Pendahuluan

Kitab 2 Esdras, disebut juga Kitab 4 Ezra atau Kitab Wahyu Ezra, merupakan bagian dari kitab-kitab Apocrypha. Apocrypha artinya “tersembunyi.” Kitab-kitab Apocrypha ditempatkan di antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Kitab-kitab Apocrypha merupakan bagian dari Alkitab terjemahan Inggris, King James Version asli tahun 1611, hingga akhirnya disingkirkan pada tahun 1885.

Kitab 2 Esdras dianggap sangat berharga dalam literatur apokaliptik Yahudi. Banyak dikutip oleh Bapa-bapa Gereja mula-mula, khususnya Ambrose dari Milan. Kitab 2 Esdras dimasukkan ke dalam bagian Alkitab terjemahan Inggris antara lain King James Version 1611, Revised Standard Version, Douay-Rheims Bible, dan Alkitab terjemahan bahasa Latin Vulgate.

Kitab 2 Esdras dianggap sebagai kanon (bagian dari Kitab Suci) oleh Gereja Orthodox Gregorian, Armenian Apostolic, Orthodox Syria, Orthodox Ethiopia.

Fragmen-fragmen Gulungan Kitab Laut Mati yang berasal dari penanggalan 70 M mengandung bagian-bagian dari kitab-kitab Apocrypha di dalam bahasa Ibrani.

Bagian utama Kitab 2 Esdras (pasal 3-15) ditulis dalam bahasa Ibrani, dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani. Namun manuskrip-manuskrip asli dalam bahasa Ibrani dan Yunani sudah tidak ada lagi.

Dari terjemahan bahasa Yunani kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Latin (yang menjadi dasar terjemahan versi Inggris), Syria, Ethiopia, Arab, Gregoria. Kitab ini terdiri dari 7 bagian, yang disebut “penglihatan-penglihatan” Ezra, yang berisi tentang peristiwa-peristiwa Akhir Zaman, kedatangan Messias, dan penghakiman atas penduduk bumi.

Kitab 2 Esdras (4 Ezra)

Pasal 1

Riwayat Ezra

  1. Kitab kedua dari nabi Ezra ben Seraya, ben Azarya, ben Hilkia, ben Salum, ben Zadok, ben Ahitub,
  2. ben Ahia, ben Pinehas, ben Eli, ben Amarya, ben Azarya, ben Merayot, ben Arna, ben Uzi, ben Borith, ben Abisua, ben Pinehas, ben Eleazar,
  3. ben Harun, dari suku Lewi, yang adalah seorang tawanan di negeri Media pada masa pemerintahan Artahsasta, raja Persia.

Panggilan Profetik Ezra

  1. Firman YAHWEH datang kepadaku, mengatakan,
  2. “Pergi dan nyatakan kepada umat-Ku perbuatan-perbuatan mereka yang jahat, dan kepada anak-anak mereka kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan melawan Aku, supaya mereka bisa memberitahukan kepada anak-anak cucu mereka
  3. bahwa dosa-dosa orang tua mereka telah bertambah-tambah di dalam mereka, karena mereka telah melupakan Aku dan telah mempersembahkan kurban-kurban kepada elohim asing.
  4. Bukankah Aku yang membawa mereka keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan? Tapi mereka telah membangkitkan amarah-Ku dan memandang rendah nasihat-nasihat-Ku.
  5. Cabutlah rambut dari kepalamu dan lemparkanlah segala malapetaka ke atas mereka, karena mereka tidak mentaati hukum-Ku – mereka adalah umat pemberontak.
  6. Berapa lama Aku harus menanggung mereka, kepada siapa telah Aku limpahkan kebaikan-kebaikan yang begitu besar?
  7. Demi mereka Aku telah menggulingkan banyak raja-raja: Aku memukul Firaun bersama hamba-hambanya, dan seluruh pasukannya.
  8. Aku telah menghancurkan segala bangsa-bangsa di hadapan mereka, dan menyerakkan di timur rakyat dari dua provinsi, Tirus dan Sidon; Aku telah membunuh semua musuh-musuh mereka.

Belas Kasihan Elohim kepada Israel

  1. Tapi berbicaralah kepada mereka dan katakan, “Beginilah firman YAHWEH:
  2. Sesungguhnya Akulah yang membawa engkau melewati laut, dan membuat jalan raya yang aman bagimu di mana tidak ada jalan; Aku memberikan kepadamu Musa sebagai pemimpin dan Harun sebagai imam;
  3. Aku menyediakan terang bagimu dari tiang api, dan melakukan keajaiban-keajaiban besar di antaramu. Namun engkau melupakan Aku,” firman YAHWEH.
  4. “Beginilah firman YAHWEH Yang Maha Kuasa: Burung-burung puyuh adalah tanda bagimu; Aku berikan kepadamu perkemahan-perkemahan untuk melindungi engkau, dan di dalamnya engkau bersungut-sungut.
  5. Engkau tidak bersukaria dalam nama-Ku atas kehancuran musuh-musuhmu, tapi sampai hari ini engkau masih bersungut-sungut.
  6. Di manakah kebaikan-kebaikan yang Aku limpahkan kepadamu? Ketika engkau lapar dan haus di padang gurun, tidakkah engkau berseru-seru kepada-Ku,
  7. dengan berkata, `Mengapa Engkau memimpin kami ke padang gurun ini untuk membunuh kami? Akan lebih baik bagi kami untuk bekerja melayani orang Mesir dari pada mati di padang gurun ini.”
  8. Aku mengasihani keluhan-keluhanmu dan memberikan kepadamu manna sebagai makanan; engkau makan roti para malaikat.
  9. Ketika engkau haus, tidakkah Aku membelah batu sehingga air mengalir berlimpah-limpah? Karena panas terik Aku menudungi engkau dengan daun-daun pepohonan.
  10. Aku membagi-bagi tanah yang subur di antara kamu; Aku mengusir orang Kanaan, orang Feris, dan orang Filistin di hadapanmu. Apa lagi yang bisa Aku lakukan bagimu? firman YAHWEH.
  11. Beginilah firman YAHWEH Yang Maha Kuasa: Ketika engkau ada di padang gurun, di sungai air pahit, kehausan dan menghujat nama-Ku,
  12. Aku tidak menurunkan api ke atasmu karena hujatan-hujatanmu, tapi melemparkan sebatang kayu ke dalam air dan membuat sungai menjadi manis.

Pemberontakan Israel dan Penolakan

  1. “Apa yang harus Aku lakukan kepadamu, hai Yakub? Engkau tidak mau mentaati Aku, hai Yehuda. Aku akan berpaling kepada bangsa-bangsa lain dan akan memberikan kepada mereka nama-Ku, supaya mereka memelihara ketetapan-ketetapan-Ku.
  2. Karena engkau telah meninggalkan Aku, Aku juga akan meninggalkan engkau. Ketika engkau memohon belas kasihan dari pada-Ku, Aku tidak akan menunjukkan kepadamu belas kasihan.
  3. Ketika engkau memanggil kepada-Ku, Aku tidak akan mendengarkan engkau; karena engkau telah mencemarkan tanganmu dengan darah, dan kakimu cepat untuk melakukan pembunuhan.
  4. Ini bukan seperti seolah-olah engkau telah meninggalkan Aku; engkau telah meninggalkan dirimu sendiri, firman YAHWEH.
  5. “Beginilah firman YAHWEH Yang Maha Kuasa: Tidakkah Aku meminta kepadamu seperti seorang bapa meminta kepada putera-puteranya atau seorang ibu puteri-puterinya atau seorang perawat anak-anaknya,
  6. supaya engkau menjadi umat-Ku dan Aku menjadi Elohimmu, dan supaya engkau menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan Aku menjadi bapamu?
  7. Aku mengumpulkan engkau seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya. Tapi sekarang, apa yang harus Aku lakukan kepadamu? Aku akan mencampakkan engkau keluar dari hadapan-Ku.
  8. Ketika engkau mempersembahkan persembahan-persembahan kepada-Ku, Aku akan memalingkan wajah-Ku dari padamu; karena Aku telah menolak hari raya-hari rayamu, dan bulan-bulan baru, dan sunat dagingmu.
  9. Aku mengutus kepadamu hamba-hamba-Ku para nabi, tetapi engkau telah membawa dan membunuh mereka dan mengoyakkan tubuh-tubuh mereka menjadi potongan-potongan; darah mereka akan Aku tuntut dari padamu, firman YAHWEH.
  10. “Beginilah firman YAHWEH Yang Maha Kuasa: Rumahmu menjadi rusak; Aku akan mengusir engkau keluar seperti angin menghamburkan jerami;
  11. dan anak-anakmu tidak akan memiliki keturunan, karena bersamamu mereka telah mengabaikan perintah-Ku dan telah melakukan apa yang jahat di mata-Ku.
  12. Aku akan memberikan rumah-rumahmu kepada suatu umat yang akan datang, yang tanpa mendengar Aku, akan percaya. Mereka yang kepadanya Aku tidak menunjukkan tanda-tanda, akan melakukan apa yang Aku perintahkan.
  13. Mereka tidak pernah melihat nabi-nabi, namun akan mengingat kedudukan mereka sebelumnya.
  14. Aku memanggil menjadi saksi rasa syukur dari umat yang akan datang, yang anak-anaknya bersukacita dengan kegembiraan; sekalipun mereka tidak melihat Aku dengan mata lahiriah, namun dengan roh mereka akan percaya hal-hal yang Aku katakan.
  15. “Dan sekarang, bapa, pandanglah dengan bangga dan lihatlah orang-orang yang datang dari timur;
  16. kepada mereka akan Aku berikan sebagai pemimpin Abraham, Ishak, dan Yakub dan Hosea dan Amos dan Mikha dan Yoel dan Obaja dan Yunus
  17. dan Nahum dan Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia dan Maleakhi, yang juga disebut utusan YAHWEH.

Pasal 2

Penghakiman Elohim kepada Israel

  1. “Beginilah firman YAHWEH: Aku membawa umat ini keluar dari perbudakan, dan Aku memberi mereka perintah-perintah melalui hamba-hamba-Ku para nabi; tetapi mereka tidak mau mendengarkan mereka, dan menjadikan nasihat-nasihat-Ku hampa.
  2. Ibu yang melahirkan mereka berkata kepada mereka, `Pergilah, anak-anakku, karena aku seorang janda dan ditinggalkan.
  3. Aku melahirkan engkau dengan kegembiraan; tetapi dengan dukacita dan penderitaan aku telah kehilanganmu, karena engkau telah berdosa di hadapan YAHWEH Elohim dan telah melakukan apa yang jahat di mataku.
  4. Tapi sekarang apa yang dapat aku lakukan bagimu? Karena aku seorang janda dan ditinggalkan. Pergilah, anak-anakku, dan mintalah belas kasihan dari YAHWEH.’
  5. Aku memanggilmu, ayah, sebagai saksi di samping ibu dari anak-anak, karena mereka tidak mau memelihara perjanjian-Ku,
  6. supaya engkau dapat mendatangkan kekacauan ke atas mereka dan membawa ibu mereka kepada kehancuran, supaya mereka tidak mempunyai keturunan.
  7. Biarlah mereka terserak ke antara bangsa-bangsa, biarlah nama-nama mereka dihapuskan dari bumi, karena mereka telah memandang rendah perjanjian-Ku.
  8. “Celakalah kamu, Ashur, yang menyembunyikan orang fasik di tengah-tengahmu! Ya bangsa jahat, ingatlah apa yang Aku perbuat kepada Sodom dan Gomora,
  9. yang negerinya berada di dalam gumpalan-gumpalan pakal dan tumpukan-tumpukan abu. Demikianlah akan Aku perbuat kepada mereka yang tidak mau mendengarkan Aku, firman YAHWEH Yang Maha Kuasa.”
  10. Beginilah firman YAHWEH kepada Ezra: “Katakan kepada umat-Ku bahwa Aku akan memberi mereka kerajaan Yerusalem, yang hendak Aku berikan kepada Israel.
  11. Lebih lagi, Aku akan mengambil kembali bagi diri-Ku sendiri kemuliaan mereka, dan akan memberikan kepada orang-orang lain ini tempat-tempat kediaman yang kekal, yang telah Aku persiapkan bagi Israel.
  12. Pohon kehidupan akan memberikan mereka aroma harum, dan mereka tidak akan berjerih payah ataupun menjadi lelah.
  13. Mintalah dan kamu akan menerima; berdoalah agar hari-harimu sedikit, supaya itu dapat dipersingkat. Kerajaan sudah dipersiapkan bagimu; perhatikanlah!
  14. Panggillah, ya panggillah surga dan bumi menjadi saksi, karena Aku menyingkirkan yang jahat dan menciptakan yang baik, sebab Aku hidup, firman YAHWEH.

Nasihat untuk Melakukan Perbuatan Baik

  1. “Ibu, peluklah anak-anakmu; bawalah mereka dengan gembira, seperti halnya burung merpati; kuatkanlah kaki mereka, karena Aku telah memilih engkau, firman YAHWEH.
  2. Dan Aku akan membangkitkan orang-orang mati dari tempat-tempat mereka, dan akan membawa mereka keluar dari kuburan-kuburan mereka, karena Aku mengenal nama-Ku di dalam mereka.
  3. Janganlah takut, ibu dari anak-anak, karena aku telah memilih engkau, firman YAHWEH.
  4. Aku akan mengirimkan pertolongan kepadamu, hamba-hamba-Ku Yesaya dan Yeremia. Menurut nasihat mereka Aku telah menguduskan dan mempersiapkan bagimu dua belas pohon penuh dengan berbagai buah-buahan,
  5. dan jumlah yang sama dari sumber-sumber yang mengalirkan susu dan madu, dan tujuh gunung perkasa di mana bunga-bunga mawar dan bunga-bunga bakung tumbuh; olehnya Aku akan memenuhi anak-anakmu dengan sukacita.
  6. Jagalah hak-hak janda, tegakkanlah keadilan bagi anak yatim, berilah kepada yang kekurangan, belalah anak yatim, kenakanlah pakaian kepada yang telanjang,
  7. rawatlah yang terluka dan lemah, jangan mencemooh orang lumpuh, lindungilah orang cacat, dan biarlah orang buta mendapatkan penglihatan akan kemegahan-Ku.
  8. Lindungilah orang tua dan orang muda di dalam tembok-tembokmu;
  9. Jika engkau menemukan orang yang mati, serahkanlah mereka kepada kuburan dan tandailah, dan Aku akan memberikan kepadamu tempat pertama di dalam kebangkitan-Ku.
  10. Berhentilah sejenak dan tenanglah, umat-Ku, karena perhentianmu akan datang.
  11. Rawatlah yang baik, peliharalah anak-anakmu, dan kuatkanlah kaki mereka.
  12. Tidak salah pun hamba-hamba yang telah Aku berikan kepadamu akan binasa, karena Aku akan menuntut mereka dari antara bilanganmu.
  13. Janganlah cemas, karena ketika hari kesengsaraan dan penderitaan datang, orang-orang lain akan menangis dan berdukacita, tetapi engkau akan bersukacita dan memiliki kelimpahan.
  14. Bangsa-bangsa akan iri kepadamu, tetapi mereka tidak akan bisa melakukan apa-apa terhadap engkau, firman YAHWEH.
  15. Tangan-Ku akan menudungi engkau, supaya anak-anakmu tidak akan melihat Gehenna.
  16. Bersukacitalah, hai ibu, bersama anak-anakmu, karena Aku akan membebaskan engkau, firman YAHWEH.
  17. Ingatlah anak-anakmu yang tidur, karena Aku akan membawa mereka keluar dari tempat-tempat persembunyian dari bumi, dan akan menunjukkan belas kasihan kepada mereka; karena Aku ini murah hati, firman YAHWEH Yang Maha Kuasa.
  18. Peluklah anak-anakmu sampai Aku datang, dan nyatakanlah belas kasihan kepada mereka; karena sumber-sumber air-Ku melimpah, dan kasih karunia-Ku tidak akan berkesudahan.”

Ezra di Gunung Horeb

  1. Aku, Ezra, menerima perintah dari YAHWEH di Gunung Horeb supaya pergi kepada Israel. Ketika aku datang kepada mereka, mereka menolak aku dan menolak perintah YAHWEH.
  2. Karena itu aku berkata kepadamu, hai bangsa-bangsa yang mendengar dan memahami, “Tunggulah gembalamu; Dia akan memberikan kepadamu perhentian kekal, karena Dia yang akan datang pada akhir zaman sudah dekat.
  3. Bersiaplah untuk upah kerajaan, karena terang abadi akan bersinar atasmu selama-lamanya.
  4. Larilah dari bayang-bayang zaman ini, terimalah sukacita kemuliaanmu; aku secara terbuka memanggil kepada Juruselamatku untuk bersaksi.
  5. Terimalah apa yang telah YAHWEH percayakan kepadamu dan bersukacitalah, ucapkanlah syukur kepada Dia yang telah memanggilmu kepada kerajaan surgawi.
  6. Bangkit dan berdirilah, dan lihatlah pada perayaan YAHWEH jumlah mereka yang telah dimeteraikan.
  7. Mereka yang telah meninggalkan bayang-bayang zaman ini telah menerima pakaian-pakaian kemuliaan dari YAHWEH.
  8. Terimalah kembali jumlahmu yang genap, hai Zion, dan selesaikanlah daftar orang-orangmu yang berpakaian putih, yang telah menggenapi hukum YAHWEH.
  9. Jumlah anak-anakmu, yang engkau inginkan, telah penuh; mohonlah kuasa YAHWEH supaya orang-orangmu, yang telah dipanggil dari sejak permulaan, dapat dijadikan kudus.”

Ezra Melihat Putera Elohim

  1. Aku, Ezra, melihat di Gunung Zion suatu jumlah yang sangat besar, yang tidak dapat aku hitung, dan mereka semuanya memuji YAHWEH dengan lagu-lagu.
  2. Di tengah-tengah mereka ada seorang muda bertubuh besar, lebih tinggi daripada yang lain, dan di atas kepala masing-masing Dia menempatkan sebuah mahkota, tapi Dia lebih mulia daripada mereka. Dan aku sangat terpesona.
  3. Kemudian aku bertanya kepada seorang malaikat, “Siapakah mereka ini, Tuanku?”
  4. Dia menjawab dan berkata kepadaku, “Ini adalah mereka yang telah menanggalkan pakaian fana dan telah mengenakan kekekalan, dan mereka telah mengakui nama Elohim; sekarang mereka dimahkotai, dan menerima daun-daun palem.”
  5. Lalu aku berkata kepada malaikat, “Siapakah orang muda itu yang mengenakan mahkota-mahkota kepada mereka dan meletakkan daun-daun palem di tangan-tangan mereka?”
  6. Dia menjawab dan berkata kepadaku, “Dia adalah Anak Elohim, yang telah mereka akui di dalam dunia.” Maka aku mulai memuji mereka yang telah berdiri dengan gagah berani demi nama YAHWEH.
  7. Lalu malaikat berkata kepadaku, “Pergi, beritahukanlah umat-Ku betapa besar dan banyaknya keajaiban-keajaiban dari YAHWEH Elohim yang telah engkau lihat.”

Pasal 3

Doa Keluhan Ezra

  1. Pada tahun ketiga puluh sesudah penghancuran kota kami, aku, Salathiel, yang juga disebut Ezra, ada di Babel. Aku merasa gelisah sementara aku berbaring di tempat tidurku, dan pikiran-pikiranku meluap-luap di dalam hatiku,
  2. karena aku melihat kehancuran Zion dan kekayaan mereka yang tinggal di Babel.
  3. Rohku sangat gelisah, dan aku mulai berbicara kata-kata kecemasan kepada Yang Mahatinggi, dan berkata,
  4. “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, tidakkah Engkau berbicara pada waktu permulaan ketika Engkau membentuk bumi – dan tanpa pertolongan – dan memerintahkan debu
  5. dan itu memberikan kepada-Mu Adam, tubuh tanpa nyawa? Namun ia adalah pekerjaan tangan-Mu, dan Engkau meniupkan ke dalam dirinya nafas kehidupan, dan ia dijadikan hidup di hadapan-Mu.
  6. Dan Engkau memimpin dia ke dalam taman yang tangan kanan-Mu telah tanam sebelum bumi muncul.
  7. Dan Engkau meletakkan ke atasnya satu perintah-Mu; tapi dia melanggarnya, dan segera Engkau menetapkan kematian baginya dan bagi keturunannya. Dari padanya muncul bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa, kaum-kaum dan keluarga-keluarga tak terhitung.
  8. Dan setiap bangsa berjalan seturut kehendaknya sendiri dan melakukan hal-hal kefasikan di hadapan-Mu dan mencemooh Engkau, dan Engkau tidak menghalangi mereka.
  9. Tetapi lagi, pada waktunya Engkau mendatangkan air bah ke atas penduduk dunia dan menghancurkan mereka.
  10. Dan nasib yang sama menimpa mereka: sama seperti kematian datang kepada Adam, demikianlah air bah ke atas mereka.
  11. Namun Engkau menyisakan salah satu dari mereka, Nuh bersama seisi rumahnya, dan semua orang benar yang diturunkan dari padanya.
  12. “Ketika mereka yang tinggal di bumi mula berlipat ganda, mereka menghasilkan anak-anak dan kaum-kaum dan banyak bangsa-bangsa, dan lagi mereka mulai menjadi lebih fasik daripada nenek moyang mereka.
  13. Dan ketika mereka melakukan kejahatan di hadapan-Mu, Engkau memilih bagi diri-Mu sendiri salah satu dari mereka, yang bernama Abraham;
  14. dan Engkau mengasihinya, dan hanya kepada dia saja Engkau mengungkapkan akhir zaman, secara tersembunyi pada malam hari.
  15. Engkau mengadakan dengan dia suatu perjanjian kekal, dan berjanji kepadanya bahwa Engkau tidak akan pernah meninggalkan keturunannya; dan Engkau memberikan kepadanya Ishak, dan kepada Ishak Engkau memberikan Yakub dan Esau.
  16. Dan Engkau memisahkan Yakub bagi diri-Mu sendiri, tetapi Esau Engkau tolak; dan Yakub menjadi suatu bangsa yang besar.
  17. Dan ketika Engkau memimpin keturunannya keluar dari Mesir, Engkau membawa mereka ke Gunung Sinai.
  18. Engkau menekuk langit dan mengguncangkan bumi, dan memindahkan dunia, dan membuat kedalaman-kedalaman gemetar, dan menyusahkan zaman-zaman.
  19. Dan kemuliaan-Mu lewat melalui empat pintu gerbang api dan gempa bumi dan angin dan es, untuk memberikan hukum kepada keturunan-keturunan Yakub, dan perintah-Mu kepada anak cucu Israel.
  20. “Namun Engkau tidak mengambil dari mereka hati mereka yang jahat, supaya hukum-Mu dapat menghasilkan buah di dalam mereka.
  21. Karena Adam yang pertama, dibebani dengan hati yang jahat, melanggar dan ditaklukkan, demikian juga semua orang yang diturunkan dari padanya.
  22. Dengan demikian penyakit menjadi tetap; hukum ada di dalam hati orang-orang bersamaan dengan akar kejahatan, tetapi apa yang baik itu pergi, dan kejahatan itu menetap.
  23. Demikianlah waktu-waktu berlalu dan tahun-tahun digenapkan, dan Engkau membangkitkan bagi diri-Mu sendiri seorang hamba, bernama Daud.
  24. Dan Engkau memerintahkan dia untuk membangun sebuah kota bagi nama-Mu, dan di dalamnya untuk mempersembahkan kepada-Mu persembahan-persembahan dari apa yang menjadi milik-Mu.
  25. Ini dilakukan selama bertahun-tahun; tetapi penduduk kota melanggar,
  26. dalam segala sesuatu berbuat seperti Adam dan seluruh keturunannya telah perbuat, karena mereka juga memiliki hati yang jahat.
  27. Maka Engkau menyerahkan kota itu ke dalam tangan musuh-musuh-Mu.

