Kesengsaraan Yeshua haMashiach atau Yesus Kristus secara khusus adalah peristiwa paling bersejarah yang pernah disaksikan oleh seluruh ciptaan Elohim. Kitab Suci mengatakan kepada kita bahwa jauh sebelum dasar bumi diletakkan, Elohim telah merencanakan bahwa peristiwa penyaliban Yeshua haMashiach atau Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan dan pembayaran bagi dosa – satu-satunya pembayaran yang akan memperdamaikan seorang pendosa kepada Elohim yang Maha Kudus dan Kasih.

1Petrus 1:18-20 Dengan mengetahui, bahwa kamu sudah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia, yang diwariskan oleh leluhurmu, bukan dengan barang yang fana, perak ataupun emas, melainkan dengan darah yang mahal, bagaikan anak domba yang tanpa cacat dan tanpa noda, yaitu Kristus, yang memang telah diketahui terlebih dahulu sebelum permulaan dunia, tetapi baru dinyatakan pada masa yang terakhir bagi kamu (ILT)

Dalam bahasa Ibrani, Yeshua artinya keselamatan. Nama Yeshua berasal dari akar kata bahasa Ibrani Yahushua (disingkat Yeshua atau Yosua), artinya: Yahweh adalah keselamatan.

Nama Yeshua diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi Iesous, artinya sama dengan Yeshua: Yahweh adalah keselamatan. Nama Iesous ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Jesus (bahasa Indonesia: Yesus). Jadi nama Yesus bukan berasal dari nama Zeus (dewa Yunani).

Mashiach artinya: yang diurapi (=bahasa Yunani: Christos; atau Kristus: yang diurapi).

Sepanjang sejarah, Elohim menyediakan bagi kita suatu peta jalan. Dia menyatakan berbagai tanda-tanda dan syarat-syarat melalui nabi-nabi-Nya. Nabi-nabi ini berbicara tentang hal-hal yang harus diperhatikan umat manusia supaya dapat mengenali dan percaya kepada Messias. Tanda-tanda atau nubuat-nubuat ini diberikan kepada kita di dalam Perjanjian Lama. Perjanjian Lama adalah bagian dari Alkitab yang ditulis sebelum Yeshua dilahirkan. Penulisannya diselesaikan pada tahun 450 SM. Perjanjian Lama, yang ditulis ratusan tahun sebelum kelahiran Yeshua, mencatat lebih dari 300 nubuat yang digenapi oleh Yeshua sepanjang kehidupan, kematian dan kebangkitan-Nya.

Jika dihitung secara matematika, kemungkinan satu orang saja dapat memenuhi keseluruhan nubuat atau ramalan ini benar-benar hal yang luar biasa dan sangat mustahil.

Hukum Probabilitas

Dalam ilmu matematika, ada bidang studi ilmu statistik, yang mencakup teori dan Hukum-hukum Probabilitas Matematika. Ini bukanlah teori yang abstrak, tetapi amat sangat dapat diandalkan, sehingga perusahaan-perusahaan asuransi besar, berani mengambil resiko untuk menjamin pembayaran ganti kerugian atas suatu kematian seseorang, cacat fisik atau kerusakan/kehilangan suatu barang.

Di dalam Hukum Probabilitas ada yang dinamakan kesempatan gabungan atau kemungkinan gabungan, untuk suatu peristiwa terjadi secara berturut-turut.

Contoh:

Jika kita melempar dadu, kemungkinan muncul angka 6 adalah 1 kesempatan dari 6 kemungkinan (1:6).

Jika kita melempar 2 dadu, kemungkinan muncul angka 6 pada kedua dadu secara bersamaan, adalah 1:6 x 1:6 = 1 kesempatan dari 36 kemungkinan (1:36).

Jika kita melempar 3 dadu, kemungkinan muncul angka 6 pada ketiga dadu secara bersamaan, adalah 1:6 x 1:6 x 1:6 = 1 kesempatan dari 216 kemungkinan (1:216).

Jika kita melempar 4 dadu, kemungkinan muncul angka 6 pada keempat dadu secara bersamaan, adalah 1:6 x 1:6 x 1:6 x 1:6 = 1 kesempatan dari 1.296 kemungkinan (1:1.296).

Jika kita melempar 6 dadu, kemungkinan muncul angka 6 pada keenam dadu secara bersamaan, adalah 1:6 x 1:6 x 1:6 x 1:6 x 1:6 x 1:6 = 1 kesempatan dari 46.656 kemungkinan (1:46.646).

dadu

Dan demikian seterusnya…

Untuk membuktikan lebih jauh inspirasi dan otoritas Alkitab, kita akan melihat beberapa nubuat yang berhubungan dengan Yeshua. Serentetan nubuat ini ditulis oleh beberapa nabi Yahudi yang tinggal di tengah kelompok bangsa Yahudi, yang hidup terpisah jauh dalam kurun waktu masa seribu tahun. Nubuat-nubuat ini digenapi lebih dari lima ratus tahun setelah penulisannya. Setelah meninjau tanda-tanda bukti yang dikemukakan, Anda akan mengerti bahwa penggenapan secara akurat dari nubuat-nubuat yang berbeda-beda ini di dalam kehidupan satu orang manusia merupakan suatu hal yang sangat mustahil. Sehingga Anda patut menerima fakta bahwa penulisan Alkitab benar-benar diilhami Elohim dan bahwa Yeshua (Yesus) adalah Messias (Kristus) yang dijanjikan.

Detail-detail luar biasa dari nubuat-nubuat ini menunjukkan bahwa Alkitab adalah Firman Elohim yang diilhami. Hanya Elohim yang dapat mengetahui sebelumnya dan menggenapkan segala sesuatu yang ada tertulis mengenai Yeshua haMashiach. Keakuratan sejarah dan kebenarannya inilah yang memisahkan Alkitab dari buku-buku atau tulisan-tulisan lain mana pun yang pernah ada.

Perjanjian Baru ditulis sesudah kematian Yeshua. Arkeolog telah menemukan ribuan manuskrip Perjanjian Baru. Sebagian dari potongan-potongan manuskrip ini memiliki penanggalan kurang dari 100 tahun sesudah surat-surat aslinya ditulis. Dalam istilah keakuratan dan kepercayaan terhadap sejarah, Alkitab jauh melampaui tulisan-tulisan kuno lainnya.

Ini adalah keajaiban-keajaiban dan catatan-catatan yang dapat dipercayai tentang Firman Elohim. Elohim memberikan kita nubuat-nubuat ini untuk membangun iman kita dan menunjukkan jalan kepada Anak-Nya. Seperti dinyatakan:

1Yohanes 1:1-3  Apa yang selalu ada dari semula, yang telah kami dengarkan, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami perhatikan dan yang tangan kami telah menyentuhnya, berkenaan dengan Firman hidup, – dan hidup itu telah dinyatakan dan telah kami lihat dan sedang kami persaksikan, bahkan kami sedang memberitakan kepadamu hidup itu, yang kekal, yang selalu ada bersama Bapa dan telah dinyatakan kepada kami – apa yang telah kami lihat dan telah kami dengarkan, kami sedang memberitakannya kepada kamu, supaya kamu juga dapat memiliki persekutuan bersama kami, dan bahkan persekutuan kami itu dengan Bapa dan dengan Putra-Nya, Yesus Kristus. (ILT)

Dalam bagian ini, kita akan melihat hanya sebagian kecil dari nubuat-nubuat mengenai kehidupan dan penderitaan Yeshua. Semoga iman dan kesaksian Anda dikuatkan sementara memahami dan dapat mengerti lebih jelas bahwa Yeshua haMashiach adalah benar-benar Anak Domba Elohim, yang telah disembelih sebelum dasar bumi diletakkan.

Wahyu 13:8 …Anak Domba yang disembelih sejak permulaan dunia ini… (ILT)

Harapan saya adalah bahwa Anda tahu tanpa keraguan sedikit pun bahwa kematian dan kebangkitan-Nya adalah kurban bagi dosa-dosa kita:

1Yohanes 2:2  Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia. (TB)

Mengenai Nabi-nabi Elohim

Nabi-nabi Elohim seringkali diutus dalam sebuah misi yang berbahaya. Nabi-nabi itu harus memperingatkan umat mengenai penghakiman Elohim yang akan datang terhadap dosa. Mereka diutus untuk memanggil kembali umat-Nya kepada Elohim di dalam pertobatan dan untuk memastikan kepada mereka kasih Elohim yang tidak berkesudahan dan rancangan-Nya atas mereka.

Nubuat-nubuat yang digenapi Yesus Kristus

1. Messias akan dilahirkan di Bethlehem dari suku Yehuda

Mikha 5:2 “Namun engkau, hai Betlehem Efrata, yang kecil untuk berada di antara pasukan seribu dari Yehuda, dari padamu akan terbit bagi-Ku, Seorang yang akan menjadi pemerintah di Israel; dan yang tampilnya dari semula sejak zaman dahulu kala. (ILT)

Kejadian 49:10 Tongkat kekuasaan tidak akan beranjak dari Yehuda, dan yang menentukan hukum, dari antara kedua kakinya, sampai ketika Shilo datang, maka ketaatan bangsa-bangsa adalah kepadanya. (ILT)

Mengenai Nubuat Mikha dan Musa

Mikha (Ibrani: Mikhah atau Mikhayahu; artinya siapakah seperti Yahweh?) adalah nabi abad ke-8 SM. Dia tinggal di zaman yang sama dengan nabi Amos, Hosea dan Yesaya.

Kitab Mikha mengatakan bagaimana penghakiman Elohim akan turun atas Samaria dan Yerusalem karena dosa-dosa, dan sesudahnya, Elohim akan memberikan pembaharuan atau restorasi. Mikha menggambarkan masa depan yang luar biasa dimana kota Bethlehem akan melahirkan seorang penguasa yang lebih besar daripada Daud. Dia juga menubuatkan suatu masa dimana Yerusalem (Ibrani: Yerushalayim; artinya pengajaran damai sejahtera atau dasar damai sejahtera) akan menjadi pusat penyembahan dari seluruh dunia.

Musa (Ibrani: Mosheh; artinya ditarik/diambil dari [air]) adalah penulis Kitab Kejadian, kurang lebih 1500 tahun sebelum kelahiran Yeshua. Musa menubuatkan tongkat kerajaan akan berasal dari Yehuda.

Penggenapan

Matius 2:1-6 Dan, sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem, Yudea, pada masa pemerintahan Raja Herodes, lihatlah, orang-orang majus dari timur datang ke Yerusalem, seraya bertanya, “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang telah dilahirkan itu? Karena kami telah melihat bintang-Nya di timur dan kami datang untuk menyembah kepada-Nya.” Dan setelah mendengarnya, Raja Herodes dibuatnya gelisah, juga seisi Yerusalem bersamanya. Dan setelah mengumpulkan semua imam kepala dan para ahli kitab bangsa itu, ia meminta keterangan dari mereka di mana Mesias dilahirkan. Dan mereka berkata kepadanya, “Di Betlehem, Yudea,” karena demikianlah yang ditulis melalui seorang nabi, “Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara para pemimpin Yehuda, karena dari padamu akan tampil Dia untuk memimpin, Dialah yang akan menggembalakan umat-Ku, Israel.” (ILT)

Lukas 2:4,5,7,15 Dan Yusuf pun naik dari Galilea, dari kota Nazaret, ke Yudea, ke kota Daud yang disebut Betlehem, karena dia berasal dari keluarga dan garis keturunan Daud, untuk mendaftarkan diri bersama Maria, wanita yang telah dipertunangkan dengannya, yang sedang mengandung. …dan dia melahirkan anaknya laki-laki yang sulung. Dan dia membungkusnya dengan lampin, dan membaringkannya di dalam palungan, sebab tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Dan terjadilah, ketika para malaikat itu pergi dari mereka ke surga, dan orang-orang itu, yaitu para gembala, berkata seorang terhadap yang lain, “Sesungguhnya kita harus melintas sampai ke Betlehem dan melihat kejadian yang telah terjadi ini, yang telah YAHWEH beritahukan kepada kita.” (ILT)

Yohanes 7:42 Bukankah kitab suci telah berkata bahwa Mesias datang dari benih Daud dan dari Betlehem, desa tempat Daud tinggal?” (ILT)

2. Messias akan Dilahirkan dari seorang Perawan

Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendiri akan memberikan kepadamu sebuah tanda, lihatlah, perawan itu akan mengandung dan akan melahirkan seorang putra, dan dia akan memanggil namanya: Imanuel. (ILT)

Yesaya 9:6,7 Sebab, seorang Anak telah lahir bagi kita, seorang Putra telah diberikan kepada kita, dan pemerintahan ada di pundak-Nya, dan Nama-Nya disebut Ajaib, Penasihat, Elohim Yang Perkasa, Bapa Yang Kekal, Raja Damai. Dalam hal perluasan pemerintahan-Nya, dan dalam hal damai sejahtera, tidaklah berkesudahan, di atas takhta Daud, dan di atas kerajaan-Nya, untuk meneguhkan dan mendukungnya dengan keadilan dan kebenaran, dari sekarang sampai selamanya. Dengan kecemburuan, YAHWEH Tsebaot akan melakukannya. (ILT)

Mengenai Nubuat Yesaya

Nabi Yesaya (Ibrani: Yeshaya atau Yeshayahu; artinya: Yahweh telah menyelamatkan) hidup di Yerusalam pada abad ke-8 SM. Kitab Yesaya adalah satu dari empat kitab nubuat besar di dalam Perjanjian Lama, selain Yeremia, Yehezkiel dan Daniel.

