Penting untuk dicatat bahwa keseluruhan Kitab Henokh – yang oleh para ahli Alkitab sering dianggap sebagai tulisan rekaan orang Yahudi – ditemukan dalam bentuk fragmen-fragmen atau potongan-potongan kecil dalam bahasa Aramaic, bersama-sama dengan gulungan-gulungan Kitab-kitab Suci Ibrani kuno terpenting lainnya, Tanakh, yang sangat akurat, di dalam Gua-gua Qumran di dalam Gulungan-gulungan Kitab Laut Mati pada tahun 1948. Gulungan-gulungan Kitab Laut Mati ini usianya sekitar 2300 tahun. Salinan Kitab Henokh yang utuh hanya ada dalam bahasa Ge’ez, Ethiopia, selebihnya tersisa dalam bentuk fragmen-fragmen berbahasa Aramaic, Yunani, dan Latin.

Jika memang benar Kitab Henokh itu hanyalah rekaan penulis Yahudi semata-mata, maka sangatlah mengherankan bahwa isi Kitab Henokh sama sekali tidak pernah berpusat atau bahkan tidak pernah menyebutkan nama-nama nabi Ibrani. Tidak satu kali pun disebutkan nama Abraham, Ishak, Yakub, Israel, Musa, Harun, maupun menyebut nama-nama Yahudi lainnya. Ini menunjukkan seakan-akan sang penulis (yakni Henokh) sama sekali belum mengenal siapa itu Musa, Abraham, Yakub, Israel, dan sebagainya.

Sang penulis, Henokh, hanya menuliskan peristiwa-peristiwa kehidupan mereka secara abstrak dalam bentuk simbolisme, yakni dengan menggunakan berbagai perumpamaan hewan, namun penggambarannya sangat akurat, sistematis, detail dan jelas, tetapi tidak pernah berfokus kepada nabi-nabi dan tokoh-tokoh Ibrani tersebut. Henokh hanya menyebutkan mereka dalam rangkaian simbol yang sangat kuat yang mengarah dan berfokus sepenuhnya kepada peristiwa kedatangan Anak Manusia“, gelar sebutan yang selalu digunakan oleh Yeshua haMashiach (Yesus Kristus).

Isi Kitab Henokh sangatlah Messianik, bahkan melebihi Kitab-kitab Perjanjian Lama, karena memberikan kesaksian mengenai YAHWEH Elohim, Dia Yang Lanjut Usianya dan Dia Yang Diurapi, Dia Yang Dipilih, Anak Manusia. Sebagian besar isi Kitab Henokh berbicara mengenai nubuat dan penglihatan Henokh tentang Kerajaan Seribu Tahun Messias di bumi, upah bagi orang-orang benar dan orang-orang pilihan, serta penghakiman atas orang-orang fasik.

Alasan inilah yang nampaknya sangat dikhawatirkan oleh para pemimpin agama Yahudi pada waktu itu mengenai Kitab Henokh, khususnya menyusul peristiwa penyaliban Yeshua haMashiach, sehingga mereka menyingkirkan Kitab Henokh dan tidak memasukkannya ke dalam daftar kanon kitab suci Tanakh.

Selanjutnya, otoritas penguasa Gereja Roma Katholik dan Kristen Protestan menyingkirkan Kitab Henokh dan menganggapnya sebagai tulisanbidat” dan “sesat” karena:

  1. Kitab ini berbicara mengenai malaikat yang kawin-mengawin secara seksual dengan anak-anak perempuan manusia, dan melahirkan makhluk hybrid purbakala, para raksasa – Nephilim, yang menyebabkan seluruh Bumi rusak total dan mengakibatkan Elohim harus memusnahkan seluruh bumi purbakala dengan Air Bah.
  2. Henokh tidak berbicara yang baik-baik” tentang para penguasa Bumi yang fasik.” Karena, dibawah Vatican Roma, para penguasa Bumi pada waktu itu – yaitu Gereja itu sendiri – Henokh tidak menggambarkan mereka dengan cara yang “hangat, bersahabat, dan ramah.”

Pada dasarnya, sejak Konsili Laodikia tahun 363 Masehi, keputusan seluruh otoritas kekuasaan agama di Bumi adalah menyatakan Kitab Henokh ini sebagai “bidat” dan “sesat” dan dilarang dibaca. Selanjutnya seluruh salinan Kitab Henokh dibakar, dimusnahkan, dan dikuburkan, sehingga secara bertahap hilang dari peredaran. Kitab ini tidak cocok dengan apa yang mereka semua inginkan sebagai “Kebenaran.”

Nampaknya, semua orang punya alasan untuk melarang kitab ini. Kemudian, para sarjana modern menyebutnya “tulisan rekayasa bangsa Yahudi” dari abad ke-3 SM.

Namun benarkah demikian?

Henokh menuliskan, “Kitab ini bukan bagi generasiku – namun bagi generasi yang terkemudian yang akan datang – generasi Akhir Zaman…”

Mungkin yang menjadikannya semakin menarik adalah, Henokh sendiri, pada waktu ketika zaman ini belum ada, pada waktu dimana dunia purbakala bahkan sama sekali tidak seperti dunia saat ini, pada waktu itulah Henokh menuliskan, “Kitab ini bukan bagi generasiku, tapi bagi generasi terkemudian yang akan datang…, yang akan ada pada Masa Kesusahan… ketika semua orang jahat dan orang fasik akan dimusnahkan…”

Generasi yang terkemudian yang akan datang, yang dituliskan oleh Henokh 5400 tahun yang lalu itu adalah generasi inizaman inisekarang ini – Akhir Zaman; generasi yang akan melewati Masa Kesusahan sebelum Hari kedatangan Yeshua haMashiach (Yesus Kristus) yang kedua kalinya.

“Dan lihatlah! Dia datang bersama puluhan ribu para kudus untuk melaksanakan penghakiman atas semuanya, dan menghancurkan mereka yang fasik. Dan untuk menghukum semua makhluk dari semua perbuatan-perbuatan fasik yang telah mereka perbuat dalam kefasikan, dan dari semua kata-kata kasar yang para pendosa yang fasik itu telah ucapkan melawan Dia.” Henokh 1:9 (Terjemahan Yunani)

Lebih dari itu, ketika Henokh menuliskan kata-kata yang berharga ini, kata-kata yang “selamat” melewati Banjir Terbesar yang pernah melanda seluruh Bumi, sebagai harta kekayaan yang sangat berharga dari cicit Henokh, yaitu Nuh, orang yang bahkan oleh kaum penyembah dewa-dewa berbahasa Sumeria disebut sebagai “dia yang membangun bahtera. Bahtera yang menyelamatkan seluruh umat manusia…”

Namun tidak hanya sekedar selamat melewati Air Bah saja, tulisan berbahasa malaikat dan manusia, bahasa yang dituliskan Henokh di dalam lembaran-lembaran kitab ini, bahkan ini pun berusaha untuk dimusnahkan oleh otoritas penguasa-penguasa dunia dari segala zaman; supaya semua orang tidak bisa mengetahui kebenarannya, menjadi tersesat dan terhilang.

Di dalam kitab ini tertulis sejarah rahasia umat manusia yang ingin dikubur oleh “para penguasa dunia,” sekaligus nubuatan masa depan umat manusia dan upah yang menantikan mereka.

Bahkan lebih jauh lagi, sesudah melewati kebodohan yang mengherankan dari para penguasa yang mabuk dan raja-raja yang haus darah, lembaran-lembaran kitab yang tersembunyi ini dilarang dan dibakar oleh setiap kekuasaan di Bumi ini, pada setiap zaman yang fasik dan kerajaan yang ada di dalamnya.

Kemudian, dari seluruh salinan-salinan yang ada, hanya tersisa di tempat yang paling terpencil dan dilupakan di seluruh Bumi, Abyssinia Ethiopia. Kitab ini dipelihara oleh kaum minoritas Kristen Orthodox Ethiopia dan Beta Israel, orang-orang Yahudi keturunan Afrika, dan menjadi bagian dari kanon Kitab Suci mereka, di dalam bahasa Ge’ez.

Namun, kata-kata yang berharga dari Henokh masih bertahan bahkan di tempat yang tersembunyi sekalipun. Kata-kata yang dibawa di dalam bahtera bersama-sama Nuh – pada saat ketika seluruh makhluk hidup yang ada di dalamnya berteriak-teriak dalam bahasanya sendiri-sendiri sementara arus deras Air Bah itu semakin hebat dan bertambah-tambah banyaknya di muka bumi, dan mengangkat bahtera itu sehingga naik dari muka bumi.

Lembaran-lembaran kitab ini terguling-guling bersama-sama Nuh sementara dia berteriak dan berpegangan pada kapal seperti yang digemakan di dalam Kitab Yashar, Midrash kuno bangsa Ibrani:

“Ya, YAHWEH tolonglah kami, karena kami tidak memiliki kekuatan untuk menanggung malapetaka yang telah menguasai kami, karena ombak lautan telah mengepung kami, arus yang sangat ganas telah menggentarkan kami, jerat kematian telah mendatangi kami. Jawablah kami, ya YAHWEH, jawablah kami, terangilah wajah-Mu bagi kami dan kasihanilah kami, tebuslah kami dan bebaskanlah kami.” Maka YAHWEH mendengarkan seruan Noah, dan YAHWEH mengingat dia…

Lembaran-lembaran kata-kata Henokh ini telah melewati segala sesuatu, hanya untuk dicemooh, diludahi dan ditertawakan.

Amarah besar keluar dari mulut-mulut mereka yang oleh si Ular itu sendiri disebut sebagai “budak-budaknya.”

Namun akhirnya, kata-kata Henokh ini tetap selamat sampai kepada Akhir Zaman ini. Dan melalui semuanya ini, Henokh, dia yang oleh Elohim sendiri disebut “Juru tulis Kebenaran”… kata-kata Henokh… kata-katanya yang sangat berharga dan tidak ternilai… kata-katanya yang telah teruji oleh Air dan Api… sekarang telah sampai kepada Akhir Zaman.

Sementara pena Henokh menggores lembaran-lembaran kitab ini lebih dari 5400 yang lalu, dia menujukan setiap kata-kata yang dia tuliskan ini bagi generasi terakhir ini… Bagi Anda sementara Anda duduk di ruangan ini, di mana Anda sekarang sedang duduk dan membaca halaman-halaman ini, paragraf ini, dan kalimat-kalimat ini…

Tidak sedikit pun semuanya ini kebetulan. Dan di sinilah semuanya ini dimulai…

Kitab Henokh, Buku untuk Generasi Akhir Zaman

PASAL 1.

Henokh 1:1. Kata-kata berkat Henokh dengan mana dia memberkati orang-orang pilihan dan orang-orang benar, yang akan ada pada hari kesusahan ketika semua orang jahat dan orang fasik akan disingkirkan. 

  • Note ayat 1:1 orang-orang pilihan dan orang-orang benar: Kitab Henokh diawali dengan penyebutan adanya dua kelompok yang akan ada di dalam Masa Kesusahan. Semuanya ini merujuk kepada 7 tahun terakhir dari Akhir Zaman, dari keberadaan umat manusia di Bumi, yang hidup di bawah kutuk dosa yang bermula dari Adam. Dua kelompok ini adalah “orang-orang pilihan” dan “orang-orang benar” atau yang juga disebut sebagai “bangsa Israel” dan “orang percaya, Gereja-Nya“. Secara umum dipercayai ada perbedaan antara Tubuh Kristus (Gereja secara keseluruhan, yang sebagian besar masih hidup di dalam kegelapan keduniawian) dan Pengantin Kristus (mereka yang sungguh-sungguh, setia, tekun dan hidup seperti orang Berea yang menantikan kedatangan Tuhan, kembalinya Sang Raja, dan siap sedia di segala waktu untuk itu). Efesus 1:4 (ILT) sebagaimana Dia telah memilih kita di dalam diri-Nya sebelum permulaan dunia, untuk menjadikan kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya di dalam kasih; Roma 8:30 (TB) Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. 1Petrus 2:9 (AYT) Namun, kamu adalah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Elohim sendiri supaya kamu dapat memberitakan kemuliaan Dia yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan menuju kepada terang-Nya yang ajaib.
  • Note ayat 1:1 hari kesusahan, atau masa kesusahan yang dimaksud di sini adalah periode 7 tahun terakhir Masa Kesusahan besar sebelum kedatangan Yeshua haMashiach (Yesus Kristus) yang Kedua. Hari kesusahan“, “waktu kesusahan Yakub“, “masa kesusahan“, “masa kesukaran” sepertinya merupakan anyaman yang dituliskan melalui nabi-nabi yang saling terpisah di dalam Alkitab, yang akhirnya disatukan dalam Kitab Wahyu. Secara garis besar, tulisan-tulisan ini semuanya mengarah kepada masa 7 tahun terakhir dunia ini, yang umumnya disebut “Masa Kesusahan Besar.” Daniel 12:1 (ILT) Pada waktu itu akan muncul Mikhael, pemimpin besar yang akan mendampingi anak-anak bangsamu. Dan akan ada suatu masa kesusahan (Ibrani: tsârâh; kesulitan, kesukaran, kesusahan, menyakitkan, kesesakan) yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak bangsa-bangsa ada sampai pada waktu itu. Dan pada waktu itu bangsamu akan dibebaskan, yakni semua orang yang akan didapati namanya tertulis dalam kitab itu. Matius 24:21-22 (ILT) Sebab, pada waktu itu akan terjadi kesukaran besar (Yunani: thlipsis megale; tekanan besar, ditekan bersamaan, penindasan, penderitaan, kesusahan, tribulasi, kesulitan, kesukaran besar) seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang, bahkan sekali-kali tidak akan pernah terjadi. Dan sekiranya hari-hari itu tidak diperpendek, maka semua manusia tidak akan diselamatkan; tetapi karena mereka yang terpilih, hari-hari itu akan diperpendek. Yeremia 30:7 (ILT) Wahai! Alangkah hebatnya hari itu, sehingga tidak ada yang seperti itu. Dan inilah waktu kesusahan (Ibrani: tsârâh; kesulitan, kesukaran, kesusahan, menyakitkan, kesesakan) Yakub, tetapi dia akan diselamatkan darinya.