Babel Dibandingkan dengan Zion

  1. “Lalu aku berkata dalam hatiku, Apakah perbuatan-perbuatan mereka yang menghuni Babel lebih baik? Apakah itu sebabnya ia memperoleh kekuasaan atas Zion?
  2. Karena ketika aku datang ke sini aku melihat perbuatan-perbuatan kefasikan tak terhitung, dan jiwaku telah melihat banyak orang berdosa selama tiga puluh tahun ini. Dan hatiku melemahkan aku,
  3. karena aku telah melihat bagaimana Engkau mempertahankan mereka yang berdosa, dan telah mengampuni mereka yang berbuat jahat, dan telah menghancurkan umat-Mu, dan memelihara musuh-musuh-Mu,
  4. dan tidak menunjukkan kepada siapa pun bagaimana jalan-Mu dapat dipahami. Adalah perbuatan-perbuatan Babel lebih baik daripada Zion?
  5. Atau adakah bangsa lain yang mengenal Engkau selain Israel? Atau suku-suku apa yang telah begitu percaya perjanjian-Mu seperti suku-suku Yakub?
  6. Namun upah mereka tidak muncul dan jerih payah mereka tidak menghasilkan buah. Karena aku telah bepergian luas di antara bangsa-bangsa dan telah melihat bahwa mereka berlimpah dalam kekayaan, meskipun mereka tidak memikirkan perintah-perintah-Mu.
  7. Karena itu sekarang timbanglah dalam sebuah neraca kejahatan-kejahatan kami dan mereka  penduduk dunia; dan supaya didapati ke arah mana neraca akan bergerak miring.
  8. Kapankah penduduk bumi tidak berdosa di mata-Mu? Atau bangsa manakah telah memelihara perintah-perintah-Mu dengan begitu baik?
  9. Engkau mungkin memang mendapati orang-seorang yang memelihara perintah-perintah-Mu, tetapi bangsa-bangsa Engkau tidak akan dapati.”

Pasal 4

Keterbatasan Akal Manusia

  1. Lalu malaikat yang telah diutus kepadaku, yang bernama Uriel, menjawab
  2. dan berkata kepadaku, “Pemahamanmu telah benar-benar gagal mengenai dunia ini, dan apakah engkau berpikir engkau dapat memahami jalan Yang Mahatinggi?”
  3. Lalu aku berkata, “Ya, Tuanku.” Dan dia menjawab aku, “Aku telah diutus untuk menunjukkan kepadamu tiga jalan, dan untuk mengajukan kepadamu tiga masalah.
  4. Jika engkau dapat memecahkan salah satu dari mereka bagiku, aku juga akan menunjukkan kepadamu jalan yang engkau inginkan untuk lihat, dan akan mengajarkan kepadamu mengapa hati itu jahat.”
  5. Aku berkata, “Berbicaralah, Tuanku.” Dan dia berkata kepadaku, “Pergi, timbanglah bagiku berat api, atau ukurlah bagiku ukuran angin, atau panggillah kembali bagiku hari yang sudah berlalu.”
  6. Aku menjawab dan berkata, “Siapakah dari mereka yang sudah dilahirkan bisa melakukan hal ini, yang engkau minta dari padaku tentang hal-hal ini?”
  7. Dan dia berkata kepadaku, “Jika aku meminta kepadamu, `Berapa banyak tempat-tempat kediaman di dalam jantung lautan, atau berapa banyakkah sungai-sungai di dalam sumber kedalaman lautan, atau berapa banyakkah arus-arus di atas cakrawala, atau di manakah pintu-pintu keluar dari neraka, atau di manakah pintu-pintu masuk ke firdaus?’
  8. Mungkin engkau akan berkata kepadaku, `Aku tidak pernah turun ke dalam kedalaman, atau juga belum ke dalam neraka, tidak juga aku pernah naik ke sorga.’
  9. Tapi sekarang aku hanya meminta kepadamu tentang api dan angin dan hari, hal-hal yang melaluinya engkau telah lewati dan yang tanpanya engkau tidak mungkin ada, dan engkau tidak memberi aku jawaban tentang mereka!”
  10. Dan dia berkata kepadaku, “Engkau tidak dapat memahami hal-hal yang bersamanya engkau bertumbuh;
  11. lalu bagaimana pikiranmu bisa memahami jalan Yang Mahatinggi? Dan bagaimana bisa orang yang sudah lelah oleh rusaknya dunia bisa memahami yang tidak dapat binasa?” Ketika aku mendengar ini, aku jatuh tersungkur dengan wajahku
  12. dan berkata kepadanya, “Akan lebih baik bagi kami untuk tidak berada di sini daripada datang kemari dan hidup dalam kefasikan, dan untuk menderita dan tidak memahami mengapa.”

Perumpamaan Hutan dan Lautan

  1. Dia menjawab aku dan berkata, “Aku pergi ke suatu hutan pepohonan di daratan, dan mereka membuat suatu rencana
  2. dan berkata, `Ayo, mari kita pergi dan berperang melawan lautan, supaya itu surut di hadapan kita, dan supaya kita dapat membuat bagi diri kita sendiri lebih banyak hutan-hutan lagi.”
  3. Dan dalam cara seperti itu gelombang-gelombang lautan juga membuat suatu rencana dan berkata, `Ayo, mari kita naik dan menaklukkan hutan dataran sehingga di sana kita juga dapat memperoleh lebih banyak wilayah bagi diri kita sendiri.”
  4. Namun rencana hutan itu sia-sia, karena api datang dan memakannya;
  5. demikian juga rencana gelombang-gelombang lautan, karena pasir kokoh berdiri dan menghentikan mereka.
  6. Jika sekarang engkau adalah hakim di antara mereka, manakah yang akan engkau benarkan, dan manakah yang akan dikutuk?”
  7. Aku menjawab dan berkata, “Masing-masing telah membuat rencana bodoh, karena daratan ditetapkan bagi hutan, dan kepada laut ditetapkan suatu tempat untuk membawa gelombang-gelombangnya.”
  8. Dia menjawab aku dan berkata, “Engkau telah menilai dengan benar, tapi mengapa engkau tidak menilai seperti demikian dalam kasusmu sendiri?
  9. Karena sama seperti daratan ditentukan bagi hutan dan lautan bagi gelombang-gelombangnya, demikian juga mereka yang berdiam di bumi dapat memahami hanya apa yang ada di bumi, dan Dia yang ada di atas surga dapat memahami apa yang di atas ketinggian surga.”

Zaman Baru Menjadikan Segala Sesuatu Jelas

  1. Lalu aku menjawab dan berkata, “Aku mohon kepadamu, Tuanku, mengapa aku telah dianugerahi dengan kuasa untuk memahami?
  2. Karena aku tidak ingin menanyakan tentang jalan-jalan di atas, tetapi tentang hal-hal yang kami alami sehari-hari: mengapa Israel telah diberikan kepada Goyim sebagai celaan; mengapa umat yang Engkau kasihi telah diserahkan kepada suku-suku yang tak bertuhan, dan hukum bapa leluhur kami telah dibuat tidak berlaku dan perjanjian-perjanjian tertulis tidak lagi ada;
  3. dan mengapa kami berlalu dari dunia seperti belalang, dan hidup kami seperti kabut, dan kami tidak layak untuk mendapatkan belas kasihan.
  4. Tapi apa yang akan Dia lakukan bagi nama-Nya, yang dengannya kami disebut? Tentang hal-hal inilah yang aku tanyakan.”
  5. Dia menjawab aku dan berkata, “Jika engkau hidup, engkau akan melihat, dan jika engkau berumur panjang, engkau akan sering keheranan, karena zaman ini bergegas sangat cepat kepada kesudahannya.
  6. Karena itu tidak akan dapat mendatangkan hal-hal yang telah dijanjikan kepada orang-orang benar pada waktu-waktu mereka yang ditetapkan, karena zaman ini penuh dengan kesedihan dan kelemahan.
  7. Karena kejahatan yang engkau tanyakan kepadaku telah ditaburkan, tetapi panenannya belum datang.
  8. Karena itu jika yang telah ditaburkan tidak dituai, dan jika tempat di mana kejahatan telah ditaburkan tidak berlalu, ladang di mana kebaikan telah ditaburkan tidak akan datang.
  9. Karena sebutir benih kejahatan telah ditaburkan di dalam hati Adam sejak permulaan, dan berapa banyak kefasikan yang telah dihasilkannya sampai sekarang, dan akan terus menghasilkan sampai waktu penampian itu tiba!
  10. Pertimbangkanlah sekarang bagi dirimu sendiri berapa banyak buah kefasikan dari sebutir benih kejahatan telah dihasilkan.
  11. Ketika bulir-bulir gandum tak terhitung ditaburkan, betapa besarnya lantai pengirikan yang akan mereka isi!”

Kapan Zaman Baru Tiba?

  1. Lalu aku menjawab dan berkata, “Berapa lama dan kapan hal-hal ini akan terjadi? Mengapa tahun-tahun kami sedikit dan jahat?”
  2. Dia menjawab aku dan berkata, “Engkau tidak mempercepat lebih cepat daripada Yang Mahatinggi, karena ketergesa-gesaanmu hanya bagi dirimu sendiri, tetapi Yang Mahatinggi mempercepat demi orang banyak.
  3. Tidakkah jiwa-jiwa orang benar di dalam kamar-kamar mereka bertanya tentang hal-hal ini, mengatakan, `Berapa lama kami harus tetap di sini? Dan kapankah akan datang panenan dari upah kami?’
  4. Dan Yeremiel penghulu malaikat menjawab mereka dan berkata, `Ketika jumlah mereka yang seperti kalian telah genap; karena Dia telah menimbang zaman di dalam timbangan,
  5. dan mengukur waktu-waktu dengan ukuran, dan menghitung waktu-waktu dengan jumlah; dan Dia tidak akan menggeser atau membangkitkan mereka sampai ukuran itu digenapi.'”
  6. Lalu aku menjawab dan berkata, “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, tetapi kami semua juga penuh kefasikan.
  7. Dan mungkin karena kami bahwa waktu penampian itu ditunda bagi orang benar – karena dosa-dosa mereka yang tinggal di bumi.”
  8. Dia menjawab aku dan berkata, “Pergi dan tanyakanlah seorang wanita yang mengandung anak, apakah jika waktu sembilan bulannya sudah genap, rahimnya dapat menahan anak itu di dalam dirinya lebih lama lagi.”
  9. Dan aku berkata, “Tidak, Tuan, itu tidak bisa.” Dan dia berkata kepadaku, “Di dalam Hades, kamar-kamar bagi jiwa-jiwa adalah seperti rahim.
  10. Karena sama seperti seorang wanita yang sedang dalam kesakitan bersegera melepaskan diri dari rasa sakit bersalin, demikian juga tempat-tempat ini bersegera mengembalikan hal-hal yang diserahkan kepada mereka sejak permulaan.
  11. Kemudian hal-hal yang engkau inginkan untuk lihat akan diungkapkan kepadamu.”

Berapa Banyak Waktu Tersisa?

  1. Aku menjawab dan berkata, “Jika aku mendapatkan kasih karunia di mata-Mu, dan jika mungkin, dan jika aku layak,
  2. tunjukkan hal ini juga: apakah lebih banyak waktu yang akan datang daripada yang telah berlalu, atau apakah bagi kami bagian yang lebih besar telah berlalu.
  3. Karena aku tahu apa yang telah berlalu, tapi aku tidak tahu apa yang akan datang.”
  4. Dan dia berkata kepadaku, “Berdirilah di sebelah kananku, dan aku akan menunjukkan kepadamu arti sebuah perumpamaan.”
  5. Maka aku berdiri dan memandang, dan lihatlah, sebuah tungku perapian menyala-nyala lewat di hadapanku, dan ketika nyala api telah berlalu aku memperhatikan, dan lihatlah, asapnya tertinggal.
  6. Dan sesudah ini suatu awan penuh air berlalu di hadapanku dan mencurahkan hujan lebat dan sangat ganas, dan ketika hujan badai telah berlalu, tetesan-tetesannya tertinggal di awan.
  7. Dan Dia berkata kepadaku, “Pertimbangkan bagi dirimu sendiri; karena sama seperti hujan lebih banyak daripada tetesan-tetesan, dan api lebih besar daripada asap, maka jumlah yang telah berlalu jauh lebih besar; namun tetesan-tetesan dan asap tertinggal.”
  8. Lalu aku berdoa dan berkata, “Apakah engkau berpikir bahwa aku akan hidup sampai hari-hari itu? Atau siapakah yang akan hidup dalam hari-hari itu?”
  9. Dia menjawab aku dan berkata, “Mengenai tanda-tanda yang engkau tanyakan kepadaku, Aku dapat memberitahumu sebagian; tetapi aku tidak diutus untuk memberitahumu tentang kehidupanmu, karena aku tidak tahu.

Pasal 5

Tanda-tanda Akhir Zaman

  1. “Sekarang mengenai tanda-tanda: lihatlah, hari-harinya akan datang ketika mereka yang tinggal di bumi akan dicekam dengan kengerian yang besar, dan jalan kebenaran akan tersembunyi, dan negeri itu akan mandul iman.
  2. Dan kefasikan akan bertambah-tambah melampaui apa yang engkau sendiri telah lihat, dan melampaui apa yang engkau dengar sebelumnya.
  3. Dan negeri yang sekarang ini engkau lihat berkuasa, akan menjadi reruntuhan dan tidak akan diinjak, dan manusia akan melihatnya hancur.
  4. Namun jika Yang Mahatinggi menganugerahkan supaya engkau hidup, engkau akan melihatnya dilemparkan ke dalam kekacauan sesudah periode ketiga; dan matahari akan tiba-tiba bersinar di malam hari, dan bulan di siang hari.
  5. Darah akan menetes dari pohon-pohonan, dan batu-batu akan mengeluarkan suaranya; bangsa-bangsa akan kesusahan, dan bintang-bintang akan berjatuhan.
  6. Dan seseorang akan memerintah, dia yang oleh mereka yang diam di bumi tidak harapkan, dan burung-burung akan terbang jauh bersama-sama;
  7. dan laut Sodom akan mencampakkan ikan; dan dia yang oleh banyak orang tidak dikenal akan membuat suaranya didengar pada waktu malam, dan semua orang akan mendengar suaranya.
  8. Akan ada kekacauan juga di banyak tempat, dan api akan seringkali menyembur, dan binatang-binatang liar akan menjelajah melampaui wilayah mereka, dan wanita-wanita yang menstruasi akan melahirkan monster-monster.
  9. Dan air asin akan didapati tawar, dan semua teman-teman akan menaklukkan satu sama lain; lalu akal sehat menyembunyikan dirinya sendiri, dan hikmat akan menarik diri ke dalam kamarnya,
  10. dan itu akan dicari oleh banyak orang tetapi tidak akan ditemukan, dan kefasikan dan hawa nafsu akan bertambah-tambah di bumi.
  11. Dan satu negeri akan bertanya kepada tetangganya, `Apakah kebenaran, atau seseorang yang melakukan kebenaran, melewati engkau?’ Dan ia akan menjawab, `Tidak.’
  12. Dan pada waktu itu manusia akan berharap tetapi tidak akan memperoleh; mereka akan berjerih payah tetapi jalan-jalan mereka tidak akan berhasil.
  13. Ini adalah tanda-tanda yang aku diijinkan beritahukan kepadamu, dan jika engkau berdoa lagi, dan menangis seperti yang engkau lakukan sekarang, dan berpuasa selama tujuh hari, engkau akan mendengar lagi hal-hal yang lebih besar dari ini.”

Kesimpulan Penglihatan

  1. Kemudian aku terbangun, dan tubuhku menggigil hebat, dan jiwaku begitu gelisah sehingga pingsan.
  2. Tapi malaikat yang datang dan berbicara dengan aku memegang aku dan menguatkan aku dan membuat aku berdiri di atas kakiku.
  3. Kemudian pada malam kedua Phaltiel, salah seorang pemimpin umat, datang kepadaku dan berkata, “Dari mana saja engkau? Dan mengapa wajahmu sedih?
  4. Atau tidak tahukah engkau, bahwa Israel telah dipercayakan kepadamu di tanah pengasingan mereka?
  5. Karena itu bangkitlah dan makanlah sedikit roti, supaya engkau tidak meninggalkan kami, seperti seorang gembala yang meninggalkan kawanan gembalaannya ke dalam kekuasaan serigala-serigala yang ganas.”
  6. Lalu aku berkata kepadanya, “Pergilah dari padaku dan jangan datang mendekati aku selama tujuh hari, dan kemudian engkau boleh datang kepadaku.” Dia mendengarkan apa yang aku katakan dan meninggalkan aku.
  7. Maka aku berpuasa tujuh hari, berdukacita dan menangis, seperti malaikat Uriel perintahkan kepadaku.

Doa Keluhan Ezra Kedua

  1. Dan sesudah tujuh hari pikiran-pikiran hatiku sangat mendukakan aku lagi.
  2. Kemudian jiwaku memperoleh kembali roh pengertian, dan aku mulai sekali lagi mengucapkan kata-kata di hadapan Yang Mahatinggi.
  3. Dan aku berkata, “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, dari setiap hutan di bumi dan dari semua pohon-pohonannya Engkau telah memilih satu tanaman,
  4. dan dari semua negeri-negeri di dunia Engkau telah memilih bagi diri-Mu sendiri satu wilayah, dan dari semua bunga-bunga di dunia Engkau telah memilih bagi diri-Mu sendiri satu bunga bakung,
  5. dan dari semua kedalaman-kedalaman laut Engkau telah mengisi bagi diri-Mu sendiri satu sungai, dan dari semua kota-kota yang telah dibangun Engkau telah menguduskan Zion bagi diri-Mu sendiri,
  6. dan dari semua burung-burung yang telah diciptakan Engkau telah menamai bagi diri-Mu sendiri seekor burung merpati, dan dari semua ternak yang telah dibentuk Engkau telah menyediakan bagi diri-Mu  sendiri seekor domba,
  7. dan dari seluruh jumlah yang besar dari bangsa-bangsa Engkau telah mendapatkan bagi diri-Mu sendiri satu bangsa; dan kepada bangsa ini, yang telah Engkau kasihi, Engkau telah berikan hukum yang telah diterima oleh semuanya.
  8. Dan sekarang, ya YAHWEH, mengapa Engkau serahkan yang satu itu kepada yang banyak, dan menghinakan satu akar lebih daripada yang lain-lainnya, dan menyerakkan satu-satunya milik-Mu di antara yang banyak?
  9. Dan mereka yang menentang janji-janji-Mu telah menginjak-injak mereka yang mempercayai perjanjian-perjanjian-Mu.
  10. Jika Engkau sungguh-sunggu membenci umat-Mu, mereka seharusnya dihukum oleh tangan-Mu sendiri.”

Jawaban Keluhan Ezra

  1. Ketika aku telah berbicara kata-kata ini, malaikat yang telah datang kepadaku pada malam sebelumnya diutus kepadaku,
  2. dan Dia berkata kepadaku, “Dengarkan Aku, dan Aku akan mengajar engkau; perhatikan Aku, dan Aku akan memberitahu engkau lebih banyak.”
  3. Dan aku berkata, “Berbicaralah, Tuanku.” Dan Dia berkata kepadaku, “Apakah engkau sangat terganggu dalam pikiranmu mengenai Israel? Ataukah engkau mengasihi dia lebih daripada Penciptanya sendiri?”
  4. Dan aku berkata, “Tidak, Tuanku, tetapi karena kesedihanku aku telah berbicara; karena setiap jam aku menderita penderitaan hati, sementara aku berusaha untuk memahami jalan Yang Maha Tinggi dan menyelidiki sebagian dari keputusan-Nya.”
  5. Dan Dia berkata kepadaku, “Engkau tidak bisa.” Dan aku berkata, “Mengapa tidak, Tuanku? Lalu mengapa aku dilahirkan? Atau mengapa rahim ibuku tidak menjadi kuburanku, supaya aku tidak melihat kesusahan Yakub dan kelelahan dari umat Israel?”
  6. Dia berkata kepadaku, “Hitunglah bagi-Ku mereka yang belum datang, dan kumpulkan bagi-Ku tetesan-tetesan air hujan yang tersebar, dan buatlah bunga-bunga yang layu mekar kembali bagi-Ku;
  7. bukalah bagi-Ku kamar-kamar yang tertutup, dan bawalah keluar bagi-Ku angin-angin yang tertutup di dalamnya, atau tunjukkan kepadaku gambar dari suara; dan maka Aku akan menjelaskan kepadamu kesusahan yang engkau tanyakan untuk dipahami.”
  8. Dan aku berkata, “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, siapakah yang dapat mengetahui hal-hal seperti ini kecuali Dia yang kediaman-Nya tidak bersama manusia?
  9. Sementara aku, aku tidak berhikmat, dan bagaimana aku dapat berbicara tentang hal-hal yang Engkau tanyakan kepadaku?”
  10. Dia berkata kepadaku, “Sama seperti engkau tidak dapat melakukan salah satu dari hal-hal yang disebutkan, demikianlah engkau tidak dapat mengetahui keputusan-Ku, atau tujuan dari kasih yang Aku janjikan kepada umat-Ku.”