Pasal ke-7 dari Kitab Yesaya ditulis kira-kira tahun 735 SM. Raja Ahaz memerintah di atas tahta dan Yesaya diutus dengan pesan bahwa Elohim sedang mengirimkan kepada kerajaan Yehuda suatu tanda – tanda ini adalah seorang anak yang akan disebut “Elohim beserta kita.”

Penggenapan

Matius 1:20-23 Dan dia, sementara mempertimbangkan hal ini, lihatlah, seorang malaikat YAHWEH tampak kepadanya dalam mimpi, seraya berkata, “Yusuf anak Daud, jangan takut untuk menerima Maria istrimu, karena yang dikandung di dalam dirinya adalah dari Roh Kudus. Dan dia akan melahirkan seorang Putra dan engkau akan menyebut Nama-Nya: Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Dan semuanya ini terjadi, supaya dapat menggenapi apa yang telah difirmankan oleh YAHWEH melalui seorang nabi, yang mengatakan, “Lihatlah, seorang perawan akan mengandung dan akan melahirkan seorang Putra, dan mereka akan menyebut Nama-Nya: Imanuel,” yang diterjemahkan artinya: Elohim beserta kita. (ILT)

3. Messias akan menjadi seorang Nabi seperti Musa

Ulangan 18:15 “YAHWEH, Elohimmu, akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antaramu, dari saudara-saudaramu, seorang yang seperti aku, kamu harus mendengarkan dia.” (ILT)

Mengenai Nubuat di dalam Kitab Ulangan

Ulangan 1:1 menyatakan: “Inilah perkataan-perkataan yang Musa ucapkan kepada seluruh orang Israel di seberang Yordan.” Kata-kata ini ditulis kira-kira tahun 1260 SM. Di seluruh Kitab Ulangan, Musa berbicara kepada bangsa Israel sementara mereka akan segera memasuki Tanah Perjanjian. Dia mengingatkan bangsa Israel akan perjanjian mereka dengan Elohim dan masa depan mereka yang gemilang, jika mereka taat kepada-Nya.

Penggenapan

Yohanes 7:40-42 Selanjutnya, setelah mendengarkan firman itu, banyak orang dari kerumunan orang itu berkata, “Dia ini adalah benar-benar seorang nabi!” Orang-orang lainnya berkata, “Dia ini adalah Mesias.” Namun yang lainnya berkata, “Bukan! Sebab, adakah Mesias datang dari Galilea? Bukankah kitab suci telah berkata bahwa Mesias datang dari benih Daud dan dari Betlehem, desa tempat Daud tinggal?” (ILT)

Kisah Rasul 3:20-23 Dan Dia akan mengutus Yesus Kristus yang telah diberitahukan sebelumnya kepadamu, yang seharusnyalah, surga sungguh menerimanya sampai waktu pemulihan segala sesuatu, yang tentang itu, Elohim telah mengatakan melalui mulut semua nabi-Nya yang kudus sejak dahulu kala. Sebab Musa memang berkata kepada para leluhur: YAHWEH, Elohimmu, akan membangkitkan bagimu seorang nabi seperti aku dari antara saudara-saudaramu; engkau harus mendengarkan Dia, dalam segala perkara apa saja yang Dia katakan kepadamu. Dan akan terjadi, setiap jiwa, siapa saja yang tidak mendengarkan nabi itu, ia akan dilenyapkan dari antara bangsa itu. (ILT)

4. Messias akan Dicobai oleh Satan

Mazmur 91:10-12 Malapetaka tidak akan menimpa engkau, dan tulah tidak akan mendekati kemahmu. Sebab Dia akan memerintahkan para malaikat-Nya kepadamu, untuk menjaga engkau di sepanjang jalanmu. Mereka akan menatang engkau di tangannya, supaya kakimu tidak terantuk batu. (ILT)

Mengenai Nubuat dari Mazmur

Mazmur adalah kumpulan hymne-hymne Israel kuno. Para sarjana Alkitab membagi Mazmur menjadi 5 bagian:

  1. Hymne-hymne pujian kepada kemuliaan Elohim
  2. Ratapan umat
  3. Hymne-hymne kerajaan untuk peristiwa-peristiwa penting
  4. Doa-doa pribadi
  5. Puji-pujian dan ucapan syukur pribadi

Sangat sulit untuk menentukan penanggalan masing-masing mazmur. Raja Daud menulis sebagian besar daripadanya, dan pengumpulan hymne-hymne ini terus dilakukan sesudah hari-hari pembuangan bangsa Israel. Dipercayai bahwa pengumpulan ini diselesaikan sebelum abad ke-2 SM.

Penggenapan

Matius 4:5-7 Kemudian si iblis membawa Dia ke kota yang suci dan menempatkan-Nya di atas puncak bait suci, dan dia berkata kepada-Nya, “Jika Engkau Putra Elohim, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, karena telah tertulis bahwa Dia akan memerintahkan kepada para malaikat-Nya berkenaan dengan Engkau, dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, agar jangan Engkau membenturkan kaki-Mu pada batu.” Yesus berkata kepada-nya, “Lagi, telah tertulis: Janganlah kamu mencobai YAHWEH, Elohimmu!” (ILT)

5. Messias akan Memasuki Yerusalem dengan Menunggang Keledai

Zakharia 9:9 Bersukarialah dengan sangat, hai putri Sion! Bersorak-sorailah, hai putri Yerusalem. Lihatlah, Rajamu datang kepadamu! Dia adil dan jaya, rendah hati dan menunggang seekor keledai, dan seekor keledai muda, anak keledai betina. (ILT)

Mengenai Nubuat Zakharia

Nabi Zakharia (Ibrani: Zekaryah atau Zekaryahu; artinya: Yahweh mengingat) berasal dari keluarga imam. Dia adalah seorang visioner, yang bersama-sama dengan nabi Hagai (Ibrani: Chaggai; artinya perayaan) mengerjakan pembangunan kembali Bait Suci. Injil Perjanjian Baru mengutip Kitab Zakharia lebih banyak dibandingkan nabi-nabi lainnya.

Bagian pertama Kitab Zakharia ditulis pada tahun 520 SM. Zakharia berbicara tentang penghakiman dan keselamatan dari Elohim dan mengenai kedatangan Messias yang akan menjadi Imam, Pemerintah, Raja yang rendah hati dan gembala yang menderita.

Penggenapan

Matius 21:8-11 Dan kerumunan orang banyak membentangkan jubah mereka sendiri di jalan, dan yang lain memotong ranting dari pohon-pohon dan menebarkannya di jalan. Dan kerumunan orang yang berjalan di depan dan yang mengikutinya berteriak-teriak, dengan mengatakan, “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam Nama YAHWEH, hosana di tempat yang tertinggi!” Dan ketika Dia tiba di Yerusalem, seluruh isi kota digemparkan, katanya, “Siapakah Dia itu?” Dan kerumunan orang itu berkata, “Dialah Yesus, nabi dari Nazaret di Galilea.” (ILT)

Lukas 19:35-37 Dan mereka membawanya kepada Yesus, dan setelah menyampirkan jubah-jubah mereka ke atas keledai muda itu, mereka menaikkan Yesus ke atasnya. Dan sementara Dia berangkat, mereka menghamparkan jubah-jubah mereka di jalan. Dan ketika Dia sudah makin dekat, di turunan bukit Zaitun, seluruh kumpulan para murid itu mulai bersukacita, memuji Elohim dengan suara nyaring berkenaan dengan segala kuasa yang telah mereka lihat, (ILT)

Yohanes 12:12-15 Pada keesokan harinya, kerumunan orang banyak yang datang ke perayaan itu, ketika mendengar bahwa Yesus datang ke Yerusalem, mereka mengambil dahan-dahan pohon palem, dan mereka keluar untuk berjumpa dengan-Nya, dan mereka berseru, “Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam Nama YAHWEH, Raja Israel.” Dan ketika menemukan seekor keledai muda, Yesus duduk di atasnya, sebagaimana yang telah tertulis, “Janganlah takut, hai putri Sion. Lihatlah, rajamu datang, sambil duduk di atas seekor keledai muda.” (ILT)

6. Messias akan Ditolak oleh Umat-Nya Sendiri

Yesaya 53:1,3 Siapakah yang telah percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah lengan YAHWEH telah dinyatakan? Dia direndahkan dan ditolak oleh manusia, seorang yang penuh penderitaan dan yang dikenal berpenyakitan, dan seperti yang menyembunyikan wajahnya dari dirinya, dia direndahkan dan kita tidak mengindahkannya. (ILT)

Mengenai Nubuat Yesaya

Pasal 40-55 di dalam Kitab Yesaya ditujukan kepada bangsa Israel dalam pembuangan mereka di Babel – secara langsung sebelum waktu mereka kembali – kira-kira tahun 538 SM.

Pasal 53 dikenal sebagai Nubuat Besar mengenai “Hamba Yang Menderita.”

Penggenapan

Yohanes 1:10,11 Dia selalu ada dalam dunia, dan oleh-Nya dunia telah jadi, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Dia telah datang kepada milik-Nya, dan milik-Nya tidak menerima Dia. (ILT)

Yohanes 12:37,38 Namun, meskipun Dia telah melakukan demikian banyak tanda di hadapan mereka, mereka tetap tidak percaya kepada-Nya, sehingga perkataan Nabi Yesaya dapat digenapi, yang ia katakan: “Ya YAHWEH, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan, kepada siapakah tangan YAHWEH telah disingkapkan?” (ILT)

Matius 26:3,4 Pada waktu itu, para imam kepala dan para ahli kitab dan tua-tua bangsa dikumpulkan di aula imam besar, yang disebut Kayafas, dan mereka bersekongkol untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat, dan untuk membunuh-Nya. (ILT)

7. Messias akan Dikhianati oleh Seorang Pengikut-Nya

Mazmur 41:10 Bahkan orang kepercayaanku yang aku percaya kepadanya, yang makan rotiku, telah mengangkat tumit melawan aku. (ILT)

Mazmur 55:13,14 Sebab jika bukan musuh yang mencela aku, aku akan menanggungnya; jika seorang yang membenciku menyombongkan diri atasku, aku akan menyembunyikan diri darinya. Namun engkau, seorang dari golonganku, sahabatku, dan yang mengenalku; (ILT)

Mengenai Nubuat Mazmur

Mazmur 41 adalah mazmur Daud (Ibrani: David; artinya kekasih). Dia berbicara mengenai keterasingannya dan kepercayaannya di dalam Elohim. Dia menggambarkan bagaimana berbagi makanan menyatukan orang-orang di dalam kesetiaan dan persahabatan.

Mazmur 55 juga mazmur dari Daud. Dalam mazmur ini, dia menggambarkan pengkhianatan dari seorang sahabatnya, yang nampaknya juga adalah seorang pengikut Elohim. Kedua mazmur ini menubuatkan pengkhianatan terhadap Yesus oleh sahabat dekat yang dipercayai-Nya.