Henokh 1:2. Dan kemudian Henokh menjawab dan berbicara, seorang yang benar, yang matanya dibukakan oleh Tuhan sehingga dia memandang penglihatan kudus di surga, yang ditunjukkan para malaikat, dan dari mereka aku mendengar segala sesuatu, dan aku tahu apa yang aku lihat, tetapi bukan bagi generasi ini, tapi bagi generasi yang terkemudian yang akan datang.

  • Note ayat 1:2 bukan bagi generasi ini: Penglihatan Henokh tidak ditujukan bagi generasinya, melainkan kepada generasi yang terkemudian yang akan datang.
  • Note ayat 1:2 generasi yang terkemudian yang akan datang: Generasi terakhir, atau generasi Akhir Zaman.

Meskipun Henokh menyebutkan dua kelompok ini: orang-orang pilihan dan orang-orang benar (Israel dan Gereja, atau mungkin lebih tepat, Gereja yang dimurnikan) yang ada pada Masa Kesusahan, Henokh nampaknya “mendukung” peristiwa “rapture” atau “pengangkatan,” yang akan menyelamatkan mereka yang benar, sementara memusnahkan orang-orang yang fasik. Lagipula, Henokh yang adalah keturunan ke-7 dari Adam (bilangan kesempurnaan dan kegenapan Elohim), dia sendiri pun “diangkat.” Kejadian 5:24 (ILT) Dan Henokh hidup bergaul dengan Elohim, kemudian dia tidak ada lagi, karena Elohim telah mengangkatnya.

Henokh 1:3. Mengenai orang-orang pilihan aku berbicara, dan berbincang tentang mereka dengan Yang Kudus dan Maha Besar, yang akan datang dari tempat kediaman-Nya, Tuhan seluruh dunia. 

  • Note ayat 1:3 akan datang dari tempat kediaman-Nya: Yesaya 26:21 (ILT) Sebab lihatlah, YAHWEH keluar dari tempat-Nya untuk menghukum orang yang berdiam di bumi karena kejahatannya, bumi juga akan menyingkapkan darahnya, dan tidak akan lagi menutupi orang-orangnya yang dibunuh. Mikha 1:2-4 (ILT) “Dengarlah hai bangsa-bangsa, hai semua orang; perhatikanlah hai bumi, dan segala isinya. Biarlah Tuhan YAHWEH, Tuhan dari bait suci-Nya yang kudus, menjadi saksi melawan kamu. Sebab, lihatlah, YAHWEH keluar dari tempat-Nya; dan akan turun dan berjalan di atas tempat-tempat yang tinggi di bumi. Dan gunung-gunung akan diluluhkan di bawah kaki-Nya, dan lembah-lembah akan membelah dirinya sendiri seperti lilin di depan api, seperti air yang dialirkan ke sebuah lereng.

Henokh 1:4. Dan dari sana Dia akan menginjak Gunung Sinai, dan muncul dengan tentara-Nya, dan muncul dalam kekuatan kuasa-Nya dari surga.

  • Note ayat 1:4 Gunung Sinai: Sinai, Gunung tempat Torah diberikan. Ulangan 33:2 (ILT) Dan dia berkata, “YAHWEH datang dari Sinai dan bangkit dari Seir bagi mereka. Dia bersinar terang dari Gunung Paran, dan Dia datang dari puluhan ribu orang kudus. Pada tangan kanan-Nyalah terdapat sumber hukum yang berapi bagi mereka. Mazmur 68:17-18 (ILT) Mengapa engkau menatap dengan cemburu, hai gunung-gunung tinggi, terhadap gunung yang Elohim kehendaki sebagai kediaman-Nya, ya, YAHWEH akan mendiaminya untuk selama-lamanya. Kereta perang Elohim berpuluh-puluh ribu; Tuhan ada di antara mereka, di Sinai, di tempat kudus.
  • Note ayat 1:4 tentara-Nya: 1Raja 22:19 (ILT) Dan Mikha berkata, “Karena itu, dengarkanlah firman YAHWEH: Aku telah melihat YAHWEH duduk di atas takhta-Nya dan segenap tentara surga berdiri di sisi-Nya, di sebelah kanan-Nya dan di sebelah kiri-Nya. Mazmur 103:20-21 (AYT) Pujilah YHWH, hai para malaikat-Nya, hai pahlawan-pahlawan yang perkasa, yang melakukan perintah-Nya dengan mendengarkan bunyi firman-Nya. Pujilah YHWH, hai semua tentara-Nya, hamba-hamba-Nya yang melakukan kehendak-Nya.

Banyak definisi dan nama tepat yang digunakan oleh Henokh, seperti referensi tentang Gunung Sinai dalam ayat di atas, memiliki dua pandangan di antara para sarjana:

  1. Pertama, nama sesungguhnya dari lokasi, seperti Sinai, mungkin sudah ada pada zaman Pra-Banjir Besar dan sudah dikenal (setidaknya oleh Henokh) pada saat sebelum Banjir.
  2. Kedua, kemungkinan, dipercayai bahwa “nama tepat” itu hanyalah terjemahan modern dimana penerjemah menerjemahkannya dengan nama modern tersebut, dari nama konvensional apa pun yang mungkin dituliskan Henokh dalam tulisan sebelum terjadinya Banjir Besar.

Teks aslinya kemungkinan adalah bentuk awal dari zaman Pra-Banjir Besar dari apa yang kita sebut hari ini sebagai “Bahasa Ibrani.” Bahasa Ibrani merupakan bahasa teka-teki yang paling ilmiah dan matematis di Bumi. Ibrani dan Sumeria (bahasa yang digunakan zaman lampau di Sinear, Babilonia, Mesopotamia, di sekeliling Menara Babel) adalah dua bahasa paling kuno di Bumi. Bahasa Ibrani sangat presisi… tidak demikian halnya dengan bahasa Sumeria..

Namun demikian, mungkin ada kebenaran di antara kedua teori ini – bahwa lokasi (seperti Gunung Sinai) yang digambarkan Henokh sudah ada pada masa Pra-Banjir Besar, dan selanjutnya penerjemah yang belakangan mengenali lokasi yang dinubuatkan itu dan menuliskan nama itu di dalam terjemahannya, yaitu Gunung Sinai.

Di sini Henokh bernubuat tentang peristiwa Gunung Sinai yang terjadi di masa depan – dari sudut pandang Henokh – ketika Musa dan Israel – meskipun Henokh tidak mengenal nama-nama mereka pada zamannya – berada di Gunung Sinai untuk menerima Hukum Torah Elohim. Ini sekaligus meneguhkan bahwa “orang yang dipilih” di sini termasuk bangsa Israel lahiriah, yang namanya tidak diketahui Henokh.

Henokh 1:5. Dan semua akan takut, dan para malaikat penjaga akan gemetar, dan ketakutan yang besar dan kengerian akan meliputi mereka sampai ke ujung bumi. 

  • Note ayat 1:5 malaikat penjaga: Dalam bahasa Aramaic: ‘iyr; pengawas, berjaga, bangun, yang tidak tidur, malaikat. Dalam keseluruhan Alkitab, sebutan “‘iyr” hanya muncul 3 kali yaitu di kitab Daniel 4:13 (ILT) Aku mendapat penglihatan di tempat tidurku: Dan tampaklah, seorang pengintai (Aramaic: ‘iyr; malaikat pengawas), seorang yang kudus (Aramaic: qaddiysh; malaikat), turun dari langit. Daniel 4:17 Perkara ini merupakan keputusan para pengintai (Aramaic: ‘iyr; malaikat pengawas), dan perintah ini menurut perkataan para malaikat (Aramaic: qaddiysh; kudus, para kudus, para malaikat); supaya orang-orang yang hidup mengetahui bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia (Aramaic: ‘enash; manusia) dan memberikannya kepada siapa pun yang Dia berkenan, serta mengangkat manusia (Aramaic: ‘enash; manusia) yang paling rendah sekalipun di atasnya. Daniel 4:23 (ILT) Dan yang raja lihat, yaitu seorang pengintai (Aramaic: ‘iyr; malaikat pengawas) dan seorang kudus (Aramaic: qaddiysh; malaikat) turun dari surga, dan yang mengatakan: Tebanglah pohon itu dan binasakanlah. Tetapi biarkan pangkal akar-akarnya ada di dalam tanah, bersama dengan belenggu dari besi dan tembaga di atas rumput padang. Dan biarlah dia dibasahi dengan embun dari langit dan bagiannya ada bersama dengan binatang-binatang di padang hingga tujuh masa berlalu atasnya.

Henokh 1:6. Dan gunung-gunung yang tinggi akan terguncang, dan bukit-bukit yang tinggi akan direndahkan, dan akan meleleh seperti lilin terkena nyala api. 

  • Note ayat 1:6 direndahkan: Lukas 3:5 (ILT) Setiap lembah akan ditimbun, dan setiap gunung dan bukit akan direndahkan, yang berliku-liku akan menjadi lurus dan yang berlekuk-lekuk menjadi jalan yang rata.
  • Note ayat 1:6 meleleh seperti lilin terkena nyala api: Mikha 1:4 (ILT) Dan gunung-gunung akan diluluhkan di bawah kaki-Nya, dan lembah-lembah akan membelah dirinya sendiri seperti lilin di depan api, seperti air yang dialirkan ke sebuah lereng. Mazmur 18:8 (ILT) Bumi pun berguncang dan bergetar; dan dasar-dasar gunung goyah dan berguncang, karena Dia murka kepadanya. Mazmur 97:5 (ILT) Di hadapan YAHWEH, di hadapan Tuhan seluruh bumi, gunung-gunung dilelehkan seperti lilin. Nahum 1:5 (ILT) Gunung-gunung berguncang oleh karena Dia, dan bukit-bukit mencair, bumi menjadi runtuh di hadapan-Nya dan dunia serta segala yang berdiam di dalamnya. Habakuk 3:6 (ILT) Dia berdiri dan mengukur bumi; Dia mengawasi dan membuat bangsa-bangsa terguncang, dan gunung-gunung dari zaman purba akan berpencar-pencar, bukit-bukit yang berabad-abad lamanya akan sujud menyembah; jalan-jalan-Nya adalah kekal.

Henokh 1:7. Dan bumi akan ditenggelamkan, dan segala sesuatu yang ada di atas bumi akan dihancurkan, dan akan ada penghakiman atas segala sesuatu, dan atas semua orang benar. 8. Tapi bagi orang benar, Dia akan memberikan damai sejahtera, dan akan melindungi orang-orang pilihan, dan belas kasihan akan tinggal atas mereka, dan mereka semua akan menjadi milik Tuhan, dan akan menjadi berhasil dan diberkati, dan terang Tuhan akan bersinar bagi mereka. 

  • Note ayat 1:8 terang Tuhan akan bersinar bagi mereka: Maleakhi 4:2 (ILT) Tetapi bagi kamu yang takut akan Nama-Ku, surya kebenaran akan terbit, kesembuhan akan terdapat pada sayap-sayapnya. Dan kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak-anak lembu keluar dari kandang.

Henokh 1:9. Dan lihatlah, Dia datang dengan beribu-ribu para kudus untuk menjalankan penghakiman atas mereka, dan akan menghancurkan orang fasik, dan akan menuntut pertanggungjawaban dari orang-orang berdosa dan orang-orang fasik yang telah dilakukan mereka terhadap Dia.

  • Note ayat 1:9 beribu-ribu para kudus: atau puluhan ribu (Yunani: murias; sepuluh ribu, jumlah yang sangat banyak) para kudus (malaikat). Para kudus yang dimaksud disini adalah para malaikat surgawi. Ini merupakan nubuat tertua yang tertulis didalam Alkitab, dan berbicara mengenai Kedatangan Yeshua haMashiach Yang Kedua. Bagian ini dikutip langsung oleh Yudas, paralel dengan Kitab Yudas 1:14-15 (TB) Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: “Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu (Yunani: murias; puluhan ribu, jumlah yang sangat banyak) orang kudus-Nya (Yunani: hagios; para kudus/malaikat, orang kudus), hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan.”; Bandingkan Henokh 14:22 Api yang menyala-nyala ada di sekeliling-Nya, dan api yang besar berdiri di hadapan-Nya, dan tidak ada yang berada di sekitar-Nya dapat mendekati Dia; sepuluh ribu kali sepuluh ribu ada di hadapan-Nya; namun Dia tidak memerlukan penasihat. Henokh 40:1 Dan setelah itu aku melihat seribu kali seribu, dan sepuluh ribu kali sepuluh ribu makhluk, tidak terhitung dan sangat besar, berdiri di hadapan kemuliaan TUHAN segala Roh.
  • Note ayat 1:9 penghakiman: Wahyu 19:11,14-15 (ILT) Dan aku melihat surga yang terbuka, dan lihatlah, seekor kuda putih dan Dia yang duduk di atasnya yang disebut Setia dan Benar, dan Dia menghakimi dan berperang dalam kebenaran. Dan bala tentara di surga mengikuti Dia di atas kuda-kuda putih dengan mengenakan linen halus yang putih dan bersih. Dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam supaya dengannya Dia dapat memukul bangsa-bangsa. Dan Dia akan menggembalakan mereka dengan tongkat besi. Dan Dia akan memeras di pemerasan anggur, anggur amarah dan murka Elohim Penguasa Semesta.
  • Note ayat 1:9 Terjemahan Yunani: Dan lihatlah! Dia datang bersama puluhan ribu para kudus[-Nya] untuk melaksanakan penghakiman atas semuanya, dan menghancurkan [semua] yang fasik. Dan untuk menghukum semua makhluk dari semua perbuatan-perbuatan [kefasikan mereka] yang telah mereka perbuat dalam kefasikan, dan dari semua hal-hal kasar yang para pendosa fasik [telah ucapkan] melawan Dia.; Bandingkan Yudas 1:14-15 (ILT) Dan juga kepada mereka ini, Henokh, generasi ketujuh dari Adam, bernubuat sambil mengatakan, “Lihatlah, YAHWEH datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya (Yunani: hagios; para kudus/malaikat, orang kudus), untuk melakukan penghakiman terhadap semua orang, dan mempersalahkan semua orang fasik dari antara mereka, berkenaan dengan segala perbuatan fasik mereka yang telah mereka lakukan dengan fasik, dan berkenaan dengan segala kekasaran yang telah mereka, orang-orang berdosa (Yunani: hamartolos; pendosa, pengabdi kepada dosa, pendosa pada umumnya, kafir, hidup dalam dosa) yang fasik itu, ucapkan terhadap Dia.”