Mengapa Generasi Suksesi Diciptakan

  1. Dan aku berkata, “Namun lihatlah, ya YAHWEH, Engkau memiliki kekuasaan atas mereka yang hidup pada akhirnya, tapi apa yang akan diperbuat mereka yang ada sebelum kami, atau kami, atau mereka yang datang sesudah kami?”
  2. Dia berkata kepadaku, “Aku akan menyamakan penghakiman-Ku seperti sebuah lingkaran; sama seperti bagi mereka yang terakhir tidak ada perlambatan, demikian juga bagi mereka yang pertama tidak ada percepatan.”
  3. Lalu aku menjawab dan berkata, “Tidakkah Engkau dapat menciptakan pada satu waktu mereka yang telah ada dan mereka yang sedang ada dan mereka yang akan ada, sehingga Engkau dapat menunjukkan penghakiman-Mu lebih cepat?”
  4. Dia menjawab aku dan berkata, “Ciptaan tidak dapat menjadikan lebih cepat dibandingkan Sang Pencipta, tidak juga dunia dapat menanggung pada satu waktu mereka yang telah diciptakan di dalamnya.”
  5. Dan aku berkata, “Bagaimana Engkau berkata kepada hamba-Mu bahwa Engkau pasti akan memberikan kehidupan pada satu waktu kepada ciptaan-Mu? Jika karena itu semua makhluk akan hidup pada satu waktu dan ciptaan akan menopang mereka, bahkan sekarang itu bisa mendukung mereka semuanya yang ada pada satu waktu.”
  6. Dia berkata kepadaku, “Tanyakan kepada rahim wanita, dan berkatalah kepadanya, `Jika engkau melahirkan sepuluh anak, mengapa satu demi satu?’ Karena itu mintalah kepadanya untuk menghasilkan sepuluh anak pada satu waktu.”
  7. Aku berkata, “Tentu saja itu tidak bisa, tetapi hanya masing-masing pada waktunya sendiri.”
  8. Dia berkata kepadaku, “Demikianlah juga Aku memberikan rahim bumi kepada mereka yang dari waktu ke waktu ditabur di dalamnya.
  9. Sebab sama seperti bayi tidak melahirkan, dan seorang wanita yang telah menjadi tua tidak melahirkan lagi, demikianlah Aku mengatur dunia yang Aku ciptakan.”

Kapan dan Bagaimana Akhir Zaman Tiba?

  1. Lalu aku bertanya dan berkata, “Karena Engkau sekarang memberi aku kesempatan, biarlah aku berbicara di hadapan-Mu. Apakah ibu kami, yang tentangnya Engkau telah mengatakannya kepadaku, masih muda? Atau apakah dia sekarang mendekati usia lanjut?”
  2. Dia menjawab kepadaku, “Tanyakan seorang wanita yang melahirkan anak-anak, dan dia akan memberitahu engkau.
  3. Katakanlah kepadanya, “Mengapa mereka yang engkau lahirkan baru-baru ini tidak seperti mereka yang engkau lahirkan sebelumnya, tetapi semakin kecil tingginya?’
  4. Dan dia sendiri akan menjawab engkau, `Mereka yang lahir di dalam kekuatan masa muda berbeda dari mereka yang lahir pada masa tua, ketika rahim menjadi lemah.’
  5. Karena itu engkau juga harus mempertimbangkan bahwa engkau dan orang-orang sezamanmu bertubuh lebih kecil dibandingkan mereka yang sebelum engkau,
  6. dan mereka yang datang sesudah engkau akan lebih kecil dibandingkan engkau, karena lahir dari ciptaan yang sudah menua dan melewati kekuatan masa muda.”
  7. Dan aku berkata, “Ya YAHWEH, aku mohon kepada-Mu, jika aku mendapat kasih karunia di mata-Mu, tunjukkan hamba-Mu melalui siapa Engkau melawat ciptaan-Mu.”

Pasal 6

  1. Dan Dia berkata kepadaku, “Pada permulaan lingkaran bumi, sebelum pintu-pintu gerbang dunia ditempatkan, dan sebelum kumpulan angin-angin bertiup,
  2. dan sebelum gemuruh-gemuruh guntur diperdengarkan, dan sebelum kilatan-kilatan halilintar bersinar, dan sebelum fondasi-fondasi firdaus diletakkan,
  3. dan sebelum bunga-bunga yang indah muncul, dan sebelum kekuatan-kekuatan pergerakan didirikan, dan sebelum pasukan-pasukan malaikat yang tak terhitung dikumpulkan bersama-sama,
  4. dan sebelum ketinggian-ketinggian udara diangkat, dan sebelum ukuran-ukuran cakrawala diberi nama, dan sebelum tumpuan kaki Zion didirikan,
  5. dan sebelum tahun-tahun sekarang dihitung; dan sebelum imajinasi-imajinasi mereka yang sekarang berdosa masih terasing, dan sebelum mereka yang menyimpan harta-harta iman dimeteraikan –
  6. maka Aku merencanakan hal-hal ini, dan mereka dibuat melalui Aku, bukan melalui yang lain, sama seperti akhir akan datang melalui Aku dan bukan melalui yang lain.”

Pembagian Waktu-waktu

  1. Dan aku menjawab dan berkata, “Apa yang akan menjadi pembagi waktu-waktu? Atau kapankah akhir dari zaman pertama dan permulaan zaman selanjutnya?
  2. Dia berkata kepadaku, “Dari Abraham sampai Ishak, karena dari padanya lahir Yakub dan Esau, karena tangan Yakub memegang tumit Esau dari permulaan.
  3. Karena Esau adalah akhir dari zaman ini, dan Yakub adalah permulaan dari zaman selanjutnya.
  4. Karena permulaan seorang manusia adalah tangannya, dan akhir seorang manusia adalah tumitnya; antara tumit dan tangan tidak mencari apa-apa lagi, Ezra!”

Tanda-tanda Akhir Zaman

  1. Aku menjawab dan berkata, “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, jika aku mendapat kasih karunia di mata-Mu,
  2. tunjukkan hamba-Mu akhir dari tanda-tanda-Mu yang Engkau tunjukkan kepadaku sebagian pada malam sebelumnya.”
  3. Dia menjawab dan berkata kepadaku, “Berdirilah di atas kakimu dan engkau akan mendengar suara yang bergema sepenuhnya.
  4. Dan jika tempat di mana engkau berdiri sangat terguncang
  5. sementara suara itu berbicara, janganlah ketakutan; karena firman ini mengenai akhir, dan fondasi-fondasi bumi akan mengerti
  6. bahwa perkataan itu mengenai mereka. Mereka akan gemetar dan terguncang, karena mereka tahu bahwa akhir mereka harus diubah.”
  7. Ketika aku mendengar ini, aku bangkit berdiri dan mendengarkan, dan lihatlah, suatu suara berbicara, dan itu kedengaran seperti suara desau air yang banyak.
  8. Dan itu berkata, “Lihatlah, hari-harinya akan datang, dan akan terjadi bahwa ketika Aku datang mendekat untuk melawat penduduk bumi,
  9. dan ketika Aku menuntut dari para pelaku kefasikan hukuman dari kejahatan mereka, dan ketika penghinaan Zion telah genap,
  10. dan ketika meterai ditempatkan pada zaman yang akan berlalu, maka Aku akan menunjukkan tanda-tanda ini: kitab-kitab akan dibuka di hadapan cakrawala, dan semua akan melihatnya bersama-sama.
  11. Bayi-bayi berusia satu tahun akan berbicara dengan suara mereka, dan wanita dengan anak akan melahirkan anak-anak prematur pada tiga dan empat bulan, dan mereka ini akan hidup dan menari.
  12. Tempat-tempat yang ditaburi akan tiba-tiba kelihatan tidak ditaburi, dan rumah-rumah penyimpanan yang penuh akan tiba-tiba didapati kosong;
  13. dan sangkakala akan berbunyi nyaring, dan ketika semua mendengarnya, mereka tiba-tiba akan ketakutan.
  14. Pada waktu itu teman-teman akan berperang melawan teman-teman seperti musuh-musuh, dan bumi dan semua penghuninya akan ketakutan, dan sumber-sumber mata air akan diam berdiri, sehingga selama tiga jam mereka tidak akan mengalir.
  15. “Dan akan terjadi bahwa siapa pun yang tersisa sesudah semua yang Aku nubuatkan kepadamu, diri sendiri akan diselamatkan dan akan melihat keselamatan-Ku dan akhir dari dunia-Ku.
  16. Dan mereka akan melihat orang-orang yang diangkat ke atas, mereka yang sejak kelahiran mereka belum merasakan kematian; dan hati penduduk bumi akan berubah dan diubah menjadi roh yang berbeda.
  17. Karena kejahatan akan dihapuskan, dan kebohongan akan dipadamkan;
  18. kesetiaan akan bertumbuh subur, dan kerusakan akan ditaklukkan, dan kebenaran, yang telah begitu lama tanpa buah, akan dinyatakan.”

Kesimpulan Penglihatan Kedua

  1. Sementara dia berbicara kepadaku, lihatlah, sedikit demi sedikit tempat di mana aku berdiri mulai berguncang ke sana kemari.
  2. Dan dia berkata kepadaku, “Aku datang untuk menunjukkan kepadamu hal-hal ini malam ini.
  3. Karena itu jika engkau akan berdoa lagi dan berpuasa lagi selama tujuh hari, aku akan kembali menyatakan kepadamu hal-hal yang lebih besar lagi dari ini,
  4. karena suaramu pasti didengar di hadapan Yang Mahatinggi; karena Yang Mahaperkasa telah melihat kebenaranmu dan juga telah memperhatikan kemurnian yang telah engkau pelihara sejak masa mudamu.
  5. Karena itu Dia mengirim aku untuk menunjukkan kepadamu semua hal-hal ini, dan untuk mengatakan kepadamu: `Percayalah dan jangan takut!
  6. Jangan cepat untuk memikirkan pikiran-pikiran sia-sia tentang waktu-waktu yang lampau, supaya engkau jangan terburu-buru mengenai waktu-waktu akhir.'”

Penglihatan Ketiga

  1. Kemudian sesudah ini aku menangis lagi dan berpuasa tujuh hari seperti sebelumnya, dengan maksud menggenapkan tiga minggu seperti yang aku telah diberitahu.
  2. Dan pada malam kedelapan hatiku gelisah kembali di dalam diriku, dan aku mulai berbicara di hadapan Yang Mahatinggi.
  3. Untuk rohku sangat tergugah, dan jiwaku sedang dalam kesusahan.

Pekerjaan Elohim Dalam Ciptaan

  1. Aku berkata, “Ya YAHWEH, Engkau berbicara pada awal penciptaan, dan berbicara pada hari pertama, `Hendaklah surga dan bumi dibuat,’ dan firman-Mu menyelesaikan pekerjaan.
  2. Dan kemudian Roh melayang-layang, dan kegelapan dan keheningan melingkupi segala sesuatu; suara manusia belum ada di sana.
  3. Kemudian Engkau memerintahkan sinar cahaya dibawa keluar dari perbendaharaan-perbendaharaan-Mu, supaya pekerjaan-pekerjaan-Mu dapat kemudian nampak.
  4. “Lagi, pada hari kedua, Engkau menciptakan roh cakrawala, dan memerintahkan dia untuk membagi dan memisahkan air, supaya satu bagian dapat bergerak ke atas dan bagian lainnya tetap di bawah.
  5. “Pada hari ketiga Engkau memerintahkan air untuk berkumpul bersama-sama di bagian ketujuh dari bumi; enam bagian Engkau keringkan dan menjaganya supaya sebagian dari mereka dapat ditanami dan diusahakan dan melayani di hadapan-Mu.
  6. Karena firman-Mu keluar, dan seketika itu juga pekerjaan selesai.
  7. Karena segera buah-buahan muncul dalam kelimpahan tak terbatas dan dengan bermacam-macam daya tarik untuk dicicipi; dan bunga-bunga dengan warna yang tidak dapat disamai; dan bau-bau wewangian yang tak terungkapkan. Ini dibuat pada hari ketiga.
  8. “Pada hari keempat Engkau memerintahkan terang matahari, cahaya bulan, dan susunan bintang-bintang untuk datang menjadi ada;
  9. dan Engkau memerintahkan mereka untuk melayani manusia, yang hendak dibentuk.
  10. “Pada hari kelima Engkau memerintahkan bagian ketujuh, di mana air telah berkumpul bersama-sama, supaya mengeluarkan makhluk-makhluk hidup, burung-burung, dan ikan-ikan; dan demikianlah itu jadi.
  11. Air yang bisu dan tak bernyawa menghasilkan makhluk-makhluk hidup, seperti yang diperintahkan, supaya olehnya bangsa-bangsa dapat menyatakan pekerjaan-pekerjaan-Mu yang menakjubkan.
  12. “Kemudian Engkau menjadikan ada dua makhluk hidup; nama yang satu Engkau sebut Behemoth dan nama satunya Leviathan.
  13. Dan Engkau memisahkan satu dari yang lainnya, karena bagian ketujuh di mana air telah berkumpul bersama-sama tidak dapat menahan keduanya.
  14. Dan Engkau memberikan Behemoth salah satu bagian yang telah dikeringkan pada hari ketiga, supaya hidup di dalamnya, di mana ada seribu pegunungan;
  15. tetapi kepada Leviathan Engkau berikan bagian ketujuh, bagian berair; dan Engkau telah membuat mereka untuk dimakan oleh siapa yang Engkau kehendaki, dan kapan Engkau kehendaki.
  16. “Pada hari keenam Engkau memerintahkan bumi mengeluarkan di hadapan-Mu ternak, binatang-binatang liar, dan binatang-binatang melata;
  17. dan atas semuanya ini Engkau tempatkan Adam, sebagai penguasa atas semua pekerjaan-pekerjaan yang telah Engkau buat; dan dari padanya kami semua berasal, umat yang telah Engkau pilih.

Mengapa Umat Elohim Menderita?

  1. “Semua ini aku katakan di hadapan-Mu, ya YAHWEH, karena Engkau telah berkata bahwa adalah bagi kami Engkau telah menciptakan dunia ini.
  2. Adapun bangsa-bangsa lain yang telah diturunkan dari Adam, Engkau telah berkata bahwa mereka bukan apa-apa, dan bahwa mereka seperti air ludah, dan Engkau telah membandingkan kelimpahan mereka seperti setetes air dari timba.
  3. Dan sekarang, ya YAHWEH, lihatlah, bangsa-bangsa ini, yang tidak dianggap sebagai apa-apa, berkuasa atas kami dan memangsa kami.
  4. Tapi kami umat-Mu, yang telah Engkau sebut anak sulung-Mu, yang tunggal, bersemangat demi Engkau, dan yang paling dikasihi, telah diserahkan ke dalam tangan mereka.
  5. Jika dunia memang benar-benar telah diciptakan bagi kami, mengapa kami tidak memiliki dunia kami sebagai warisan? Berapa lama ini akan terjadi?”

Pasal 7

Jawaban Pertanyaan Ezra

  1. Ketika aku selesai berbicara kata-kata ini, malaikat yang telah diutus kepadaku pada malam sebelumnya diutus kepadaku lagi,
  2. dan dia berkata kepadaku, “Bangkitlah, Ezra, dan dengarkan kata-kata yang aku datang untuk mengatakannya kepadamu.”
  3. Aku berkata, “Berbicaralah, Tuanku.” Dan dia berkata kepadaku, “Ada lautan yang ditempatkan pada hamparan luas supaya itu lebar dan luas,
  4. tetapi itu memiliki jalan masuk yang diletakkan di tempat yang sempit, sehingga itu seperti sebuah sungai.
  5. Maka jika seseorang ingin mencapai laut, untuk memandangnya atau untuk melintasinya, bagaimana ia bisa datang ke tempat yang luas kecuali ia melewati bagian yang sempit?
  6. Contoh lain: Ada sebuah kota dibangun dan ditempatkan pada sebuah dataran, dan itu penuh dengan segala hal-hal yang baik;
  7. tetapi jalan masuk ke dalamnya itu sempit dan ditempatkan di tempat yang terjal, sehingga ada api di sebelah kanan dan air yang dalam di sebelah kiri;
  8. dan hanya ada satu jalan yang terbentang di antara mereka, yaitu, di antara api dan air, sehingga hanya satu orang yang bisa berjalan di atas jalan itu.
  9. Jika sekarang kota itu diberikan kepada seseorang sebagai warisan, bagaimana ahli warisnya akan menerima warisannya, kecuali jika ia melewati bahaya yang ditempatkan di hadapannya?”
  10. Aku berkata, “Dia tidak bisa, Tuan.” Dan dia berkata kepadaku, “Demikian juga bagian Israel.
  11. Karena Aku membuat dunia demi mereka, dan ketika Adam melanggar ketetapan-ketetapan-Ku, apa yang telah dibuat dihakimi.
  12. Dan demikianlah jalan masuk dari dunia ini dijadikan sempit dan penuh penderitaan dan melelahkan; mereka hanya sedikit dan buruk, penuh bahaya dan melibatkan kesulitan besar.
  13. Namun jalan masuk dunia yang lebih besar adalah luas dan aman, dan benar-benar menghasilkan buah kekekalan.
  14. Karena itu kecuali yang hidup melewati pengalaman-pengalaman yang sulit dan sia-sia, mereka tidak akan pernah dapat menerima hal-hal yang telah disediakan bagi mereka.
  15. Tapi sekarang mengapa engkau gelisah, melihat bahwa engkau akan binasa? Dan mengapa engkau tergerak, melihat bahwa engkau adalah fana?
  16. Dan mengapa engkau tidak mempertimbangkan dalam pikiranmu apa yang akan datang, dan bukannya apa yang sekarang ada?”

Nasib Orang Fasik

  1. Lalu aku menjawab dan berkata, “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, lihatlah, Engkau telah menetapkan dalam hukum-Mu bahwa orang benar akan mewarisi hal-hal ini, tetapi bahwa orang-orang fasik akan binasa.
  2. Karenanya orang-orang benar dapat menanggung keadaan sulit sementara berharap untuk yang lebih mudah; tetapi mereka yang berbuat fasik telah menderita keadaan yang sulit dan tidak akan melihat lebih mudah.”
  3. Dan Dia berkata kepadaku, “Engkau bukan seorang hakim yang lebih baik dari Elohim, atau lebih bijaksana dari Yang Mahatinggi!
  4. Biarlah yang banyak binasa, yang sekarang ini hidup, daripada hukum Elohim yang ditetapkan di hadapan mereka diabaikan!
  5. Karena Elohim dengan seksama memerintahkan mereka yang datang ke dalam dunia, kapan mereka datang, apa yang harus mereka lakukan supaya hidup, dan apa yang harus mereka jalankan untuk menghindarkan penghukuman.
  6. Namun demikian mereka tidak taat, dan berbicara melawan Dia; mereka merancang bagi diri mereka sendiri pikiran-pikiran sia-sia,
  7. dan menganjurkan bagi diri mereka sendiri kecurangan-kecurangan yang jahat; mereka bahkan menyatakan bahwa Yang Mahatinggi tidak ada, dan mereka mengabaikan jalan-jalan-Nya!
  8. Mereka mencemooh hukum-Nya, dan menyangkal perjanjian-perjanjian-Nya; mereka tidak setia terhadap ketetapan-ketetapan-Nya, dan tidak menjalankan perbuatan-perbuatan-Nya.
  9. “Karena itu, Ezra, hal-hal yang kosong adalah bagi yang kosong, dan hal-hal yang penuh adalah bagi yang penuh.

Kerajaan Sementara Messias

  1. Karena lihatlah, waktunya akan tiba, ketika tanda-tanda yang telah Aku nubuatkan kepadamu akan terjadi, bahwa kota yang sekarang ini tidak kelihatan akan muncul, dan negeri yang sekarang ini tersembunyi akan diungkapkan.
  2. Dan setiap orang yang telah dibebaskan dari malapetaka-malapetaka yang telah Aku nubuatkan akan melihat keajaiban-keajaiban-Ku.
  3. Karena Putera-Ku sang Messias akan dinyatakan kepada mereka yang ada bersama Dia, dan mereka yang tersisa akan bersukacita empat ratus tahun.
  4. Dan sesudah tahun-tahun ini Putera-Ku sang Messias akan mati, dan semua yang menarik nafas manusia.
  5. Dan dunia akan dikembalikan kepada keheningan purba selama tujuh hari, seperti pada awal pertama; supaya tidak ada seorang pun yang akan ditinggalkan.
  6. Dan sesudah tujuh hari dunia, yang belum terjaga, akan dibangkitkan, dan bahwa yang dapat binasa itu akan musnah.
  7. Dan bumi akan menyerahkan mereka yang mati di dalamnya, dan debu mereka yang tinggal dengan sunyi di dalamnya; dan kamar-kamar akan menyerahkan jiwa-jiwa yang telah dipercayakan kepada mereka.
  8. Dan Yang Mahatinggi akan dinyatakan di atas takhta penghakiman, dan belas kasihan akan berlalu, dan kesabaran akan ditarik;
  9. namun hanya penghakiman yang akan tetap, kebenaran akan berdiri, dan kesetiaan akan bertumbuh kuat.
  10. Dan pembalasan akan mengikuti, dan upah akan dinyatakan; perbuatan-perbuatan kebenaran akan bangkit, dan perbuatan-perbuatan kefasikan tidak akan tertidur.
  11. Kemudian jurang siksaan akan muncul, dan berlawanan dengannya akan ada tempat peristirahatan; dan tungku api neraka akan diungkapkan, dan berlawanan dengannya surga kesukaan.
  12. Kemudian Yang Mahatinggi akan berkata kepada bangsa-bangsa yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, `Lihatlah sekarang, dan pahamilah Siapa yang telah engkau sangkal, Siapa yang tidak engkau layani, yang perintah-perintah-Nya kamu pandang hina!
  13. Lihatlah di sisi sini dan di sana; di sini ada kesukaan dan istirahat, dan di sana ada api dan siksaan-siksaan!’ Demikianlah Dia akan berbicara kepada mereka pada hari penghakiman –
  14. satu hari yang tidak ada matahari atau bulan atau bintang-bintang,
  15. atau awan atau guntur atau halilintar atau angin atau air atau udara, atau kegelapan atau petang atau pagi,
  16. atau musim panas atau musim semi atau panas atau musim dingin atau es atau dingin atau hujan es atau hujan atau embun,
  17. atau siang atau malam, atau fajar atau sinar atau kecerahan atau terang, tetapi hanya kemegahan kemuliaan Yang Mahatinggi, yang olehnya semua akan melihat apa yang telah ditetapkan bagi mereka.
  18. Karena itu akan berlangsung selama sekitar satu minggu dari tahun-tahun.
  19. Inilah penghakiman-Ku dan perintah yang telah dituliskan; dan hanya kepadamu saja telah Aku tunjukkan hal-hal ini.”