Penggenapan

Matius 26:47,49,50 Dan sementara Dia masih berbicara, tampaklah Yudas, seorang dari kedua belas murid itu datang, dan bersamanya kerumunan orang banyak dari imam-imam kepala dan tua-tua bangsa, dengan pedang dan kayu. Dan segera, setelah mendekat kepada Yesus, ia berkata, “Salam, ya Rabi!” Dan dia mencium-Nya. Namun Yesus berkata kepadanya, “Teman, untuk apa kamu di sini?” Kemudian, seraya menghampiri, mereka menjatuhkan tangan kepada Yesus dan menangkap Dia. (ILT)

Lukas 22:21,22,47 Namun, lihatlah, tangan orang yang mengkhianati Aku ada di atas meja bersama-Ku! Dan sesungguhnyalah Anak Manusia sedang pergi sesuai dengan apa yang telah ditentukan, akan tetapi celaka bagi manusia itu, yang olehnya Dia dikhianati!” Dan ketika Dia masih berbicara, lihatlah kerumunan orang, dan dia yang disebut Yudas, seorang dari kedua belas murid, berjalan mendahului mereka, dan mendekati Yesus untuk mencium Dia. (ILT)

Yohanes 13:18,21,26 Aku berbicara bukan mengenai kamu semuanya. Aku mengetahui siapa yang telah Kupilih, tetapi supaya kitab suci dapat digenapi: Orang yang makan roti bersama Aku, ia telah mengangkat tumitnya melawan Aku. Setelah mengatakan hal-hal itu, Yesus digelisahkan dalam Roh, dan Dia bersaksi serta berkata, “Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu bahwa seorang dari antara kamu akan mengkhianati Aku.” Yesus menjawab, “Ia adalah orang yang kepadanya Aku akan memberikan pecahan roti setelah mencelupkannya.” Dan setelah mencelupkannya, Dia memberikan pecahan roti itu kepada Yudas Iskariot, anak Simon. (ILT)

8. Messias akan Dijual dengan 30 keping Perak

Zakharia 11:12,13 Dan aku berkata kepada mereka, “Sekiranya baik menurut pandanganmu, berikanlah upahku, tetapi jika tidak, tahanlah!” Maka mereka membayar upahku, tiga puluh keping perak. Namun, YAHWEH berfirman kepadaku, “Serahkanlah itu kepada tukang periuk!” Oleh karena aku telah dihargai oleh mereka dengan harga tinggi, maka aku mengambil ketiga puluh keping perak itu dan menyerahkannya kepada tukang periuk di bait YAHWEH. (ILT)

Mengenai Nubuat Zakharia

Dalam pasal 11 Kitab Zakharia, sang nabi menyebutkan 30 shikal perak sebagai “harga yang bagus.” Jumlah ini juga merupakan jumlah pembayaran bagi nyawa seorang budak. Nubuat Zakharia berbicara mengenai jumlah yang dibayarkan untuk Tuhan Yesus dan nyawa-Nya.

Penggenapan

Matius 26:14-16 Kemudian, setelah pergi kepada imam-imam kepala, seorang dari kedua belas murid, yang disebut Yudas Iskariot, berkata, “Kamu mau memberikan apa kepadaku, dan aku akan menyerahkan Dia kepadamu?” Dan mereka menetapkan tiga puluh keping perak baginya. Dan sejak saat itu ia selalu mencari kesempatan supaya dapat menyerahkan Dia. (ILT)

Matius 27:3,4 Kemudian Yudas, yang mengkhianati Dia, setelah melihat bahwa Dia dijatuhi hukuman, dengan menyesal ia mengembalikan tiga puluh keping perak itu kepada para imam kepala dan para tua-tua, seraya berkata, “Aku telah berdosa dengan menyerahkan darah yang tidak bersalah.” (ILT)

9. Messias akan Diadili dan Dijatuhi Hukuman Mati

Yesaya 53:8 Dia telah direnggut dari penahanan dan dari penghakiman, dan tentang generasinya, siapakah yang akan memikirkannya? Sebab ia telah dilenyapkan dari negeri orang yang hidup. Oleh karena pemberontakan bangsa-Ku, tulah itu menimpa atasnya. (ILT)

Mengenai Nubuat Yesaya

Ditulis pada tahun 538 SM, pasal 53 dari Kitab Yesaya dikenal sebagai Nubuat Besar mengenai Hamba yang Menderita.

Penggenapan

Matius 27:1,2 Dan ketika menjelang pagi, semua imam kepala dan tua-tua bangsa itu mengambil kesepakatan bersama melawan Yesus agar dapat menghukum mati Dia. Dan setelah mengikat Dia, mereka menggiring dan menyerahkan-Nya kepada Gubernur Pontius Pilatus. (ILT)

Lukas 23:1,23 Dan sambil bangkit, seluruh kumpulan mereka membawa Dia ke hadapan Pilatus. Namun dengan suara keras, mereka terus mendesak untuk meminta agar Dia disalibkan. Dan suara mereka dan para imam kepala itu menang. (ILT)

Kisah 4:26-28 Raja-raja di bumi mempersiapkan diri, dan para penguasa telah dihimpunkan bersama untuk menentang YAHWEH dan menentang Mesias-Nya. Sebab pada kenyataannya, Herodes maupun Pontius Pilatus bersama bangsa-bangsa lain dan bangsa Israel, sudah berkumpul bersama menentang Putra-Mu yang kudus, Yesus, yang telah Engkau urapi, untuk mengerjakan apa saja yang tangan-Mu dan rancangan-Mu telah menetapkan sebelumnya untuk melaksanakannya. (ILT)

10. Messias akan Berdiam Diri di Hadapan para Pendakwa-Nya

Mazmur 35:11 Saksi-saksi yang sangat jahat bangkit, mereka menanyai aku apa yang tidak aku ketahui. (ILT)

Yesaya 53:7,8 Dia ditindas dan dia disengsarakan, tetapi dia tidak membuka mulutnya. Seperti seekor domba dia digiring ke pembantaian, dan seperti induk domba, dia menjadi kelu di hadapan yang mengguntingi bulunya, demikianlah dia tidak membuka mulutnya. Dia telah direnggut dari penahanan dan dari penghakiman, dan tentang generasinya, siapakah yang akan memikirkannya? Sebab ia telah dilenyapkan dari negeri orang yang hidup. Oleh karena pemberontakan bangsa-Ku, tulah itu menimpa atasnya. (ILT)

Mengenai nubuat Mazmur dan Yesaya

Mazmur 27 adalah mazmur dari Daud. Dalam hymne ini, dia meyakinkan mereka yang hidup benar di hadapan Elohim bahwa tidak ada sesuatu yang perlu ditakuti. Dia memanggil Elohim untuk membalaskan musuh-musuhnya yang dengan tidak adil telah melawannya. Nubuat di dalam mazmur ini menunjukkan keyakinan Messias untuk mempercayakan nyawanya kepada Elohim, yang akan bertindak dan menghakimi para pendakwa-Nya.

Lagi, pasal 53 Yesaya ditulis dalam tahun 538 SM. Itu dikenal sebagai Nubuat Besar mengenai Hamba yang Menderita.

Penggenapan

Matius 27:12-14 Dan pada waktu Dia dituduh oleh para imam kepala dan para tua-tua, Dia tidak menjawab apa pun. Kemudian berkatalah Pilatus kepada-Nya, “Tidakkah Engkau mendengar betapa banyak hal yang mereka persaksikan menentang-Mu?” Dan Dia tidak menjawab kepadanya, bahkan sepatah kata pun tidak, sehingga gubernur itu sangat heran. (ILT)

Markus 15:3-5 Dan para imam kepala terus menuduhkan banyak hal atas-Nya, tetapi Dia tidak menjawab apa pun. Dan Pilatus menanyai Dia lagi, sambil berkata, “Engkau tidak menjawab apa pun? Lihatlah, betapa gencarnya mereka bersaksi melawan-Mu!” Namun Yesus tidak lagi menjawab apa pun, sehingga heranlah Pilatus. (ILT)

1Petrus 2:22,23 Dia yang tidak melakukan dosa, tidak pula ditemui tipu muslihat pada mulut-Nya, Dia yang dicaci maki, Dia tidak mencaci maki kembali; meskipun menderita, Dia tidak mengancam, melainkan Dia menyerahkan kepada Dia yang menghakimi dengan adil. (ILT)

11. Messias akan Dipukul dan Diludahi

Mikha 5:1 Sekarang, bergabunglah serentak, hai anggota-anggota pasukan; orang telah mendirikan pengepungan terhadap kita. Mereka akan menghantam pipi yang menghakimi Israel dengan tongkat.” (ILT)

Yesaya 50:6 Aku telah memberikan punggungku kepada mereka yang memukul, dan pipiku untuk mereka yang menarik wajahku, aku tidak menyembunyikan wajahku dari aib dan ludah. (ILT)

Mengenai Nubuat Mikha dan Yesaya

Kitab Mikha, oleh nabi Mikha, ditulis dalam abad ke-8 SM. Dia menggambarkan bagaimana restorasi dari Elohim terjadi sesudah penghakiman-Nya atas dosa-dosa. Mikha menggambarkan masa depan Yerusalem sebagai pusat aktivitas penyembahan dari seluruh dunia.

Pasal 50 di dalam Kitab Yesaya ditulis pada tahun 538 SM. Dalam Nyanyian Hamba Yesaya, pasal 50, kita melihat kilasan pertama mengenai penderitaan dan penolakan terhadap Messias.

Penggenapan

Matius 26:67,68 Lalu, mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; dan mereka menampar-Nya seraya berkata, “Bernubuatlah terhadap kami, hai Mesias, siapakah orang yang memukul-Mu?” (ILT)

Matius 27:30 Dan seraya meludah kepada-Nya, mereka mengambil buluh itu dan memukuli pada kepala-Nya. (ILT)

Markus 14:65 Dan beberapa orang mulai meludah kepada-Nya, dan menutup wajah-Nya, dan meninju-Nya, dan berkata kepada-Nya, “Bernubuatlah!” Dan para pengawal melontari Dia dengan pukulan-pukulan. (ILT)

Markus 15:19 Dan mereka terus memukuli kepala-Nya dengan tongkat dan meludah kepada-Nya; dan seraya bertekuk lutut mereka menyembah kepada-Nya. (ILT)

Yohanes 19:1-3 Oleh karena itu kemudian, Pilatus membawa Yesus dan mencambuk-Nya. Dan setelah menganyam sebuah mahkota dari duri, prajurit-prajurit itu meletakkannya di atas kepala-Nya, dan memakaikan jubah ungu kepada-Nya, dan berkata, “Salam, hai Raja orang-orang Yahudi!” Dan mereka melayangkan tamparan-tamparan kepada-Nya. (ILT)

12. Messias akan Diejek dan Dicemooh

Mazmur 22:8,9 Semua orang yang melihatku menertawakan aku dengan ejekan; mereka membuka bibir; mereka menggeleng-gelengkan kepalanya, sambil berkata: Berserahlah kepada YAHWEH, biarlah Dia menyelamatkannya, karena Dia berkenan kepadanya. (ILT)

Mengenai Nubuat Mazmur

Pasal 22 ini merupakan mazmur dari Daud, dan di dalamnya, Daud menggambarkan sebuah eksekusi. Bagian awal dari mazmur itu berbicara mengenai penderitaan Messias; bagian terakhir menggambarkan pembebasan menyeluruh yang dimungkinkan oleh karena Messias.

Penggenapan

Matius 27:39,40 Dan, orang-orang yang sedang lewat menghujat Dia sambil menggeleng-gelengkan kepalanya berkata, “Engkau yang merobohkan tempat suci dan membangunnya dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu sendiri! Jika Engkau Putra Elohim, turunlah dari salib itu!” (ILT)

Lukas 23:11,35 Dan Herodes bersama pengawal-pengawalnya, setelah menghina dan mencemooh Dia sambil memakaikan jubah kebesaran kepada-Nya, dia mengirimkan-Nya kembali kepada Pilatus. Dan orang-orang itu berdiri sambil menyaksikannya. Dan juga para pemimpin bersama mereka mengejek sambil berkata, “Dia menyelamatkan orang lain, biarlah Dia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Dia adalah Mesias yang dipilih Elohim.” (ILT)

13. Messias akan Mati karena Disalibkan, dengan Tangan dan Kaki-Nya Ditusuk

Mazmur 22:15-16 Bagaikan air aku tercurah, dan seluruh tulangku berserakan; hatiku menjadi seperti lilin, dia meleleh di dalam dadaku. Kekuatanku mengering bagaikan tembikar, dan lidahku melekat pada langit-langit mulutku; dan Engkau meletakkan aku dalam debu kematian; karena anjing-anjing telah mengerumuni aku; segerombolan orang jahat telah mengepung aku; menusuk kedua tangan dan kakiku. (ILT)

Zakharia 12:10 Lalu, ke atas keluarga Daud dan ke atas penduduk Yerusalem, Aku akan mencurahkan roh anugerah dan permohonan. Dan mereka akan memandang kepada-Ku yang telah mereka tikam; mereka akan meratap atasnya, seperti ratapan atas anak tunggal; dan akan merasa pahit karenanya, seperti merasa pahit karena anak sulung. (ILT)

Mengenai Nubuat dari Mazmur dan Zakharia

Lagi, Mazmur 22 adalah mazmur dari Daud. Dalam mazmur ini dia menggambarkan suatu penghukuman mati. Bagian awal mazmur ini menggambarkan penderitaan Messias; bagian terakhir menggambarkan penyelamatan universal yang dimungkinkan oleh karena Messias.