Henokh, Juru Tulis Keadilan

PASAL 12.

Henokh 12:1 Dan sebelum semua hal ini, Henokh tersembunyi, dan tidak ada seorang pun dari anak-anak manusia yang tahu di mana dia tersembunyi, dan di mana dia berada, dan apa yang terjadi padanya. 

  • Note ayat 12:1 Henokh tersembunyi: Kejadian 5:24 (ILT) Dan Henokh hidup bergaul dengan Elohim, kemudian dia tidak ada lagi, karena Elohim telah mengangkatnya. Kitab Yashar 3:2 Hati Chanok (Henokh) terselubung dengan pengajaran Yahweh, dalam pengetahuan dan pengertian. Dengan bijaksana dia mengundurkan diri dari antara anak-anak manusia, dan menyembunyikan dirinya dari mereka untuk waktu yang lama.

Henokh 12:2. Dan semua hal yang dikerjakannya adalah bersama para kudus dan dengan para malaikat penjaga sepanjang hari-harinya. 

  • Note ayat 12:2 bersama para kudus dan dengan para malaikat penjaga: Dari ayat ini kita mendapatkan informasi, bahwa Henokh mendapatkan pengetahuannya dari para malaikat. Dia melewatkan hari-harinya bersama para kudus dan para malaikat penjaga surga. Henokh 39:12-13 Mereka yang tidak tidur memuji-Mu; mereka berdiri di hadapan kemuliaan-Mu, dan memberkati dan memuliakan dan meninggikan Engkau, berkata, “Kudus! Kudus! Kudus! TUHAN segala Roh mengisi bumi dengan roh-roh.” Dan mataku melihat mereka semua yang tidak tidur, berdiri di hadapan-Nya dan memberkati-Nya, dan mereka berkata, “Terpujilah Engkau, diberkatilah nama Tuhan untuk selamanya.” Kitab Yobel 4:21 Dan dia (Henokh) lebih banyak bersama malaikat-malaikat Elohim, enam Yobel dari tahun-tahun ini, dan mereka menunjukkan kepadanya segala sesuatu yang ada di bumi dan di surga, aturan matahari, dan dia menuliskan segala sesuatunya.

Henokh 12:3. Dan aku, Henokh, memuji Tuhan yang besar dan Raja dunia, dan lihatlah, para malaikat penjaga memanggilku, Henokh, sang juru tulis, dan berkata kepadaku, 

  • Note ayat 12:3 Henokh, sang juru tulis: Henokh 15:1 Dan Dia menjawab dan berbicara kepadaku dengan firman-Nya, “Dengarlah, dan jangan takut, Henokh, engkau orang benar dan juru tulis keadilan, mendekatlah kemari, dan dengarkan firman-Ku. Henokh 92:1 Ditulis oleh Henokh, juru tulis, semua ajaran kebijaksanaan ini, dipuji semua manusia, sebagai hakim seluruh bumi, kepada semua anak-anakku yang diam di bumi, dan bagi generasi masa depan yang akan menjalankan kejujuran dan kedamaian.; Kitab Yobel menyebutkan bahwa Henokh adalah yang pertama mempelajari tulisan dan mengajarkannya kepada anak-anak manusia. Kitab Yobel 4:17-18 Dan dialah yang pertama dari antara manusia yang dilahirkan di bumi yang mempelajari tulisan dan pengetahuan dan hikmat dan yang menuliskan tanda-tanda langit menurut urutan bulan-bulan mereka dalam sebuah kitab, supaya manusia mengetahui musim-musim dari tahun-tahun menurut urutan pemisahan bulan-bulan mereka. Dan dialah yang pertama kali menuliskan kesaksian dan dia bersaksi kepada anak-anak manusia di antara generasi-generasi di bumi, dan menceritakan minggu-minggu dari Yobel-yobel, dan memperkenalkan kepada mereka hari-hari dari tahun-tahun, dan menyusun urutan bulan-bulan dan menceritakan Shabbat-shabbat dari tahun-tahun seperti yang kami tunjukkan kepadanya.

Henokh 12:4. “Henokh, engkau juru tulis keadilan, pergi, beritahukan kepada malaikat penjaga surga, yang telah meninggalkan tempat tinggi di surga dan tempat kudus yang kekal, dan telah mencemarkan dirinya dengan perempuan, dan telah melakukan apa yang dilakukan anak-anak manusia, dan telah mengambil istri bagi diri mereka sendiri, dan telah melakukan pencemaran dan kerusakan yang besar di atas bumi.

  • Note ayat 12:4 meninggalkan tempat tinggi di surga dan tempat kudus yang kekal: Yudas 1:6 (ILT) Juga para malaikat, mereka yang tidak menjaga asal-usul mereka sendiri, malah telah meninggalkan kediamannya sendiri, Dia telah menahan mereka dengan belenggu abadi di bawah kekelaman, sampai pada penghakiman pada hari yang besar. Henokh 15:3 Mengapa kamu meninggalkan tempat tinggi yang kudus, dan kekal di surga, dan tidur dengan wanita, dan mencemarkan dirimu dengan anak-anak perempuan manusia, dan mengambil istri bagi dirimu sendiri, dan bertindak seperti anak-anak manusia di bumi, dan memperanakkan para raksasa?

PASAL 15.

Henokh 15:1. Dan Dia menjawab dan berbicara kepadaku dengan firman-Nya, “Dengarlah, dan jangan takut, Henokh, engkau orang benar dan juru tulis keadilan, mendekatlah kemari, dan dengarkan firman-Ku. 

  • Note ayat 15:1 juru tulis keadilan: Sekali lagi ayat ini menegaskan kedudukan Henokh sebagai seorang juru tulis keadilan (atau kebenaran), yang kepadanya diperlihatkan rahasia surgawi. Lihat catatan Henokh 12:3 Dan aku, Henokh, memuji Tuhan yang besar dan Raja dunia, dan lihatlah, para malaikat penjaga memanggilku, Henokh, sang juru tulis, dan berkata kepadaku.

Kitab Henokh secara literal memiliki ratusan bahkan ribuan referensi yang berhubungan langsung dengan ayat-ayat Alkitab. Di sini kita akan melihat sebagian tulisan Henokh dan referensinya dengan ayat-ayat Alkitab, khususnya yang berkaitan dengan Akhir Zaman.

Referensi selengkapnya bisa Anda baca dalam edisi hard copy Kitab Henokh, Buku Untuk Generasi Akhir Zaman.

Kitab Henokh

Nubuat Henokh Tentang Akhir Zaman

PASAL 38.

Henokh 38:1. Perumpamaan Pertama. Ketika jemaat orang-orang benar muncul, dan orang-orang berdosa dihukum karena dosa-dosa mereka, dan diusir dari muka bumi, 

  • Note ayat 38:1 jemaat orang-orang benar: Henokh 39:6 Dan pada hari-hari itu mataku melihat tempat orang pilihan dan yang adil dan yang beriman, dan bagaimana keadilan akan ada di hari-hari mereka, dan orang-orang benar dan terpilih yang tidak terhitung jumlahnya ada di hadapan-Nya untuk selama-lamanya. Henokh 53:6 Dan setelah ini, Dia Yang Benar dan Terpilih akan membuat rumah jemaat-Nya muncul, dan selanjutnya mereka tidak akan terhalang dalam nama TUHAN segala Roh. Henokh 62:8 Dan jemaat orang kudus dan orang pilihan akan ditaburkan, dan semua orang pilihan akan berdiri di hadapan-Nya pada hari itu.
  • Note ayat 38:1 muncul: Ketika kerajaan Messias mulai memerintah; Kerajaan Seribu Tahun.
  • Note ayat 38:1 diusir dari muka bumi: Matius 25:41 (ILT) Lalu, Dia akan berkata pula kepada mereka yang di sebelah kiri: Enyahlah dari-Ku ke dalam api kekal yang sudah disediakan bagi si iblis dan para malaikatnya, hai orang-orang yang terkutuk! Henokh 53:2,5 Dan mereka melakukan kejahatan dengan tangan mereka, dan segala sesuatu yang mereka buat mereka habiskan dengan kejahatan, mereka, para pendosa; namun mereka akan dihancurkan di hadapan TUHAN segala Roh, mereka, para pendosa, dan mereka akan dikejar-kejar dari muka bumi-Nya terus-menerus sampai kepada seluruh kekekalan. Dan dia berkata kepadaku, “Ini telah dipersiapkan bagi raja-raja dan orang-orang perkasa di bumi ini supaya mereka dihancurkan bersamanya.” Henokh 56:3-4 Dan dia berkata kepadaku, “Masing-masing kepada yang telah dipilihnya dan disukainya, supaya mereka dilemparkan ke dalam jurang yang dalam di lembah. Dan kemudian lembah itu akan terisi dengan yang dipilih dan disukai mereka, dan hari-hari hidup mereka akan berakhir, dan hari kesalahan mereka, mulai dari waktu itu, tidak akan dihitung.”

Henokh 38:2. dan ketika Dia Yang Adil muncul di hadapan orang-orang benar yang terpilih, yang perbuatannya bergantung dari TUHAN segala Roh, dan terang akan muncul bagi orang-orang benar dan orang-orang pilihan, yang diam di bumi,—di manakah tempat tinggal orang-orang berdosa, dan di manakah tempat peristirahatan orang-orang yang telah menyangkal TUHAN segala Roh? Lebih baik mereka tidak dilahirkan.

  • Note ayat 38:2 terang akan muncul: Yesaya 9:1 (ILT) Bangsa yang berjalan dalam kegelapan telah melihat terang yang besar, mereka yang berdiam di tanah bayangan kematian, terang telah bersinar atas mereka. Yesaya 60:1 (ILT) Bangkitlah, menjadi teranglah, karena terangmu telah datang, dan kemuliaan YAHWEH telah bangkit atasmu! Yesaya 60:2 (ILT) Sebab lihatlah, kegelapan akan menutupi bumi, dan awan gelap menutupi bangsa-bangsa. Namun YAHWEH akan bangkit atasmu, dan kemuliaan-Nya akan terlihat di atasmu. Maleakhi 4:2 (ILT) “Tetapi bagi kamu yang takut akan Nama-Ku, surya kebenaran akan terbit, kesembuhan akan terdapat pada sayap-Nya. Dan kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak-anak lembu keluar dari kandang.

Henokh 38:3. Dan ketika rahasia orang-orang benar diungkapkan, maka orang-orang berdosa akan dihakimi, dan orang-orang fasik akan diusir dari hadapan orang-orang benar dan terpilih. 

  • Note ayat 38:3 rahasia orang-orang benar diungkapkan: Lihat catatan Henokh 48:7 Dan kebijaksanaan TUHAN segala Roh telah menyatakan Dia kepada orang-orang yang kudus dan yang benar, karena Dia menyimpan bagian orang-orang benar, karena mereka telah membenci dan memandang hina dunia yang penuh ketidakadilan ini, dan telah membenci semua perbuatan dan cara-caranya di dalam nama TUHAN segala Roh; karena dalam nama-Nya mereka akan diselamatkan, dan Dia akan menjadi pembalas bagi hidup mereka.; Lihat catatan Henokh 62:7 Karena sebelumnya Anak Manusia tersembunyi, dan Yang Maha Tinggi menjaga-Nya dalam kekuasaan-Nya, dan telah menyatakan Dia kepada orang pilihan.

Henokh 38:4. Dan sejak waktu itu mereka yang menguasai bumi tidak akan menjadi kuat dan ditinggikan, mereka tidak dapat memandang wajah orang benar, karena terang TUHAN segala Roh akan terpancar dari wajah orang kudus dan yang benar dan yang terpilih. 

  • Note ayat 38:4 terang TUHAN segala Roh: Bilangan 6:25 (ILT) YAHWEH membuat wajah-Nya bersinar atasmu, dan bermurah hati kepadamu; Daniel 12:3 (ILT) Dan orang-orang yang bijaksana akan bercahaya bagaikan cahaya cakrawala. Mereka yang menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang selama-lamanya.

Henokh 38:5. Dan raja-raja perkasa akan binasa pada waktu itu, dan akan diberikan ke dalam tangan orang yang benar dan kudus. 