Hanya Sedikit yang Akan Diselamatkan

  1. Aku menjawab dan berkata, “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, aku berkata nanti dan aku berkata sekarang: Berbahagialah mereka yang hidup dan memelihara perintah-perintah-Mu!
  2. Tapi bagaimana dengan mereka yang aku doakan? Karena siapakah dari antara yang hidup ada yang tidak berdosa, atau siapakah dari antara manusia yang tidak melanggar perjanjian-Mu?
  3. Dan sekarang aku melihat bahwa dunia yang akan datang akan membawa kesukaan bagi yang sedikit, tetapi siksaan-siksaan bagi yang banyak.
  4. Karena hati yang jahat telah bertumbuh di dalam kami, yang telah mengasingkan kami dari Elohim, dan telah membawa kami ke dalam kerusakan dan jalan-jalan kematian, dan telah menunjukkan kepada kami jalan-jalan kebinasaan dan menyingkirkan kami jauh dari kehidupan – dan bukan hanya sedikit dari kami, tapi hampir semua yang telah diciptakan!”
  5. Dia menjawab aku dan berkata, “Dengarkan Aku, Ezra, dan Aku akan mengajar engkau, dan akan memperingatkan engkau lagi.
  6. Untuk alasan ini Yang Mahatinggi telah membuat bukan hanya satu dunia, tetapi dua.
  7. Sedangkan engkau telah berkata bahwa orang benar tidak banyak namun sedikit, sedangkan orang fasik banyak jumlahnya, dengarkanlah penjelasan untuk ini.
  8. “Jika engkau memiliki hanya sedikit batu-batu mulia, akankah engkau menambahkan kepada mereka timah dan tanah liat?”
  9. Aku berkata, “YAHWEH, bagaimana bisa begitu?”
  10. Dan Dia berkata kepadaku, “Bukan hanya itu, tetapi tanyakanlah kepada bumi dan dia akan memberitahu engkau; tunduk padanya, dan dia akan menyatakannya kepadamu.
  11. Katakanlah kepadanya, `Engkau menghasilkan emas dan perak dan kuningan, dan juga besi dan timah dan tanah liat;
  12. tetapi perak lebih banyak daripada emas, dan kuningan daripada perak, dan besi daripada kuningan, dan timah daripada besi, dan tanah liat daripada timah.”
  13. Karena itu pertimbangkanlah hal-hal mana yang berharga dan diinginkan, yang berlimpah-limpah atau yang langka?”
  14. Aku berkata, “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, apa yang berlimpah adalah kurang bernilai, sedangkan apa yang lebih langka adalah lebih berharga.”
  15. Dia menjawab aku dan berkata, “Pertimbangkan dalam dirimu sendiri apa yang telah engkau pikirkan, karena dia yang memiliki apa yang sulit didapat lebih bersukacita daripada dia yang memiliki apa yang berlimpah.
  16. Demikian juga akan penghakiman yang telah Aku janjikan; karena Aku akan bersukacita atas sedikit yang akan diselamatkan, karena merekalah yang telah membuat kemuliaan-Ku menang sekarang, dan melalui mereka nama-Ku sekarang telah dihormati.
  17. Dan Aku tidak akan berdukacita atas banyak orang-orang dari mereka yang binasa; karena merekalah yang sekarang seperti kabut, dan yang sama seperti nyala api dan asap – mereka dinyalakan dan terbakar hebat, dan padam.”
  18. Aku menjawab dan berkata, “Hai bumi, apa yang telah engkau lahirkan, jika pikiran terbuat dari debu seperti makhluk-makhluk lain!

Ratapan Ezra

  1. Karena adalah lebih baik jika debu itu sendiri tidak dilahirkan, sehingga pikiran tidak mungkin dibuat dari padanya.
  2. Tapi sekarang pikiran bertumbuh bersama kami, dan karena itu kami tersiksa, karena kami binasa dan mengetahuinya.
  3. Biarlah umat manusia meratap, tapi biarlah binatang-binatang di padang bergembira; biarlah semua yang telah dilahirkan meratap, tapi biarlah binatang-binatang berkaki empat dan kawanan ternak bersukacita!
  4. Karena adalah jauh lebih baik dengan mereka daripada dengan kami; karena mereka tidak memandang kepada penghakiman, ataupun juga mengetahui adanya siksaan atau keselamatan yang dijanjikan kepada mereka sesudah kematian.
  5. Karena apa keuntungan kami bahwa kami dipelihara tetap hidup tetapi disiksa dengan kejam?
  6. Karena semua yang telah lahir terlibat di dalam kejahatan, dan penuh dosa-dosa dan dibebani dengan pelanggaran-pelanggaran.
  7. Dan jika kami tidak harus datang kepada penghakiman sesudah kematian, mungkin itu lebih baik bagi kami.”
  8. Dia menjawab aku dan berkata, “Ketika Yang Mahatinggi membuat dunia dan Adam dan semua yang berasal dari padanya, Dia pertama-tama menyiapkan penghakiman dan hal-hal yang berhubungan dengan penghakiman.
  9. Dan sekarang pahamilah dari kata-katamu sendiri, karena engkau berkata bahwa pikiran tumbuh bersama kami.
  10. Oleh sebab itu, karena alasan ini, mereka yang diam di bumi akan disiksa, karena meskipun mereka memiliki pengertian, mereka melakukan kejahatan, dan meskipun mereka menerima perintah-perintah, mereka tidak memeliharanya, dan meskipun mereka memperoleh hukum, mereka berlaku tidak setia dengan apa yang mereka terima.
  11. Apa, kemudian, yang akan mereka katakan di dalam penghakiman, atau bagaimana mereka akan menjawab pada waktu-waktu terakhir?
  12. Karena berapa lamakah waktu dimana Yang Mahatinggi telah bersabar kepada mereka yang mendiami dunia, dan bukan demi mereka, tetapi karena waktu-waktu yang telah Dia tetapkan sejak permulaan!”

Keadaan Orang Mati Sebelum Penghakiman

  1. Aku menjawab dan berkata, “Jika aku mendapat kasih karunia di mata-Mu, ya YAHWEH, tunjukkanlah ini juga kepada hamba-Mu: apakah sesudah kematian, segera sesudah setiap kami menyerahkan jiwanya, kami akan disimpan dalam peristirahatan hingga waktu-waktu itu datang ketika Engkau akan memperbaharui ciptaan, atau apakah kami akan disiksa seketika itu juga?”
  2. Dia menjawab aku dan berkata, “Aku akan menunjukkan kepadamu itu juga, tapi jangan dihubungkan dengan mereka yang telah mempertontonkan cemoohan, atau memperhitungkan dirimu sendiri di antara mereka yang disiksa.
  3. Karena engkau memiliki harta kekayaan perbuatan-perbuatan tersimpan bersama Yang Mahatinggi; tapi itu tidak akan ditunjukkan kepadamu hingga waktu-waktu akhir.
  4. Sekarang, tentang kematian, ajarannya adalah: Ketika keputusan yang menentukan telah keluar dari Yang Mahatinggi bahwa seorang manusia harus mati, sementara roh meninggalkan tubuh untuk kembali lagi kepada Dia yang memberikannya, pertama-tama ia memuja kemuliaan Yang Mahatinggi.
  5. Dan jika itu adalah salah satu dari mereka yang telah mempertontonkan cemoohan dan tidak memelihara jalan Yang Mahatinggi, dan yang telah memandang rendah hukum-Nya, dan yang membenci mereka yang takut akan Elohim –
  6. roh-roh seperti demikian tidak akan masuk ke dalam tempat-tempat kediaman, tapi akan segera berkeliaran di dalam siksaan-siksaan, dukacita dan kesedihan selamanya, dalam tujuh jalan.
  7. Jalan pertama, karena mereka telah mencemooh hukum Yang Mahatinggi.
  8. Jalan kedua, karena mereka sekarang tidak bisa melakukan pertobatan yang baik supaya mereka dapat hidup.
  9. Jalan ketiga, mereka akan melihat upah yang disediakan bagi mereka yang mempercayai perjanjian dari Yang Mahatinggi.
  10. Jalan keempat, mereka akan mengingat siksaan yang disediakan bagi diri mereka pada hari-hari terakhir.
  11. Jalan kelima, mereka akan melihat bagaimana tempat-tempat kediaman yang lain-lainnya dijaga oleh para malaikat di dalam ketenangan yang sangat besar.
  12. Jalan keenam, mereka akan melihat bagaimana sebagian dari mereka akan diserahkan ke dalam siksaan-siksaan.
  13. Jalan ketujuh, yang lebih buruk dari semua jalan yang telah disebutkan, karena mereka akan benar-benar merana di dalam kebingungan dan dimakan dengan rasa malu, dan akan layu karena ketakutan saat melihat kemuliaan Yang Mahatinggi yang di hadapan-Nya mereka berdosa ketika mereka masih hidup, dan yang di hadapan-Nya mereka akan dihakimi pada waktu-waktu terakhir.
  14. “Sekarang inilah ketetapan mereka yang telah memelihara jalan-jalan Yang Mahatinggi, ketika mereka harus dipisahkan dari tubuh fana mereka.
  15. Selama waktu mereka hidup di dalamnya, mereka bersusah payah melayani Yang Mahatinggi, dan menghadapi bahaya setiap jam, supaya mereka dapat memelihara hukum dari Pemberi Hukum dengan sempurna.
  16. Karena itu inilah ajaran mengenai mereka:
  17. Pertama-tama, mereka akan melihat dengan sukacita yang besar kemuliaan Dia yang menerima mereka, karena mereka akan mendapatkan istirahat dalam tujuh susunan.
  18. Urutan pertama, karena mereka telah berjuang dengan usaha besar untuk mengalahkan pikiran jahat yang terbentuk bersama mereka, supaya itu jangan menyesatkan mereka dari kehidupan ke dalam kematian.
  19. Urutan kedua, karena mereka melihat kebingungan di mana jiwa-jiwa orang fasik mengembara, dan hukuman yang menanti mereka.
  20. Urutan ketiga, mereka melihat saksi yang oleh Dia yang membentuk mereka memberikan kesaksian tentang mereka, bahwa ketika mereka masih hidup, mereka memelihara hukum yang telah diberikan kepada mereka dalam kepercayaan.
  21. Urutan keempat, mereka memahami istirahat yang sekarang mereka nikmati, dikumpulkan ke dalam kamar-kamar mereka dan dijaga oleh para malaikat di dalam ketenangan yang besar, dan kemuliaan yang menanti mereka di hari-hari terakhir.
  22. Urutan kelima, mereka bersukacita bahwa mereka sekarang telah lepas dari apa yang fana, dan akan mewarisi apa yang akan datang; dan selain itu mereka melihat kesukaran-kesukaran dan jerih payah yang dari padanya mereka telah dibebaskan, dan kebebasan luas yang akan mereka terima dan nikmati di dalam kekekalan.
  23. Urutan keenam, ketika ditunjukkan kepada mereka bagaimana wajah mereka akan bersinar seperti matahari, dan bagaimana mereka akan dibuat seperti cahaya bintang-bintang, menjadi tidak dapat binasa mulai dari saat itu.
  24. Urutan ketujuh, yang lebih besar dari semua yang telah disebutkan, karena mereka akan bersukacita dengan keberanian, dan menjadi yakin tanpa kebimbangan, dan menjadi gembira tanpa rasa takut, karena mereka bersegera memandang wajah Dia yang mereka layani di dalam hidup dan yang dari pada-Nya mereka akan menerima upah ketika dimuliakan.
  25. Inilah susunan jiwa-jiwa orang benar, yang untuk selanjutnya diumumkan; dan tersebut di atas adalah jalan-jalan siksaan dari mereka yang tidak mau memberi perhatian akan derita di alam baka.”
  26. Aku menjawab dan berkata, “Karena itu akankah waktu diberikan kepada jiwa-jiwa, sesudah mereka dipisahkan dari tubuh, untuk menyaksikan apa yang telah Engkau jelaskan kepadaku?”
  27. Dia berkata kepadaku, “Mereka akan memiliki kebebasan selama tujuh hari, sehingga selama tujuh hari ini mereka dapat melihat hal-hal yang engkau telah diberitahu, dan sesudah itu mereka akan dikumpulkan di tempat-tempat kediaman mereka.”

Tidak Ada Syafaat Bagi Orang Fasik

  1. Aku menjawab dan berkata, “Jika aku mendapat kasih karunia di mata-Mu, tunjukkan lebih lanjut kepadaku, hamba-Mu, apakah pada hari penghakiman orang benar akan dapat bersyafaat bagi orang fasik atau untuk memohon kepada Yang Mahatinggi bagi mereka,
  2. ayah untuk anak-anak atau anak-anak untuk orang tua, saudara-saudara untuk saudara-saudara, kerabat untuk sanak saudara mereka, atau teman-teman untuk mereka yang paling disayangi.”
  3. Dia menjawab aku dan berkata, “Karena engkau telah mendapat kasih karunia di mata-Ku, Aku akan menunjukkan engkau hal ini juga. Hari penghakiman adalah penentu dan memperlihatkan kepada semuanya meterai-meterai kebenaran. Sama seperti sekarang seorang ayah tidak mengutus anaknya, atau seorang anak mengutus ayahnya, atau seorang tuan mengutus hambanya, atau seorang teman mengutus temannya tersayang, untuk menjadi sakit atau tidur atau makan atau disembuhkan menggantikan dia,
  4. maka tidak ada orang yang akan berdoa bagi yang lainnya pada hari itu, tidak juga seseorang meletakkan beban kepada yang lainnya; karena setiap orang harus menanggung kebenaran dan kefasikannya sendiri.”
  5. Aku menjawab dan berkata, “Lalu bagaimana kita mendapati bahwa pertama Abraham berdoa bagi orang-orang Sodom, dan Musa bagi bapa leluhur kita yang berbuat dosa di padang gurun,
  6. dan Yosua sesudah dia bagi Israel pada zaman Akhan,
  7. dan Samuel pada zaman Saul, dan Daud bagi tulah, dan Salomo bagi mereka di tempat kudus,
  8. dan Elia bagi mereka yang menerima hujan, dan bagi orang yang sudah mati, supaya ia bisa hidup,
  9. dan Hizkia bagi orang-orang pada zaman Sancherib, dan banyak lainnya berdoa bagi orang banyak?
  10. Karena itu jika orang benar telah berdoa bagi orang fasik sekarang ini, ketika kerusakan bertambah-tambah dan kefasikan berlipat ganda, mengapa itu tidak seperti demikian juga?”
  11. Dia menjawab aku dan berkata, “Dunia sekarang ini bukanlah akhir; kemuliaan penuh tidak tinggal di dalamnya; karena itu mereka yang kuat berdoa bagi yang lemah.
  12. Tapi hari penghakiman akan menjadi akhir dari zaman ini dan permulaan zaman kekekalan yang akan datang, di mana kerusakan telah berlalu,
  13. keikutsertaan dosa telah sampai pada akhirnya, ketidakpercayaan telah dilenyapkan, dan kebenaran telah bertambah-tambah dan kebenaran telah muncul.
  14. Karena itu tidak ada seorang pun bisa mendapatkan belas kasihan atas dia yang telah dihukum dalam penghakiman, atau mencelakakan dia yang menang. “

Ratapan Atas Nasib Orang Banyak

  1. Aku menjawab dan berkata, “Ini adalah perkataan pertama dan terakhirku, bahwa akan lebih baik jika bumi tidak menghasilkan Adam, atau sebaliknya, ketika ia telah menghasilkan dia, menahan dia dari berbuat dosa.
  2. Karena apa gunanya bagi semua orang bahwa mereka hidup dalam penderitaan sekarang dan berharap penghukuman sesudah kematian?
  3. Wahai Adam, apa yang telah engkau perbuat? Karena meskipun adalah engkau yang berdosa, kejatuhan itu bukan hanya bagimu sendiri, tetapi kami juga yang adalah keturunan-keturunanmu.
  4. Karena apa gunanya itu bagi kami, jika zaman kekekalan telah dijanjikan kepada kami, tetapi kami telah melakukan perbuatan-perbuatan yang mendatangkan kematian?
  5. Dan apa gunanya bahwa pengharapan kekal telah dijanjikan kepada kami, tetapi kami telah gagal total?
  6. Atau bahwa tempat kediaman yang aman dan menyegarkan telah disediakan bagi kami, tetapi kami telah hidup dengan fasik?
  7. Atau bahwa kemuliaan Yang Mahatinggi akan melindungi mereka yang telah menjalani kehidupan yang kudus, tetapi kami telah berjalan di dalam jalan-jalan yang paling jahat?
  8. Atau bahwa surga akan diungkapkan, yang buahnya masih belum terjamah dan yang di dalamnya ada kelimpahan dan kesembuhan, tetapi kami tidak akan memasukinya,
  9. karena kami telah hidup di tempat-tempat yang tidak pantas?
  10. Atau bahwa wajah orang-orang yang menjalankan pengendalian diri akan bersinar lebih terang dari bintang-bintang, tetapi wajah kami akan lebih hitam dari kegelapan?
  11. Karena selagi kami hidup dan melakukan kejahatan, kami tidak memikirkan apa yang harus kami derita sesudah kematian.”
  12. Dia menjawab dan berkata, “Ini adalah arti dari pertandingan yang setiap orang yang lahir di bumi harus jalani,
  13. bahwa jika ia dikalahkan, ia akan menderita apa yang engkau katakan, tetapi jika ia menang, ia akan menerima apa yang Aku katakan.
  14. Karena inilah jalan yang Musa, ketika ia masih hidup, bicarakan kepada umat, mengatakan, `Pilihlah bagi dirimu sendiri kehidupan, supaya engkau dapat hidup!’
  15. Tetapi mereka tidak percaya kepadanya, atau nabi-nabi sesudah dia, atau bahkan Aku sendiri yang telah berbicara kepada mereka.
  16. Karena itu tidak akan ada dukacita atas kehancuran mereka, begitu banyak sama seperti sukacita atas mereka, kepada siapa keselamatan telah dipastikan.”
  17. Aku menjawab dan berkata, “Aku tahu, ya YAHWEH, bahwa Yang Mahatinggi sekarang disebut penuh belas kasihan, karena Dia memiliki belas kasihan atas mereka yang belum datang ke dalam dunia;

Permohonan Ezra untuk Belas Kasihan Elohim

  1. dan kasih karunia, karena Dia bermurah hati kepada mereka yang berbalik dalam pertobatan kepada hukum-Nya;
  2. dan panjang sabar, karena Dia menunjukkan kesabaran kepada mereka yang berdosa, karena mereka adalah hasil pekerjaan-pekerjaan-Nya sendiri;
  3. dan murah hati, karena Dia lebih suka memberi daripada mengambil;
  4. dan berlimpah kasih sayang, karena Dia membuat belas kasihan-Nya berlimpah-limpah lebih dan lebih lagi bagi mereka yang sekarang hidup dan bagi mereka yang telah pergi dan bagi mereka yang belum datang,
  5. karena jika Dia tidak membuat itu berlimpah-limpah, dunia bersama penduduknya tidak akan memiliki hidup;
  6. dan Dia disebut pemberi, karena jika Dia tidak memberi dari kebaikan-Nya sehingga mereka yang telah melakukan kejahatan-kejahatan dapat dibebaskan dari padanya, tidak sampai seper sepuluh ribu umat manusia dapat memiliki hidup;
  7. dan hakim, karena jika Dia tidak mengampuni mereka yang diciptakan oleh firman-Nya dan menghapuskan banyaknya dosa-dosa mereka,
  8. mungkin hanya akan tersisa sangat sedikit dari orang-orang banyak yang tak terhitung jumlahnya.”

Pasal 8

  1. Dia menjawab aku dan berkata, “Yang Mahatinggi membuat dunia ini demi banyak orang, tapi dunia yang akan datang demi sedikit orang.
  2. Tetapi Aku mengatakan kepadamu sebuah perumpamaan, Ezra. Sama seperti, ketika engkau bertanya kepada bumi, ia akan memberitahu engkau bahwa ia menyediakan sangat banyak tanah liat yang dari padanya perabot tanah liat dibuat, tetapi hanya sedikit debu yang daripadanya emas berasal; demikian juga jalannya dunia sekarang ini.
  3. Banyak yang telah dibuat, tetapi hanya sedikit yang akan diselamatkan.”

Ezra Kembali Memohon Belas Kasihan Elohim

  1. Aku menjawab dan berkata, “Maka minumlah engkau untuk mengisi pengertian, hai jiwaku, dan minumlah hikmat, hai hatiku!
  2. Karena bukan dari kemauanmu sendiri engkau datang ke dalam dunia, dan melawan kehendakmu engkau pergi, karena engkau hanya diberikan waktu yang singkat untuk hidup.
  3. Ya YAHWEH yang berkuasa atas kami, berikanlah kepada hamba-Mu supaya kami dapat berdoa di hadapan-Mu, dan berikanlah kami benih bagi hati kami dan tanamlah pengertian kami supaya buah dapat dihasilkan, yang olehnya setiap makhluk yang fana yang memiliki keserupaan seorang manusia dapat hidup.
  4. Karena hanya Engkau sendiri yang ada, dan kami adalah perbuatan tangan-Mu, sebagaimana telah Engkau nyatakan.
  5. Dan karena Engkau memberikan kehidupan kepada tubuh yang sekarang dibentuk di dalam rahim, dan melengkapinya dengan anggota-anggota tubuh, apa yang telah Engkau ciptakan dipelihara dalam api dan air, dan selama sembilan bulan kandungan yang telah Engkau bentuk menopang ciptaan-Mu yang telah diciptakan di dalamnya.
  6. Tetapi apa yang menyimpan dan apa yang tersimpan keduanya akan dipelihara oleh penjagaan-Mu. Dan ketika rahim menyerahkan kembali apa yang telah diciptakan di dalamnya,
  7. Engkau telah memerintahkan bahwa dari anggota-anggota itu sendiri (yaitu, dari buah dada) susu akan disediakan yang merupakan buah dari buah dada,
  8. supaya apa yang telah dibentuk dapat diberi makanan untuk suatu waktu; dan sesudah itu Engkau akan membimbingnya dalam belas kasihan-Mu.
  9. Engkau telah membawa dia dalam kebenaran-Mu, dan mengajarnya dalam hukum-Mu, dan menegurnya dalam kebijaksanaan-Mu.
  10. Engkau akan mengambil hidupnya, karena ia adalah ciptaan-Mu; dan Engkau akan membuatnya hidup, karena ia adalah pekerjaan-Mu.
  11. Jika kemudian Engkau tiba-tiba dan dengan cepat menghancurkan dia yang dengan jerih payah yang begitu besar dibentuk oleh perintah-Mu, untuk tujuan apa ia dibuat?
  12. Dan sekarang aku akan berbicara: Tentang seluruh umat manusia Engkau tahu yang terbaik; tapi aku akan berbicara tentang umat-Mu, bagi siapa aku berdukacita,
  13. dan tentang warisan-Mu, bagi siapa aku meratap, dan tentang Israel, bagi siapa aku bersedih, dan tentang keturunan Yakub, bagi siapa aku kesusahan.
  14. Karena itu aku akan berdoa di hadapan-Mu bagi diriku sendiri dan bagi mereka, karena aku melihat kelemahan kami yang tinggal di negeri,
  15. dan aku telah mendengar tentang bersegeranya penghakiman yang akan datang.
  16. Karena itu dengarlah suaraku, dan pahamilah kata-kataku, dan aku akan berbicara di hadapan-Mu.”