Dalam pasal 12 Kitab Zakharia, nabi yang berbicara sebagai seorang perwakilan Elohim sendiri yang akan dibunuh oleh tangan-tangan umat-Nya. Pada suatu saat di masa depan, bangsa Israel akan menyadari Siapa yang telah mereka tikam dan akan meratap untuk “Sang Putera” yang telah mati.

Penggenapan

Matius 27:31 Dan mereka sambil berolok-olok kepada-Nya, mereka menanggalkan jubah kebesaran-Nya itu dan mengenakan kembali jubah-Nya dan mereka menggiring-Nya untuk menyalibkan-Nya. (ILT)

Markus 15:20 Dan sementara mereka mencemooh kepada-Nya, mereka menanggalkan jubah ungu kebesaran-Nya, dan memakaikan jubah-Nya sendiri, dan menggiring-Nya ke luar, agar mereka dapat menyalibkan Dia. (ILT)

Yohanes 19:15,16 Namun mereka berteriak, “Enyahkan! Enyahkan! Salibkan Dia!” Pilatus berkata kepada mereka, “Haruskah aku menyalibkan Rajamu?” Imam-imam kepala itu menjawab, “Kami tidak mempunyai raja selain kaisar!” Maka kemudian, Pilatus menyerahkan Dia kepada mereka supaya Dia disalibkan. Dan mereka menerima Yesus serta menggiring-Nya. (ILT)

14. Messias akan Menderita di Salib bersama para Pemberontak

Yesaya 53:12 Dengan demikian Aku akan membagi kepadanya dari antara banyak orang, dan bersama para pahlawan dia akan membagi jarahan, sebagai ganti bahwa dia telah menyerahkan nyawanya kepada kematian, dan dia telah terhitung bersama para pemberontak, dan dia telah menanggung dosa orang banyak, dan dia bersyafaat bagi para pemberontak.” (ILT)

Mengenai Nubuat Yesaya

Nabi Yesaya hidup di Yerusalem pada abad ke-8 SM. Kitab Yesaya adalah salah satu dari empat Kitab Nabi Besar di dalam Alkitab, termasuk juga Yeremiah, Yehezkiel dan Daniel. Pasal 53 dikenal sebagai Nubuat Besar mengenai Hamba yang Menderita.

Penggenapan

Matius 27:38 Pada waktu itu, dua orang penyamun disalibkan bersama Dia, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri. (ILT)

Markus 15:27 Dan bersama Dia mereka menyalibkan dua orang penyamun, satu di sebelah kanan dan satu di sebelah kiri-Nya. (ILT)

Lukas 23:32,33 Dan ada juga dua orang penjahat yang lain, digiring bersama Dia untuk dihukum mati. Dan ketika mereka sampai di tempat yang disebut Tengkorak, di sana mereka menyalibkan Dia dan para penjahat itu, seorang di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri. (ILT)

15. Pakaian Messias akan Dibagi-bagi dengan Membuang Undi

Mazmur 22:19 mereka membagi-bagi jubahku di antara mereka, dan membuang undi untuk pakaianku. (ILT)

Mengenai Nubuat Mazmur

Mazmur 22 adalah mazmur Raja Daud, yang menggambarkan suatu peristiwa eksekusi. Bagian awal dari mazmur ini berbicara tentang penderitaan Messias dan bagian akhirnya menggambarkan pembebasan menyeluruh yang Dia perbuat.

Penggenapan

Matius 27:35 Dan sesudah menyalibkan Dia, mereka membagi-bagi jubah-Nya dengan membuang undi, supaya dapat digenapi apa yang difirmankan oleh seorang nabi, “Mereka membagi-bagi jubah-Ku di antara mereka sendiri, dan atas pakaian-Ku, mereka membuang undi.”

Markus 15:24 Dan setelah menyalibkan Dia, mereka membagi-bagi jubah-Nya dengan membuang undi atas mereka, apa yang dapat masing-masing peroleh. (ILT)

Yohanes 19:23,24 Kemudian, ketika para prajurit itu menyalibkan Yesus, mereka mengambil jubah-Nya, dan menjadikannya empat potong, satu potong untuk setiap prajurit. Juga pakaian-Nya, tetapi pakaian itu tanpa jahitan, dari atas seluruhnya tenunan. Lalu mereka berkata seorang terhadap yang lain, “Janganlah kita merobeknya, tetapi kita akan membuang undi atasnya, itu akan menjadi milik siapa.” Dengan demikian kitab suci dapat digenapi, yang mengatakan: “Mereka membagi-bagikan jubah-Ku di antara mereka, dan mereka melempar undi atas pakaian-Ku.” Memang kemudian, para prajurit itu telah melakukan hal-hal itu. (ILT)

16. Tulang-tulang Messias Tidak Akan Dipatahkan

Bilangan 9:12 Janganlah mereka meninggalkan apa pun dari padanya sampai pagi, dan janganlah mematahkan sepotong tulang pun, menurut segala ketetapan Paskah, haruslah mereka merayakannya. (ILT)

Mengenai Nubuat Bilangan

Bilangan adalah kitab keempat dari lima kitab yang ditulis oleh Musa. Itu adalah sejarah perjalanan bangsa Israel di padang belantara.

Itu dimulai dua tahun sesudah meninggalkan Mesir dan berakhir saat akan memasuki Tanah Kanaan. Itu berisi catatan persungutan bangsa Israel selama 38 tahun dan penyertaan tetap dari Elohim. Itu berisi catatan karya Elohim yang terus berlangsung untuk menghasilkan pertobatan atas umat-Nya.

Pasal 9 berisi pelaksanaan yang benar dan persiapan Paskah dan secara profetik menggambarkan Yeshua haMashiach, Anak Domba Paskah.

Penggenapan

Yohanes 19:31-37 Kemudian, agar mayat-mayat itu tidak tetap di atas salib pada hari Sabat karena itu adalah hari persiapan, sebab hari itu adalah hari Sabat yang agung, maka mereka meminta kepada Pilatus agar kaki-kaki mereka dipatahkan, dan mereka harus dibawa pergi. Lalu datanglah para prajurit dan benar-benar mematahkan kaki orang yang pertama dan orang yang lainnya yang disalibkan bersama Dia. Namun ketika tiba pada Yesus, saat mereka melihat Dia sudah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya. Akan tetapi seorang dari para prajurit itu menikam lambung-Nya dengan sebuah tombak, dan seketika itu juga keluarlah darah dan air. Dan orang yang melihatnya telah bersaksi, dan kesaksiannya itu benar; dan dia sudah mengetahui bahwa dia mengatakan yang benar, supaya kamu dapat percaya. Sebab hal-hal itu telah terjadi supaya kitab suci dapat digenapi, “Tidak satu pun tulang-Nya akan dipatahkan.” Dan lagi, bagian lain kitab suci berkata: “Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam.” (ILT)

1Korintus 5:7 Sebab Kristus, Paskah kita pun, sudah dikurbankan ganti kita. (ILT)

17. Messias akan Mati sebagai Kurban Penebus Dosa

Yesaya 53:5,6,8,12 Namun, dia ditikam karena pemberontakan kita, diremukkan karena kejahatan kita. Ganjaran demi keselamatan kita menimpa atasnya, dan melalui bilurnya dia telah menjadi kesembuhan bagi kita. Seperti domba, kita semua telah tersesat, kita masing-masing telah berbalik menurut jalannya sendiri, tetapi YAHWEH telah menimpakan kepadanya kejahatan kita semua. Dia telah direnggut dari penahanan dan dari penghakiman, dan tentang generasinya, siapakah yang akan memikirkannya? Sebab ia telah dilenyapkan dari negeri orang yang hidup. Oleh karena pemberontakan bangsa-Ku, tulah itu menimpa atasnya. Dengan demikian Aku akan membagi kepadanya dari antara banyak orang, dan bersama para pahlawan dia akan membagi jarahan, sebagai ganti bahwa dia telah menyerahkan nyawanya kepada kematian, dan dia telah terhitung bersama para pemberontak, dan dia telah menanggung dosa orang banyak, dan dia bersyafaat bagi para pemberontak.” (ILT)

Mengenai Nubuat Yesaya

Nabi Yesaya hidup di Yerusalem pada abad ke-8 SM. Pasal 53 Kitab Yesaya berbicara mengenai Hamba yang Menderita.

Penggenapan

Yohanes 1:29 Pada keesokan harinya, Yohanes melihat Yesus yang datang kepadanya, dan dia berkata, “Lihatlah, Anak Domba Elohim yang menghapus dosa dunia! (ILT)

Kisah 10:43 Bagi Dialah semua nabi bersaksi, bahwa melalui Nama-Nya setiap orang yang percaya kepada-Nya telah menerima penghapusan dosa.” (ILT)

Kisah 13:38,39 Oleh karena itu, biarlah menjadi maklum bagimu, hai para pria, saudara-saudara, bahwa melalui Dia inilah penghapusan dosa diberitakan kepadamu, dari segala sesuatu yang kamu tidak dapat dibenarkan oleh torat Musa, di dalam Dia inilah setiap orang yang percaya dibenarkan. (ILT)

1Korintus 15:3,4 Sebab dari pertama, aku telah menyerahkan kepada kamu apa yang telah aku terima juga, bahwa Kristus telah mati ganti dosa-dosa kita sesuai dengan kitab suci, dan bahwa Dia telah dikuburkan, juga bahwa Dia telah dibangkitkan pada hari yang ketiga sesuai dengan kitab suci, (ILT)

Efesus 1:7 yang oleh-Nya kita memperoleh penebusan melalui darah-Nya sebagai penghapus kesalahan-kesalahan sesuai dengan kekayaan anugerah-Nya (ILT)

1Petrus 2:24 Dia sendiri yang sudah menanggung dosa-dosa kita di dalam tubuh-Nya di atas kayu salib; supaya dengan mati terhadap dosa, kita dapat hidup di dalam kebenaran. Tentang Dia, oleh bilur-bilur-Nya kamu sudah disembuhkan. (ILT)

Wahyu 1:5 dan dari Yesus Kristus, saksi yang setia, yang sulung dari antara yang mati dan pemimpin raja-raja di bumi. Bagi Dia yang telah mengasihi kita dan telah membasuh kita dari dosa-dosa kita dengan darah-Nya (ILT)

18. Messias akan Melihat Keturunan-Nya

Yesaya 53:10,11 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya. Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul. (TB)

Mengenai Nubuat Yesaya

Nubuat Besar tentang Hamba yang Menderita mengungkapkan tujuan agung dari Elohim dalam mengutus Messias untuk menderita demi dosa-dosa kita. Yesaya menuliskan pasal ini pada abad ke-8 SM. Dia menubuatkan bahwa Messias akan melihat keturunan-Nya, mereka yang akan mendapatkan keselamatan melalui pengorbanan-Nya.

Penggenapan

Efesus 1:4,5,21-23 sebagaimana Dia telah memilih kita di dalam diri-Nya sebelum permulaan dunia, untuk menjadikan kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya di dalam kasih; menetapkan kita sebelumnya, sebagai anak adopsi bagi diri-Nya melalui Yesus Kristus, sesuai dengan perkenan kehendak-Nya, jauh melebihi setiap penguasa dan otoritas dan kuasa dan pemegang kekuasaan dan setiap nama yang disebut, bukan saja pada masa kini tetapi juga pada masa yang akan datang. Dan Dia sudah menundukkan segala sesuatu di bawah kaki-Nya dan Dia sudah memberikan diri-Nya sebagai kepala atas segala sesuatu, kepada gereja yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan yang memenuhi seluruhnya dalam semuanya. (ILT)

Ibrani 12:2 sambil memandang kepada Yesus, Penguasa dan penyempurna iman, yang dengan mengabaikan aib ganti sukacita yang disediakan bagi-Nya, Dia tabah memikul salib; maka Dia telah duduk di sebelah kanan takhta Elohim. (ILT)

19. Messias akan Dikuburkan di dalam Makam Orang Kaya

Yesaya 53:9 Dan dia menetapkan kematiannya bersama orang-orang fasik, dan kuburnya bersama orang kaya, karena dia tidak melakukan kekerasan, dan tipu daya tidak ada di dalam mulutnya. (ILT)

Mengenai Nubuat Yesaya

Sekali lagi, Nubuat Besar tentang Hamba yang Menderita mengungkapkan tujuan agung Elohim mengutus Messias untuk menderita karena dosa-dosa kita. Yesaya menulis pasal ini pada abad ke-8 SM. Dia menubuatkan Messias akan mati dan dikuburkan di dalam sebuah kuburan orang kaya.