  • Note ayat 38:5 diberikan ke dalam tangan: Lihat catatan Henokh 46:4 Dan Anak Manusia ini, yang telah engkau lihat, akan menyingkirkan raja-raja dan orang-orang perkasa dari tempat mereka berbaring, dan orang-orang kuat dari takhtanya, dan akan melepaskan ikatan orang-orang kuat, dan akan menghancurkan gigi orang-orang berdosa.; Lihat catatan Henokh 48:8-9 Dan pada hari-hari itu wajah raja-raja di bumi, dan orang-orang perkasa yang menguasai bumi, akan ditundukkan karena perbuatan tangan mereka, karena pada hari kegentaran dan kesusahan, jiwa mereka tidak akan diselamatkan. Dan Aku akan menempatkan mereka ke dalam tangan orang pilihan-Ku, seperti jerami di dalam api dan seperti timah di dalam air; mereka akan terbakar di hadapan muka orang benar, dan tenggelam di hadapan muka orang kudus, dan tidak ada sisa-sisa mereka yang dapat ditemukan lagi.

Henokh 38:6. Dan sejak saat itu tidak ada yang bisa meminta belas kasihan dari TUHAN segala Roh, karena hidup mereka telah berakhir.

PASAL 39.

Henokh 39:6. Dan pada hari-hari itu mataku melihat tempat orang pilihan dan yang adil dan yang beriman, dan bagaimana keadilan akan ada di hari-hari mereka, dan orang-orang benar dan terpilih yang tidak terhitung jumlahnya ada di hadapan-Nya untuk selama-lamanya. 

  • Note ayat 39:6 beriman: Henokh 58:5 Dan setelah itu akan dikatakan kepada yang kudus, bahwa mereka harus mencari di surga rahasia keadilan, bagian dari iman [kesetiaan], karena hal itu telah terbit seperti matahari di bumi, dan kegelapan telah menghilang.
  • Note ayat 39:6 ada di hadapan-Nya: Wahyu 7:9-10 (ILT) Sesudah hal-hal ini aku melihat, dan lihatlah, suatu kerumunan orang banyak yang tidak seorang pun dapat menghitungnya, berasal dari setiap bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, seraya berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba itu, dengan mengenakan jubah panjang putih dan ranting-ranting palem ada di tangan mereka, dan sambil berteriak dengan suara nyaring seraya berkata, “Keselamatan bagi Dia yang duduk di atas takhta, yaitu Elohim kita, dan bagi Anak Domba.” Wahyu 7:15-17 (ILT) Sebab itu, mereka ada di hadapan takhta Elohim dan mereka beribadah kepada-Nya siang dan malam di tempat kudus-Nya. Dan Dia yang duduk di atas takhta itu akan berdiam di antara mereka. Mereka tidak akan pernah lapar lagi dan tidak akan pernah haus lagi, bahkan matahari ataupun segala macam panas, sekali-kali tidak akan pernah menimpa ke atas mereka. Sebab Anak Domba yang ada di tengah-tengah takhta itu akan menggembalakan mereka dan memimpin mereka ke mata air yang hidup. Dan Elohim akan menghapus semua air mata dari mata mereka.” Wahyu 21:3-4 (ILT) Dan aku mendengar suatu suara nyaring dari surga yang mengatakan, “Lihatlah, tabernakel Elohim ada bersama manusia. Dan Dia akan berdiam bersama mereka, dan mereka akan menjadi umat-Nya dan Elohim sendiri akan ada bersama mereka sebagai Elohimnya. Dan Elohim akan menghapus setiap air mata dari mata mereka. Dan maut tidak akan ada lagi, tidak juga perkabungan atau ratap tangis, bahkan rasa sakit tidak akan ada lagi, karena hal-hal yang pertama itu telah berlalu.”

Henokh 39:7. Dan aku melihat mereka tinggal di bawah sayap TUHAN segala Roh; dan semua orang benar dan terpilih di hadapan-Nya dihiasi dengan cahaya api, dan mulut mereka penuh dengan berkat, dan bibir mereka memuji nama TUHAN segala Roh, dan keadilan tidak akan berhenti dari hadapan-Nya.

  • Note ayat 39:7 tinggal di bawah sayap TUHAN segala Roh: Simbol perlindungan. Keluaran 19:4 (ILT) Kamu telah melihat apa yang telah Kuperbuat terhadap Mesir, dan Aku menopang kamu di atas sayap rajawali dan membawamu kepada-Ku. Ulangan 32:11-12 (ILT) Seperti rajawali menjungkirbalikkan isi sarangnya, melayang-layang di atas anak-anaknya, merentangkan sayapnya, mengambilnya seekor, dan mendukungnya di atas sayapnya. YAHWEH sendiri membimbingnya, dan tidak ada ilah lain bersamanya. Mazmur 91:4 (ILT) Dengan kepak-Nya Dia akan menaungi engkau, dan di bawah sayap-Nya engkau akan mencari perteduhan, kesetiaan-Nya adalah perisai dan tembok perlindungan. Matius 23:37 (ILT) “Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh para nabi dan merajam mereka yang telah diutus kepadamu! Betapa sering Aku ingin mengumpulkan anak-anakmu, bagaikan seekor induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.”
  • Note ayat 39:7 mulut mereka penuh dengan berkat: Mazmur 126:1-2 (ILT) Ketika YAHWEH memulihkan Zion, kita menjadi seperti pemimpi. Maka mulut kami penuh dengan tawa, dan lidah kami dengan sorak-sorai; lalu mereka berkata di antara bangsa-bangsa, “YAHWEH melakukan perkara-perkara besar bersama orang-orang ini.”

Henokh 39:11. Di hadapan-Nya tidak ada kesudahan; Dia tahu, sebelum dunia diciptakan, bagaimana dunia ini, dan bagaimana akan terjadi dari generasi ke generasi. 

  • Note ayat 39:11 Dia tahu, sebelum dunia diciptakan: Yesaya 46:9-10 (TB) Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Elohim dan tidak ada yang lain, Akulah Elohim dan tidak ada yang seperti Aku, yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan.

Henokh 39:12. Mereka yang tidak tidur memuji-Mu; mereka berdiri di hadapan kemuliaan-Mu, dan memberkati dan memuliakan dan meninggikan Engkau, berkata, “Kudus! Kudus! Kudus! TUHAN segala Roh mengisi bumi dengan roh-roh.”

  • Note ayat 39:12 mereka yang tidak tidur: Para malaikat surgawi.
  • Note ayat 39:12 Kudus! Kudus! Kudus! TUHAN segala Roh: Yesaya 6:2,3 (ILT) Dan yang ini (Serafim) berseru kepada yang itu, dan berkata, “Kudus, kudus, kuduslah YAHWEH Tsebaot; seluruh bumi penuh dengan kemuliaan-Nya.” Wahyu 4:8 (ILT) Dan keempat makhluk hidup masing-masing pada dirinya sendiri memiliki enam sayap di sekelilingnya, dan di dalamnya penuh dengan mata, dan siang dan malam mereka tidak beristirahat untuk mengatakan, “Kudus, kudus, kuduslah YAHWEH, Elohim Penguasa Semesta, Yang Sudah Ada, dan Yang Ada dan Yang Akan Datang.”

PASAL 41.

Henokh 41:1. Dan setelah itu aku melihat semua rahasia surga, dan bagaimana kerajaan itu dibagi, dan bagaimana perbuatan manusia ditimbang pada timbangan. 

  • Note ayat 41:1 perbuatan manusia ditimbang pada timbangan: 1Samuel 2:3 (ILT) Jangan mengumbar kata-katamu yang takabur, dan janganlah keangkuhan keluar dari mulutmu; karena YAHWEH Dialah Elohim Yang Mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan ditimbang. Mazmur 62:10 (ILT) Sesungguhnya anak-anak manusia adalah kesia-siaan; anak-anak manusia adalah dusta; ketika naik ke atas neraca, mereka semua lebih ringan daripada kesia-siaan. Amsal 16:2 (ILT) Setiap jalan manusia adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi YAHWEH menimbang roh. Amsal 21:2 (ILT) Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi YAHWEH menimbang hati. Amsal 24:12 (ILT) Ketika engkau berkata, “Lihatlah, kami tidak mengetahui hal itu!” Bukankah Dia yang menimbang hati, Dia memerhatikannya? Dan Dia yang menjaga jiwamu, Dia mengetahui dan membalas manusia seturut perbuatannya? Daniel 5:27 (ILT) Tekel (Aramaic: teqal; ditimbang), engkau ditimbang dengan neraca dan didapati kurang.

Henokh 41:2. Disana aku melihat tempat tinggal orang pilihan, dan tempat tinggal orang kudus, dan mataku melihat bagaimana semua orang-orang berdosa dilemparkan dari sana, mereka yang menyangkal nama TUHAN segala Roh, dan mereka diseret, dan tidak ada istirahat bagi mereka karena hukuman yang keluar dari TUHAN segala Roh.

  • Note ayat 41:2 dilemparkan: Wahyu 20:15 (ILT) Dan jika seseorang tidak didapati tertulis di dalam Kitab Kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api.
  • Note ayat 41:2 menyangkal: Henokh 38:2 dan ketika Dia Yang Adil muncul di hadapan orang-orang benar yang terpilih, yang perbuatannya bergantung dari TUHAN segala Roh, dan terang akan muncul bagi orang-orang benar dan orang-orang pilihan, yang diam di bumi,—di manakah tempat tinggal orang-orang berdosa, dan di manakah tempat peristirahatan orang-orang yang telah menyangkal TUHAN segala Roh? Lebih baik mereka tidak dilahirkan. Henokh 45:1-2 Dan ini adalah perumpamaan kedua tentang orang-orang yang menyangkal nama tempat kediaman yang kudus dan TUHAN segala Roh. Mereka tidak akan naik ke surga, dan tidak akan datang di bumi; demikian akan menjadi bagian dari orang-orang berdosa yang menyangkal nama TUHAN segala Roh, mereka yang disimpan untuk hari penderitaan dan duka cita. Henokh 46:7 Dan mereka ini adalah yang menguasai bintang-bintang di langit, dan mengangkat tangan mereka terhadap Yang Maha Tinggi, dan menginjak-injak bumi dan hidup di atasnya, dan semua perbuatan mereka adalah ketidakadilan, dan kekuasaan mereka adalah dalam kekayaan mereka, dan iman mereka adalah kepada dewa-dewa yang mereka buat dengan tangan mereka, dan mereka telah menyangkal nama TUHAN segala Roh. Henokh 48:10 Dan pada hari kesusahan mereka, akan ada perhentian di bumi; di hadapan-Nya mereka akan jatuh dan tidak akan bangkit lagi, dan tidak akan ada satu pun yang akan mengulurkan tangan dan mengangkat mereka, karena mereka telah menyangkal TUHAN segala Roh dan Yang Diurapi-Nya. Nama TUHAN segala Roh diberkati! Henokh 67:10 Karena penghakiman datang atas mereka, karena mereka percaya pada keinginan daging mereka, dan menyangkal Roh Tuhan.

PASAL 45.

Henokh 45:1. Dan ini adalah perumpamaan kedua tentang orang-orang yang menyangkal nama tempat kediaman yang kudus dan TUHAN segala Roh. 

  • Note ayat 45:1 menyangkal nama tempat kediaman yang kudus dan TUHAN segala Roh: Wahyu 13:6 (TB) Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Elohim, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

Henokh 45:2. Mereka tidak akan naik ke surga, dan tidak akan datang di bumi; demikian akan menjadi bagian dari orang-orang berdosa yang menyangkal nama TUHAN segala Roh, mereka yang disimpan untuk hari penderitaan dan duka cita.

  • Note ayat 45:2 menyangkal nama TUHAN segala Roh: Lihat catatan Henokh 38:1 Perumpamaan Pertama. Ketika jemaat orang-orang benar muncul, dan orang-orang berdosa dihukum karena dosa-dosa mereka, dan diusir dari muka bumi.; Lihat catatan Henokh 41:2 Disana aku melihat tempat tinggal orang pilihan, dan tempat tinggal orang kudus, dan mataku melihat bagaimana semua orang-orang berdosa dilemparkan dari sana, mereka yang menyangkal nama TUHAN segala Roh, dan mereka diseret, dan tidak ada istirahat bagi mereka karena hukuman yang keluar dari TUHAN segala Roh.
  • Note ayat 45:2 mereka yang disimpan untuk hari penderitaan dan duka cita: 2 Petrus 3:7 (ILT) Namun sekarang, oleh firman yang sama langit dan bumi sedang disimpan untuk api, sambil dipelihara sampai pada hari penghakiman dan pemusnahan orang-orang fasik.

Henokh 45:3. Pada hari itu Dia Yang Terpilih akan duduk di atas takhta kemuliaan, dan akan menguji perbuatan anak-anak manusia dan tempat-tempat kediaman mereka akan tidak terhitung banyaknya, dan roh mereka akan menjadi kuat ketika mereka melihat Dia Yang Kupilih dan mereka yang telah dipanggil kepada nama-Ku yang kudus dan mulia.