Doa Ezra

Permulaan kata-kata doa Ezra, sebelum ia diangkat. Dia berkata:

  1. “Ya YAHWEH yang bersemayam dalam kekekalan, yang mata-Nya ditinggikan dan yang ruangan-ruangan atas-Nya ada di udara,
  2. yang takhta-Nya melampaui ukuran dan yang kemuliaan-Nya melampaui pemahaman, yang di hadapan-Nya pasukan-pasukan malaikat berdiri gemetar
  3. dan yang oleh perintah-Nya mereka berubah menjadi angin dan api, yang firman-Nya teguh dan yang ucapan-ucapan-Nya pasti, yang ketetapan-Nya kuat dan yang perintah-Nya menakutkan,
  4. yang pandangan mata-Nya mengeringkan kedalaman-kedalaman lautan dan yang murka-Nya membuat gunung-gunung mencair, dan yang kebenaran-Nya berdiri selama-lamanya –
  5. dengarkanlah, ya YAHWEH, doa hamba-Mu, dan sendengkanlah telinga bagi permohonan dari makhluk ciptaan-Mu; perhatikanlah kata-kataku.
  6. Karena selama aku hidup aku akan berbicara, dan selama aku memiliki pengertian aku akan menjawab.
  7. Janganlah memandang kepada dosa-dosa umat-Mu, tetapi kepada mereka yang telah melayani Engkau dalam kebenaran.
  8. Janganlah hiraukan usaha-usaha mereka yang bertindak jahat, tetapi usaha-usaha mereka yang telah memelihara perjanjian-perjanjian-Mu di tengah-tengah penderitaan.
  9. Janganlah pikirkan mereka yang hidup fasik di mata-Mu; tapi ingatlah mereka yang dengan sepenuh hati mengakui bahwa Engkaulah yang harus ditakuti.
  10. Janganlah biarkan kehendak-Mu menghancurkan mereka yang memiliki jalan-jalan binatang; tapi pandanglah mereka yang dengan mulia mengajarkan hukum-Mu.
  11. Janganlah marah terhadap mereka yang dianggap lebih buruk dari binatang; tapi kasihilah mereka yang selalu menaruh kepercayaan mereka di dalam kemuliaan-Mu.
  12. Karena kami dan bapa leluhur kami telah melewati kehidupan kami dalam jalan-jalan yang mendatangkan kematian, tetapi Engkau, karena kami orang-orang berdosa, disebut penuh belas kasihan.
  13. Karena jika Engkau menghendaki untuk mengasihani kami, yang tidak memiliki perbuatan-perbuatan kebenaran, maka Engkau akan disebut penuh belas kasihan.
  14. Karena orang-orang benar, yang memiliki banyak perbuatan-perbuatan tersimpan bersama Engkau, akan menerima upah mereka sebagai akibat dari perbuatan-perbuatan mereka sendiri.
  15. Tetapi apakah manusia, sehingga Engkau marah kepadanya; atau apakah ras yang dapat binasa itu, sehingga Engkau begitu pahit menentangnya?
  16. Karena di dalam kebenaran tidak ada seorang pun di antara mereka yang telah dilahirkan yang belum pernah berbuat jahat, dan di antara mereka yang telah ada, tidak ada seorang pun yang belum pernah melanggar.
  17. Karena dalam ini, ya YAHWEH, kebenaran dan kebaikan-Mu akan dinyatakan, ketika Engkau berbelas kasihan kepada mereka yang tidak memiliki simpanan perbuatan-perbuatan baik.”

Tanggapan Doa Ezra

  1. Dia menjawab aku dan berkata, “Beberapa hal telah engkau katakan dengan benar, dan akan terjadi sesuai dengan kata-katamu.
  2. Karena sesungguhnya Aku tidak merisaukan diri-Ku sendiri tentang membangun mereka yang telah berdosa, atau tentang kematian mereka, penghakiman mereka, atau kehancuran mereka;
  3. tetapi Aku akan bersukacita atas penciptaan orang-orang benar, atas ziarah mereka juga, dan keselamatan mereka, dan penerimaan upah mereka.
  4. Seperti yang telah Aku katakan, demikianlah itu akan terjadi.
  5. “Karena sama seperti petani menabur banyak benih ke atas tanah dan menanam banyak bibit, namun tidak semua yang telah ditaburkan akan muncul pada musimnya, dan tidak semua yang ditanam akan berakar; demikian juga mereka yang telah ditaburkan di dunia tidak semuanya akan diselamatkan.”
  6. Aku menjawab dan berkata, “Jika aku mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, biarkan aku berbicara.
  7. Karena jika benih petani tidak muncul, karena ia belum menerima hujan-Mu pada musimnya, atau jika ia telah rusak karena terlalu banyak hujan, ia binasa.
  8. Tetapi manusia, yang telah dibentuk oleh tangan-Mu dan yang disebut gambar-Mu sendiri karena ia dibuat seperti Engkau, dan yang oleh karenanya Engkau telah membentuk segala sesuatu – apakah Engkau juga membuatnya seperti benih petani?
  9. Tidak, ya YAHWEH yang berkuasa atas kami! Tapi selamatkanlah umat-Mu dan kasihanilah warisan-Mu, karena Engkau berbelas kasihan kepada ciptaan-Mu sendiri.”

Permohonan Terakhir Ezra Untuk Belas Kasihan

  1. Dia menjawab aku dan berkata, “Hal-hal yang ada adalah bagi mereka yang hidup sekarang, dan hal-hal yang di masa depan adalah bagi mereka yang akan hidup di alam baka.
  2. Karena engkau jauh dari sanggup untuk mengasihi ciptaan-Ku lebih daripada Aku mengasihinya. Tapi engkau sering membandingkan dirimu sendiri seperti orang fasik. Jangan pernah melakukannya!
  3. Tetapi bahkan dalam hal ini engkau akan layak dipuji di hadapan Yang Mahatinggi,
  4. karena engkau telah merendahkan dirimu sendiri, seperti terjadi kepadamu, dan tidak menganggap dirimu sendiri ada di antara orang-orang benar dengan maksud untuk menerima kemuliaan terbesar.
  5. Karena banyak kesengsaraan akan menimpa mereka yang mendiami dunia pada waktu-waktu terakhir, karena mereka telah berjalan dalam keangkuhan besar.
  6. Tapi pikirkan kasusmu sendiri, dan tanyakan tentang kemuliaan mereka yang seperti engkau,
  7. karena adalah bagimu surga dibuka, pohon kehidupan ditanam, zaman yang akan datang dipersiapkan, kelimpahan disediakan, sebuah kota dibangun, perhentian ditetapkan, kebaikan didirikan dan hikmat disempurnakan sebelumnya.
  8. Akar kejahatan termeterai jauh dari padamu, sakit-penyakit dibuang dari padamu, dan kematian tersembunyi; neraka telah melarikan diri dan kerusakan telah dilupakan;
  9. penderitaan telah berlalu, dan pada akhirnya harta kekekalan dinyatakan.
  10. Karena itu jangan bertanya lagi tentang orang-orang banyak yang binasa.
  11. Karena mereka juga menerima kebebasan, tapi mereka memandang rendah Yang Mahatinggi, dan meremehkan hukum-Nya, dan meninggalkan jalan-jalan-Nya.
  12. Lagipula mereka bahkan menginjak-injak orang-orang benar-Nya,
  13. dan berkata dalam hati mereka bahwa tidak ada Elohim – meskipun mengetahui dengan baik bahwa mereka pasti mati.
  14. Karena sama seperti hal-hal yang telah Aku nubuatkan menantikan engkau, demikian juga rasa haus dan siksaan yang telah dipersiapkan menanti mereka. Karena Yang Mahatinggi tidak menghendaki bahwa manusia harus dihancurkan;
  15. tetapi mereka sendiri yang diciptakan telah mencemarkan nama Dia yang membuat mereka, dan tidak tahu berterima kasih kepada-Nya yang mempersiapkan kehidupan bagi mereka.
  16. Karena itu penghakiman-Ku sekarang semakin dekat;
  17. Aku tidak menunjukkan ini kepada semua manusia, tetapi hanya kepadamu dan sedikit orang seperti engkau.” Lalu aku menjawab dan berkata,
  18. “Lihatlah, ya YAHWEH, Engkau sekarang telah menunjukkan kepadaku banyak tanda-tanda yang akan Engkau lakukan pada akhir zaman, tetapi Engkau tidak menunjukkan kepadaku kapan Engkau akan melakukannya.”

Pasal 9

Tanda-tanda Lanjutan Akhir Zaman

  1. Dia menjawab aku dan berkata, “Timbanglah baik-baik dalam pikiranmu, dan jika engkau melihat bahwa bagian tertentu dari tanda-tanda yang dinubuatkan ini berlalu,
  2. maka engkau akan tahu bahwa itu adalah waktu ketika Yang Mahatinggi hendak melawat dunia yang telah Dia buat.
  3. Maka ketika muncul di dunia gempa-gempa bumi, kerusuhan bangsa-bangsa, tipu daya bangsa-bangsa, kebimbangan para pemimpin, kebingungan para penguasa,
  4. maka engkau akan tahu bahwa adalah hal-hal ini Yang Mahatinggi telah katakan dari sejak hari-hari zaman purbakala, dari permulaannya.
  5. Karena sama seperti segala sesuatu yang telah terjadi di dunia, permulaannya adalah bukti, dan akhirnya diwujudkan;
  6. demikian juga waktu-waktu Yang Mahatinggi: permulaan-permulaannya terwujud dalam keajaiban-keajaiban dan perbuatan-perbuatan perkasa, dan akhirnya dalam pembalasan dan dalam tanda-tanda.
  7. Dan akan terjadi bahwa setiap orang diselamatkan dan dapat meloloskan diri karena perbuatan-perbuatannya, atau karena iman yang olehnya ia telah percaya,
  8. akan selamat dari bahaya-bahaya yang telah dinubuatkan, dan akan melihat keselamatan-Ku di negeri-Ku dan di dalam perbatasan-perbatasan-Ku, yang telah Aku kuduskan bagi diri-Ku sendiri dari sejak permulaan.
  9. Maka mereka yang sekarang menyalahgunakan jalan-jalan-Ku akan keheranan, dan mereka yang telah menolaknya dengan memandang hina akan tinggal di dalam siksaan-siksaan.
  10. Karena sebanyak orang yang tidak mengakui Aku dalam kehidupan mereka, meskipun mereka menerima kebaikan-kebaikan-Ku,
  11. dan sebanyak orang yang mencemooh hukum-Ku sementara mereka masih memiliki kebebasan, dan tidak memahami tapi memandangnya rendah sementara kesempatan bertobat masih terbuka bagi mereka,
  12. mereka ini di dalam siksaan harus mengakuinya sesudah kematian.
  13. Karena itu, janganlah terus menjadi ingin tahu bagaimana orang fasik akan dihukum; tapi tanyakanlah bagaimana orang benar akan diselamatkan, mereka yang kepada siapa zaman menjadi milik dan yang demi siapa zaman dibuat.”

Ringkasan Argumentasi

  1. Aku menjawab dan berkata,
  2. “Aku katakan sebelumnya, dan aku katakan sekarang, dan akan mengatakannya lagi: ada lebih banyak yang binasa daripada mereka yang akan diselamatkan,
  3. sama seperti gelombang lebih besar dari setetes air.”
  4. Dia menjawab aku dan berkata, “Sama seperti padang, demikian juga benih; dan sama seperti bunga-bunga, demikian juga warna-warna; dan sama seperti pekerjaan, demikian juga hasil; dan sama seperti petani, demikian juga lantai pengirikan.
  5. Karena akan ada waktu dalam zaman ini ketika Aku mempersiapkan bagi mereka yang sekarang ada, sebelum dunia dijadikan bagi mereka untuk ditinggali, dan tidak ada yang menentang Aku, karena tidak ada seorang pun yang ada;
  6. tapi sekarang mereka yang telah diciptakan di dunia ini yang dibekali baik dengan meja yang tidak habis-habisnya dan padang penggembalaan yang tak habis-habisnya, telah menjadi rusak dalam jalan-jalan mereka.
  7. Jadi Aku mengingat dunia-Ku, dan lihatlah, itu terhilang, dan bumi-Ku, dan lihatlah, itu dalam bahaya karena rancangan-rancangan mereka yang telah datang ke dalamnya.
  8. Dan Aku melihat dan menyelamatkan sebagian dengan kesulitan besar, dan menyelamatkan bagi diri-Ku sendiri satu anggur dari setandan, dan satu tanaman dari hutan yang besar.
  9. Maka biarlah orang-orang banyak binasa, yang telah dilahirkan di dalam kesia-siaan, tapi biarlah anggur-Ku dan tanaman-Ku diselamatkan, karena dengan banyak jerih payah Aku telah menyempurnakan mereka.
  10. Tapi, jika engkau akan membiarkan tujuh hari lagi berlalu – namun, jangan berpuasa selama waktu itu;
  11. tetapi pergilah ke padang bunga-bungaan di mana tidak ada rumah telah dibangun, dan makanlah hanya dari bunga-bunga di padang, dan jangan cicipi daging dan jangan minum anggur, tetapi hanya makanlah bunga-bungaan,
  12. dan berdoalah kepada Yang Mahatinggi senantiasa – maka Aku akan datang dan berbicara dengan engkau.”

Kemuliaan Dalam Torah

  1. Maka aku pergi, sebagaimana Dia membimbing aku, ke padang yang dinamai Ardat; dan di sana aku duduk di antara bunga-bunga dan makan tumbuh-tumbuhan di padang, dan makanan yang mereka sediakan memuaskan aku.
  2. Dan sesudah tujuh hari, sementara aku berbaring di rumput, hatiku gelisah kembali seperti sebelumnya.
  3. Dan mulutku terbuka, dan aku mulai berbicara di hadapan Yang Mahatinggi, dan berkata,
  4. “Ya YAHWEH, Engkau memang menunjukkan diri-Mu di antara kami, kepada bapa leluhur kami di padang gurun ketika mereka keluar dari Mesir dan ketika mereka datang ke padang gurun yang belum pernah diinjak dan gersang;
  5. dan Engkau berkata, `Dengarlah Aku, hai Israel, dan perhatikanlah kata-kata-Ku, ya keturunan Yakub.
  6. Karena lihatlah, Aku menaburkan hukum-Ku di dalammu, dan itu akan menghasilkan buah di dalammu dan engkau akan dimuliakan melalui itu untuk selama-lamanya.”
  7. Tapi meskipun bapa leluhur kami menerima hukum, mereka tidak memeliharanya, dan tidak menjalankan ketetapan-ketetapan; namun buah dari hukum itu tidak binasa – karena itu tidak bisa binasa, karena itu milik-Mu.
  8. Namun mereka yang menerimanya binasa, karena mereka tidak memelihara apa yang telah ditaburkan di dalam mereka.
  9. Dan lihatlah, adalah aturan bahwa, ketika tanah telah menerima benih, atau laut sebuah kapal, atau wadah mana pun hidangan makanan atau minuman, dan ketika terjadi bahwa apa yang ditabur atau apa yang diluncurkan atau apa yang sudah dimasukkan ke dalamnya hancur,
  10. mereka hancur, tetapi hal-hal yang menopang mereka tetap; namun dengan kami itu tidak terjadi demikian.
  11. Karena kami yang telah menerima hukum dan berdosa akan binasa, demikian juga hati kami yang menerimanya;
  12. hukum, bagaimanapun juga, tidak binasa, melainkan tetap dalam kemuliaannya.”

Penglihatan Wanita yang Menangis

  1. Ketika aku mengatakan hal-hal ini di dalam hatiku, aku mengangkat mataku dan melihat seorang wanita di sebelah kananku, dan lihatlah, dia berdukacita dan menangis dengan suara nyaring, dan sangat berduka hati, dan pakaiannya dikoyakkan, dan ada abu di kepalanya.
  2. Kemudian aku menepis pikiran-pikiran yang aku pikirkan, dan berpaling kepadanya
  3. dan berkata kepadanya, “Mengapa engkau menangis, dan mengapa engkau berdukacita di hati?”
  4. Dan dia berkata kepadaku, “Biarkan aku sendiri, tuanku, supaya aku bisa menangis bagi diri-ku sendiri dan terus berdukacita, karena aku sangat sakit hati di dalam roh dan sangat menderita.”
  5. Dan aku berkata kepadanya, “Apa yang terjadi padamu? Katakan kepadaku.”
  6. Dan dia berkata kepadaku, “Hambamu ini mandul dan tidak punya anak, meskipun aku tinggal bersama suamiku tiga puluh tahun.
  7. Dan setiap jam dan setiap hari selama tiga puluh tahun itu aku memohon kepada Yang Mahatinggi, siang dan malam.
  8. Dan sesudah tiga puluh tahun Elohim mendengar hambamu, dan memandang kedudukanku yang rendah, dan mengingat kesusahanku, dan memberikan aku seorang anak laki-laki. Dan aku sangat bersukacita atasnya, aku dan suamiku dan semua tetangga-tetanggaku; dan kami memberikan kemuliaan besar kepada Yang Mahaperkasa.
  9. Dan aku melahirkan dia dengan banyak perhatian.
  10. Maka ketika ia bertumbuh besar dan aku datang untuk mengambil seorang istri baginya, aku menetapkan hari untuk pesta pernikahan.

Pasal 10

  1. “Tapi terjadilah bahwa ketika anakku memasuki kamar pernikahannya, ia jatuh dan mati.
  2. Kemudian kami semua memadamkan pelita-pelita, dan semua tetangga-tetanggaku berusaha menghibur aku; dan aku tetap diam sampai malam hari kedua.
  3. Tetapi ketika mereka semua sudah berhenti menghibur aku, supaya aku dapat menjadi tenang, aku bangun di malam hari dan melarikan diri, dan datang ke padang ini, seperti yang engkau lihat.
  4. Dan sekarang aku berniat untuk tidak kembali ke kota, tetapi untuk tinggal di sini, dan aku tidak akan makan atau minum, tetapi tanpa berhenti meratap dan berpuasa sampai aku mati.
  5. Kemudian aku menghentikan bayangan-bayangan yang masih aku pikirkan, dan menjawab dia dalam amarah dan berkata,
  6. “Engkau wanita paling bodoh, tidakkah engkau lihat dukacita kami, dan apa yang telah terjadi kepada kami?
  7. Karena Zion, ibu dari kita semua, sedang dalam dukacita yang mendalam dan penderitaan besar.
  8. Sangat layak untuk berkabung sekarang, karena kita semua berkabung, dan merasa berdukacita, karena kita semua sedang berdukacita; engkau sedang berduka untuk satu anak, tapi kami, seluruh dunia, untuk ibu kami.
  9. Sekarang tanyakanlah kepada bumi, dan dia akan memberitahu engkau bahwa adalah dialah yang harus berkabung atas begitu banyak orang yang telah datang menjadi ada di atasnya.
  10. Dan sejak permulaan semua telah lahir dari padanya, dan yang lain-lainnya akan datang; dan lihatlah, hampir semuanya pergi kepada kebinasaan, dan sangat banyak dari mereka ditakdirkan untuk kebinasaan.
  11. Lalu siapa yang harus berkabung lebih lagi, dia yang kehilangan begitu banyak manusia, atau engkau yang berdukacita untuk seorang?
  12. Tapi jika engkau berkata kepadaku, `Ratapanku tidak seperti bumi, karena aku kehilangan buah kandunganku, yang aku lahirkan dalam kesakitan dan lahirkan dalam penderitaan;
  13. tetapi itu ada bersama bumi menurut jalan bumi – orang-orang banyak yang sekarang ada di dalamnya pergi sama seperti itu datang’;
  14. maka aku berkata kepadamu, `Seperti engkau melahirkan dalam penderitaan, demikian juga bumi sejak permulaan memberikan buahnya, yaitu, manusia, kepada Dia yang membuat bumi.”
  15. Karena itu, sekarang, simpanlah penderitaanmu bagi dirimu sendiri, dan tanggunglah dengan berani kesusahan-kesusahan yang telah menimpa engkau.
  16. Karena jika engkau mengakui keputusan Elohim itu adil, engkau akan menerima puteramu kembali pada waktunya, dan akan dipuji di antara wanita.
  17. Karena itu pergilah ke kota kepada suamimu.”
  18. Dia berkata kepadaku, “Aku tidak akan melakukannya; Aku tidak akan pergi ke kota, tapi aku akan mati di sini.”
  19. Maka aku berbicara lagi kepadanya, dan berkata,
  20. “Jangan katakan itu, tapi biarlah dirimu diyakinkan karena kesusahan-kesusahan Zion, dan dihiburkan karena penderitaan Yerusalem.
  21. Karena engkau melihat bahwa tempat kudus kami telah menjadi reruntuhan, mezbah kami dirobohkan, Bait Suci kami dihancurkan;
  22. kecapi kami telah direndahkan, lagu kami telah dibungkam, dan sukacita kami telah berakhir; terang kaki dian kami telah dipadamkan, tabut perjanjian kami telah dijarah, perabot-perabot kudus kami telah dicemarkan, dan Nama yang oleh-Nya kami disebut sudah dinajiskan; orang-orang merdeka kami telah mengalami penyiksaan, imam-imam kami telah dibakar sampai mati, orang-orang Lewi kami telah pergi ke dalam pembuangan, perawan-perawan kami telah dicemarkan, dan istri-istri kami telah diperkosa; orang-orang benar kami telah ditawan, anak-anak kecil kami telah dicampakkan, orang-orang muda kami telah diperbudak dan orang-orang kuat kami telah dibuat tak berdaya.
  23. Dan, apa yang lebih dari semuanya, meterai Zion – karena ia sekarang telah kehilangan meterai kemuliaannya, dan telah diserahkan ke dalam tangan orang-orang yang membenci kami.
  24. Karena itu tanggalkanlah kesedihan besarmu dan kesampingkan banyak penderitaanmu, supaya Yang Mahaperkasa mungkin berbelas kasihan kepadamu lagi, dan Yang Mahatinggi dapat memberikan engkau istirahat, kelegaan dari kesusahan-kesusahanmu.”
  25. Sementara aku berbicara kepadanya, lihatlah, wajahnya tiba-tiba bersinar terang, dan wajahnya memancar seperti halilintar, sehingga aku terlalu takut untuk mendekatinya, dan hatiku sangat ketakutan. Sementara aku bertanya-tanya apa artinya ini,
  26. lihatlah, dia tiba-tiba berteriak keras dan menakutkan, sehingga bumi berguncang karena suaranya.
  27. Dan aku memandang, dan lihatlah, wanita itu tidak lagi terlihat kepadaku, tapi ada sebuah kota yang didirikan, dan suatu tempat fondasi-fondasi besar menampakkan diri. Kemudian aku ketakutan, dan menangis dengan suara nyaring dan berkata,
  28. “Di manakah malaikat Uriel, yang datang kepadaku pada permulaannya? Karena dialah yang membawa aku ke dalam kebingungan yang luar biasa ini; akhirku telah menjadi kerusakan, dan doaku suatu aib.”