Penggenapan

Matius 27:57-60 Dan ketika menjelang malam, datanglah seorang kaya dari Arimatea, bernama Yusuf, yang ia sendiri juga telah menjadi murid Yesus. Setelah menghadap kepada Pilatus, ia meminta jenazah Yesus. Kemudian, Pilatus memerintahkan agar jenazah itu diberikan. Dan setelah mengambil jenazah itu, Yusuf membungkus-Nya dengan kain linen yang bersih, dan dia membaringkan-Nya di dalam kuburnya yang baru, yang telah dia gali pada bukit batu. Dan setelah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu, pergilah dia. (ILT)

20. Messias akan Dibangkitkan dari Kematian

Mazmur 16:10 sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. (TB)

Mazmur 30:4 Ya YAHWEH, Engkau telah mengangkat jiwaku dari alam maut, Engkau telah melindungi hidupku dari terjerumus ke dalam lubang. (ILT)

Mengenai Nubuat Mazmur

Mazmur 16 adalah mazmur yang ditulis oleh Daud. Dalam hymne ini dia mengingatkan kita bahwa ketika kita mengarahkan hati kita kepada Elohim dan mempercayakan hidup kita ke dalam penjagaan-Nya, kita akan mendapatkan sukacita dan keamanan. Daud menubuatkan bahwa Messias tidak akan dibiarkan di dalam kubur, dan tubuh-Nya tidak akan membusuk.

Mazmur 30 ditulis oleh Daud, untuk pentahbisan Bait Suci. Di dalamnya dia menubuatkan bahwa Messias akan dibangkitkan dari kubur.

Penggenapan

Matius 28:5-7 Dan sambil menanggapi, malaikat itu berkata kepada wanita-wanita itu, “Janganlah kamu takut, karena aku mengetahui bahwa kamu mencari Yesus yang sudah disalibkan. Dia tidak ada di sini, karena Dia sudah dibangkitkan sebagaimana yang sudah Dia katakan. Mari, lihatlah tempat itu, tempat di mana Tuhan dibaringkan. Dan dengan pergi secepatnya, katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Dia sudah dibangkitkan dari antara yang mati. Dan lihatlah, Dia mendahului kamu ke Galilea, di sana kamu akan melihat Dia. Perhatikanlah, aku sudah mengatakannya kepadamu!” (ILT)

Markus 16:6,7 Namun, dia berkata kepada mereka, “Jangan keheranan! Kamu mencari Yesus, orang Nazaret, yang disalibkan itu. Dia telah dibangkitkan; Dia tidak ada di sini. Lihatlah tempat itu, tempat di mana mereka membaringkan Dia! Namun, pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus, bahwa Dia sedang mendahului kamu ke Galilea! Di sanalah kamu akan melihat Dia, sebagaimana Dia telah mengatakan kepadamu.” (ILT)

Kisah 2:27-31 karena Engkau tidak akan meninggalkan jiwa-Ku di dalam alam maut, ataupun mengizinkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. Engkau telah memberitahukan kepada-Ku jalan-jalan kehidupan. Engkau akan membuat Aku penuh sukacita dengan wajah-Mu. Hai para pria, saudara-saudara, sungguh berkenan untuk mengatakan dengan terus terang kepada kamu mengenai leluhur kita, Daud, bahwa dia pun telah mati dan dikuburkan, bahkan kuburannya ada di antara kita sampai hari ini. Oleh sebab itu, karena keberadaannya sebagai nabi dan karena mengetahui bahwa Elohim telah berikrar dengan sumpah kepadanya untuk membangkitkan Mesias dari benih pinggangnya secara daging agar duduk di atas takhtanya, maka sambil melihat sebelumnya, dia berbicara mengenai kebangkitan Mesias, bahwa jiwa-Nya tidak akan diserahkan ke dalam alam maut, demikian pula daging-Nya tidak akan melihat kebinasaan. (ILT)

1Korintus 15:17,20 Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, sia-sialah imanmu, kamu masih berada di dalam dosa-dosamu. Namun sekarang, Kristus telah dibangkitkan dari antara yang mati, Dia telah menjadi buah sulung dari mereka yang telah meninggal. (ILT)

21. Messias akan Duduk di Sebelah Kanan Elohim

Mazmur 110:1 Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.” (TB)

Mengenai Nubuat Mazmur

Mazmur 110 adalah mazmur Daud. Itu adalah mazmur nubuat yang berbicara tentang penobatan Raja yang akan datang. Mazmur kerajaan ini dengan jelas berbicara tentang Messias yang akan datang kembali.

Penggenapan

Markus 16:19 Kemudian sesungguhnya, setelah berbicara dengan mereka Tuhan terangkat ke surga dan Dia duduk di sebelah kanan Elohim. (ILT)

Kisah 2:32-36 Inilah Yesus yang telah Elohim bangkitkan; mengenai Dia, kami semua adalah saksi-saksi. Oleh karena itu, setelah ditinggikan di sebelah kanan Elohim, dan karena menerima janji Roh Kudus dari Bapa, Dia mencurahkan hal ini, yaitu apa yang sedang kamu lihat dan dengar sekarang. Sebab Daud tidaklah naik ke surga, melainkan dia sendiri berkata: YAHWEH telah berfirman kepada Tuanku: Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Aku membuat musuh-musuh-Mu tumpuan kaki-Mu. Oleh sebab itu, biarlah seluruh keluarga Israel mengetahui dengan pasti, bahwa Elohim telah menjadikan Dia, baik selaku Tuhan maupun Mesias; inilah Yesus yang telah kamu salibkan.” (ILT)

Ibrani 10:12,13 Namun Dia, sesudah mempersembahkan satu kurban karena dosa-dosa, Dia duduk di sebelah kanan Elohim untuk selamanya. Selebihnya, sambil menanti sampai para musuh-Nya telah diletakkan sebagai tumpuan kaki-Nya. (ILT)

Perhitungan Probabilitas Penggenapan Nubuat Yesus Kristus

Dari nubuat-nubuat di atas, kita akan akan menghitung probabilitas atau kemungkinan terjadinya peristiwa-peristiwa tersebut secara acak atau kebetulan:

1. Messias akan dilahirkan di Bethlehem dari suku Yehuda

Ada 12 suku Israel purba darimana Messias dapat dilahirkan. Namun Ia dilahirkan dari suku Yehuda sebagaimana yang telah dinubatkan Musa 1500 tahun sebelumnya. Jadi kemungkinannya 1 kesempatan dari 12 kemungkinan (1:12). Kemudian ada lebih dari 2000 desa dan kota yang ada di Yehuda pada abad pertama era ini. Jadi kemungkinan gabungannya adalah = 1:12 x 1:2000 = 1:24.000.

Namun untuk berhati-hati, kita gunakan angka 1 kesempatan dari 2.400 kemungkinan.

2. Messias akan Memasuki Yerusalem dengan Menunggang Keledai

Dari semua raja di dalam sejarah, tidak ada yang memasuki ibu kotanya dengan mengendarai seekor keledai muda, seperti yang telah dilakukan oleh Yesus pada hari Minggu Palem, tahun 32 M untuk menggenapi nubuat ini. Kita ambil angka 1 kesempatan dari 50 kemungkinan (1:50).

Kombinasi kemungkinan gabungan kedua nubuat di atas adalah 1:2.400 x 1:50 = 1 kesempatan dari 120.000 kemungkinan (1:120.000).

3. Messias akan Dikhianati oleh Seorang Pengikut-Nya

Dari semua pemimpin agama, kemungkinan untuk dikhianati oleh sahabatnya sendiri jarang terjadi. Kita ambil angka 1 kesempatan dari 10 orang pemimpin (1:10).

Kombinasi kemungkinan gabungan ketiga nubuat di atas adalah 1:120.000 x 1:10 = 1 kesempatan dari 1.200.000 kemungkinan (1:1.200.000).

4. Messias akan Dijual dengan 30 keping Perak

Berapa banyak raja atau pemimpin agama yang pernah dijual seharga 30 keping perak? Bayangkan bagaimana mustahilnya meramalkan harga pas untuk suatu pengkhianatan yang terjadi terhadap kematian seorang raja, lima ratus tahun sebelum peristiwa itu benar-benar terjadi. Kita ambil saja angka 1 kesempatan dari 50 orang raja dijual seharga 30 keping perak (1:50).

Kombinasi kemungkinan gabungan keempat nubuat di atas adalah 1:1.200.000 x 1:50 = 1:60.000.000.

5. Messias akan Berdiam Diri di Hadapan para Pendakwa-Nya

Pertimbangkan kemustahilan isi nubuat yang menyatakan bahwa seorang manusia yang sama sekali tidak bersalah akan berdiri di hadapan para pendakwa-Nya tanpa mengucapkan sepatah kata pun untuk membela diri-Nya. Meskipun realitasnya sangat kecil, kita ambil saja angka 1 kesempatan dari 100 peristiwa (1:100).

Kombinasi kemungkinan gabungan kelima nubuat di atas adalah 1:60.000.000 x 1:100 = 1:6.000.000.000.

6. Messias akan Dipukuli, Diejek dan Diludahi

Meskipun banyak raja yang dibunuh di dalam sejarah, tetapi hanya sedikit yang dianiaya, dipukuli, diludahi dan dicemooh. Kita ambil angka kemungkinan 1 peristiwa dari 10 kejadian.

Kombinasi kemungkinan gabungan keenam nubuat di atas adalah 1:6.000.000.000 x 1:10 = 1:60.000.000.000.

7. Messias akan Mati karena Disalibkan, dengan Tangan dan Kaki-Nya Ditusuk

Berapa banyak raja yang matinya disalib; tangan dan kakinya ditusuk? Kita ambil saja angka 1 peristiwa dari 100 kejadian kematian raja.

Kombinasi kemungkinan gabungan ketujuh nubuat di atas adalah 1:60.000.000.000 x 1:100 = 1:6.000.000.000.000.

8. Messias akan Menderita di Salib bersama para Pemberontak

Seorang raja, mati disalib bersama-sama dengan para pemberontak. Berapa kemungkinannya peristiwa seperti ini terjadi? Kita ambil angka 1 peristiwa dari 100 kejadian penyaliban seorang raja.

Kombinasi kemungkinan gabungan kedelapan nubuat di atas adalah 1:6.000.000.000.000 x 1:100 = 1:600.000.000.000.000.

9. Pakaian Messias akan Dibagi-bagi dengan Membuang Undi

Berapa banyak raja yang ketika dihukum mati, pakaiannya dibagi-bagi dengan membuang undi?

Kita ambil angka kemungkinan 1 peristiwa dari 100 kejadian.

Kombinasi kemungkinan gabungan kesembilan nubuat di atas adalah 1:600.000.000.000.000 x 1:100 = 1:60.000.000.000.000.000.

10. Tulang-tulang Messias Tidak Akan Dipatahkan

Tawanan Romawi yang dihukum mati dengan cara disalibkan, tubuhnya akan diletakkan dalam posisi sedemikian rupa sehingga ia hanya bisa bernafas bila mengangkat bagian atas tubuhnya dengan kedua betisnya, supaya diafragma dan paru-parunya bisa mengembang. Bila prajurit-prajurit Romawi ingin mempercepat kematian tawanan ini, mereka akan mematahkan kakinya dengan suatu alat pemukul, sehingga tawanan itu tidak mampu lagi mengangkat tubuhnya. Dalam beberapa menit tawanan itu akan mati karena kehabisan oksigen dan paru-parunya akan dipenuhi cairan.

Kemungkinan seorang tawanan yang disalibkan kakinya tidak dipatahkan karena sudah mati, kita ambil angka 1 kejadian dari 20 peristiwa penyaliban.

Kombinasi kemungkinan gabungan kesepuluh nubuat di atas adalah 1:60.000.000.000.000.000 x 1:20 = 1:1.200.000.000.000.000.000.

11. Messias akan Dikuburkan di dalam Makam Orang Kaya

Berapa banyak orang yang dihukum mati meskipun tidak bersalah, akan dimakamkan di dalam makam orang kaya? Lebih mungkin orang tersebut akan dimakamkan secara tidak terhormat. Kita ambil angka 1 kejadian dari 100 peristiwa.

Kombinasi kemungkinan gabungan kesebelas nubuat di atas adalah 1:1.200.000.000.000.000.000 x 1:100 = 1:120.000.000.000.000.000.000.

12. Messias akan Dibangkitkan dari Kematian

Berapa kemungkinannya seseorang dibangkitkan dari kematiannya sesudah 3 hari meninggal? Hampir mustahil. Tapi ini terjadi kepada Yeshua. Kita ambil angka 1 kejadian dari 100.000.000 manusia yang pernah mati.

