Awal tahun baru 2017 dibuka dengan tersebarnya foto viral yang menunjukkan gambar bayangan yang menyebabkan ribuan pengguna Facebook dan media sosial lainnya ribut berdebat, apakah benar ini foto Iblis bersayap atau Malaikat Kegelapan yang sedang berdiri di tengah-tengah kegelapan di jalanan Arizona.

Sementara si pengunggah foto bertanya bagaimana tanggapan orang-orang tentang foto tersebut, banyak komentar bermunculan baik yang percaya maupun yang sinis, skeptis dan berpendapat bahwa ini hanyalah hasil permainan kamera, trik Photoshop, atau semacam hoax.

demon-1

demon-zoom

Foto ini menunjukkan sesosok bayangan raksasa dengan ukuran “sebesar rumah”, dengan sayap-sayap lebar dan tanduk-tanduk di kepalanya. Para pengguna media sosial mengklaim “binatang” ini kemungkinan roh jahat, namun yang lainnya tidak yakin, dan mengatakan bahwa foto kabur ini pasti hanyalah sebatang pohon palem.

Seorang pengguna media sosial memposting, “Dengan hari-hari yang JAHAT dimana kita sekarang ini hidup, bagaimana jika ini benar-benar Iblis yang menggerakkan perbuatan-perbuatan kejahatan di sekeliling kita? Anda mau percaya atau tidak, ini adalah AKHIR ZAMAN!”

Yang lain menulis, “Ini seperti Iblis!! Ini di mana?”

Seorang lain mengatakan, dia melihat seorang manusia diinjak oleh kaki Iblis ini.

demon-750337

Perikop-perikop dari Alkitab mengindikasikan bahwa makhluk-makhluk Iblisi akan berkeliaran di Bumi dalam hari-hari kegelapan menjelang Akhir Zaman. Sebagian orang berpikir ini bukanlah Iblis, tetapi seorang malaikat karena memiliki sayap. Mungkin saja, tapi sosoknya tampak lebih menyerupai Iblis yang mengerikan karena kepalanya bertanduk, dan karena situasi dan kondisi di mana foto ini diambil.

Kantor berita Fox New melaporkan bahwa seorang pria bernama Richard Christianson yang pertama kali memposting foto-foto “Iblis”, memperlihatkan apa yang kelihatannya seperti Iblis bersayap menakutkan sedang berdiri di jalanan Laveen, Arizona, sebuah desa berlokasi di pinggiran kota Phoenix.

demon-1
“Siapa saja! Apa yang Anda lihat di gambar ini benar-benar nyata???”

Christianson memberi keterangan foto dengan pertanyaan: “Siapa saja! Apa yang Anda lihat di gambar ini benar-benar nyata???”

Foto berbintik-bintik ini dengan cepat menyebar di Facebook dan media sosial lain, dan beritanya segera diinvestigasi berbagai stasiun berita di seluruh Amerika. Dan meskipun Christianson nampaknya memicu perdebatan yang masih berlangsung tentang kemungkinan sosok makhluk mengerikan apa yang tertangkap kamera ini, sejak itu dia menghilang dan menghapus posting aslinya dari Facebook.

Tapi satu kali foto viral beredar, itu tidak bisa dihentikan.

Spekulasi tentang apa sebenarnya sosok makhluk bersayap ini, termasuk kemungkinan supernatural, dan bahkan sebagian orang terlalu jauh menafsirkan bahwa ini semacam suatu pertanda Akhir Zaman, yang disebut “penampakan Iblis.”

Daily Express melaporkan, salah satu pengguna media sosial berkomentar bahwa makhluk bersayap itu adalah tanda-tanda Akhir Zaman dalam Alkitab, dan bahwa kita sedang hidup dalam Hari-hari Terakhir.

demon-777631

Sebagian orang mengemukakan bahwa gambar gelap ini hanyalah tipuan cahaya, sebagian lain menyebutkan bahwa foto Iblis bersayap ini hoax, sambil mengatakan bahwa foto aslinya mungkin telah diedit dengan Photoshop atau dimontase dengan suatu cara sehingga menghasilkan foto Malaikat Kegelapan yang digambarkan ukuran tinggi badannya “sebesar rumah”, dengan sayap-sayap, dan dengan apa yang kelihatan seperti dua tanduk keluar di bagian kepala.