Arti Penglihatan

  1. Sementara aku mengucapkan kata-kata ini, lihatlah, malaikat yang datang kepadaku pada permulaannya datang kepadaku, dan dia memandang kepadaku;
  2. dan lihatlah, aku berbaring di sana seperti mayat dan aku kehilangan pengertianku. Lalu ia menggenggam tangan kananku dan menguatkan aku dan membuat aku berdiri di atas kakiku, dan berkata kepadaku,
  3. “Apa yang terjadi dengan engkau? Dan mengapa engkau gelisah? Dan mengapa pengertian dan pikiran-pikiran dari akalmu gelisah?”
  4. Aku berkata, “Karena engkau telah meninggalkan aku! Aku melakukan seperti yang engkau arahkan, dan pergi ke padang, dan lihatlah, aku memandang, dan masih melihat, apa yang aku tidak bisa jelaskan.”
  5. Dia berkata kepadaku, “Berdirilah seperti seorang laki-laki, dan Aku akan mengajar engkau.”
  6. Aku berkata, “Berbicaralah, Tuanku; Hanya saja jangan tinggalkan aku, supaya jangan aku mati sebelum waktuku.
  7. Karena aku telah melihat apa yang aku tidak tahu, dan aku telah mendengar apa yang aku tidak mengerti.
  8. Atau apakah pikiranku tertipu, dan jiwaku bermimpi?
  9. Karena itu sekarang aku memohon Engkau memberikan kepada hamba-Mu penjelasan penglihatan yang membingungkan ini.”
  10. Dia menjawab aku dan berkata, “Dengarkan Aku dan Aku akan memberitahumu, dan mengatakan kepadamu tentang hal-hal yang engkau takuti, karena Yang Mahatinggi telah mengungkapkan banyak rahasia-rahasia kepadamu.
  11. Karena Dia telah melihat perbuatan-perbuatan kebenaranmu, bahwa engkau telah berdukacita terus-menerus bagi umatmu, dan berkabung dengan sangat atas Zion.
  12. Karena itu inilah arti dari penglihatan itu.
  13. Wanita yang muncul kepadamu beberapa saat yang lalu, yang engkau lihat berdukacita dan mulai terhibur –
  14. tetapi engkau sekarang tidak melihat bentuk seorang wanita, tapi sebuah kota yang didirikan telah nampak kepadamu –
  15. dan adapun dia bercerita kepadamu tentang kemalangan puteranya, ini adalah artinya:
  16. Wanita ini yang engkau lihat, yang sekarang engkau lihat sebagai sebuah kota yang didirikan, adalah Zion.
  17. Dan adapun dia mengatakan kepadamu bahwa ia mandul selama tiga puluh tahun, itu karena ada tiga ribu tahun di dunia sebelum persembahan apa pun dipersembahkan di dalamnya.
  18. Dan sesudah tiga ribu tahun Salomo membangun kota, dan mempersembahkan persembahan-persembahan; maka itu adalah wanita mandul yang melahirkan seorang anak laki-laki.
  19. Dan adapun dia mengatakan kepadamu bahwa ia melahirkannya dengan banyak perhatian, itu adalah masa tempat kediaman di Yerusalem.
  20. Dan adapun dia mengatakan kepadamu, `Ketika anakku memasuki kamar pernikahannya ia mati,’ dan kemalangan itu telah menguasai dia, itu adalah kehancuran yang menimpa Yerusalem.
  21. Dan lihatlah, engkau melihat rupanya, bagaimana dia berkabung bagi puteranya, dan engkau mulai menghiburnya atas apa yang telah terjadi.
  22. Karena sekarang Yang Mahatinggi, melihat bahwa engkau sungguh-sungguh berdukacita dan kesusahan mendalam baginya, telah menunjukkan kepadamu kecemerlangan kemuliaannya, dan keelokan kecantikannya.
  23. Karena itu Aku mengatakan kepadamu supaya tetap di padang di mana tidak ada rumah yang telah dibangun,
  24. karena Aku tahu bahwa Yang Mahatinggi akan mengungkapkan hal-hal ini kepadamu.
  25. Karena itu Aku mengatakan kepadamu supaya pergi ke padang di mana tidak ada fondasi bangunan apapun,
  26. karena tidak ada pekerjaan bangunan manusia bisa bertahan di tempat di mana kota Yang Mahatinggi itu akan diungkapkan.
  27. “Karena itu jangan takut, dan jangan biarkan hatimu gentar; tetapi masuklah dan lihatlah kemegahan dan luasnya bangunan, sejauh mungkin bagi matamu untuk melihatnya,
  28. dan sesudah itu engkau akan mendengar sebanyak yang telingamu bisa mendengar.
  29. Karena engkau lebih diberkati daripada yang banyak, dan engkau telah dipanggil di hadapan Yang Mahatinggi, seperti hanya sedikit yang pernah.
  30. Tapi esok malam engkau harus tetap di sini,
  31. dan Yang Mahatinggi akan menunjukkan kepadamu dalam mimpi-mimpi itu penglihatan-penglihatan dari apa Yang Mahatinggi akan lakukan kepada mereka yang diam di bumi pada hari-hari terakhir.” Maka aku tidur malam itu dan berikutnya, seperti yang telah Dia perintahkan kepadaku.

Pasal 11

Penglihatan Kerajaan Keempat – Elang

  1. Pada malam kedua aku bermimpi, dan lihatlah, datang dari laut seekor elang yang memiliki dua belas sayap berbulu dan tiga kepala.
  2. Dan aku memandang, dan lihatlah, dia mengembangkan sayapnya atas seluruh bumi, dan semua angin-angin surga bertiup kepadanya, dan awan-awan terkumpul di sekelilingnya.
  3. Dan aku melihat, dan keluar dari sayap-sayapnya ada tumbuh sayap-sayap yang berlawanan; tapi mereka menjadi kecil, sayap-sayap kecil.
  4. Tapi kepala-kepalanya beristirahat; kepala tengah lebih besar daripada kepala-kepala lainnya, tapi itu juga beristirahat bersama mereka.
  5. Dan aku memandang, dan lihatlah, elang itu terbang dengan sayap-sayapnya, untuk memerintah atas bumi dan atas mereka yang tinggal di dalamnya.
  6. Dan aku melihat bagaimana segala sesuatu di bawah surga ditaklukkan kepadanya, dan tidak ada seorang pun yang berbicara melawan dia, bahkan tidak satu pun makhluk yang ada di bumi.
  7. Dan aku memandang, dan lihatlah, elang bangkit di atas cakar-cakarnya, dan mengucapkan teriakan kepada sayap-sayapnya, mengatakan,
  8. “Tidakkah semua berjaga-jaga pada waktu yang bersamaan; biarlah masing-masing tidur di tempatnya sendiri, dan berjaga pada gilirannya;
  9. tapi biarlah kepala-kepala disimpan untuk yang terakhir.”
  10. Dan aku memandang, dan lihatlah, suara tidak datang dari kepala-kepalanya, tapi dari tengah-tengah tubuhnya.
  11. Dan aku menghitung sayap-sayapnya yang berlawanan, dan lihatlah, ada delapan dari mereka.
  12. Dan aku memandang, dan lihatlah, pada sisi kanan satu sayap muncul, dan itu memerintah atas seluruh bumi.
  13. Dan sementara itu memerintah, ia sampai kepada akhirnya dan menghilang, sehingga tempatnya tidak kelihatan. Kemudian sayap berikutnya muncul dan memerintah, dan itu terus memerintah untuk waktu yang lama.
  14. Dan sementara itu memerintah, akhirnya datang juga, sehingga itu menghilang seperti yang pertama.
  15. Dan lihatlah, suatu suara terdengar, berkata kepadanya.
  16. “Dengarkan aku, engkau yang telah memerintah bumi selama ini; Aku umumkan ini kepadamu sebelum engkau menghilang.
  17. Sesudah engkau, tidak ada seorang pun yang akan memerintah selama engkau, atau bahkan separuh dari lamanya.”
  18. Kemudian sayap ketiga membangkitkan dirinya sendiri, dan memegang pemerintahan seperti yang sebelum-sebelumnya, dan itu juga menghilang.
  19. Dan demikianlah dengan semua sayap-sayap; mereka memegang kekuasaan satu demi satu dan kemudian tidak pernah kelihatan lagi.
  20. Dan aku memandang, dan lihatlah, pada waktunya sayap-sayap yang mengikutinya juga bangkit di sisi kanan, untuk memerintah. Ada beberapa dari mereka yang memerintah, namun menghilang tiba-tiba;
  21. dan yang lain-lain dari mereka bangkit, tetapi tidak memegang pemerintahan.
  22. Dan sesudah ini aku memandang, dan lihatlah, dua belas sayap dan dua sayap kecil menghilang;
  23. dan tidak ada yang tersisa pada tubuh elang kecuali tiga kepala yang beristirahat dan enam sayap-sayap kecil.
  24. Dan aku memandang, dan lihatlah, dua sayap kecil terpisahkan dari yang enam dan tetap di bawah kepala yang ada di sisi kanan; tetapi empat tetap berada di tempat mereka.
  25. Dan aku memandang, dan lihatlah, sayap-sayap kecil ini merencanakan untuk menaikkan diri mereka sendiri dan memerintah.
  26. Dan aku memandang, dan lihatlah, satu didirikan, tapi tiba-tiba menghilang;
  27. yang kedua juga, dan yang ini menghilang lebih cepat daripada yang pertama.
  28. Dan aku memandang, dan lihatlah, dua yang masih tersisa berencana di antara mereka sendiri untuk memerintah bersama-sama;
  29. dan sementara mereka berencana, lihatlah, salah satu kepala yang beristirahat (kepala yang ada di tengah) terbangun; karena ia lebih besar dari dua kepala lainnya.
  30. Dan aku melihat bagaimana itu menyekutukan dua kepala dengan dirinya sendiri,
  31. dan lihatlah, kepala berpaling bersama mereka yang bersamanya, dan itu melahap dua sayap kecil yang berencana untuk memerintah.
  32. Selain itu kepala ini menguasai seluruh bumi, dan dengan banyak penindasan menguasai penduduknya; dan ia memiliki kekuasaan lebih besar atas dunia dibandingkan semua sayap-sayap yang telah hilang sebelumnya.
  33. Dan sesudah ini aku memandang, dan lihatlah, kepala tengah tiba-tiba juga menghilang, sama seperti yang terjadi kepada sayap-sayap.
  34. Namun dua kepala tetap, yang juga memerintah atas bumi dan penduduknya.
  35. Dan aku memandang, dan lihatlah, kepala di sisi kanan melahap kepala di sebelah kiri.

Singa yang Bangkit dari Hutan

  1. Lalu aku mendengar suatu suara berkata kepadaku, “Lihatlah di hadapanmu dan pertimbangkan apa yang engkau lihat.”
  2. Dan aku memandang, dan lihatlah, seekor makhluk seperti singa bangkit keluar dari hutan, mengaum; dan aku mendengar bagaimana ia mengucapkan suara seorang manusia kepada elang, dan berbicara, katanya,
  3. “Perhatikan dan aku akan berbicara kepadamu. Yang Mahatinggi berkata kepadamu,
  4. `Bukankah engkau salah satu yang tersisa dari empat binatang yang telah Aku buat untuk memerintah di dunia-Ku, supaya akhir zaman-Ku dapat datang melalui mereka?
  5. Engkau, keempat yang sudah datang, telah menaklukkan semua binatang-binatang yang telah pergi sebelumnya; dan engkau telah memegang kekuasaan atas dunia dengan banyak teror, dan atas seluruh bumi dengan penindasan yang menyedihkan; dan untuk begitu lama engkau telah memperlakukan bumi dengan penipuan.
  6. Dan engkau telah menghakimi bumi, tetapi tidak dengan kebenaran;
  7. karena engkau telah menindas yang lemah dan melukai yang suka berdamai; engkau membenci mereka yang mengatakan kebenaran, dan mencintai para pendusta; engkau telah menghancurkan tempat kediaman mereka yang menghasilkan buah, dan telah merendahkan tembok-tembok mereka yang tidak mencelakaimu.
  8. Dan maka keangkuhanmu telah sampai ke hadapan Yang Mahatinggi, dan kebanggaanmu ke hadapan Yang Mahaperkasa.
  9. Dan Yang Mahatinggi telah memandang kepada waktu-waktunya, dan lihatlah, mereka diakhiri, dan zaman-zamannya telah genap!
  10. Karena itu engkau pasti akan menghilang, engkau elang, dan sayap-sayapmu yang menakutkan, dan sayap-sayap kecilmu yang paling jahat, dan kepala-kepalamu yang jahat, dan cakar-cakarmu yang paling jahat, dan seluruh tubuhmu yang tidak berharga,
  11. supaya seluruh bumi, dibebaskan dari kekejamanmu, dapat disegarkan dan dilegakan, dan dapat berharap untuk penghakiman dan belas kasihan dari Dia yang membuatnya.'”

Pasal 12

  1. Sementara singa mengucapkan kata-kata ini kepada elang, aku memandang,
  2. dan lihatlah, kepala yang tersisa itu menghilang. Dan dua sayap yang telah keluar dari padanya bangkit dan menaikkan diri mereka untuk memerintah, dan pemerintahan mereka singkat dan penuh pergolakan.
  3. Dan aku memandang, dan lihatlah, mereka juga menghilang, dan seluruh tubuh elang terbakar, dan bumi amat sangat ketakutan. Lalu aku terbangun dalam kebingungan pikiran yang besar dan ketakutan yang besar, dan aku berkata kepada rohku,
  4. “Lihatlah, engkau telah mendatangkan ini kepadaku, karena engkau menyelidiki jalan-jalan Yang Mahatinggi.
  5. Lihatlah, aku masih lelah dalam pikiran dan sangat lemah dalam rohku, dan bahkan tidak sedikit pun kekuatan yang tersisa dalam diriku, karena ketakutan besar yang olehnya aku telah digentarkan malam ini.
  6. Karena itu sekarang aku akan memohon kepada Yang Mahatinggi supaya Dia dapat menguatkan aku sampai akhir.”

Arti Penglihatan

  1. Dan aku berkata, “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, jika aku mendapat kasih karunia di mata-Mu, dan jika aku telah diperhitungkan benar di hadapan-Mu melampaui banyak orang lain, dan jika doaku sungguh-sungguh naik di hadapan wajah-Mu,
  2. kuatkanlah aku dan tunjukkanlah aku, hamba-Mu, tafsir dan makna penglihatan menakutkan ini, supaya Engkau dapat sepenuhnya menghiburkan jiwaku.
  3. Karena Engkau telah menilai aku layak untuk ditunjukkan akhir zaman dan peristiwa-peristiwa terakhir dari zaman.”
  4. Dia berkata kepadaku, “Ini adalah arti penglihatan yang telah engkau lihat:
  5. Elang yang engkau lihat naik dari laut adalah kerajaan keempat yang muncul dalam penglihatan kepada saudaramu Daniel.
  6. Tapi itu tidak dijelaskan kepadanya seperti Aku sekarang menjelaskan atau telah menjelaskannya kepadamu.
  7. Lihatlah, hari-harinya akan datang ketika sebuah kerajaan akan bangkit di bumi, dan itu akan lebih menakutkan daripada seluruh kerajaan-kerajaan yang telah ada sebelumnya.
  8. Dan dua belas raja akan memerintah di dalamnya, satu demi satu.
  9. Tapi yang kedua memerintah akan memegang kekuasaan untuk waktu yang lebih lama daripada yang lain dari yang dua belas.
  10. Ini adalah arti dari dua belas sayap yang engkau lihat.
  11. Adapun engkau mendengar suatu suara yang berbicara, datang bukan dari kepala elang tapi dari tengah-tengah tubuhnya, ini adalah artinya:
  12. Di tengah-tengah zaman kerajaan itu, pergolakan-pergolakan besar akan muncul, dan itu akan berada dalam bahaya kejatuhan; namun demikian itu tidak akan jatuh, tapi akan mendapatkan kembali kekuasaan sebelumnya.
  13. Adapun engkau melihat delapan sayap-sayap kecil menempel kepada sayap-sayapnya, ini adalah artinya:
  14. Delapan raja akan muncul di dalamnya, yang waktu-waktunya pendek dan tahun-tahun mereka berlalu cepat;
  15. dan dua dari mereka akan binasa ketika pertengahan waktunya mendekat; dan empat harus disimpan untuk waktu ketika akhirnya mendekat; tetapi dua harus disimpan sampai akhirnya.
  16. Adapun engkau melihat tiga kepala saat beristirahat, ini adalah artinya:
  17. Pada hari-hari terakhir Yang Mahatinggi akan membangkitkan tiga raja, dan mereka akan memperbaharui banyak hal di dalamnya, dan akan memerintah bumi
  18. dan penduduknya dengan penindasan yang lebih berat daripada semua yang ada sebelum mereka; karena itu mereka disebut kepala-kepala elang.
  19. Karena merekalah yang akan menggenapkan kejahatannya dan melaksanakan tindakan-tindakan terakhirnya.
  20. Adapun engkau melihat kepala besar menghilang, salah satu raja akan mati di tempat tidurnya, tapi di dalam penderitaan.
  21. Tapi untuk dua yang tersisa, pedang akan memakan mereka.
  22. Karena pedang dari yang satu akan memakan dia yang ada bersamanya; tapi dia juga akan jatuh oleh pedang pada hari-hari terakhir.
  23. Adapun engkau melihat dua sayap kecil melampaui kepala yang berada di sisi kanan,
  24. ini adalah artinya: Inilah mereka yang oleh Yang Mahatinggi telah disimpan bagi kesudahan elang; ini adalah pemerintahan yang singkat dan penuh pergolakan, seperti yang engkau lihat.
  25. “Dan adapun singa yang engkau lihat bangkit keluar dari hutan dan mengaum dan berbicara kepada elang dan mencela dia karena kefasikannya, dan karena semua kata-katanya yang telah engkau dengar,
  26. ini adalah Messias yang disimpan oleh Yang Mahatinggi sampai akhir zaman, yang akan bangkit dari keturunan Daud, dan akan datang dan berbicara kepada mereka; Dia akan mencela mereka karena kefasikan mereka dan karena kelaliman mereka, dan akan mencampakkan ke hadapan mereka perbuatan-perbuatan hina mereka.
  27. Karena pertama-tama Dia akan menempatkan mereka hidup-hidup di hadapan takhta pengadilan-Nya, dan ketika Dia telah mencela mereka, maka Dia akan menghancurkan mereka.
  28. Tetapi Dia akan membebaskan dalam belas kasihan sisa-sisa umat-Ku, mereka yang telah diselamatkan di seluruh perbatasan-perbatasan-Ku, dan Dia akan membuat mereka bergembira sampai akhir datang, hari penghakiman, yang tentangnya Aku berbicara kepadamu pada permulaannya.
  29. Ini adalah mimpi yang engkau lihat, dan ini adalah artinya.
  30. Dan hanya engkau sendiri yang layak untuk mempelajari rahasia dari Yang Mahatinggi ini.
  31. Karena itu tuliskan semua hal-hal yang telah engkau lihat di dalam sebuah kitab, dan letakkanlah di tempat yang tersembunyi;
  32. dan haruslah engkau mengajarkannya kepada orang-orang bijaksana di antara umatmu, yang hatinya engkau ketahui dapat memahami dan menjaga rahasia-rahasia ini.
  33. Tapi tunggulah di sini tujuh hari lagi, supaya engkau ditunjukkan apa pun yang dikehendaki Yang Mahatinggi untuk tunjukkan kepadamu.” Kemudian dia meninggalkan aku.

