film ini memprediksi Bengt Holmström dari MIT akan memenangkan Hadiah Nobel untuk Ekonomi tahun 2016, dan itu terjadi. Mereka meramalkan serangan harimau kepada Siegfried dan Roy, membantu merancang iPhone, memprediksi kemunculan Apple Watch, meramalkan bahwa Rolling Stones masih akan mengadakan tour di tahun 2016, juga meramalkan Serangan Teroris ke Gedung WTC 11 September.

Berikut tayangan video lengkapnya:

Referensi:

The All-Seeing Simpsons Predicted Donald Trump’s Presidency in 2000

The Simpsons predicted President Trump 16 years ago as ‘a warning to America it was going insane’

D’OH-NALD TRUMP The Simpsons correctly predicted a Donald Trump would be President 16 years ago in an episode set in the near future

‘Trump was the placeholder joke name… and that’s still true’: The Simpsons predicted Donald would become US President 16 years ago

Iklan