Arkeolog di Iran barat telah menemukan harta karun berupa artefak-artefak kuno, termasuk tulang kerangka “manusia yang sangat tinggi” yang hidup lebih dari 1.500 tahun yang lalu.

Arkeolog yang menggali situs di provinsi Iran Lorestan telah menemukan sejumlah besar artefak-artefak sejarah penting yang berasal dari penanggalan ribuan tahun lalu.

Penemuan yang paling menarik adalah kerangka dari manusia yang sangat tinggi, sekitar dua meter, yang hidup pada zaman Kekaisaran Sasania, yang memerintah dari sekitar 224 M sampai 651 M, saat ditaklukkan oleh Khalifah Islam.

Arkeolog juga menemukan artefak-artefak yang berasal dari penanggalan zaman Kekaisaran Achaemenid, yang ada sekitar 550 SM sampai kehancurannya di tangan Alexander Agung pada 330 SM, dan Kekaisaran Parthia dari sekitar tahun 250 SM – 224 M.

“Dalam kegiatan penggalian baru-baru ini di daerah Chia Sabz provinsi Lorestan, kami menemukan benda-benda peninggalan dari zaman Kekaisaran Achaemenid,” kata kepala arkeolog Ata Hasanpour kepada Mehr News Agency.

giant

Barang-barang ini berasal dari masa Kekaisaran Achaemenid, yang juga dikenal sebagai Kekaisaran Persia Pertama, di antaranya piring-piring, mangkuk-mangkuk keramik, bejana-bejana yang dilukis, ornamen-ornamen dengan cap dan koin-koin, serta alat-alat batu. Ini semua adalah artefak-artefak pertama dari periode tersebut yang ditemukan di provinsi Lorestan.

“Di utara daerah Chia Sabz kami menemukan makam seorang pria tua. Itu terdiri dari empat dinding tanah liat, ditutupi dengan lempengan batu besar,” kata Hasanpour.

“Kami menemukan sangat banyak barang-barang keramik dari Kekaisaran Sasania di dekat situs pemakaman, tapi kami hanya bisa memberikan penanggalan yang lebih tepat setelah analisis radiokarbon.”

“Pada hari-hari terakhir penggalian, kami berhasil menemukan gudang penyimpanan dengan dua bejana tempat penyimpanan makanan. Isi dari bejana telah dikirim ke laboratorium untuk penyelidikan lebih lanjut,” katanya. Diyakini ruangan tersebut berasal dari masa Kekaisaran Parthia.

Selama penggalian mereka, para arkeolog juga telah menemukan dua kolom, yang mereka percayai merupakan bagian dari sebuah ruang upacara kuno.

Baca:

100 Bukti Raksasa Nephilim Ada di Bumi

Arsitektur Cyclopean | Bangunan Peninggalan Raksasa Nephilim Pra-Banjir Besar

Jejak Kaki Raksasa yang Ditemukan di Seluruh Dunia

Referensi:

Remains of a ‘Giant’ Discovered Alongside Ancient Treasure Trove in Iran

1500 Years Old Bodies in Lorestan

Iklan