Umat Israel Datang Kepada Ezra

  1. Ketika seluruh umat mendengar bahwa tujuh hari telah berlalu dan aku belum kembali ke kota, mereka semua berkumpul bersama-sama, dari yang terkecil sampai yang terbesar, dan datang kepadaku dan berbicara kepadaku, mengatakan,
  2. “Bagaimana kami telah menyakiti engkau, dan kejahatan apa yang telah kami lakukan kepadamu, sehingga engkau telah meninggalkan kami dan duduk di tempat ini?
  3. Karena dari semua nabi, engkau sajalah yang tersisa bagi kami, seperti setandan buah anggur dari pohon anggur, dan seperti sebuah pelita di tempat gelap, dan seperti sebuah pelabuhan bagi kapal yang diselamatkan dari badai.
  4. Bukankah malapetaka-malapetaka yang telah menimpa kami sudah cukup?
  5. Karena itu jika engkau meninggalkan kami, betapa jauh lebih baik bagi kami jika kami juga terbakar di dalam pembakaran Zion!
  6. Karena kami tidak lebih baik daripada mereka yang mati di sana.” Dan mereka menangis dengan suara nyaring. Lalu aku menjawab mereka dan berkata,
  7. “Teguhkanlah hati, hai Israel; dan jangan berdukacita, hai keluarga Yakub;
  8. karena Yang Mahatinggi memiliki kamu di dalam ingatan, dan Yang Mahaperkasa tidak melupakan kamu dalam perjuanganmu.
  9. Sedangkan aku, aku tidak meninggalkan kamu atau undur dari padamu; tapi aku datang ke tempat ini untuk berdoa karena kehancuran Zion, dan untuk mendapatkan belas kasihan karena penghinaan tempat kudus kita.
  10. Sekarang pergilah, setiap orang dari padamu ke rumahnya, dan sesudah hari-hari ini aku akan datang kepadamu.”
  11. Maka orang-orang pergi ke kota, seperti yang aku katakan kepada mereka untuk dilakukan.
  12. Tapi aku duduk di padang tujuh hari, seperti yang diperintahkan malaikat kepadaku; dan aku hanya makan bunga-bunga di padang, dan makananku adalah tumbuh-tumbuhan selama hari-hari itu.

Pasal 13

Manusia yang Bangkit dari Lautan

  1. Sesudah tujuh hari aku memimpikan sebuah mimpi di malam hari;
  2. dan lihatlah, angin muncul dari lautan dan mengguncangkan seluruh gelombang-gelombangnya.
  3. Dan aku memandang, dan lihatlah, angin membentuk sesuatu seperti sosok seorang Manusia bangkit keluar dari jantung lautan. Dan aku memandang, dan lihatlah, Manusia itu terbang dengan awan-awan surga; dan ke mana pun Dia memalingkan wajah-Nya untuk memandang, segala sesuatu di bawah tatapan-Nya gemetar,
  4. dan setiap kali suara-Nya keluar dari mulut-Nya, semua yang mendengar suara-Nya meleleh seperti lilin meleleh ketika terkena api.
  5. Sesudah ini aku memandang, dan lihatlah, sejumlah besar manusia yang tak terhitung banyaknya berkumpul bersama-sama dari keempat angin surga untuk melakukan peperangan melawan Manusia yang bangkit keluar dari lautan.
  6. Dan aku memandang, dan lihatlah, Dia memahat bagi diri-Nya sendiri sebuah gunung besar, dan terbang naik ke atasnya.
  7. Dan aku mencoba untuk melihat daerah atau tempat dari mana gunung itu dipahat, tapi aku tidak bisa.
  8. Sesudah ini aku memandang, dan lihatlah, semua yang telah berkumpul bersama-sama melawan Dia, untuk berperang melawan Dia, sangat ketakutan, namun berani melawan.
  9. Dan lihatlah, ketika Dia melihat deru laju dari orang-orang banyak yang mendekat, Dia tidak mengangkat tangan-Nya atau memegang tombak atau senjata perang apa pun;
  10. tapi aku hanya melihat bagaimana Dia mengeluarkan dari mulut-Nya seperti aliran api, dan dari bibir-Nya nafas yang menyala-nyala, dan dari lidah-Nya Dia menembakkan badai bunga-bunga api.
  11. Semuanya ini bercampur bersama-sama, aliran api dan nafas menyala-nyala dan badai besar, dan jatuh menimpa orang-orang banyak yang bergerak maju yang bersiap untuk berperang, dan membakar habis mereka semuanya, sehingga dengan tiba-tiba tidak ada yang terlihat dari orang-orang banyak yang tak terhitung jumlahnya, tetapi hanya debu abu dan bau asap. Ketika aku melihatnya, aku sangat takjub.
  12. Sesudah ini aku melihat Manusia yang sama turun dari gunung dan memanggil kepada-Nya sejumlah besar orang-orang lain yang pendamai.
  13. Kemudian banyak orang datang kepada-Nya, sebagian di antaranya bersukacita dan sebagian berdukacita; sebagian dari mereka diikat, dan sebagian membawa yang lain-lainnya sebagai persembahan. Kemudian dalam ketakutan yang besar aku terbangun; dan aku memohon kepada Yang Mahatinggi, dan berkata,

Arti Penglihatan

  1. “Sejak permulaan Engkau telah menunjukkan kepada hamba-Mu keajaiban-keajaiban ini, dan telah menganggap aku layak sehingga doaku didengar oleh-Mu;
  2. sekarang tunjukkanlah kepadaku juga arti dari mimpi ini.
  3. Karena sementara aku mempertimbangkannya dalam pikiranku, celakalah bagi mereka yang akan ditinggalkan pada hari-hari itu! Dan lebih lagi, celakalah bagi mereka yang tidak ditinggalkan!
  4. Karena bagi mereka yang tidak ditinggalkan akan sedih,
  5. karena mereka memahami apa yang dipersiapkan untuk hari-hari terakhir, tapi tidak dapat memperolehnya.
  6. Tetapi celaka juga bagi mereka yang ditinggalkan, dan karena alasan itu! Karena mereka akan melihat bahaya-bahaya besar dan banyak kesusahan, seperti yang ditunjukkan mimpi-mimpi ini.
  7. Namun lebih baik untuk datang ke dalam hal-hal ini, meskipun mendatangkan marabahaya, daripada berlalu dari dunia seperti awan, dan tidak melihat apa yang akan terjadi pada hari-hari terakhir.” Dia menjawab aku dan berkata,
  8. “Aku akan memberitahu engkau arti dari penglihatan, dan Aku juga akan menjelaskan kepadamu hal-hal yang telah engkau sebutkan.
  9. Adapun yang engkau katakan tentang mereka yang ditinggalkan, ini adalah artinya:
  10. Dia yang mendatangkan marabahaya pada waktu itu, Dia sendiri akan melindungi mereka yang jatuh ke dalam marabahaya, yang memiliki perbuatan-perbuatan dan memiliki iman di dalam Yang Mahakuasa.
  11. Karena itu pahamilah bahwa mereka yang ditinggalkan adalah lebih diberkati daripada mereka yang telah mati.
  12. Ini adalah arti penglihatan itu: Adapun engkau melihat seorang Manusia bangkit keluar dari jantung lautan,
  13. inilah Dia yang oleh Yang Mahatinggi telah disimpan selama berabad-abad, yang diri-Nya sendiri akan membebaskan ciptaan-Nya; dan Dia akan membimbing mereka yang ditinggalkan.
  14. Dan adapun engkau melihat angin dan api dan badai yang keluar dari mulut-Nya,
  15. dan adapun Dia tidak memegang tombak atau senjata perang, tetapi menghancurkan orang-orang banyak yang bergerak maju yang datang untuk menaklukkan Dia, ini adalah artinya:
  16. Lihatlah, hari-harinya akan datang ketika Yang Mahatinggi akan membebaskan mereka yang ada di bumi.
  17. Dan kebingungan pikiran akan datang ke atas mereka yang diam di bumi.
  18. Dan mereka akan berencana untuk berperang melawan satu sama lain, kota melawan kota, tempat melawan tempat, bangsa melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan.
  19. Dan ketika hal-hal ini terjadi dan tanda-tanda terjadi yang Aku tunjukkan kepadamu sebelumnya, maka Putera-Ku akan dinyatakan, yang engkau lihat sebagai seorang Manusia yang keluar dari lautan.
  20. Dan ketika semua bangsa-bangsa mendengar suara-Nya, setiap orang akan meninggalkan negerinya sendiri dan peperangan yang mereka lakukan melawan satu sama lain;
  21. dan sejumlah besar orang-orang yang tak terhitung banyaknya akan berkumpul bersama-sama, seperti yang engkau lihat, hendak datang dan menaklukkan Dia.
  22. Tetapi Dia akan berdiri di puncak Gunung Zion.
  23. Dan Zion akan datang dan dinyatakan kepada semua bangsa, bersiap dan terbangun, seperti yang engkau lihat pegunungan dipahat tanpa perbuatan tangan.
  24. Dan Dia, Putera-Ku, akan mencela bangsa-bangsa yang berkumpul karena kefasikan mereka (ini dilambangkan dengan badai),
  25. dan akan mencela mereka di wajah mereka dengan pikiran-pikiran jahat mereka dan siksaan-siksaan yang dengannya mereka disiksa (yang dilambangkan dengan nyala api), dan akan menghancurkan mereka tanpa usaha oleh hukum (yang dilambangkan dengan api) .
  26. Dan adapun engkau melihat Dia mengumpulkan kepada diri-Nya sendiri sejumlah besar orang-orang lain yang pendamai,
  27. ini adalah sepuluh suku yang dibawa menjauh dari negeri mereka sendiri ke dalam pembuangan pada zaman Raja Hoshea, yang oleh Shalmaneser raja Ashur dibawa ke pembuangan; ia membawa mereka menyeberangi sungai, dan mereka dibawa ke negeri lain.
  28. Tapi mereka merancang rencana ini bagi diri mereka sendiri, bahwa mereka akan meninggalkan sejumlah besar bangsa-bangsa dan pergi ke daerah yang lebih jauh, di mana umat manusia tidak pernah hidup,
  29. supaya di sana setidaknya mereka dapat memelihara ketetapan-ketetapan mereka yang tidak mereka pelihara di negeri mereka sendiri.
  30. Dan mereka pergi di dekat perlintasan-perlintasan sempit sungai Efrat.
  31. Karena pada waktu itu Yang Mahatinggi melakukan tanda-tanda bagi mereka, dan menghentikan aliran-aliran sungai sampai mereka selesai menyeberang.
  32. Melalui wilayah itu ada jalan panjang untuk dijalani, perjalanan satu setengah tahun; dan negeri itu disebut Arzareth.
  33. “Kemudian mereka tinggal di sana sampai waktu-waktu terakhir; dan sekarang, ketika mereka akan datang lagi,
  34. Yang Mahatinggi akan menghentikan aliran-aliran sungai lagi, supaya mereka dapat melintasi. Karena itu engkau melihat orang-orang banyak berkumpul bersama-sama dalam damai.
  35. Tetapi mereka yang tertinggal dari umatmu, yang didapati dalam perbatasan-perbatasan-Ku yang kudus, akan diselamatkan.
  36. Karena itu ketika Dia menghancurkan banyak bangsa-bangsa yang berkumpul bersama-sama, Dia akan melindungi umat yang tersisa.
  37. Dan kemudian Dia akan menunjukkan kepada mereka sangat banyak keajaiban-keajaiban.”
  38. Aku berkata, “Ya YAHWEH Yang Berkuasa, jelaskan hal ini kepadaku: Mengapa aku melihat Manusia bangkit keluar dari jantung lautan?”
  39. Dia berkata kepadaku, “Sama seperti tidak ada seorang pun yang bisa menjelajahi atau mengetahui apa yang ada di kedalaman-kedalaman lautan, demikian juga tidak ada seorang pun di dunia dapat melihat Putera-Ku atau mereka yang ada bersama-Nya, kecuali pada waktu hari-Nya.
  40. Inilah arti mimpi yang engkau lihat. Dan hanya engkau sendiri saja yang telah diterangi tentang hal ini,
  41. karena engkau telah meninggalkan jalan-jalanmu sendiri dan telah mengenakan kepada dirimu jalan-jalan-Ku, dan telah menyelidiki hukum-Ku;
  42. karena engkau telah mengabdikan hidupmu kepada hikmat, dan menyebut pengertian ibumu.
  43. Karena itu Aku telah menunjukkan engkau hal ini, karena ada upah tersimpan bersama Yang Mahatinggi. Dan sesudah tiga hari lagi Aku akan memberitahu engkau hal-hal lain, dan menjelaskan hal-hal berat dan menakjubkan bagimu.”
  44. Lalu aku bangkit dan berjalan di padang, memberikan kemuliaan besar dan memuji Yang Mahatinggi karena keajaiban-keajaiban-Nya, yang Dia lakukan dari waktu ke waktu,
  45. dan karena Dia mengatur waktu-waktu dan hal-hal apa saja terjadi pada musim-musim mereka. Dan aku tinggal di sana tiga hari.

Pasal 14

Perintah YAHWEH Kepada Ezra

  1. Pada hari ketiga, ketika aku sedang duduk di bawah pohon ek, lihatlah, suara keluar dari semak belukar di seberangku dan berkata, “Ezra, Ezra.”
  2. Dan aku berkata, “Inilah aku, YAHWEH,” dan aku bangkit berdiri.
  3. Kemudian Dia berkata kepadaku, “Aku menyatakan diri-Ku di semak belukar dan berbicara kepada Musa, ketika umat-Ku ada dalam perbudakan di Mesir;
  4. dan Aku mengutus dia dan memimpin umat-Ku keluar dari Mesir; dan Aku memimpin dia ke atas Gunung Sinai, di mana Aku menahan dia bersama-Ku berhari-hari;
  5. dan Aku mengatakan kepadanya banyak hal-hal menakjubkan, dan menunjukkan kepadanya rahasia-rahasia waktu-waktu dan menyatakan kepadanya akhir zaman. Kemudian Aku memerintahkan dia, mengatakan,
  6. `Kata-kata ini harus engkau umumkan secara terbuka, dan yang ini harus engkau simpan rahasia.”
  7. Dan sekarang Aku berkata kepadamu;
  8. Simpanlah dalam hatimu tanda-tanda yang telah Aku tunjukkan kepadamu, mimpi-mimpi yang telah engkau lihat, dan arti-arti yang telah engkau dengar;
  9. karena engkau akan diangkat dari antara manusia, dan selanjutnya engkau akan hidup bersama Putera-Ku dan bersama mereka yang seperti engkau, sampai waktu-waktu berakhir.
  10. Karena zaman telah kehilangan masa mudanya, dan waktu-waktu mulai bertambah tua.
  11. Karena zaman dibagi menjadi dua belas bagian, dan sembilan dari bagian-bagiannya telah berlalu,
  12. demikian juga separuh dari bagian kesepuluh; jadi dua dari bagian-bagiannya tersisa, selain separuh dari bagian kesepuluh.
  13. Karena itu sekarang, aturlah rumahmu, dan tegurlah umatmu; hiburkanlah yang lemah di antara mereka, dan ajarlah mereka yang bijaksana. Dan sekarang tinggalkanlah kehidupan yang fana,
  14. dan singkirkanlah dari padamu pikiran-pikiran fana; campakkanlah dari padamu beban-beban manusia, dan bebaskanlah dirimu sekarang dari sifat lahiriahmu yang lemah,
  15. dan letakkan ke satu sisi pikiran-pikiran yang paling mendukakan bagimu, dan bersegeralah melepaskan diri dari waktu-waktu ini.
  16. Karena kejahatan-kejahatan yang lebih buruk daripada yang sekarang telah engkau lihat terjadi akan diperbuat sesudah ini.
  17. Karena semakin dunia menjadi lemah karena usia tua, semakin kejahatan-kejahatan berlipat kali ganda di antara penduduknya.
  18. Karena kebenaran akan pergi menjauh, dan kepalsuan akan datang mendekat. Karena elang yang engkau lihat dalam penglihatan itu sudah bersegera untuk datang.”

Usaha Ezra Memulihkan Kitab Suci

  1. Lalu aku menjawab dan berkata, “Biarlah aku berbicara di hadapan-Mu, YAHWEH.
  2. Karena lihatlah, aku akan pergi, seperti yang Engkau perintahkan kepadaku, dan aku akan menegur umat yang sekarang ini hidup; tapi siapa yang akan memperingatkan mereka yang akan lahir sesudah ini? Karena dunia ada dalam kegelapan, dan penduduknya tidak memiliki terang.
  3. Karena hukum-Mu telah dibakar, dan sehingga tidak seorang pun tahu hal-hal yang telah terjadi atau akan diperbuat oleh-Mu.
  4. Maka jika aku mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, kirimkanlah Roh Kudus ke dalam diriku, dan aku akan menuliskan segala sesuatu yang telah terjadi di dunia sejak permulaan, hal-hal yang tertulis dalam hukum-Mu, supaya manusia dapat menemukan jalan, dan mereka yang ingin hidup dalam hari-hari terakhir dapat hidup.”
  5. Dia menjawab aku dan berkata, “Pergilah dan kumpulkan umat, dan beritahu mereka supaya tidak mencari engkau selama empat puluh hari.
  6. Tapi persiapkan bagi dirimu banyak loh-loh tulisan, dan bawalah bersamamu Sarea, Dabria, Selemia, Ethanus, dan Asiel – lima orang ini, karena mereka terlatih untuk menulis cepat;
  7. dan engkau harus datang ke sini, dan Aku akan menyalakan di dalam hatimu pelita pengertian, yang tidak akan dipadamkan sampai apa yang akan engkau tuliskan selesai.
  8. Dan ketika engkau selesai, beberapa hal harus engkau wartakan, dan beberapa harus engkau berikan secara rahasia kepada mereka yang bijak; besok pada jam ini engkau harus mulai menulis.”

Kata-kata Ezra Kepada Umat Israel

  1. Kemudian aku pergi seperti yang Dia perintahkan kepadaku, dan aku mengumpulkan seluruh umat bersama-sama, dan berkata,
  2. “Dengarkanlah kata-kata ini, hai Israel
  3. Pada mulanya bapa leluhur kita berdiam sebagai orang asing di Mesir, dan mereka dibebaskan dari sana,
  4. dan menerima hukum kehidupan, yang tidak mereka pelihara, yang kamu juga telah melanggarnya.
  5. Kemudian negeri diberikan kepadamu sebagai warisan di tanah Zion; tetapi engkau dan bapa leluhurmu melakukan kefasikan dan tidak memelihara jalan-jalan yang diperintahkan Yang Mahatinggi kepadamu.
  6. Dan karena Dia adalah hakim yang adil, pada waktunya Dia mengambil dari padamu apa yang telah diberikan.
  7. Dan sekarang engkau ada di sini, dan saudara-saudaramu ada lebih jauh di pedalaman.
  8. Maka jika engkau berkuasa atas pikiran-pikiranmu dan mendisiplinkan hatimu, engkau akan tetap hidup, dan sesudah mati engkau akan memperoleh belas kasihan.
  9. Karena sesudah kematian penghakiman akan datang, ketika kita akan hidup kembali; dan kemudian nama-nama orang benar akan dinyatakan, dan perbuatan-perbuatan orang fasik akan diungkapkan.
  10. Tapi janganlah ada seorang pun datang kepadaku sekarang, dan janganlah ada seorang pun mencari aku selama empat puluh hari.”

Restorasi Kitab Suci

  1. Maka aku membawa lima orang, seperti yang Dia perintahkan kepadaku, dan kami melanjutkan ke padang, dan tinggal di sana.
  2. Dan pada hari berikutnya, lihatlah, suatu suara memanggil aku, mengatakan, “Ezra, bukalah mulutmu dan minumlah apa yang Aku berikan kepadamu untuk diminum.”
  3. Kemudian aku membuka mulutku, dan lihatlah, sebuah cawan diberikan kepadaku; itu penuh sesuatu seperti air, tetapi warnanya seperti api.
  4. Dan aku mengambilnya dan minum; dan ketika aku telah meminumnya, hatiku meluapkan pengertian, dan hikmat bertambah-tambah dalam dadaku, karena rohku menyimpan ingatannya;
  5. dan mulutku terbuka, dan tidak lagi tertutup.
  6. Dan Yang Mahatinggi memberikan pengertian kepada lima orang, dan secara bergantian mereka menuliskan apa yang didiktekan, dalam huruf-huruf yang mereka tidak tahu. Mereka duduk empat puluh hari, dan menulis pada siang hari, dan makan roti mereka pada malam hari.
  7. Sementara aku, aku berbicara pada siang hari dan tidak diam pada malam hari.
  8. Jadi selama empat puluh hari, sembilan puluh empat kitab dituliskan.
  9. Dan ketika empat puluh hari telah berakhir, Yang Mahatinggi berbicara kepadaku, mengatakan, “Wartakan dua puluh empat kitab yang engkau tulis pertama dan biarlah yang layak dan tidak layak membacanya;
  10. tapi simpanlah tujuh puluh yang dituliskan terakhir, dengan maksud untuk memberikan itu kepada mereka yang bijak di antara umatmu.
  11. Karena di dalamnya ada mata air pengertian, sumber hikmat, dan sungai pengetahuan.”
  12. Dan aku melakukannya.