Snopes, website penyelidik yang suka membongkar teori konspirasi dan hoax, mengatakan mereka telah menghubungi Christianson, namun yang didapat hanyalah informasi bahwa dia mengambil foto “Iblis” itu pukul 19.48  pada hari pertama Tahun Baru, tanpa tambahan informasi lain.

Snopes melaporkan bahwa figur bersayap itu telah menimbulkan spekulasi tentang Akhir Zaman, atau bahwa itu mungkin hanyalah sebatang pohon palem, namun mereka menunjukkan bahwa sebagian pengamat mengatakan itu menyerupai Mothman (secara literal: Manusia Ngengat), makhluk hybrid modern menyerupai manusia yang berasal dari Virginia Barat, dengan mata merah menyala dan sayap-sayap setinggi 3 meter.

Website Inquisitr melaporkan akhir November 2016 tentang beberapa foto yang diambil di Virginia Barat yang nampaknya menyerupai apa yang disebut makhluk Mothman di daerah tersebut.

Snopes juga menambahkan bahwa Richard Christianson pernah memposting berita viral lainnya. Tahun 2015 dia memposting “video dramatis” di media sosial yang menunjukkan dia menyelamatkan seekor kucing putih-oranye yang terperangkap di rantai pagar kawat jalan bebas hambatan.

Dalam kolom komentar Facebooknya, USA Today melaporkan seorang pengguna bernama Danielle Holland punya saran praktis untuk memecahkan misteri. Dia mengatakan siapa pun yang mengambil foto ini, coba difoto lagi waktu siang hari. Foto “Iblis” ini mungkin hanyalah gambar sebatang pohon palem.

Pengguna Facebook lainnya melihat sesuatu dalam foto ini yang nampaknya sangat mungkin mengidentifikasi apa sesungguhnya karakter sosok “Iblis” ini.

“Itu pohon palem, jika kamu perhatikan baik-baik di bagian kiri gambar pertama ada satu lagi di sana,” tulis Gabriella Swedin di kolom komentar Facebook USA Today.

Karena website Snopes tidak menyebutkan bahwa si pengunggah ini mengutak-atik foto tersebut, atau berusaha menciptakan hoax, Richard Christianson, mungkin memang benar-benar menangkap gambar sesosok Iblis dan ingin membagikannya di Facebook.

Tapi apakah foto Iblis ini merupakan pertanda Akhir Zaman yang ditulis Alkitab, seorang Malaikat atau Iblis? Seperti banyak peristiwa-peristiwa dan penampakan-penampakan paranormal atau supernatural, biasanya ada penjelasan yang lebih sederhana. Kondisi yang gelap, pencahayaan yang buruk, dan banyaknya pohon-pohon palem di daerah itu mungkin bukan penyebab munculnya sosok Iblis ini.

Baca:

Hybrid Nephilim: Makhluk “Peri” Bersayap yang Ditemukan di Mexico Mungkin Penggenapan Kitab Wahyu

“Naga Misterius” Tertangkap Kamera sedang Terbang Melintasi Pegunungan di China

Referensi:

Makhluk aneh tertangkap kamera keamanan di Turki

Winged Demon or Social Media Hoax? You Decide

GIANT WINGED ‘DEMON’ PHOTOS GO VIRAL: APOCALYPTIC IMAGE, MOTHMAN, OR SOMETHING FAR LESS SINISTER?

The demon of Arizona: Terrifying image captured by unsuspecting photographer shows ‘winged creature’

Sinister photo of huge ‘winged demon’ goes viral amid claims devil will spark apocalypse

Winged ‘demon’ photo from Arizona goes viral

Iklan