Kombinasi kemungkinan gabungan kedua belas nubuat di atas adalah 1:120.000.000.000.000.000.000 x 1:100.000.000 = 1:12.000.000.000.000.000.000.000.000.000.

Dari 12 nubuat yang digenapi saja, kemungkinan itu terjadi kepada diri satu orang HANYA-lah 1 kesempatan di dalam 12.000.000.000.000.000.000.000.000.000 atau

1 kesempatan di dalam 12 milyar milyar milyar.

Jika ini ditambah 1 nubuat khusus lagi, hasilnya akan langsung berubah:

Messias akan Dilahirkan dari seorang Perawan

Berapa banyak manusia yang dilahirkan dari seorang perawan? Dari seluruh jumlah manusia yang pernah hidup di dunia ini, anggap saja hitungan kasar ada 10 milyar manusia. Kita ambil saja angka 1 kesempatan dari 1.000.000.000 kelahiran.

Kombinasi kemungkinan gabungan tiga belas nubuat di atas adalah 1:12.000.000.000.000.000.000.000.000.000 x 1:1.000.000.000 = 1:12.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.

Kemungkinan 13 nubuat di atas terjadi pada diri satu orang HANYA-lah 1 kesempatan dari 12.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 atau

1 kesempatan di dalam 12 trilyun trilyun trilyun.

Dengan kata lain, dari total 10 milyar manusia yang pernah ada di muka bumi, tidak ada satu pun yang bisa menggenapi HANYA 13 nubuat di atas.

Jadi kesimpulannya, hanya satu kesempatan di dalam 12 trilyun trilyun trilyun bagi nabi-nabi Perjanjian Lama, yang terpisah oleh jarak kurun waktu seribu tahun, untuk menyampaikan dengan akurat tiga belas nubuat secara terperinci (oleh 5 orang nabi) tentang kehidupan, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus ini secara kebetulan belaka.

Apabila setelah mempelajari semua data ini Anda masih belum yakin juga, ingatlah akan fakta bahwa kita baru meneliti 13 nubuat dari 48 nubuat utama yang diberikan dalam Perjanjian Lama mengenai Messias yang dijanjikan itu. Secara total, Yeshua menggenapi lebih dari 300 nubuat Alkitab.

Nubuat-nubuat ini membuktikan bahwa penulisan Alkitab diilhami oleh Elohim, dan membuktikan bahwa Yeshua adalah Messias yang dijanjikan dan adalah Anak Elohim.

Yesus Kristus dan Anda

Seperti sudah Anda baca, adalah rencana Elohim sejak sebelum permulaan dunia bahwa Yeshua haMashiach akan datang ke bumi dan disalibkan sebagai kurban yang sempurna, dan yang kudus, karena dosa-dosa manusia. Karena kasih Elohim bagi setiap kita, Dia menyediakan jalan keselamatan – satu-satunya jalan supaya kita dapat memasuki suatu hubungan persekutuan dengan Dia.

Semua nubuat-nubuat ini telah ditulis supaya Anda percaya bahwa Yeshua (Yesus) adalah Messias (Kristus), Anak Elohim, dan supaya Anda dapat memiliki hidup yang kekal dengan percaya dalam Nama-Nya.

Yohanes 3:18,36; 5:24  Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Elohim. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Elohim tetap ada di atasnya.” Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup. (TB)

Namun sungguh tragis bahwa setiap tahun jutaan orang mati dalam ketidakpercayaan mereka bahwa Alkitab dan nubuat-nubuat tentang Yeshua haMashiach (Yesus Kristus) tidak dapat dipercayai. Namun, di hadapan semua bukti-bukti tentang otoritas Alkitab sebagai Firman Elohim yang diilhami dan kenyataan bahwa Yeshua adalah Messias, masing-masing dari kita perlu mempertimbangkan secara pribadi keputusan yang harus kita ambil tentang respon kita terhadap kehidupan, kematian dan kebangkitan Kristus.

Mengingat bahwa Alkitab sendiri menyatakan bahwa nubuat yang digenapi ini adalah bukti absolut bahwa Alkitab ditulis di bawah inspirasi langsung dari Elohim, fakta-fakta di atas telah memberikan bagi kita bukti-bukti yang menakjubkan mengenai otoritas Kitab Suci.

Baca:

350 Nubuat yang Digenapi Yesus Kristus

Secara keseluruhan, Yesus Kristus menggenapi lebih dari 350 nubuat Alkitab.