  • Note ayat 45:3 Dia Yang Terpilih: Lihat catatan Henokh 40:5 Dan aku mendengar suara kedua, memuji Dia Yang Terpilih dan orang-orang pilihan, yang bergantung pada TUHAN segala Roh. Dia Yang Terpilih: Ini pertama kalinya gelar Dia Yang Terpilih disebutkan dalam Kitab Henokh, mengacu kepada Yeshua haMashiach atau Yesus Kristus. Yesaya 42:1 (ILT) Lihatlah hamba-Ku, Aku akan menopang dia, yang terpilih, yang padanya jiwa-Ku berkenan. Aku menaruh Roh-Ku atas dia, dia akan menunjukkan keadilan kepada bangsa-bangsa. 1Petrus 1:20 (TB) Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.; Lihat catatan Henokh 46:3 Dan dia menjawab dan berkata kepadaku, “Ini adalah Anak Manusia, yang memiliki keadilan, dan keadilan berdiam di dalam-Nya, dan segala harta kerahasiaan Dia singkapkan, karena TUHAN segala Roh telah memilih Dia, dan bagian-Nya melebihi segala sesuatu di hadapan TUHAN segala Roh, di dalam kebenaran sampai kepada kekekalan.
  • Note ayat 45:3 duduk di atas takhta kemuliaan: Matius 25:31 (ILT) Dan ketika Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat kudus bersama-Nya, pada waktu itu Dia akan duduk di atas takhta kemuliaan-Nya. Henokh 62:1-2 Dan Tuhan memerintahkan raja-raja dan orang-orang kuat dan orang-orang mulia dan mereka yang diam di bumi, dan berkata, “Bukalah matamu, dan angkatlah tandukmu, jika kamu mampu untuk mengenali Dia Yang Terpilih.” Dan TUHAN segala Roh duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan roh keadilan dicurahkan keluar dari pada-Nya, dan perkataan mulut-Nya membunuh semua orang berdosa dan semua orang fasik, dan mereka dihancurkan di hadapan wajah-Nya. Henokh 69:27 Dan Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan semua penghakiman telah diberikan kepada-Nya, Anak Manusia, dan Dia menyebabkan orang-orang berdosa hilang dan dihancurkan dari muka bumi, dan juga orang-orang yang telah menyesatkan bumi.
  • Note ayat 45:3 menguji perbuatan anak-anak manusia: Yeremia 17:10 (ILT) Aku YAHWEH, yang menyelidiki hati, menguji pikiran manusia, untuk membalas kepada setiap orang sesuai dengan tingkah lakunya dan sesuai dengan hasil perbuatannya. Zakharia 13:9 (ILT) Dan Aku akan membawa yang sepertiga itu ke dalam api, dan Aku akan memurnikan mereka seperti orang yang memurnikan perak, dan Aku akan menguji mereka seperti orang yang menguji emas. Mereka akan berseru kepada Nama-Ku dan Aku akan menjawab kepadanya. Aku akan mengatakan: Mereka adalah umat-Ku. Dan mereka akan menjawab: YAHWEH adalah Elohim kami!” Maleakhi 3:3 (ILT) Dan Dia akan duduk bagaikan orang yang menyaring dan yang memurnikan perak; Dia akan memurnikan keturunan Lewi dan membersihkannya seperti emas dan perak sehingga mereka akan menjadi orang-orang yang membawa persembahan sajian dalam kebenaran kepada YAHWEH.
  • Note ayat 45:3 tempat-tempat kediaman mereka akan tidak terhitung banyaknya: Henokh 39:6 Dan pada hari-hari itu mataku melihat tempat orang pilihan dan yang adil dan yang beriman, dan bagaimana keadilan akan ada di hari-hari mereka, dan orang-orang benar dan terpilih yang tidak terhitung jumlahnya ada di hadapan-Nya untuk selama-lamanya. Yohanes 14:2 (TB) Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

Henokh 45:4. Dan pada hari itu Aku akan membuat Dia Yang Kupilih untuk tinggal di antara mereka, dan akan mengubahkan surga dan menjadikannya berkat dan terang yang kekal.

  • Note ayat 45:4 tinggal di antara mereka: Wahyu 21:3 (TB) Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Elohim ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Elohim mereka.; Lihat catatan Henokh 39:1 Dan akan terjadi pada hari-hari itu, bahwa mereka yang terpilih dan anak-anak kudus akan turun dari surga yang tinggi, dan benih mereka akan menjadi satu dengan anak-anak manusia.

Henokh 45:5. Dan aku akan mengubahkan bumi dan membuatnya menjadi berkat, dan akan membuat orang-orang pilihan-Ku untuk tinggal di atasnya; dan mereka yang hidup dalam dosa dan yang melakukan kejahatan tidak akan berjalan di atasnya. 

  • Note ayat 45:5 mengubahkan bumi: Yesaya 65:17 (ILT) Sebab itu, lihatlah, Aku menciptakan langit baru dan bumi baru. Dan hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati. 2Petrus 3:13 (ILT) Dan, sesuai dengan janji-Nya, kita sedang menantikan langit baru dan bumi baru, yang di dalamnya kebenaran akan berdiam.

Henokh 45:6. Karena Aku telah melihat dan puas dengan kedamaian orang-orang benar-Ku, dan telah menempatkan mereka di hadapan-Ku; tetapi bagi orang-orang berdosa telah menanti di hadapan-Ku suatu penghakiman, supaya Aku dapat menghancurkan mereka dari muka bumi. 

Kesaksian Henokh tentang Yeshua haMashiach (Yesus Kristus)

PASAL 46.

Henokh 46:1. Dan aku melihat Dia Yang Lanjut Usianya, rambut-Nya putih bagaikan bulu domba; dan bersama-Nya ada seseorang yang wajah-Nya seperti penampakan seorang manusia, dan wajahnya penuh keagungan, seperti salah satu malaikat-malaikat kudus.

  • Note ayat 46:1 Dia Yang Lanjut Usianya: Gelar sebutan untuk YHWH Elohim. Daniel 7:9 (ILT) Aku melihat hingga takhta-takhta diturunkan, dan Yang Lanjut Usia duduk, jubah-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya seperti bulu domba yang bersih. Takhta-Nya seperti nyala api, roda-rodanya seperti api yang berkobar-kobar. Henokh 47:3 Dan pada hari-hari itu aku melihat Dia Yang Lanjut Usianya, Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan buku-buku kehidupan dibuka di hadapan-Nya, dan seluruh pasukan-Nya, yang di tempat tinggi di surga dan yang berada di sekitar-Nya, berdiri di hadapan-Nya. Henokh 48:2 Dan pada waktu itu Anak Manusia disebutkan di dekat TUHAN segala Roh, dan nama-Nya di hadapan Dia Yang Lanjut Usianya. Henokh 55:1 Kemudian Dia Yang Lanjut Usianya menyesal dan berkata, “Dengan sia-sia Aku telah menghancurkan semua yang tinggal di bumi.” Henokh 60:2 Dan kemudian aku melihat Dia Yang Lanjut Usianya duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan para malaikat dan mereka yang benar berdiri di sekelilingnya. Henokh 71:10,12-13 Dan bersama mereka Dia Yang Lanjut Usianya, kepala-Nya putih dan bersih seperti bulu domba, dan pakaian-Nya tidak dapat dijelaskan. Dan berkat-berkat ini, yang keluar dari mulutku, berkenan di hadapan Yang Lanjut Usianya. Dan Yang Lanjut Usianya datang dengan Michael dan Gabriel, Rufael dan Fanuel, dan dengan ribuan dan dengan sepuluh ribu kali seribu malaikat tidak terhitung.

Henokh 46:2. Dan aku bertanya kepada salah satu malaikat, yang pergi bersamaku, yang menunjukkan semua rahasia, mengenai Anak Manusia ini, siapakah Dia dan dari mana Dia berasal, dan mengapa Dia pergi dengan Dia Yang Lanjut Usianya? 

  • Note ayat 46:2 Anak Manusia: Di sini gelar Anak Manusia disebutkan untuk pertama kalinya dalam Kitab Henokh, yaitu sebutan untuk Yeshua haMashiach (Yesus Kristus). Daniel 7:13-14 (ILT) Aku melihat dalam penglihatan malam itu, dan lihatlah, seorang seperti Anak Manusia datang dengan awan-awan dari langit. Dan Dia datang kepada Yang Lanjut Usia itu. Lalu mereka membawa Dia ke hadapan-Nya. Dan kekuasaan diberikan kepada-Nya, kemuliaan, dan suatu kerajaan sehingga semua orang, bangsa, dan bahasa akan melayani-Nya. Kekuasaan-Nya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaan-Nya ialah kerajaan yang tidak akan musnah. Matius 16:13,16 (AYT) Ketika Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya, “Menurut perkataan orang, siapakah Anak Manusia itu? ” Simon Petrus menjawab, “Engkau adalah Kristus (atau Messias: Yang Diurapi), Anak Elohim yang hidup.” Henokh 48:2 Dan pada waktu itu Anak Manusia disebutkan di dekat TUHAN segala Roh, dan nama-Nya di hadapan Dia Yang Lanjut Usianya. Henokh 62:7,9,14 Karena sebelumnya Anak Manusia tersembunyi, dan Yang Maha Tinggi menjaga-Nya dalam kekuasaan-Nya, dan telah menyatakan Dia kepada orang pilihan. Dan semua raja-raja yang kuat dan orang mulia dan mereka yang memerintah atas bumi akan tersungkur, dan akan menyembah dan akan berharap kepada Anak Manusia, dan akan memohon kepada-Nya dan meminta belas kasihan-Nya. Dan TUHAN segala Roh akan tinggal bersama mereka, dan mereka akan tinggal bersama Anak Manusia, dan akan makan dan berbaring dan bangkit kembali dengan Dia untuk selamanya. Henokh 63:11 Dan setelah itu wajah mereka akan penuh dengan kegelapan dan rasa malu di hadapan Anak Manusia, dan mereka akan diusir dari hadapan-Nya, dan sebuah pedang akan tinggal di tengah-tengah mereka di hadapan wajah-Nya. Henokh 69:26-27 Dan ada sukacita besar diantara mereka, dan mereka memberkati dan menghormati dan meninggikan, karena nama Anak Manusia telah dinyatakan kepada mereka. Dan Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan semua penghakiman telah diberikan kepada-Nya, Anak Manusia, dan Dia menyebabkan orang-orang berdosa hilang dan dihancurkan dari muka bumi, dan juga orang-orang yang telah menyesatkan bumi. Henokh 70:1 Dan terjadilah setelah ini, namanya selama hidupnya itu diangkat kepada Anak Manusia, kepada TUHAN segala Roh, jauh dari orang-orang yang diam di bumi. Henokh 71:17 Dan demikianlah kehidupan yang panjang akan ada bersama Anak Manusia, dan damai sejahtera akan ada bagi orang benar, dan jalan-Nya yang benar akan ada bagi orang benar, dalam nama TUHAN segala Roh untuk selama-lamanya.

Henokh 46:3. Dan dia menjawab dan berkata kepadaku, “Ini adalah Anak Manusia, yang memiliki keadilan, dan keadilan berdiam di dalam-Nya, dan segala harta kerahasiaan Dia singkapkan, karena TUHAN segala Roh telah memilih Dia, dan bagian-Nya melebihi segala sesuatu di hadapan TUHAN segala Roh, di dalam kebenaran sampai kepada kekekalan.

  • Note ayat 46:3 yang memiliki keadilan, dan keadilan berdiam di dalam-Nya: Yesaya 9:6 (ILT) Sebab, seorang Anak telah lahir bagi kita, seorang Putra telah diberikan kepada kita, dan pemerintahan ada di pundak-Nya, dan Nama-Nya disebut Ajaib, Penasihat, Elohim Yang Perkasa, Bapa Yang Kekal, Raja Damai. Yesaya 11:3-5 (ILT) Sehingga melegakan Dia dalam takut akan YAHWEH, maka Dia tidak menghakimi dengan penglihatan mata-Nya dan tidak mengambil keputusan dengan pendengaran telinganya. Namun Dia akan menghakimi orang-orang yang lemah dalam kebenaran, dan akan memutuskan dengan adil bagi orang-orang yang rendah hati di bumi. Dan Dia akan memukul bumi dengan cambuk dari mulut-Nya, dan dengan napas bibir-Nya Dia akan membunuh orang fasik. Dan kebenaran akan menjadi pengikat pada pinggang-Nya, dan kesetiaan adalah pengikat hati-Nya. Yeremia 23:5-6 (ILT) “Lihatlah, hari-hari itu datang, firman YAHWEH, “bahwa Aku akan membangkitkan sebuah tunas yang benar bagi Daud, dan seorang raja akan memerintah dan bertindak dengan bijaksana, serta akan melakukan keadilan dan kebenaran di bumi.” “Pada hari-hari-Nya Yehuda akan diselamatkan dan Israel akan tinggal dengan aman. Dan inilah Nama-Nya yang menyatakan diri-Nya: YAHWEH Tsidkenu (YAHWEH kebenaran kita). Yeremia 33:15-16 (ILT) Pada hari-hari itu Aku akan menumbuhkan tunas kebenaran bagi Daud. Dan dia akan melaksanakan keadilan dan kebenaran di negeri. Pada hari-hari itu Yehuda akan diselamatkan dan Yerusalem akan diam di dalam ketenangan. Dan inilah Nama yang akan disebut atasnya: YAHWEH Tsidkenu (YAHWEH kebenaran kita).” Zakharia 9:9 (ILT) Bersukarialah dengan sangat, hai putri Zion! Bersorak-sorailah, hai putri Yerusalem. Lihatlah, Rajamu datang kepadamu! Dia adil dan jaya, rendah hati dan menunggang seekor keledai, dan seekor keledai muda, anak keledai betina.
  • Note ayat 46:3 segala harta kerahasiaan Dia singkapkan: Kolose 1:26-27 (TB) …yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya. Kepada mereka Elohim mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
  • Note ayat 46:3 telah memilih Dia: Lihat catatan Henokh 40:5 Dan aku mendengar suara kedua, memuji Dia Yang Terpilih dan orang-orang pilihan, yang bergantung pada TUHAN segala Roh. Henokh 51:3 Dan Dia Yang Terpilih, di hari-hari itu akan duduk di atas takhta-Nya, dan segala rahasia kebijaksanaan akan keluar dari pikiran perkataan-Nya, karena TUHAN segala Roh telah memberikannya kepada-Nya dan telah menghormati-Nya.
  • Note ayat 46:3 bagian-Nya melebihi segala sesuatu: Filipi 2:9-11 (ILT) Oleh karena itu pula Elohim telah meninggikan Dia dan menganugerahkan kepada-Nya Nama itu, yang di atas segala nama; supaya di dalam Nama Yeshua, setiap lutut, yang surgawi dan duniawi dan yang di bawah bumi, akan bertelut, dan setiap lidah mengaku bahwa Yeshua HaMashiach adalah Tuhan bagi kemuliaan Elohim Bapa.

