Arkeolog di Bulgaria telah menemukan sisa-sisa dari apa yang mereka gambarkan sebagai sebuah “kerangka raksasa” di tengah kota Varna, sebuah kota di pantai Laut Hitam yang kekayaan budaya dan peradabannya terbentang selama kurang lebih 7000 tahun.

Kantor Berita Sofia, Novinite, melaporkan bahwa kerangka itu ditemukan di dalam apa yang dulunya merupakan kota kuno Odessos, sebuah pusat perdagangan yang didirikan oleh bangsa Yunani pada akhir abad ke-7 SM. Odessos dulunya merupakan komunitas campuran yang terdiri dari Yunani Ionian dan suku-suku Thracian (Getae, Krobyzoi, Terizi). Belakangan itu dikuasai oleh bangsa Thracian, Makedonia, dan kemudian Romawi. Kota Romawi, Odessus, meliputi 47 hektar di pusat kota Varna sekarang ini, dan memiliki tempat pemandian umum terkemuka, Thermae, yang didirikan pada akhir abad ke-2 M, yang merupakan peninggalan Romawi terbesar di Bulgaria.

remains-of-ancient-odessus
Reruntuhan kuno Odessus di Varna, Bulgaria

Peneliti mengatakan bahwa analisa awal menunjukkan kerangka ini milik seorang manusia yang hidup pada akhir abad ke-4 atau awal abad ke-5 M, pada zaman ketika Odessus merupakan pusat Kekristenan awal. Valeri Yotov, salah seorang anggota tim yang melaksanakan penggalian di sana, melaporkan kepada website-website berita lokal bahwa ukuran tulang-belulang ini “luar biasa” dan bahwa itu berasal dari seorang “manusia yang sangat tinggi.” Namun, Yotov tidak mau mengungkapkan berapa persisnya tinggi kerangka itu. Tulang-belulang itu ditemukan di dekat reruntuhan tembok kuno kota dan Yotov menduga orang itu mati ketika bekerja atau pada saat upacara yang dilakukan di dekat tembok kota. “Posturnya, dengan tangan-tangan di pinggang dan tubuhnya mengarah ke timur (kepala) dan barat (kaki) merupakan indikasi jelas bagi para arkeolog bawa dia dikuburkan,” demikian dilaporkan Novinite.

Ini bukan pertama kalinya kerangka yang sangat besar ditemukan di Eropa Timur. Pada tahun 2013, kerangka seorang pejuang raksasa yang berasal dari tahun 1600 SM ditemukan di Santa Mare, Romania. Diberi julukan “Goliath”, pejuang ini berukuran tinggi lebih dari 2 meter, sangat tidak lazim untuk zaman dan tempat, ketika orang-orang umumnya berukuran lebih kecil (kurang lebih 1,5 meter secara rata-rata). Pejuang ini dikuburkan dengan sebuah pisau belati yang menakjubkan yang mengindikasikan kedudukannya yang tinggi.

giant-skeleton-nicknamed-goliath

Referensi:

Giant Human Skeleton unearthed in Varna, Bulgaria

‘Huge Skeleton’ Discovered in Bulgaria’s Varna

Skeleton of GIANT human dubbed ‘Goliath’ found in ancient fortress

Giant Humanoid Skeleton Discovered in Bulgaria

Varna

Iklan