Kej 3:15 Keturunan seorang perempuan (kelahiran dari perawan) Gal 4:4-5, Mat 1:18
Kej 3:15 Dia akan meremukkan kepala ular Ibr 2:14, 1Yoh 3:8
Kej 3:15 Tumit Kristus akan diremukkan dengan paku di kayu salib Mat 27:35, Luk 24:39-40
Kej 5:24 Kenaikan secara lahiriah ke Surga Mrk 16:19, Why 12:5
Kej 9:26, 27 Elohim Sem akan menjadi Anak keturunan Sem Luk 3:23-36
Kej 12:3 Keturunan Abraham akan memberkati bangsa-bangsa Gal 3:8, Kis 3:25, 26
Kej 12:7 Janji yang dibuat bagi keturunan Abraham Gal 3:16
Kej 14:18 Seorang Imam menurut peraturan Melkizedek Ibr 6:20
Kej 14:18 Raja Damai Sejahtera dan Kebenaran Ibr 7:2
Kej 14:18 Bayangan dari Perjamuan Terakhir Mat 26:26-29
Kej 17:19 Keturunan Ishak (Kejadian 21:12) Rom 9:7
Kej 22:8 Anak Domba Elohim dijanjikan Yoh 1:29
Kej 22:18 Sebagai keturunan Ishak, akan memberkati bangsa-bangsa Gal 3:16
Kej 26:2-5 Keturunan Ishak dijanjikan sebagai Pembebas Ibr 11:18
Kej 28:12 Jembatan menuju Surga Yoh 1:51
Kej 28:14 Keturunan Yakub Luk 3:34
Kej 49:10 Waktu kedatangan-Nya Luk 2:1-7; Gal 4:4
Kej 49:10 Keturunan Yehuda Luk 3:33
Kej 49:10 Dinamai Shiloh atau Yang Diutus Yoh 17:3
Kej 49:10 Messias akan datang sebelum Yehuda kehilangan identitasnya Yoh 11:47-52
Kej 49:10 Kepada-Nya bangsa-bangsa akan taat Yoh 10:16
Kel 3:13-15 Akulah Aku – Aku yang Besar Yoh 4:26, 8:58
Kel 12:3-6 Anak Domba disiapkan bagi Israel 4 hari sebelum Paskah Mrk 11:7-11
Kel 12:5 Anak Domba yang tidak bercacat-cela Ibr 9:14; 1Pet 1:19
Kel 12:13 Darah Anak Domba menyelamatkan dari murka Rom 5:8
Kel 12:21-27 Kristus adalah Paskah kita 1Kor 5:7
Kel 12:46 Tidak satu pun tulang Anak Domba dipatahkan Yoh 19:31-36
Kel 15:2 Pengagungan-Nya dinubuatkan sebagai Yeshua Kis 7:55, 56
Kel 15:11 Karakter-Nya: kekudusan Luk 1:35; Kis 4:27
Kel 17:6 Gunung Batu Rohani Israel 1Kor 10:4
Kel 33:19 Karakter-Nya: penuh belas kasihan Luk 1:72
Im 1:2-9 Pengurbanan-Nya sebagai korban yang harum di hadapan Elohim Ef 5:2
Im 14:11 Kusta ditahirkan – tanda keimaman Luk 5:12-14; Kis 6:7
Im 16:15-17 Kematian Kristus satu kali untuk selamanya Ibr 9:7-14
Im 16:27 Penderitaan di luar Kemah Mat 27:33; Ibr 13:11, 12
Im 17:11 Garis keturunan lahiriah Mat 26:28; Mrk 10:45
Im 17:11 Darah yang mendamaikan Rom. 3:23-24; 1Yoh 1:7
Im 23:36-37 Persembahan curahan: Barangsiapa haus Yoh 7:37
Bil 9:12 Tidak satu pun tulang-Nya dipatahkan Yoh 19:31-36
Bil 21:9 Ular di atas tiang – Kristus ditinggikan Yoh 3:14-18, 12:32
Bil 24:17 Waktu: Aku akan melihat-Nya, tetapi tidak sekarang Yoh 1:14; Gal 4:4
Ul 18:15 Dia ini benar-benar nabi yang akan datang ke dunia Yoh 6:14
Ul 18:15-16 Jika kamu percaya kepada Musa, kamu juga percaya kepada-Ku Yoh 5:45-47
Ul 18:18 Diutus Bapa untuk menyampaikan Firman-Nya Yoh 8:28, 29
Ul 18:19 Barangsiapa tidak mau mendengarkan-Nya, harus dilenyapkan Kis 3:22-23
Ul 21:23 Terkutuklah dia yang digantung di atas pohon/tiang Gal 3:10-13
Yos 5:14-15 Pemimpin kepada keselamatan Ibr 2:10
Rut 4:4-10 Kristus, sanak kerabat manusia, telah menebus kita Ef 1:3-7
1Sam 2:35 Imam yang Setia Ibr 2:17, 3:1-3, 6, 7:24-25
1Sam 2:10 Akan menjadi Raja yang diurapi bagi Tuhan Mat 28:18, Yoh 12:15
2Sam 7:12 Keturunan Daud Mat 1:1
2Sam 7:13 Kerajaan-Nya kekal 2Pet 1:11
2Sam 7:14a Anak Elohim Luk 1:32, Rom 1:3-4
2Sam 7:16 Rumah Daud akan berdiri selamanya Luk 3:31; Why 22:16
2Raj 2:11 Kenaikan secara lahiriah ke Surga Luk 24:51
1Taw 17:11 Keturunan Daud Mat 1:1, 9:27
1Taw 17:12-13 Untuk memerintah di atas tahta Daud selamanya Luk 1:32, 33
1Taw 17:13 Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Dia Anak-Ku Ibr 1:5
Ayb 9:32-33 Pengantara antara manusia dan Elohim 1 Tim 2:5
Ayb 19:23-27 Nubuat kebangkitan Yoh 5:24-29
Mzm 2:1-3 Permusuhan raja-raja dinubuatkan Kis 4:25-28
Mzm 2:2 Memiliki gelar Yang Diurapi (Messias) Yoh 1:41, Kis 2:36
Mzm 2:6 Karakter-Nya: kekudusan Yoh 8:46; Why 3:7
Mzm 2:6 Memiliki gelar Raja Mat 2:2
Mzm 2:7 Dinyatakan Anak Yang Dikasihi Mat 3:17, Rom 1:4
Mzm 2:7, 8 Penyaliban dan Kebangkitan Kis 13:29-33
Mzm 2:8, 9 Memerintah bangsa-bangsa dengan tongkat besi Why 2:27, 12:5, 19:15
Mzm 2:12 Kehidupan datang berasal dari iman kepada-Nya Yoh 20:31
Mzm 8:2 Mulut bayi-bayi menyempurnakan pujian kepada-Nya Mat 21:16
Mzm 8:5, 6 Cela-Nya dan pengagungan-Nya Ibr 2:5-9
Mzm 9:7-10 Menghakimi dunia dalam kebenaran Kis 17:31
Mzm 16:10 Tidak akan melihat kebinasaan Kis 2:31, 13:35
Mzm 16:9-11 Untuk bangkit dari kematian Yoh 20:9
Mzm 17:15 Nubuat kebangkitan Luk 24:6
Mzm 18:2-3 Tanduk keselamatan Luk 1:69-71
Mzm 22:1 Ditinggalkan karena dosa-dosa orang lain 2 Kor 5:21
Mzm 22:1 Elohimku, Elohimku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Mat 27:46
Mzm 22:2 Kegelapan di atas Golgota selama tiga jam Mat 27:45
Mzm 22:7 Mereka mengatupkan mulut dan menggeleng-gelengkan kepala Mat 27:39-44
Mzm 22:8 Dia percaya kepada Elohim, biarlah Dia melepaskan-Nya Mat 27:43
Mzm 22:9-10 Melahirkan Juruselamat Luk 2:7
Mzm 22:12-13 Mereka berusaha membunuh Dia Yoh 19:6
Mzm 22:14 Darah-Nya tercurah ketika mereka menikam lambung-Nya Yoh 19:34
Mzm 22:14, 15 Menderita kesakitan di kayu salib Mrk 15:34-37
Mzm 22:15 Dia haus Yoh 19:28
Mzm 22:16 Mereka menusuk tangan dan kaki-Nya Yoh 19:34, 37; 20:27
Mzm 22:17, 18 Menelanjangi Dia di hadapan mereka yang menonton-Nya Luk 23:34, 35
Mzm 22:18 Mereka membagi-bagi pakaian-Nya Yoh 19:23, 24
Mzm 22:20, 21 Dia menyerahkan diri-Nya kepada Elohim Luk 23:46
Mzm 22:20, 21 Kuasa Satan meremukkan tumit sang Penebus Ibr 2:14
Mzm 22:22 Kebangkitan-Nya diberitakan Yoh 20:17
Mzm 22:27-28 Dia akan memerintah bangsa-bangsa Kol 1:16
Mzm 22:31 Sudah genap Yoh 19:30, Ibr 10:10,12,14,18
Mzm 23:1 Akulah Gembala yang baik Yoh 10:11, 1Pet 2:25
Mzm 24:3 Keagungan-Nya dinubuatkan Kis 1:11; Flp 2:9
Mzm 30:3 Kebangkitan-Nya dinubuatkan Kis 2:32
Mzm 31:5 Ke dalam tangan-Mu Ku-serahkan Roh-Ku Luk 23:46
Mzm 31:11 Sahabat-sahabat-Nya melarikan diri dari pada-Nya Mrk 14:50
Mzm 31:13 Mereka berunding untuk membunuh Dia Mat 27:1, Yoh 11:53
Mzm 31:14, 15 Dia percaya kepada Elohim, biarlah Dia menolong-Nya Mat 27:43
Mzm 34:20 Tidak satu pun tulang-Nya dipatahkan Yoh 19:31-36
Mzm 35:11 Saksi-saksi palsu bangkit melawan Dia Mat 26:59
Mzm 35:19 Dia dibenci tanpa alasan Yoh 15:25
Mzm 38:11 Sahabat-sahabat-Nya berdiri jauh-jauh dari pada-Nya Luk 23:49
Mzm 38:12 Musuh-musuh-Nya berusaha menjerat-Nya dengan licik Mrk 14:1, Mat 22:15
Mzm 38:12-13 Diam di hadapan para pendakwa-Nya Mat 27:12-14
Mzm 38:20 Dia hidup untuk berbuat baik Kis 10:38
Mzm 40:2-5 Sukacita kebangkitan-Nya dinubuatkan Yoh 20:20
Mzm 40:6-8 Kesukaan-Nya adalah melakukan kehendak Bapa Yoh 4:34, Ibr 10:5-10
Mzm 40:9 Dia mengajar Kebenaran di Israel Mat 4:17
Mzm 40:14 Berhadapan dengan musuh-musuh di Taman Getsemani Yoh 18:4-6
Mzm 41:9 Dikhianati oleh sahabat yang dikenal-Nya Yoh 13:18
Mzm 45:2 Firman Kasih Karunia keluar dari bibir-Nya Yoh 1:17, Luk 4:22
Mzm 45:6 Mendapatkan gelar, Elohim Ibr 1:8
Mzm 45:7 Pengurapan khusus oleh Roh Kudus Mat 3:16; Ibr 1:9
Mzm 45:7, 8 Dinamai Kristus atau Messias (Yang Diurapi) Luk 2:11
Mzm 45:17 Nama-Nya diingat selamanya Ef 1:20-21, Ibr 1:8
Mzm 55:12-14 Dikhianati oleh seorang sahabat, bukan oleh musuh Yoh 13:18
Mzm 55:15 Kematian pengkhianat-Nya yang tidak bertobat Mat 27:3-5; Kis 1:16-19
Mzm 68:18 Memberikan pemberian-pemberian kepada manusia Ef 4:7-16
Mzm 68:18 Naik ke Surga Luk 24:51
Mzm 69:4 Dibenci tanpa alasan Yoh 15:25
Mzm 69:8 Menjadi orang asing bagi saudara-saudara-Nya Yoh 1:11, 7:5
Mzm 69:9 Bergairah untuk Bait Elohim Yoh 2:17
Mzm 69:14-20 Penderitaan jiwa Messias sebelum penyaliban Mat 26:36-45
Mzm 69:20 Jiwaku amat sangat sedih Mat 26:38
Mzm 69:21 Diberikan cuka ketika haus Mat 27:34
Mzm 69:26 Juruselamat yang diberikan dan dihajar Elohim Yoh 17:4; 18:11
Mzm 72:10, 11 Orang-orang besar akan datang kepada-Nya Mat 2:1-11
Mzm 72:16 Biji gandum yang jatuh ke dalam tanah Yoh 12:24-25
Mzm 72:17 Percaya dalam nama-Nya membawa banyak keturunan (rohani) Yoh 1:12, 13
Mzm 72:17 Semua bangsa-bangsa akan diberkati oleh Dia Gal 3:8
Mzm 72:17 Semua bangsa akan menyebut Dia diberkati Yoh 12:13, Why 5:8-12
Mzm 78:1-2 Dia akan mengajar dalam perumpamaan-perumpamaan Mat 13:34-35
Mzm 78:2b Berbicara Hikmat Elohim dengan otoritas Mat 7:29
Mzm 80:17 Orang tangan kanan Elohim Mrk 14:61-62
Mzm 88 Penderitaan dan Penghinaan di Kalvari Mat 27:26-50
Mzm 88:8 Mereka berdiri jauh-jauh dan menyaksikan Luk 23:49
Mzm 89:27 Anak sulung Kol 1:15, 18
Mzm 89:27 Immanuel akan lebih tinggi dari raja-raja bumi Luk 1:32, 33
Mzm 89:35-37 Keturunan Daud, tahta dan kerajaan-Nya kekal selamanya Luk 1:32, 33
Mzm 89:36-37 Karakter-Nya: Kesetiaan Why 1:5, 19:11
Mzm 90:2 Dia berasal dari kekekalan (Mik 5:2) Yoh 1:1
Mzm 91:11, 12 Dikenali sebagai Messias; dipakai untuk mencobai Kristus Luk 4:10, 11
Mzm 97:9 Nubuat kemuliaan-Nya Kis 1:11; Ef 1:20
Mzm 100:5 Karakter-Nya: kebaikan Mat 19:16, 17
Mzm 102:1-11 Penderitaan dan Penghinaan di Kalvari Yoh 19:16-30
Mzm 102:25-27 Messias adalah Anak Elohim yang sudah ada sebelumnya Ibr 1:10-12
Mzm 109:25 Dicemooh Mat 27:39
Mzm 110:1 Anak Daud Mat 22:42-43
Mzm 110:1 Naik ke sebelah kanan Bapa Mrk 16:19
Mzm 110:1 Anak Daud yang disebut Tuhan Mat 22:44, 45
Mzm 110:4 Imam menurut peraturan Melkizedek Ibr 6:20
Mzm 112:4 Karakter-Nya: Berbelas kasihan, berkemurahan Mat 9:36
Mzm 118:17, 18 Kepastian kebangkitan Messias Luk 24:5-7; 1Kor 15:20
Mzm 118:22, 23 Batu yang ditolak itu menjadi batu penjuru Mat 21:42, 43
Mzm 118:26a Dia yang Diberkati dinyatakan kepada Israel Mat 21:9
Mzm 118:26b Datang ke Bait Suci Mat 21:12-15
Mzm 132:11 Keturunan Daud Luk 1:32, Kis 2:30
Mzm 129:3 Dia dicambuk Mat 27:26
Mzm 138:1-6 Keutamaan Keturunan Daud menakjubkan raja-raja Mat 2:2-6
Mzm 147:3, 6 Gambaran pelayanan Kristus di bumi Luk 4:18
Ams 1:23 Dia akan mengutus Roh Elohim Yoh 16:7
Ams 8:23 Ditetapkan sejak kekekalan Why 13:8, 1Pet 1:19-20
Kid 5:16 Segala sesuatu-Nya elok Yoh 1:17
Yes 2:3 Dia akan mengajar bangsa-bangsa Yoh 4:25
Yes 2:4 Dia akan menghakimi bangsa-bangsa Yoh 5:22
Yes 6:1 Ketika Yesaya memandang kemuliaan-Nya Yoh 12:40-41
Yes 6:8 Dia yang Diutus Elohim Yoh 12:38-45
Yes 6:9-10 Perumpamaan bagi orang-orang yang telinganya tuli Mat 13:13-15
Yes 6:9-12 Buta akan Kristus dan tuli akan firman-Nya Kis 28:23-29
Yes 7:14 Dilahirkan dari seorang perawan Luk 1:35
Yes 7:14 Menjadi Immanuel – Elohim beserta kita Mat 1:18-23, 1Tim 3:16
Yes 8:8 Disebut Immanuel Mat 28:20
Yes 8:14 Batu sandungan, batu karang penghalang 1Pet 2:8