Henokh 46:4. Dan Anak Manusia ini, yang telah engkau lihat, akan menyingkirkan raja-raja dan orang-orang perkasa dari tempat mereka berbaring, dan orang-orang kuat dari takhtanya, dan akan melepaskan ikatan orang-orang kuat, dan akan menghancurkan gigi orang-orang berdosa. 

  • Note ayat 46:4 menyingkirkan raja-raja: Hagai 2:22 (ILT) Dan Aku akan menggulingkan takhta kerajaan-kerajaan, dan Aku akan menghancurkan kekuatan kerajaan bangsa-bangsa. Dan Aku akan menggulingkan kereta-kereta perang, dan para pengendaranya, dan kuda-kuda dan para penunggangnya akan berjatuhan, masing-masing oleh pedang saudaranya.
  • Note ayat 46:4 melepaskan ikatan orang-orang kuat: Mazmur 107:14 (ILT) Dia membawa mereka keluar dari kegelapan dan bayang-bayang maut, dan Dia memutuskan belenggu mereka. Mazmur 116:16 (ILT) Ya YAHWEH, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu! Aku adalah pelayan-Mu, anak dari wanita pelayan-Mu; Engkau telah melepaskan belenggu-belengguku. Yeremia 30:8 (ILT) Maka akan terjadi pada hari itu,” firman YAHWEH Tsebaot, “Aku akan mematahkan kuk dari tengkukmu, dan Aku akan menghancurkan belenggu-belenggumu. Dan orang-orang asing tidak lagi akan melayaninya; Nahum 1:13 (ILT) Dan sekarang, Aku akan menghancurkan kuknya dari atasmu, dan Aku akan memutuskan ikatan-ikatan yang membelenggu engkau.
  • Note ayat 46:4 menghancurkan gigi orang-orang berdosa: Mazmur 3:8 (ILT) Bangkitlah, ya YAHWEH! Selamatkanlah aku, ya Elohimku! Sebab Engkau telah memukul rahang musuh-musuhku; Engkau telah meremukkan gigi orang fasik. Mazmur 58:7 (ILT) Ya Elohim, hancurkanlah gigi-gigi mereka dalam mulut mereka; cabutlah taring-taring singa-singa muda itu, ya YAHWEH.

Henokh 46:5. Dan Dia akan mengusir raja-raja dari takhtanya dan dari kerajaan mereka, karena mereka tidak mengagungkan diri-Nya dan memuji-Nya, dan tidak mengakui dengan rendah hati kerajaan yang diberikan kepada mereka. 

  • Note ayat 46:5 mengusir raja-raja dari takhtanya dan dari kerajaan mereka: Lukas 1:52 (TB) Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah. Henokh 62:2 Dan TUHAN segala Roh duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan roh keadilan dicurahkan keluar dari pada-Nya, dan perkataan mulut-Nya membunuh semua orang berdosa dan semua orang fasik, dan mereka dihancurkan di hadapan wajah-Nya.

Henokh 46:6. Dan Dia akan merendahkan wajah orang-orang kuat; dan menggantikannya dengan rasa malu: kegelapan akan menjadi tempat tinggal mereka dan cacing-cacing akan menjadi alas tidur mereka, dan mereka tidak akan memiliki pengharapan untuk bangkit dari tempat mereka berbaring, karena mereka tidak meninggikan nama TUHAN segala Roh.  

  • Note ayat 46:6 kegelapan: Ayub 18:18 (AYT) Ia akan dilemparkan dari terang kepada kegelapan, dan disingkirkan dari dunia. 2Petrus 2:17 (ILT) Mereka adalah sumber-sumber air yang kering, awan-awan yang diharubirukan oleh topan, bagi mereka pekatnya kegelapan telah tersedia untuk selamanya. Henokh 62:10 Dan TUHAN segala Roh akan menindas mereka, supaya mereka segera pergi dari hadapan-Nya dan wajah mereka akan penuh dengan malu, dan kegelapan akan semakin dalam atas wajah mereka.
  • Note ayat 46:6 cacing-cacing akan menjadi alas tidur: Ayub 17:13-14 (ILT) Bilamana aku menunggu alam maut sebagai rumahku, aku telah membentangkan tempat tidurku di dalam kegelapan. Aku telah berkata kepada kecurangan: Engkau adalah ayahku; kepada cacing, ibuku dan saudara perempuanku. Ayub 21:26 (ILT) mereka berbaring bersama-sama di dalam debu, dan cacing-cacing akan menutupinya. Yesaya 14:11 (TB) Ke dunia orang mati sudah diturunkan kemegahanmu dan bunyi gambus-gambusmu; ulat-ulat dibentangkan sebagai lapik tidurmu, dan cacing-cacing sebagai selimutmu.

Henokh 46:7. Dan mereka ini adalah yang menguasai bintang-bintang di langit, dan mengangkat tangan mereka terhadap Yang Maha Tinggi, dan menginjak-injak bumi dan hidup di atasnya, dan semua perbuatan mereka adalah ketidakadilan, dan kekuasaan mereka adalah dalam kekayaan mereka, dan iman mereka adalah kepada dewa-dewa yang mereka buat dengan tangan mereka, dan mereka telah menyangkal nama TUHAN segala Roh. 

  • Note ayat 46:7 menguasai bintang-bintang di langit: Daniel 8:10-11,13 (ILT) Dan dia menjadi besar, bahkan sampai kepada bala tentara langit. Dan dia menjatuhkan beberapa dari bala tentara itu dan dari bintang-bintang ke bumi dan menginjak-injak mereka. Bahkan dia membesarkan dirinya sendiri terhadap panglima bala tentara itu. Dan olehnya kurban terus-menerus telah dihapuskan dan dasar tempat kudus telah dirobohkan. Kemudian aku mendengar seorang yang kudus berbicara, dan seorang kudus lain berkata kepada yang berbicara itu, “Sampai kapankah penglihatan mengenai kurban terus-menerus dan kefasikan yang menyebabkan kehancuran, yang menjadikan baik tempat kudus maupun bala tentara itu sebagai yang terinjak-injak?”; Lihat catatan Henokh 43:4 Dan dia berkata kepadaku, “TUHAN segala Roh telah menunjukkan kepadamu gambaran mereka: ini adalah nama-nama orang benar, yang diam di bumi dan percaya kepada nama TUHAN segala Roh untuk selama-lamanya.”
  • Note ayat 46:7 menginjak-injak bumi: Daniel 7:23 (ILT) Demikianlah dia berkata, “Binatang yang keempat itu akan menjadi kerajaan yang keempat di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya, serta meremukkannya.”
  • Note ayat 46:7 kekayaan: Mazmur 49:7 (ILT) Orang-orang yang mengandalkan kekayaannya dan harta bendanya, menyombongkan diri. Mazmur 52:9 (ILT) “Lihatlah, orang yang tidak mau menjadikan Elohim sebagai kekuatannya, sebaliknya, mengandalkan pada kelimpahan kekayaannya, dia menjadi hebat dalam kehancurannya.”

Henokh 46:8. Dan mereka akan diusir keluar dari rumah jemaat-Nya, dan dari umat percaya yang bergantung di dalam nama TUHAN segala Roh.”

  • Note ayat 46:8 rumah jemaat-Nya: Henokh 53:6 Dan setelah ini, Dia Yang Benar dan Terpilih akan membuat rumah jemaat-Nya muncul, dan selanjutnya mereka tidak akan terhalang dalam nama TUHAN segala Roh.
  • Note ayat 46:8 bergantung di dalam nama TUHAN: Amsal 18:10 (ILT) Nama YAHWEH adalah menara kekuatan, orang benar berlari ke dalamnya dan dia akan ditinggikan. Mazmur 20:8 (ILT) Orang-orang ini bersandar pada kereta dan orang-orang itu bersandar pada kuda, tetapi kami akan mengingat Nama YAHWEH, Elohim kami.

Penganiayaan Orang-orang Benar

PASAL 47.

Henokh 47:1. Dan pada hari-hari itu doa orang benar, dan darah orang benar akan naik dari bumi ke hadapan TUHAN segala Roh.

  • Note ayat 47:1 doa orang benar dan darah orang benar: Wahyu 6:9-11 (ILT) Dan ketika Dia membuka Meterai yang Kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh berkenaan dengan firman Elohim dan berkenaan dengan kesaksian yang mereka miliki. Dan mereka berseru dengan suara yang keras sambil berkata, “Sampai kapan, ya Tuhan yang kudus dan yang benar, Engkau tidak menghakimi dan membalaskan darah kami terhadap mereka yang tinggal di bumi? Dan kepada mereka masing-masing diberikan jubah panjang putih. Dan kepada mereka dikatakan agar mereka dapat beristirahat sedikit waktu lagi sampai akan terpenuhinya jumlah mereka, sesama hamba-hamba dan saudara-saudara mereka, yang akan segera dibunuh seperti mereka juga.”

Henokh 47:2. Pada hari-hari itu para kudus, yang diam di tempat tinggi di surga, akan bersatu dalam satu suara, dan akan memohon dan berdoa dan memuji dan bersyukur dan memberkati nama TUHAN segala Roh, atas darah orang benar yang telah tertumpah, dan doa orang benar, supaya itu tidak menjadi sia-sia di hadapan TUHAN segala Roh, supaya penghakiman dapat dilakukan atas mereka, supaya mereka tidak menderita untuk selamanya.

  • Note ayat 47:2 para kudus: Para malaikat surgawi. Wahyu 5:8 (ILT) Dan ketika Dia menerima kitab itu, keempat makhluk hidup dan kedua puluh empat tua-tua itu tersungkur di depan Anak Domba itu, seraya masing-masing memegang kecapi dan bokor emas yang penuh dengan dupa, yang adalah doa-doa orang-orang kudus. Wahyu 8:3-4 (ILT) Dan datanglah malaikat yang lain, dan dia berdiri di depan mezbah seraya memegang pedupaan emas. Dan kepadanya telah diberikan dupa yang banyak supaya dia dapat mempersembahkannya bersama doa-doa semua orang kudus di atas mezbah emas itu di hadapan takhta itu. Dan asap dupa itu membubung bersama doa-doa orang-orang kudus dari tangan malaikat itu di hadapan Elohim.; Peristiwa pada pasal 47 ini nampaknya digenapi pada saat Anak Domba membuka Meterai yang Ketujuh (Wahyu 8:1-5).
  • Note ayat 47:2 akan memohon dan berdoa: Lihat catatan Henokh 15:2 Pergi, katakanlah kepada para malaikat penjaga surga, yang telah mengutusmu, supaya kamu memohonkan bagi mereka, “Kamulah yang harus mengajukan permohonan bagi manusia, dan bukan manusia bagi kamu.

Henokh 47:3. Dan pada hari-hari itu aku melihat Dia Yang Lanjut Usianya, Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan buku-buku kehidupan dibuka di hadapan-Nya, dan seluruh pasukan-Nya, yang di tempat tinggi di surga dan yang berada di sekitar-Nya, berdiri di hadapan-Nya.