Pasal 15

Pembalasan Kepada Orang Fasik

  1. YAHWEH berfirman, “Lihatlah, berbicaralah di telinga umat-Ku kata-kata nubuat yang akan Aku letakkan ke dalam mulutmu,
  2. dan buatlah itu dituliskan pada kertas; karena itu dapat dipercayai dan benar.
  3. Jangan takuti rencana-rencana melawan engkau, dan jangan gelisah oleh ketidakpercayaan mereka yang menentang engkau.
  4. Karena setiap orang yang tidak percaya akan mati dalam ketidakpercayaannya.”
  5. “Lihatlah,” firman YAHWEH, “Aku mendatangkan malapetaka-malapetaka ke atas dunia, pedang dan kelaparan dan kematian dan kehancuran.
  6. Karena kefasikan telah menyebar ke setiap negeri, dan perbuatan-perbuatan kejahatan mereka telah mencapai batas mereka.
  7. Karena itu,” firman YAHWEH,
  8. “Aku tidak akan berdiam lagi berkenaan dengan perbuatan-perbuatan kejahatan mereka yang mereka lakukan dalam kefasikan, tidak juga Aku akan memaklumi kebiasaan-kebiasaan fasik mereka. Lihatlah, darah orang tak bersalah dan orang benar berteriak kepada-Ku, dan jiwa-jiwa orang benar berteriak terus-menerus.
  9. Aku pasti akan membalas mereka,” firman YAHWEH, “dan akan menerima bagi diri-Ku sendiri semua darah orang tak bersalah dari antara mereka.
  10. Lihatlah, umat-Ku dibawa seperti kawanan kepada pembantaian; Aku tidak akan membiarkan  mereka hidup lebih lama lagi di tanah Mesir,
  11. tapi Aku akan membawa mereka keluar dengan tangan yang perkasa dan dengan lengan terangkat, dan akan memukul Mesir dengan tulah-tulah, seperti sebelumnya, dan akan menghancurkan seluruh negerinya.”
  12. Biarlah Mesir berkabung, dan fondasi-fondasinya, karena tulah-tulah hajaran dan hukuman yang YAHWEH akan datangkan ke atasnya.
  13. Biarlah petani yang menggarap tanah berkabung, karena benih mereka akan gagal dan pohon-pohon mereka akan hancur oleh penyakit dan hujan batu dan oleh angin badai yang mengerikan.
  14. Celaka bagi dunia dan bagi mereka yang tinggal di dalamnya!
  15. Karena pedang dan kesengsaraan mendekat kepada mereka, dan bangsa akan bangkit melawan bangsa, dengan pedang-pedang di tangan mereka.
  16. Karena akan ada kerusuhan di antara manusia; bertambah kuat melawan satu sama lain, mereka dalam kekuatan mereka tidak akan menghormati raja mereka atau kepala dari pemimpin-pemimpin mereka.
  17. Karena seorang manusia akan ingin pergi ke sebuah kota, tetapi tidak akan dapat.
  18. Sebab karena keangkuhan mereka kota-kota akan ada dalam kekacauan, rumah-rumah akan dihancurkan, dan orang-orang akan ketakutan.
  19. Manusia tidak akan memiliki belas kasihan kepada tetangganya, tapi akan menyerang rumah-rumah mereka dengan pedang, dan menjarah barang-barang mereka, karena kelaparan akan roti dan karena kesusahan besar.
  20. “Lihatlah,” firman Elohim, “Aku memanggil bersama-sama semua raja-raja di bumi supaya takut kepada-Ku, dari terbitnya matahari dan dari selatan, dari timur dan dari Libanon; untuk berpaling dan membalaskan apa yang telah mereka berikan kepada mereka.
  21. Sama seperti yang telah mereka lakukan kepada orang-orang pilihan-Ku sampai hari ini, demikianlah akan Aku lakukan, dan akan membalaskan ke dada mereka.” Beginilah firman YAHWEH Elohim:
  22. “Tangan kanan-Ku tidak akan mengampuni orang-orang berdosa, dan pedang-Ku tidak akan berhenti dari mereka yang menumpahkan darah orang tak bersalah di bumi.”
  23. Dan api akan keluar dari murka-Nya, dan akan memakan fondasi-fondasi bumi, dan orang-orang berdosa, seperti jerami yang menyala.
  24. “Celakalah mereka yang berbuat dosa dan tidak menjalankan perintah-perintah-Ku,” firman YAHWEH;
  25. “Aku tidak akan mengampuni mereka. Enyahlah, engkau anak-anak tak beriman! Jangan mencemarkan tempat kudus-Ku.”
  26. Karena YAHWEH mengetahui semua orang yang melanggar melawan diri-Nya; karena itu Dia akan menyerahkan mereka kepada kematian dan pembantaian.
  27. Karena sekarang malapetaka-malapetaka telah datang menimpa seluruh bumi, dan engkau akan tetap di dalamnya; karena Elohim tidak akan membebaskan engkau, karena engkau telah berdosa terhadap-Nya.

Penglihatan Tentang Peperangan Mengerikan

  1. Lihatlah, pemandangan yang mengerikan, muncul dari timur!
  2. Bangsa-bangsa naga dari Arabia akan keluar dengan banyak kereta, dan sejak hari mereka berangkat, desis mereka akan tersebar ke seluruh bumi, sehingga semua yang mendengar mereka ketakutan dan gemetar.
  3. Juga Carmonian, mengamuk dalam murka, akan keluar seperti babi hutan dari hutan, dan dengan kekuatan besar mereka akan datang, dan menyerang mereka dalam pertempuran, dan akan menghancurkan sebagian dari tanah Ashur dengan gigi-gigi mereka.
  4. Dan kemudian naga-naga, mengingat asal-usul mereka, akan menjadi semakin kuat; dan jika mereka bergabung dalam kekuatan besar dan berbalik mengejar mereka,
  5. maka ini akan tercerai-berai dan dibungkam oleh kekuatan mereka, dan akan berbalik dan melarikan diri.
  6. Dan dari tanah Ashur musuh dalam penyergapan akan menyerang mereka dan menghancurkan salah satu dari mereka, dan ketakutan dan kegentaran akan menimpa tentara mereka, dan keragu-raguan atas raja-raja mereka.

Penghakiman Babel

  1. Lihatlah, awan dari timur, dan dari utara sampai ke selatan; dan penampakan mereka sangat mengancam, penuh murka dan badai.
  2. Mereka akan menghantam terhadap satu sama lain dan akan mencurahkan angin badai dahsyat ke atas bumi, dan angin badai mereka sendiri; dan akan ada darah dari pedang setinggi perut kuda
  3. dan paha manusia dan kaki unta.
  4. Dan akan ada ketakutan dan kegentaran besar di atas bumi; dan mereka yang melihat murka  itu akan dilumpuhkan kengerian, dan mereka akan dicekam dengan gemetaran.
  5. Dan, sesudah itu, awan badai dahsyat akan timbul dari selatan, dan dari utara, dan sebagian lain dari barat.
  6. Dan angin dari timur akan menang atas awan yang dibangkitkan dalam murka, dan akan menghalaunya; dan angin badai yang menyebabkan kerusakan oleh angin timur akan didorong keras ke arah selatan dan barat.
  7. Dan awan yang besar dan kuat, penuh murka dan angin badai, akan bangkit, untuk menghancurkan seluruh bumi dan penduduknya, dan akan mencurahkan ke atas setiap tempat yang tinggi dan megah angin badai yang mengerikan,
  8. api dan hujan batu dan pedang-pedang beterbangan dan air banjir, sehingga semua ladang-ladang dan semua sungai-sungai akan terisi dengan berlimpah-limpahnya air itu.
  9. Dan itu akan menghancurkan kota-kota dan tembok-tembok, pegunungan-pegunungan dan bukit-bukit, pepohonan di hutan-hutan, dan rumput di padang-padang rumput, dan biji-bijian mereka.
  10. Dan mereka akan pergi terus ke Babel, dan akan menghancurkannya.
  11. Mereka akan datang kepadanya dan mengepungnya; mereka akan mencurahkan angin badai dan segala murkanya ke atasnya; maka debu dan asap akan naik ke surga, dan semua yang di sekelilingnya akan meratapinya.
  12. Dan mereka yang selamat akan melayani mereka yang telah menghancurkannya.

Penghakiman Asia

  1. Dan engkau, Asia, yang berbagi dalam kemewahan Babel dan kemuliaan orangnya –
  2. celakalah kamu, sengsara celaka! Karena engkau telah membuat dirimu seperti dia; engkau telah mendandani anak-anak perempuanmu dalam pelacuran untuk menyenangkan dan bersemarak dengan kekasih-kekasihmu, yang selalu birahi terhadap engkau.
  3. Engkau telah meniru pelacur yang dibenci itu dalam segala perbuatan-perubatan dan muslihat-muslihatnya; karena itu Elohim berfirman,
  4. “Aku akan mengirimkan malapetaka-malapetaka ke atasmu, kejandaan, kemelaratan, kelaparan, pedang, dan sampar, untuk menghancurkan rumah-rumahmu dan membawa engkau kepada kehancuran dan kematian.
  5. Dan kemuliaan kekuatanmu akan layu seperti bunga, ketika panas terik yang dikirimkan ke atasmu bangkit.
  6. Engkau akan melemah seperti wanita celaka yang dipukuli dan terluka, sehingga engkau tidak dapat menerima kekasih-kekasih perkasamu.
  7. Akankah Aku memperlakukan engkau begitu kejam,” firman YAHWEH,
  8. “Jika engkau tidak selalu membunuh orang-orang pilihan-Ku, bersukaria dan bertepuk tangan dan membicarakan tentang kematian mereka ketika engkau mabuk?
  9. Keluarkanlah muslihat kecantikan dari wajahmu!
  10. Upah seorang pelacur ada di dalam dadamu, karena itu engkau akan menerima pembalasanmu.
  11. Seperti yang akan engkau lakukan kepada orang-orang pilihan-Ku,” firman YAHWEH, “demikianlah Elohim akan lakukan kepadamu, dan akan menyerahkan engkau kepada kesengsaraan.
  12. Anak-anakmu akan mati kelaparan, dan engkau akan tewas oleh pedang, dan kota-kotamu akan dimusnahkan, dan semua orang-orangmu yang ada di padang terbuka akan tewas oleh pedang.
  13. Dan mereka yang ada di gunung-gunung dan dataran-dataran tinggi akan binasa kelaparan, dan mereka akan memakan dagingnya sendiri dalam kelaparan akan roti dan minum darah mereka sendiri dalam kehausan akan air.
  14. Tidak bahagia di atas segala yang lain, engkau akan datang dan menderita penderitaan baru.
  15. Dan sementara mereka berlalu, mereka akan menghancurkan kota yang dibenci itu, dan akan menghancurkan sebagian negerimu dan melenyapkan sebagian kemuliaanmu, saat mereka kembali dari Babel yang hancur.
  16. Dan engkau akan dihancurkan oleh mereka seperti jerami, dan mereka akan menjadi seperti api bagimu.
  17. Dan mereka akan memakan engkau dan kota-kotamu, negerimu dan gunung-gunungmu; mereka akan membakar dengan api semua hutan-hutanmu dan pohon-pohonanmu yang berbuah.
  18. Mereka akan membawa anak-anakmu pergi tertawan, dan akan menjarah kekayaanmu, dan melenyapkan kemuliaan wajahmu.”

Pasal 16

Penghakiman

  1. Celakalah kamu, Babel dan Asia! Celakalah kamu, Mesir dan Syria!
  2. Ikatlah dirimu dengan kain karung dan kain kabung, dan meraunglah bagi anak-anakmu, dan ratapilah mereka; karena kehancuranmu sudah dekat.
  3. Pedang telah dikirimkan kepadamu, dan siapakah yang ada di sana dapat membalikkannya?
  4. Api telah dikirimkan kepadamu, dan siapakah yang ada di sana dapat memadamkannya?
  5. Malapetaka-malapetaka telah dikirimkan kepadamu, dan siapakah yang ada di sana dapat menghalaunya?
  6. Dapatkah seseorang mengusir singa lapar di hutan, atau memadamkan api di jerami, satu kali itu mulai terbakar?
  7. Dapatkah seseorang membalikkan anak panah yang ditembakkan seorang pemanah yang kuat?
  8. YAHWEH Elohim mengirim malapetaka-malapetaka, dan siapakah yang akan menghalaunya?
  9. Api akan keluar dari murka-Nya, dan siapakah yang ada di sana dapat memadamkannya?
  10. Dia akan memancarkan halilintar, dan siapakah yang tidak akan takut? Dia akan mengguntur, dan siapakah yang tidak akan ketakutan?
  11. YAHWEH akan mengancam, dan siapakah yang tidak akan hancur berkeping-keping di hadapan-Nya?
  12. Bumi dan fondasi-fondasinya berguncang, lautan bergejolak dari kedalaman-kedalaman, dan gelombang-gelombangnya dan ikan-ikan juga akan kesusahan di hadapan YAHWEH dan di hadapan kemuliaan kekuasaan-Nya.
  13. Karena tangan kanan-Nya yang membengkokkan busur itu kuat, dan anak-anak panah yang Dia tembakkan itu tajam dan tidak akan meleset ketika mereka mulai ditembakkan ke ujung-ujung dunia.
  14. Lihatlah, malapetaka-malapetaka dikirim keluar dan tidak akan kembali sampai mereka datang ke atas bumi.
  15. Api telah dinyalakan, dan tidak akan dipadamkan sampai memakan fondasi-fondasi bumi.
  16. Sama seperti anak panah ditembakkan oleh seorang pemanah perkasa tidak akan kembali, demikianlah malapetaka-malapetaka yang dikirimkan ke atas bumi tidak akan kembali.
  17. Celaka bagiku! Celaka bagiku! Siapakah yang akan membebaskan aku pada hari-hari itu?

Kengerian Akhir Zaman

  1. Permulaan penderitaan, ketika akan ada banyak ratapan; permulaan kelaparan, ketika banyak yang akan binasa; permulaan peperangan, ketika kuasa-kuasa akan ketakutan; permulaan malapetaka-malapetaka, ketika semuanya akan gemetar. Apa yang akan mereka perbuat dalam keadaan ini, ketika malapetaka-malapetaka datang?
  2. Lihatlah, kelaparan dan wabah penyakit, kesusahan dan penderitaan dikirimkan sebagai hajaran-hajaran untuk memperbaiki manusia.
  3. Namun untuk semua ini mereka tidak akan berbalik dari kejahatan-kejahatan mereka, tidak juga sadar akan hajaran-hajaran.
  4. Lihatlah, perbekalan akan begitu murah di bumi sehingga manusia akan membayangkan bahwa perdamaian terjamin bagi mereka, dan kemudian malapetaka-malapetaka akan muncul di bumi – pedang, kelaparan, dan kekacauan besar.
  5. Karena banyak dari mereka yang tinggal di bumi akan binasa oleh kelaparan; dan mereka yang bertahan hidup dari kelaparan akan mati oleh pedang.
  6. Dan orang-orang mati akan dicampakkan keluar seperti kotoran, dan tidak akan ada orang yang menghibur mereka; karena bumi akan dibiarkan hancur, dan kota-kotanya akan diruntuhkan.
  7. Tidak ada seorang pun yang akan tersisa untuk mengusahakan bumi atau untuk menaburinya.
  8. Pohon-pohon akan menghasilkan buah, dan siapakah yang akan mengumpulkannya?
  9. Buah-buah anggur akan masak, dan siapakah yang akan menginjak-injaknya? Karena di segala tempat akan ada kesunyian besar;
  10. seorang manusia akan rindu melihat yang lainnya, atau bahkan untuk mendengar suaranya.
  11. Karena dari suatu kota, sepuluh yang ditinggalkan; dan dari suatu padang, dua orang yang telah menyembunyikan diri mereka di belukar lebat dan celah-celah bebatuan.
  12. Sementara dalam kebun zaitun, tiga atau empat buah zaitun masih ditinggalkan pada setiap pohon,
  13. atau seperti ketika kebun anggur dikumpulkan, beberapa tandan masih ditinggalkan oleh mereka yang mencari dengan teliti melewati kebun anggur,
  14. demikianlah pada hari-hari itu, tiga atau empat akan ditinggalkan oleh mereka yang menggeledah rumah-rumah mereka dengan pedang.
  15. Dan bumi akan dibiarkan hancur, dan ladang-ladangnya akan menjadi tempat puteri malu, dan jalan-jalannya dan semua jalur-jalurnya akan mengasilkan semak duri, karena tidak ada domba yang akan melintasinya.
  16. Perawan-perawan akan berkabung karena mereka tidak memiliki pengantin laki-laki; wanita-wanita akan berkabung karena mereka tidak memiliki suami; anak-anak perempuan mereka akan berkabung, karena mereka tidak memiliki pembantu.
  17. Pengantin laki-laki mereka akan terbunuh dalam perang, dan suami-suami mereka akan binasa karena kelaparan.

Umat Elohim Harus Bersiap Sampai Akhir

  1. Perhatikan sekarang kepada hal-hal ini, dan pahamilah mereka, ya hamba-hamba YAHWEH.
  2. Lihatlah firman YAHWEH, terimalah; jangan tidak percaya apa yang YAHWEH firmankan.
  3. Lihatlah, malapetaka-malapetaka datang mendekat, dan tidak ditunda.
  4. Sama seperti seorang wanita dengan anak, dalam bulan kesembilan, ketika waktu persalinannya semakin dekat, menderita rasa sakit yang hebat pada rahimnya selama dua atau tiga jam sebelumnya, dan ketika anak itu keluar dari rahim, tidak akan ada penundaan sesaat,
  5. demikianlah malapetaka-malapetaka tidak akan tertunda untuk datang ke atas bumi, dan dunia akan mengerang, dan kesakitan-kesakitan akan mencengkeramnya di setiap sisi.
  6. “Dengarkan kata-kata-Ku, hai umat-Ku; bersiaplah untuk pertempuran, dan di tengah-tengah malapetaka-malapetaka jadilah seperti orang-orang asing di bumi.
  7. Hendaklah dia yang menjual menjadi seperti orang yang akan melarikan diri; hendaklah dia yang membeli menjadi seperti orang yang akan kehilangan;
  8. hendaklah dia yang menjalankan usaha menjadi seperti orang yang tidak akan mendapat keuntungan; dan hendaklah dia yang membangun rumah menjadi seperti orang yang tidak akan tinggal di dalamnya;
  9. hendaklah dia yang menabur menjadi seperti orang yang tidak akan menuai; demikian juga dia yang memangkas pohon anggur, seperti orang yang tidak akan mengumpulkan buah anggur;
  10. mereka yang menikah, seperti mereka yang tidak akan memiliki anak-anak; dan mereka yang tidak menikah, seperti mereka yang janda.
  11. Karena mereka yang berjerih payah, berjerih payah dalam kesia-siaan;
  12. karena orang-orang asing akan mengumpulkan buah-buahan mereka, dan menjarah barang-barang mereka, dan merobohkan rumah-rumah mereka, dan menawan anak-anak mereka; karena di dalam penawanan dan kelaparan mereka akan melahirkan anak-anak mereka.
  13. Mereka yang menjalankan usaha, melakukan itu hanya untuk dijarah; semakin mereka menghiasi kota-kota mereka, rumah-rumah mereka dan harta benda mereka, dan orang-orang mereka,
  14. semakin marah Aku kepada mereka karena dosa-dosa mereka,” firman YAHWEH.
  15. Sama seperti seorang wanita terhormat dan berbudi luhur membenci pelacur,
  16. demikianlah kebenaran akan membenci kejahatan, ketika ia mendandani dirinya sendiri, dan akan mendakwa dia pada wajahnya, ketika dia datang yang akan membela Dia yang menggeledah setiap dosa di bumi.

Kuasa dan Hikmat Elohim

  1. Karena itu jangan menjadi seperti dirinya atau perbuatan-perbuatannya.
  2. Karena lihatlah, hanya sebentar lagi, dan kefasikan akan disingkirkan dari bumi, dan kebenaran akan memerintah atas kita.
  3. Janganlah orang berdosa berkata bahwa dia tidak berdosa; karena Elohim akan membakar bara api di atas kepala dia yang berkata, “Aku tidak berdosa di hadapan Elohim dan kemuliaan-Nya.”
  4. Lihatlah, YAHWEH mengetahui semua perbuatan-perbuatan manusia, imajinasi-imajinasi mereka dan pikiran-pikiran mereka dan hati mereka.
  5. Dia berfirman, “Hendaklah bumi dibuat,” dan itu jadi; “Hendaklah surga dibuat,” dan itu jadi.
  6. Oleh firman-Nya bintang-bintang dijadikan tetap, dan Dia mengetahui jumlah bintang-bintang.
  7. Dialah yang menyelidiki kedalaman dan harta karunnya, yang telah mengukur lautan dan isinya;
  8. yang telah membatasi laut di tengah-tengah air, dan oleh firman-Nya telah menggantungkan bumi di atas air;
  9. yang telah membentangkan langit seperti lengkungan, dan mendirikan itu di atas air;
  10. yang telah menempatkan sumber-sumber air di padang gurun, dan kolam-kolam di puncak-puncak pegunungan, untuk mengalirkan sungai-sungai dari ketinggian ke perairan bumi;
  11. yang membentuk manusia, dan menempatkan hati di tengah-tengah tubuhnya, dan memberinya nafas dan kehidupan dan pengertian
  12. dan roh Elohim Yang Maha Kuasa; yang membuat segala sesuatu dan menyelidiki hal-hal yang tersembunyi di tempat-tempat tersembunyi.
  13. Pastilah Dia mengetahui imajinasi-imajinasimu dan apa yang engkau pikirkan di dalam hatimu! Celakalah mereka yang berdosa dan ingin menyembunyikan dosa-dosa mereka!
  14. Karena YAHWEH akan memeriksa dengan seksama seluruh perbuatan-perbuatan mereka, dan akan menjadikan kalian semua tontonan umum.
  15. Dan ketika dosa-dosamu muncul di hadapan manusia, engkau akan dipermalukan; dan kejahatan-kejahatanmu sendiri akan berdiri sebagai para pendakwamu pada hari itu.
  16. Apa yang akan engkau lakukan? Atau bagaimanakah engkau akan menyembunyikan dosa-dosamu di hadapan Elohim dan malaikat-malaikat-Nya?
  17. Lihatlah, Elohim adalah hakim, takutlah akan Dia! Berhentilah dari dosa-dosamu, dan lupakan kejahatan-kejahatanmu, jangan pernah melakukannya lagi; maka Elohim akan memimpin engkau keluar dan membebaskan engkau dari segala kesengsaraan.

Penganiayaan Umat Elohim

  1. Karena lihatlah, api murka sejumlah besar bangsa telah dinyalakan atasmu, dan mereka akan menawan sebagian dari padamu dan akan memberi engkau makan dari apa yang dipersembahkan kepada berhala-berhala.
  2. Dan mereka yang bersedia makan akan dicemoohkan dan direndahkan, dan diinjak-injak dengan kaki.
  3. Karena di banyak tempat-tempat dan di kota-kota yang berdekatan akan ada kerusuhan besar terhadap mereka yang takut akan YAHWEH.
  4. Mereka akan seperti orang-orang gila, tidak mengasihani siapa pun, tapi menjarah dan menghancurkan mereka yang senantiasa takut akan YAHWEH.
  5. Karena mereka akan menghancurkan dan menjarah barang-barang mereka, dan mengusir mereka keluar dari rumah-rumah mereka.
  6. Maka kualitas pengujian orang-orang pilihan-Ku akan menjadi nyata, seperti emas yang diuji oleh api.

Janji Pembebasan Ilahi

  1. “Dengarlah, orang-orang pilihan-Ku,” firman YAHWEH. “Lihatlah, hari-hari kesengsaraan sudah dekat, dan Aku akan membebaskan engkau dari padanya.
  2. Jangan takut atau bimbang, karena Elohim adalah penuntunmu.
  3. Engkau yang memelihara perintah-perintah dan peraturan-peraturan-Ku,” firman YAHWEH Elohim, “jangan biarkan dosa-dosamu menarik engkau jatuh, atau kejahatan-kejahatanmu menang atasmu.”
  4. Celakalah mereka yang tercekik oleh dosa-dosa mereka dan dipenuhi oleh kejahatan-kejahatan mereka, sama seperti ladang tercekik dengan semak belukar dan jalan-jalannya dipenuhi dengan semak duri, sehingga tidak ada seorang pun yang bisa melewati!
  5. Itu diasingkan dan diserahkan untuk dimakan oleh api.

 

Download Kitab 2 Esdras – Terjemahan Indonesia.pdf

Iklan