Yes 9:1, 2 Pelayanan-Nya dimulai di Galilea Mat 4:12-17
Yes 9:6 Dilahirkan sebagai seorang Anak – Kemanusiaan-Nya Luk 1:31
Yes 9:6 Seorang Putera diberikan – Keilahian-Nya Luk 1:32,Yoh 1:14,1Tim 3:16
Yes 9:6 Dinyatakan sebagai Anak Elohim yang berkuasa Rom 1:3, 4
Yes 9:6 Ajaib (Ibr: peleh; ajaib, mujizat) Luk 4:22
Yes 9:6 Penasihat (Ibr: Yaatz) Mat 13:54
Yes 9:6 Elohim yang Perkasa (El Gibbor) 1Kor 1:24, Titus 2:3
Yes 9:6 Bapa yang Kekal (Avi Adth) Yoh 8:58, 10:30
Yes 9:6 Raja Damai Sejahtera (Sar Shalom) Yoh 16:33
Yes 9:7 Untuk mendirikan kerajaan yang kekal Luk 1:32-33
Yes 9:7 Karakter-Nya: Benar dan Adil Yoh 5:30
Yes 9:7 Pemerintahan, Tahta, dan Damai Sejahtera-Nya tak berkesudahan Luk 1:32-33
Yes 11:1 Dinamai Sang Tunas (Netzer) – Orang Nazaret Mat 2:23
Yes 11:1 Tunas dari tunggul Isai – Anak Isai Luk 3:23, 32
Yes 11:2 Yang Diurapi oleh Roh Mat 3:16,17, Kis 10:38
Yes 11:2 Karakter-Nya: Hikmat dan Pengertian Kol 2:3
Yes 11:3 Dia akan mengetahui pikiran-pikiran mereka Luk 6:8, Yoh 2:25
Yes 11:4 Menghakimi dalam kebenaran Kis 17:31
Yes 11:4 Menghakimi dengan pedang dari mulut-Nya Why 2:16, 19:11, 15
Yes 11:5 Karakter-Nya: Kebenaran dan Kesetiaan Why 19:11
Yes 11:10 Bangsa-bangsa (goyim) akan mencari dia Yoh 12:18-21
Yes 12:2 Dinamai Yesus – Yeshua Mat 1:21
Yes 22:22 Seluruh otoritas pemerintahan diberikan kepada-Nya Why 3:7
Yes 25:8 Nubuat kebangkitan 1Kor 15:54
Yes 26:19 Kuasa kebangkitan-Nya dinubuatkan Mat 27:50-54
Yes 28:16 Messias adalah batu penjuru yang mahal Kis 4:11, 12
Yes 28:16 Dasar yang Teguh 1Kor 3:11, Mat 16:18
Yes 29:13 Nubuat ketaatan palsu terhadap Firman-Nya Mat 15:7-9
Yes 29:14 Hikmat orang berhikmat akan musnah oleh Firman-Nya 1Kor 1:18-31
Yes 32:2 Seorang Manusia yang menjadi tempat pengungsian Mat 23:37
Yes 35:4 Dia akan datang dan menyelamatkan kamu Mat 1:21
Yes 35:5-6 Memiliki pelayanan mujizat-mujizat Mat 11:2-6
Yes 40:3, 4 Didahului oleh seorang pembuka jalan Yoh 1:23
Yes 40:9 Lihatlah Elohimmu Yoh 1:36; 19:14
Yes 40:10. Dia akan datang memberi upah Why 22:12
Yes 40:11 Gembala penuh belas kasihan yang menyerahkan nyawa-Nya Yoh 10:10-18
Yes 42:1-4 Hamba yang setia, pembebas yang panjang sabar Mat 12:18-21
Yes 42:2 Lemah lembut dan rendah hati Mat 11:28-30
Yes 42:3 Dia membawa harapan bagi yang putus asa Yoh 4
Yes 42:4 Bangsa-bangsa menantikan pengajaran-Nya Yoh 12:20-26
Yes 42:6 Terang keselamatan bagi bangsa-bangsa (goyim) Luk 2:32
Yes 42:1, 6 Belas kasihan-Nya di seluruh dunia Mat 28:19, 20
Yes 42:7 Mata yang buta dicelikkan Yoh 9:25-38
Yes 43:11 Dia satu-satunya Juruselamat Kis 4:12
Yes 44:3 Dia akan mengutus Roh Elohim Yoh 16:7, 13
Yes 45:21-25 Dialah Tuhan dan Juruselamat Flp 3:20, Titus 2:13
Yes 45:23 Dia akan menjadi Hakim Yoh 5:22; Rom 14:11
Yes 46:9, 10 Menyatakan hal-hal yang belum terjadi Yoh 13:19
Yes 48:12 Yang Awal dan Yang Akhir Yoh 1:30, Why 1:8, 17
Yes 48:16, 17 Dia datang sebagai Rabbi Yoh 3:2
Yes 49:1 Dipanggil sejak dari kandungan: Kemanusiaan-Nya Mat 1:18
Yes 49:5 Hamba sejak dari kandungan Luk 1:31, Flp 2:7
Yes 49:6 Dia akan memulihkan Israel Kis 3:19-21, 15:16-17
Yes 49:6 Dialah keselamatan bagi Israel Luk 2:29-32
Yes 49:6 Dialah Terang bagi bangsa-bangsa (goyim) Yoh 8:12, Kis 13:47
Yes 49:6 Dia Keselamatan sampai ke ujung-ujung bumi Kis 15:7-18
Yes 49:7 Dia dipandang rendah dan hina oleh bangsa-bangsa Yoh 1:11, 8:48-49, 19:14-15
Yes 50:3 Surga berselubung kegelapan saat Dia dipermalukan di salib Luk 23:44, 45
Yes 50:4 Dia penasihat bagi yang lelah Mat 7:29, 11:28, 29
Yes 50:5 Hamba yang bersedia taat Mat 26:39
Yes 50:6a Memberikan punggung-Nya kepada mereka yang memukul Mat 27:26
Yes 50:6b Dia dipukul di pipi-Nya Mat 26:67
Yes 50:6c Dia diludahi Mat 27:30
Yes 52:7 Menyatakan kabar baik di atas gunung-gunung Mat 5:12,15:29,28:16
Yes 52:13 Hamba yang ditinggikan Kis 1:8-11;Ef 1:19-22,Fil 2:5-9
Yes 52:14 Hamba yang dianiaya Luk 18:31-34; Mat 26:67,68
Yes 52:15 Bangsa-bangsa tercengang dengan perkataan-Nya Luk 18:31-34; Mat 26:67,68
Yes 52:15 Darah-Nya yang dicurahkan memercik kepada bangsa-bangsa Ibr 9:13-14, Why 1:5
Yes 53:1 Umat-Nya tidak percaya kepada-Nya Yoh 12:37-38
Yes 53:2 Penampilannya seperti manusia biasa Flp 2:6-8
Yes 53:3a Dipandang hina, rendah Luk 4:28-29
Yes 53:3b Ditolak Mat 27:21-23
Yes 53:3c Penderitaan yang besar dan dukacita Mat 26:37-38,Luk 19:41,Ibr 4:15
Yes 53:3d Manusia menyembunyikan diri ketika dihubungkan dengan Dia Mrk 14:50-52
Yes 53:4a Dia menjalankan pelayanan kesembuhan Mat 8:16-17
Yes 53:4b Manusia berpikir Dia dikutuk Elohim Mat 26:66, 27:41-43
Yes 53:5a Menanggung hukuman kejahatan umat manusia 2Kor 5:21, Ibr 2:9
Yes 53:5b Pengorbanan-Nya memperdamaikan manusia dengan Elohim Kol 1:20
Yes 53:5c Pengorbanan-Nya menyembuhkan manusia dari dosa 1Pet 2:24
Yes 53:6a Dia penanggung dosa seluruh umat manusia 1Yoh 2:2, 4:10
Yes 53:6b Elohim menghendaki-Nya menanggung dosa umat manusia Gal 1:4
Yes 53:7a Ditindas dan dianiaya Mat 27:27-31
Yes 53:7b Berdiam diri di hadapan para pendakwa-Nya Mat 27:12-14
Yes 53:7c Anak Domba yang dikorbankan Yoh 1:29, 1Pet 1:18-19
Yes 53:8a Ditahan dan dianiaya Mat 26:47-27:31
Yes 53:8b Dia akan dihakimi Yoh 18:13-22
Yes 53:8c Dibunuh Mat 27:35
Yes 53:8d Mati karena dosa-dosa dunia 1Yoh 2:2
Yes 53:9a Dikubur dalam makam orang kaya Mat 27:57
Yes 53:9b Tidak bersalah dan tidak melakukan kekerasan Luk 23:41, Yoh 18:38
Yes 53:9c Tidak ada tipu daya di dalam mulut-Nya 1Pet 2:22
Yes 53:10a Kehendak Elohim bagi Dia untuk mati demi umat manusia Yoh 18:11
Yes 53:10b Suatu persembahan untuk dosa Mat 20:28, Gal 3:13
Yes 53:10c Dibangkitkan dan hidup kekal Rom 6:9
Yes 53:10d Dia akan berhasil Yoh 17:1-5
Yes 53:11a Elohim sangat dipuaskan oleh penderitaan-Nya Yoh 12:27
Yes 53:11b Hamba Elohim akan membenarkan manusia Rom 5:8-9, 18-19
Yes 53:11c Penanggung dosa seluruh umat manusia Ibr 9:28
Yes 53:12a Ditinggikan Elohim karena pengorbanan-Nya Mat 28:18
Yes 53:12b Menyerahkan nyawa untuk menyelamatkan manusia Luk 23:46
Yes 53:12c Terhitung di antara para pendosa Mrk 15:27-28
Yes 53:12d Penanggung dosa seluruh umat manusia 1Pet 2:24
Yes 53:12e Bersyafaat kepada Elohim bagi umat manusia Luk 23:34, Rom. 8:34
Yes 55:3 Dibangkitkan Elohim Kis 13:34
Yes 55:4a Saksi Yoh 18:37
Yes 55:4b Dia adalah pemimpin dan pemerintah Ibr 2:10
Yes 55:5 Elohim akan memuliakan Dia Kis 3:13
Yes 59:16a Perantara manusia dengan Elohim Mat 10:32
Yes 59:16b Dia datang menyediakan keselamatan Yoh 6:40
Yes 59:20 Dia datang ke Zion sebagai Penebus Luk 2:38
Yes 60:1-3 Dia menyatakan terang kepada bangsa-bangsa lain Kis 26:23
Yes 61:1a Roh Elohim ada atas-Nya Mat 3:16-17
Yes 61:1b Messias mengajarkan kabar baik Luk 4:16-21
Yes 61:1c Menyediakan kemerdekaan dari belenggu dosa Yoh 8:31-36
Yes 61:1-2a Memproklamasikan masa kasih karunia Gal 4:4-5
Yer 11:21 Konspirasi untuk membunuh Yeshua Yoh 7:1, Mat 21:28
Yer 23:5-6 Keturunan Daud Luk 3:23-31
Yer 23:5-6 Messias adalah Elohim dan Manusia Yoh 13:13, 1Tim 3:16
Yer 31:22 Dilahirkan oleh seorang perawan Mat 1:18-20
Yer 31:31 Messias adalah Perjanjian Baru Mat 26:28
Yer 33:14-15 Keturunan Daud Luk 3:23-31
Yeh 34:23-24 Keturunan Daud Mat 1:1
Yeh 37:24-25 Keturunan Daud Luk 1:31-33
Dan 2:44-45 Batu yang menghancurkan kerajaan-kerajaan Mat 21:44
Dan 7:13-14a Dia akan naik ke surga Kis 1:9-11
Dan 7:13-14b Sangat ditinggikan Ef 1:20-22
Dan 7:13-14c Kekuasaan-Nya kekal Luk 1:31-33
Dan 9:24a Mengakhiri dosa-dosa Gal 1:3-5
Dan 9:24a Melakukan rekonsiliasi bagi yang berdosa Rom 5:10, 2Kor 5:18-21
Dan 9:24b Kudus Luk 1:35
Dan 9:25 Proklamasi-Nya Yoh 12:12-13
Dan 9:26a Dibunuh Mat 16:21, 21:38-39
Dan 9:26b Mati untuk dosa-dosa dunia Ibr 2:9
Dan 9:26c Dibunuh sebelum penghancuran Bait Suci Mat 27:50-51
Dan 10:5-6 Messias dalam kemuliaan-Nya Why 1:13-16
Hos 11:1 Dia dipanggil keluar dari Mesir Mat 2:15
Hos 13:14 Dia mengalahkan kematian 1Kor 15:55-57
Yoel 2:32 Menawarkan keselamatan kepada semua umat manusia Rom 10:9-13
Yun 1:17 Kematian dan kebangkitan Kristus Mat 12:40, 16:4
Mik 5:2a Dilahirkan di Bethlehem Mat 2:1-6
Mik 5:2b Penguasa di Israel Luk 1:33
Mik 5:2c Dari kekekalan Yoh 8:58
Hag 2:6-9 Dia mengunjungi Bait Suci kedua Luk 2:27-32
Hag 2:23 Keturunan Zerubabel Luk 2:27-32
Zak 3:8 Hamba Elohim Yoh 17:4
Zak 6:12-13 Imam dan Raja Ibr 8:1
Zak 9:9a Disambut sukacita di Yerusalem Mat 21:8-10
Zak 9:9b Dipandang sebagai Raja Yoh 12:12-13
Zak 9:9c Messias adil dan benar Yoh 5:30
Zak 9:9d Messias membawa keselamatan Luk 19:10
Zak 9:9e Messias rendah hati Mat 11:29
Zak 9:9f Diarak ke Yerusalem dengan menunggang keledai Mat 21:6-9
Zak 10:4 Batu penjuru Ef 2:20
Zak 11:4-6a Saat kedatangan-Nya, Israel memiliki pemimpin yang tidak cakap Mat 23:1-4
Zak 11:4-6b Penolakan membuat Elohim menyingkirkan perlindungan-Nya Luk 19:41-44
Zak 11:4-6c Ditolak karena raja yang lain Yoh 19:13-15
Zak 11:7 Melayani yang “miskin”, sisa-sisa yang percaya Mat 9:35-36
Zak 11:8a Ketidakpercayaan membuat Messias menolak mereka Mat 23:33
Zak 11:8b Dihina Mat 27:20
Zak 11:9 Berhenti melayani mereka yang menolak-Nya Mat 13:10-11
Zak 11:10-11a Penolakan menyebabkan perlindungan Elohim diangkat Luk 19:41-44
Zak 11:10-11b Messias adalah Elohim Yoh 14:7
Zak 11:12-13a Dikhianati dengan 30 keping perak Mat 26:14-15
Zak 11:12-13b Ditolak Mat 26:14-15
Zak 11:12-13c 30 keping perak dilempar ke Bait Suci Mat 27:3-5
Zak 11:12-13d Messias adalah Elohim Yoh 12:45
Zak 12:10a Tubuh Messias akan ditikam Yoh 19:34-37
Zak 12:10b Messias adalah Elohim dan manusia Yoh 10:30
Zak 12:10c Messias akan ditolak Yoh 1:11
Zak 13:7a Kehendak Elohim bagi Dia untuk mati bagi manusia Yoh 18:11
Zak 13:7b Kematian yang kejam Mrk 14:27
Zak 13:7c Elohim dan manusia Yoh 14:9
Zak 13:7d Israel tercerai-berai karena menolak Dia Mat 26:31-56
Zak 14:4 Dia akan kembali ke Gunung Zaitun Kis 1:11-12
Mal 3:1a Utusan-Nya mendahului Messias Mrk 1:1-8
Mal 3:1b Muncul dengan tiba-tiba di Bait Suci Mrk 11:15-16
Mal 3:1c Utusan Perjanjian Baru Luk 4:43
Mal 3:6 Elohim yang tidak berubah Ibr 13:8
Mal 4:5 Pendahulunya melayani dalam roh Elia Mat 3:1-3,11:10-14,17:11-13
Mal 4:6 Pendahulunya akan membawa banyak orang kepada kebenaran Luk 1:16-17

Referensi:

365 Messianic Prophecies

Over 360 prophecies foretold Jesus/Yeshua as the Jewish Messiah (Mashiach ben David)

44 Prophecies Jesus Christ Fulfilled

353 Prophecies Fulfilled in Jesus Christ

Biblical Prophecies Fulfilled by Jesus

Odds of Christ Fulfilling Prophecy

Applying the Science of Probability to the Scriptures

Iklan