  • Note ayat 47:3 Dia Yang Lanjut Usianya, Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya: Daniel 7:9-10,22 (TB-ILT) Aku melihat hingga takhta-takhta diturunkan, dan Yang Lanjut Usia duduk, jubah-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya seperti bulu domba yang bersih. Takhta-Nya seperti nyala api, roda-rodanya (Ibrani: ophanim) seperti api yang berkobar-kobar. Suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa (Aramaic: ribbo; sepuluh ribu kali sepuluh ribu) berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab. …sampai Yang Lanjut Usia itu datang. Dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; dan waktunya tiba, dan orang-orang kudus itu memiliki kerajaan.
  • Note ayat 47:3 buku-buku kehidupan: Kitab Kehidupan. Keluaran 32:32-33 (ILT) Dan sekarang, apakah Engkau akan menanggung dosa mereka? Dan jika tidak, aku mohon hapuskan aku keluar dari dalam kitab-Mu yang telah Engkau tulis.” Lalu berfirmanlah YAHWEH kepada Musa, “Siapa yang telah berdosa terhadap-Ku, Aku akan menghapuskan dia dari kitab-Ku. Mazmur 69:29 (ILT) Hapuslah mereka dari kitab kehidupan, jangan biarkan mereka ditulis bersama orang-orang benar. Yesaya 4:3 (ILT) Dan akan terjadi, dia yang tertinggal di Zion, dan dia yang tersisa di Yerusalem, ia akan disebut kudus, bahkan setiap orang yang tertulis di antara yang hidup di Yerusalem. Daniel 12:1 (ILT) Pada waktu itu akan muncul Mikhael, pemimpin besar yang akan mendampingi anak-anak bangsamu. Dan akan ada suatu masa kesusahan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak bangsa-bangsa ada sampai pada waktu itu. Dan pada waktu itu bangsamu akan dibebaskan, yakni semua orang yang akan didapati namanya tertulis dalam kitab itu. Maleakhi 3:16 (ILT) Kemudian, orang-orang yang takut akan YAHWEH akan berbicara bersama, masing-masing kepada sesamanya. Dan YAHWEH memerhatikan dan mendengarkannya. Dan sebuah kitab pengingat telah ditulis di hadapan-Nya bagi mereka yang takut akan YAHWEH, dan bagi mereka yang menghormati Nama-Nya. Wahyu 3:5 (ILT) Siapa yang menang, ia ini akan dikenakan jubah putih, dan Aku sekali-kali tidak akan menghapus namanya dari Kitab Kehidupan dan Aku akan mengakui namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan malaikat-malaikat-Nya. Wahyu 13:8 (ILT) Dan semua yang tinggal di bumi yang namanya tidak tertulis di dalam Kitab Kehidupan Anak Domba yang disembelih sejak permulaan dunia ini, mereka akan menyembah kepadanya. Wahyu 17:8 (ILT) Binatang buas yang engkau lihat, dia pernah ada dan sekarang tidak ada, tetapi dia akan segera muncul dari Abyssos, dan menuju kepada kebinasaan, dan orang-orang yang berdiam di muka bumi, yang nama-namanya tidak tertulis dalam Kitab Kehidupan sejak permulaan dunia, mereka akan heran sambil melihat binatang buas itu, yaitu yang pernah ada, dan sekarang tidak ada, sekalipun dia ada. Wahyu 20:12,15 (AYT) Dan, aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di hadapan takhta itu. Lalu, dibukalah kitab-kitab dan sebuah kitab yang lain, yaitu Kitab Kehidupan, dan orang-orang mati itu dihakimi berdasarkan apa yang tertulis dalam kitab-kitab itu, sesuai perbuatan mereka. Apabila seseorang namanya tidak tertulis dalam Kitab Kehidupan, ia akan dilemparkan ke dalam lautan api itu. Wahyu 21:27 (ILT) Dan setiap yang najis dan yang melakukan kekejian dan dusta, sekali-kali tidak akan masuk ke dalamnya, kecuali mereka yang tertulis dalam Kitab Kehidupan Anak Domba. Kitab Yobel 30:21-22 Seluruh catatan ini telah aku tuliskan bagimu, dan telah perintahkan kepadamu untuk mengatakannya kepada bani Yisrael, supaya mereka tidak berbuat dosa atau melanggar ketetapan-ketetapan atau melanggar perjanjian yang telah ditetapkan bagi mereka, (namun) supaya mereka menggenapinya dan dicatat sebagai sahabat-sahabat. Tetapi jika mereka melanggar dan melakukan kenajisan dengan segala cara, mereka akan dicatat pada loh-loh surgawi sebagai musuh-musuh, dan mereka akan dimusnahkan dari kitab kehidupan, dan mereka akan dicatat dalam buku dari mereka yang akan dihancurkan dan bersama mereka yang akan dimusnahkan dari bumi. Henokh 103:2 Aku tahu rahasia ini, dan telah membacanya dalam loh-loh surgawi, dan telah melihat buku orang-orang kudus, dan telah menemukan tertulis di dalamnya dan digoreskan bagi mereka. Henokh 104:1 Aku bersumpah kepadamu, hai kamu orang-orang benar, bahwa di surga para malaikat akan mengingat kamu untuk kebaikan di hadapan kemuliaan Yang Maha Besar. Namamu akan ditulis di hadapan kemuliaan Yang Maha Besar.

Henokh 47:4. Dan hati para kudus penuh dengan sukacita, karena jumlah keadilan telah terpenuhi dan doa orang-orang benar telah didengarkan dan darah orang benar telah dituntut di hadapan TUHAN segala Roh.

  • Note ayat 47:4 darah orang benar telah dituntut: Wahyu 16:5-6 (ILT) Dan aku mendengar malaikat air itu yang berkata, “Engkau adil, ya YAHWEH, Yang Ada, Yang Telah Ada dan Yang Akan Datang, karena Engkau telah menghakimi hal-hal ini; sebab mereka menumpahkan darah orang-orang kudus dan para nabi, dan Engkau telah memberikan darah kepada mereka untuk minum, sebab mereka itu pantas.” Wahyu 18:20 (AYT) Bersukacitalah atas dia, hai surga, hai orang-orang kudus, rasul-rasul, dan nabi-nabi! karena Elohim telah menjatuhkan hukuman atas kota itu bagimu.

PASAL 48.

Henokh 48:1. Dan di tempat itu aku melihat mata air keadilan yang tidak ada habisnya; dan di sekitarnya banyak mata air kebijaksanaan, dan mereka yang haus minum dari padanya dan akan dipenuhi dengan kebijaksanaan, dan tempat kediaman mereka adalah dengan yang benar dan kudus dan yang dipilih.

  • Note ayat 48:1 mata air keadilan: Henokh 39:5 Di sana mataku melihat tempat tinggal mereka bersama para malaikat, dan tempat kediaman mereka dengan para kudus, dan mereka bertanya dan memohon dan berdoa bagi anak-anak manusia, dan keadilan seperti air mengalir di hadapan mereka, dan belas kasihan seperti embun di atas bumi; demikianlah itu ada diantara mereka untuk selama-lamanya.
  • Note ayat 48:1 mereka yang haus: Wahyu 21:6 (TB) Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.

Henokh 48:2. Dan pada waktu itu Anak Manusia disebutkan di dekat TUHAN segala Roh, dan nama-Nya di hadapan Dia Yang Lanjut Usianya. 

  • Note ayat 48:2 Anak Manusia disebutkan: 1Petrus 1:20 (TB) Ia (Yeshua) telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.
  • Note ayat 48:2 nama-Nya: Ibrani 1:4 (ILT) … jauh lebih tinggi daripada para malaikat, Dia (Yeshua) telah mewarisi Nama yang jauh lebih unggul daripada mereka. Lukas 1:31 (ILT) Dan lihatlah, engkau akan mengandung di dalam rahimmu, dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan engkau akan menyebut Nama-Nya Yeshua (Yunani: Iesous; transliterasi dari nama Ibrani Yehoshua, artinya YHWH adalah keselamatan). Yesaya 7:14 (ILT) Sebab itu Tuhan sendiri akan memberikan kepadamu sebuah tanda, lihatlah, perawan itu akan mengandung dan akan melahirkan seorang putra, dan dia akan memanggil namanya: Immanuel (Ibrani: Immanuel; Elohim bersama kita).

Henokh 48:3. Dan sebelum matahari dan tanda-tanda diciptakan, sebelum bintang di langit dibuat, nama-Nya dipanggil di hadapan TUHAN segala Roh.

  • Note ayat 48:3 nama-Nya dipanggil: Henokh 62:7 Karena sebelumnya Anak Manusia tersembunyi, dan Yang Maha Tinggi menjaga-Nya dalam kekuasaan-Nya, dan telah menyatakan Dia kepada orang pilihan. Henokh 69:26 Dan ada sukacita besar diantara mereka, dan mereka memberkati dan menghormati dan meninggikan, karena nama Anak Manusia telah dinyatakan kepada mereka.

Henokh 48:4. Dia akan menjadi tongkat bagi orang-orang yang benar dan yang kudus, yang dengan-Nya mereka dapat menopang diri mereka sendiri sehingga tidak jatuh, dan Dia akan menjadi terang bagi bangsa-bangsa, dan Dia akan menjadi harapan bagi orang-orang yang sakit di dalam hati mereka.

  • Note ayat 48:4 menopang diri mereka sendiri sehingga tidak jatuh: Mazmur 37:17,24 (ILT) Lengan orang fasik akan dipatahkan; tetapi YAHWEH menopang orang benar. Apabila dia jatuh, tidaklah sampai terhempas; karena YAHWEH menopang tangannya.
  • Note ayat 48:4 terang bagi bangsa-bangsa: Yohanes 8:12 (ILT) Selanjutnya, Yeshua berbicara lagi kepada mereka, dengan mengatakan, “Aku adalah terang dunia. Siapa yang mengikut kepada-Ku, ia sekali-kali tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan akan mempunyai terang kehidupan.” Yesaya 42:6-7 (ILT) Aku, YAHWEH, memanggil engkau (Yeshua) di dalam kebenaran, dan akan memegang tanganmu, dan akan menjagamu, dan menetapkan engkau sebagai perjanjian bagi manusia, sebagai terang bagi bangsa-bangsa; untuk mencelikkan mata yang buta, untuk melepaskan tawanan dari penjara, mereka yang duduk dalam kegelapan dari rumah tahanan itu.
  • Note ayat 48:4 harapan bagi orang-orang yang sakit di dalam hati mereka: Yesaya 61:1 (ILT) Roh Tuhan YAHWEH ada padaku, karena YAHWEH telah mengurapi aku (Yeshua), untuk memberitakan kabar baik kepada yang lemah. Dia mengutus aku untuk membalut hati yang terluka, untuk memberitakan tahun pembebasan kepada para tawanan, dan kebebasan bagi orang-orang yang terbelenggu. Lukas 4:18-19 (AYT) “Roh Tuhan ada pada-Ku, karena Ia telah memilih Aku untuk memberitakan Kabar Baik kepada orang-orang miskin. Ia mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada para tawanan, dan pemulihan penglihatan kepada orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, dan untuk mengabarkan bahwa tahun rahmat Tuhan sudah datang.”

Henokh 48:5. Semua yang hidup di atas bumi akan tersungkur di hadapan-Nya dan bertekuk lutut kepada-Nya, dan akan memberkati dan memuji Dia dan akan menyanyikan mazmur bagi nama TUHAN segala Roh.

  • Note ayat 48:5 bertekuk lutut kepada-Nya: Yesaya 45:23,24 (TB) Demi Aku sendiri Aku telah bersumpah, dari mulut-Ku telah keluar kebenaran, suatu firman yang tidak dapat ditarik kembali: dan semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku, dan akan bersumpah setia dalam segala bahasa, sambil berkata: Keadilan dan kekuatan hanya ada di dalam TUHAN. Semua orang yang telah bangkit amarahnya terhadap Dia akan datang kepada-Nya dan mendapat malu. Henokh 10:21 Dan semua anak-anak manusia akan menjadi benar, dan semua bangsa akan menyembah Aku sebagai Tuhan, dan memberkati dan semua akan menyembah-Ku. Henokh 62:6,9 Dan raja-raja yang berkuasa, dan semua orang yang menguasai bumi, akan menghormati, dan memberkati, dan meninggikan Dia yang memerintah atas segala sesuatu, Dia yang disembunyikan. Dan semua raja-raja yang kuat dan orang mulia dan mereka yang memerintah atas bumi akan tersungkur, dan akan menyembah dan akan berharap kepada Anak Manusia, dan akan memohon kepada-Nya dan meminta belas kasihan-Nya. Henokh 63:1 Dan pada hari-hari itu raja-raja yang kuat, yang menguasai bumi, akan memohon kepada para malaikat penghukuman, kepada siapa mereka diserahkan, agar mereka diberi sedikit kelonggaran, sehingga mereka dapat bersujud dan menyembah di hadapan TUHAN segala Roh , dan dapat mengakui dosa-dosa mereka di hadapan-Nya.
  • Note ayat 48:5 menyanyikan mazmur bagi nama TUHAN: Wahyu 15:4 (ILT) Siapakah yang dapat sama sekali tidak takut akan Engkau dan memuliakan Nama-Mu, ya YAHWEH? Sebab hanya Engkaulah yang kudus, karena segala bangsa akan datang dan menyembah di hadapan Engkau, karena keadilan-Mu telah dinyatakan.”

Henokh 48:6. Untuk tujuan ini Dia telah dipilih dan disembunyikan di hadapan-Nya sebelum dunia diciptakan, dan Dia akan berada di hadapan-Nya sepanjang kekekalan.

  • Note ayat 48:6 disembunyikan: Henokh 62:7-8 Karena sebelumnya Anak Manusia tersembunyi, dan Yang Maha Tinggi menjaga-Nya dalam kekuasaan-Nya, dan telah menyatakan Dia kepada orang pilihan. Dan jemaat orang kudus dan orang pilihan akan ditaburkan, dan semua orang pilihan akan berdiri di hadapan-Nya pada hari itu. 2Esdras 13:52 Dia berkata kepadaku, “Sama seperti tidak ada seorang pun yang bisa menjelajahi atau mengetahui apa yang ada di kedalaman-kedalaman lautan, demikian juga tidak ada seorang pun di dunia dapat melihat Putera-Ku atau mereka yang ada bersama-Nya, kecuali pada waktu hari-Nya.
  • Note ayat 48:6 Dia telah dipilih  sebelum dunia diciptakan: 1Petrus 1:20 (TB) Ia (Yeshua) telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.
  • Note ayat 48:6 berada di hadapan-Nya sepanjang kekekalan: Amsal 8:22-31 (ILT) YAHWEH memiliki aku sejak permulaan jalan-Nya, sejak awal dari pekerjaan-Nya. Aku ditata dari keabadian, sejak permulaan, sebelum bumi ada.

Henokh 48:7. Dan kebijaksanaan TUHAN segala Roh telah menyatakan Dia kepada orang-orang yang kudus dan yang benar, karena Dia menyimpan bagian orang-orang benar, karena mereka telah membenci dan memandang hina dunia yang penuh ketidakadilan ini, dan telah membenci semua perbuatan dan cara-caranya di dalam nama TUHAN segala Roh; karena dalam nama-Nya mereka akan diselamatkan, dan Dia akan menjadi pembalas bagi hidup mereka.

  • Note ayat 48:7 menyatakan Dia kepada orang-orang yang kudus dan yang benar: 1Korintus 2:7 (TB) Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Elohim yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Elohim bagi kemuliaan kita. Roma 16:25,26 (TB) Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, —menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya, tetapi yang sekarang telah dinyatakan dan yang menurut perintah Elohim yang abadi, telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman—
  • Note ayat 48:7 menyimpan bagian orang-orang benar: 1Petrus 1:4 (TB) …untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.
  • Note ayat 48:7 dalam nama-Nya mereka akan diselamatkan: Yoel 2:32 (ILT) Dan akan terjadi, setiap orang yang berseru kepada Nama YAHWEH, akan diselamatkan; Kisah 4:12 (ILT) Dan keselamatan tidak ada pada siapa pun yang lain, karena di kolong langit ini tidak ada nama lain yang telah diberikan kepada manusia, yang di dalamnya kita dapat diselamatkan.
  • Note ayat 48:7 Dia akan menjadi pembalas bagi hidup mereka: Nahum 1:2 (ILT) Elohim adalah pencemburu dan pembalas; YAHWEH adalah pembalas dan penuh kemurkaan. YAHWEH adalah pembalas kepada para lawan-Nya dan murka kepada para musuh-Nya, dan Dia menyimpan murka-Nya di hadapan musuh-musuh-Nya.

Henokh 48:8. Dan pada hari-hari itu wajah raja-raja di bumi, dan orang-orang perkasa yang menguasai bumi, akan ditundukkan karena perbuatan tangan mereka, karena pada hari kegentaran dan kesusahan, jiwa mereka tidak akan diselamatkan.

  • Note ayat 48:8 ditundukkan: Lihat catatan Henokh 46:4-5 Dan Anak Manusia ini, yang telah engkau lihat, akan menyingkirkan raja-raja dan orang-orang perkasa dari tempat mereka berbaring, dan orang-orang kuat dari takhtanya, dan akan melepaskan ikatan orang-orang kuat, dan akan menghancurkan gigi orang-orang berdosa. Dan Dia akan mengusir raja-raja dari takhtanya dan dari kerajaan mereka, karena mereka tidak mengagungkan diri-Nya dan memuji-Nya, dan tidak mengakui dengan rendah hati kerajaan yang diberikan kepada mereka.

Henokh 48:9. Dan Aku akan menempatkan mereka ke dalam tangan orang pilihan-Ku, seperti jerami di dalam api dan seperti timah di dalam air; mereka akan terbakar di hadapan muka orang benar, dan tenggelam di hadapan muka orang kudus, dan tidak ada sisa-sisa mereka yang dapat ditemukan lagi.

  • Note ayat 48:9 menempatkan mereka ke dalam tangan orang pilihan-Ku: Henokh 38:5 Dan raja-raja perkasa akan binasa pada waktu itu, dan akan diberikan ke dalam tangan orang yang benar dan kudus. Henokh 50:2 Dan pada hari kesusahan, murka akan terkumpul di atas orang-orang berdosa, tetapi orang benar akan berkemenangan di dalam nama TUHAN segala Roh; dan Dia akan menunjukkannya kepada yang lain, supaya mereka bertobat, dan menghentikan perbuatan tangan mereka.
  • Note ayat 48:9 jerami di dalam api: Maleakhi 4:1 (TB) Bahwa sesungguhnya hari itu datang, menyala seperti perapian, maka semua orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, firman TUHAN semesta alam, sampai tidak ditinggalkannya akar dan cabang mereka. Kamu akan menginjak-injak orang-orang fasik, sebab mereka akan menjadi abu di bawah telapak kakimu, pada hari yang Kusiapkan itu, firman TUHAN semesta alam. Keluaran 15:7 (ILT) Dan dalam kebesaran atas keagungan-Mu, Engkau merobohkan siapa saja yang bangkit melawan-Mu; Engkau mengirimkan api murka-Mu yang menelan mereka seperti tunggul jerami. Yesaya 5:24 (ILT) Dengan demikian lidah api memakan jerami, dan nyala api melumat sekam, akar mereka bagaikan suatu kebusukan, dan pucuk mereka akan beterbangan seperti debu, karena mereka telah menolak hukum YAHWEH Tsebaot, dan menista firman Yang Mahakudus Israel. Yesaya 47:14 (ILT) Lihatlah, mereka akan menjadi seperti jerami, api akan membakar mereka, mereka tidak dapat menyelamatkan jiwa mereka dari kuasa nyala api. Tidak ada bara untuk menghangatkan mereka, ataupun api untuk berdiang di hadapannya. Obaja 1:18 (ILT) Maka kaum keluarga Yakub akan menjadi seperti api, dan kaum keluarga Yusuf akan menjadi seperti kobaran api; dan kaum keluarga Esau akan menjadi seperti jerami, dan mereka akan menyala di antara mereka dan membakar mereka habis, dan seorang pun tidak akan ada yang terluput dari bani Esau, -karena YAHWEH telah berfirman- 2Esdras 15:23. Dan api akan keluar dari murka-Nya, dan akan memakan fondasi-fondasi bumi, dan orang-orang berdosa, seperti jerami yang menyala.
  • Note ayat 48:9 timah: Keluaran 15:10 (ILT) Engkau meniup dengan angin topan-Mu; laut pun telah menutupi mereka, bagaikan timah mereka tenggelam dalam air yang dahsyat.

Henokh 48:10. Dan pada hari kesusahan mereka, akan ada perhentian di bumi; di hadapan-Nya mereka akan jatuh dan tidak akan bangkit lagi, dan tidak akan ada satu pun yang akan mengulurkan tangan dan mengangkat mereka, karena mereka telah menyangkal TUHAN segala Roh dan Yang Diurapi-Nya. Nama TUHAN segala Roh diberkati!

  • Note ayat 48:10 perhentian: Henokh 53:7 Gunung-gunung ini akan ada di hadapan-Nya seperti bumi, dan bukit-bukit akan menjadi seperti mata air, dan orang benar akan beristirahat dari penindasan orang-orang berdosa. Henokh 62:13 Dan orang-orang benar dan terpilih akan diselamatkan pada hari itu, dan tidak akan lagi melihat wajah orang-orang berdosa dan orang-orang yang tidak benar.
  • Note ayat 48:10 jatuh: Mazmur 36:12 (ILT) Di sanalah para pelaku kejahatan telah jatuh; mereka dicampakkan dan tidak dapat bangkit lagi.
  • Note ayat 48:10 menyangkal: Mazmur 2:2 (ILT) Raja-raja di bumi mempersiapkan diri dan para penguasa telah dihimpunkan bersama untuk menentang YAHWEH dan menentang yang diurapi (Ibrani: Mashiach)-Nya.
  • Note ayat 48:10 Yang Diurapi-Nya: Messias, Yeshua haMashiach. Mazmur 2:2 (TB) Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan YAHWEH dan Yang Diurapi (Ibrani: Mashiach)-Nya.

PASAL 49.

Henokh 49:1. Karena kebijaksanaan dicurahkan seperti air, dan kemuliaan tidak akan lenyap dari hadapan-Nya selama-lamanya. 2. Karena Dia sangat kuat di dalam semua rahasia keadilan; dan ketidakadilan akan berakhir seperti bayangan dan tidak akan teguh, karena Dia Yang Dipilih telah bangkit di hadapan TUHAN segala Roh dan kemuliaan-Nya sepanjang kekekalan, dan kekuasaan-Nya sepanjang semua generasi.

  • Note ayat 49:2 telah bangkit: Mikha 5:2 (TB) Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.
  • Note ayat 49:2 kemuliaan-Nya sepanjang kekekalan: Mikha 5:4 (ILT) Dan dia akan berdiri dan menggembalakan dalam kekuatan YAHWEH, di dalam kemuliaan Nama YAHWEH, Elohimnya. Dan mereka akan tinggal tetap, karena sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung-ujung bumi.
  • Note ayat 49:2 kekuasaan-Nya sepanjang semua generasi: Yesaya 9:5-6 (ILT) Sebab, seorang Anak telah lahir bagi kita, seorang Putra telah diberikan kepada kita, dan pemerintahan ada di pundak-Nya, dan Nama-Nya disebut Ajaib, Penasihat, Elohim Yang Perkasa, Bapa Yang Kekal, Raja Damai. Dalam hal perluasan pemerintahan-Nya, dan dalam hal damai sejahtera, tidaklah berkesudahan, di atas takhta Daud, dan di atas kerajaan-Nya, untuk meneguhkan dan mendukungnya dengan keadilan dan kebenaran, dari sekarang sampai selamanya. Dengan kecemburuan, YAHWEH Tsebaot akan melakukannya.

Henokh 49:3. Dalam Dia berdiam roh kebijaksanaan, dan Roh Dia yang menanamkan pengertian, dan roh pengajaran dan kuasa, dan roh mereka yang mati di dalam keadilan.

  • Note ayat 49:3 Dalam Dia berdiam roh kebijaksanaan, dan Roh Dia yang menanamkan pengertian, dan roh pengajaran dan kuasa: Yesaya 11:2 (ILT) Dan Roh YAHWEH akan tinggal pada-Nya; roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan kekuatan, roh pengenalan dan takut akan YAHWEH.

Henokh 49:4. Dan Dia akan menghakimi yang tersembunyi, dan tidak ada yang dapat berbicara kata-kata sia-sia di hadapan-Nya, karena Dia adalah Yang Terpilih di hadapan TUHAN segala Roh, menurut kehendak-Nya.

  • Note ayat 49:4 menghakimi yang tersembunyi: Yesaya 11:3-4 (ILT) Sehingga melegakan Dia dalam takut akan YAHWEH, maka Dia tidak menghakimi dengan penglihatan mata-Nya dan tidak mengambil keputusan dengan pendengaran telinganya. Namun Dia akan menghakimi orang-orang yang lemah dalam kebenaran, dan akan memutuskan dengan adil bagi orang-orang yang rendah hati di bumi. Dan Dia akan memukul bumi dengan cambuk dari mulut-Nya, dan dengan napas bibir-Nya Dia akan membunuh orang fasik. Roma 2:16 (TB) Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Elohim, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.
  • Note ayat 49:4 kata-kata sia-sia: Matius 12:36 (TB) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. 

Rapture

PASAL 50.

Henokh 50:1. Dan pada hari-hari itu akan ada perubahan bagi orang kudus dan yang dipilih, dan terang hari-hari akan berdiam atas mereka, dan kemuliaan dan kehormatan akan beralih kepada orang kudus.

  • Note ayat 50:1 perubahan bagi orang kudus dan yang dipilih: Ayat ini nampaknya berbicara mengenai “rapture,” atas orang-orang kudus dan yang dipilih, ketika mereka diubahkan dari tubuh lahiriah menjadi tubuh kemuliaan surgawi (1Korintus 15:35-58). Dan terang hari-hari akan berdiam atas mereka, dan kemuliaan dan kehormatan akan ada pada mereka. 1 Korintus 15:51,52 (TB) Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. Filipi 3:20b,21 (TB) … menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya. 2Esdras 6:25-26 “Dan akan terjadi bahwa siapa pun yang tersisa sesudah semua yang Aku nubuatkan kepadamu, dirinya sendiri akan diselamatkan dan akan melihat keselamatan-Ku dan akhir dari dunia-Ku. Dan mereka akan melihat orang-orang yang diangkat ke atas, mereka yang sejak kelahiran mereka belum merasakan kematian; dan hati penduduk bumi akan berubah dan diubah menjadi roh yang berbeda.
  • Note ayat 50:1 terang hari-hari: Henokh 58:6 Dan akan ada terang yang tidak akan berkesudahan, dan mereka tidak akan masuk ke dalam hari-hari yang terbatas, karena pertama-tama kegelapan akan dihancurkan, dan terang akan perkasa di hadapan TUHAN segala Roh, dan terang kejujuran akan menjadi kuat dalam kekekalan di hadapan TUHAN segala Roh.

Henokh 50:2. Dan pada hari kesusahan, murka akan terkumpul di atas orang-orang berdosa, tetapi orang benar akan berkemenangan di dalam nama TUHAN segala Roh; dan Dia akan menunjukkannya kepada yang lain, supaya mereka bertobat, dan menghentikan perbuatan tangan mereka.

  • Note ayat 50:2 pada hari kesusahan, murka akan terkumpul di atas orang-orang berdosa: Yeremia 30:23-24 (ILT-TB) Lihatlah, badai dari YAHWEH, murka telah menyambar, seperti angin ribut yang menyapu, dan turun menimpa kepala orang fasik. Murka TUHAN yang menyala-nyala itu tidak akan surut sampai Ia telah melaksanakan dan mewujudkan apa yang dirancang-Nya dalam hati-Nya; pada hari-hari yang terakhir kamu akan mengerti hal itu. Henokh 48:9 Dan Aku akan menempatkan mereka ke dalam tangan orang pilihan-Ku, seperti jerami di dalam api dan seperti timah di dalam air; mereka akan terbakar di hadapan muka orang benar, dan tenggelam di hadapan muka orang kudus, dan tidak ada sisa-sisa mereka yang dapat ditemukan lagi.
  • Note ayat 50:2 Dia akan menunjukkannya kepada yang lain, supaya mereka bertobat: Mereka yang lain ini nampaknya adalah mereka yang hidup fasik di bumi ketika Elohim menghakimi dunia pada Masa Kesusahan. Elohim membuat perbedaan antara orang benar dengan orang fasik. Orang-orang yang masih hidup di dalam dosa diberikan kesempatan bertobat sampai batas Akhir Zaman (ayat 5), seperti yang dijelaskan dalam ayat 2 ini: … supaya mereka bertobat, dan menghentikan perbuatan tangan mereka. Maleakhi 3:18 (ILT) Lalu kamu akan melihat lagi perbedaan antara yang benar dan yang jahat, antara orang yang melayani Elohim dan orang yang tidak melayani Dia.

Henokh 50:3. Dan mereka tidak akan memiliki kehormatan di hadapan TUHAN segala Roh, tetapi dalam nama-Nya mereka akan diselamatkan, dan TUHAN segala Roh akan memiliki belas kasihan kepada mereka, karena rahmat-Nya sangat besar.

  • Note ayat 50:3 mereka tidak akan memiliki kehormatan di hadapan TUHAN segala Roh, tetapi dalam nama-Nya mereka akan diselamatkan: Mereka yang bertobat pada saat-saat terakhir tetap akan diselamatkan oleh Elohim. TUHAN segala Roh akan memiliki belas kasihan kepada mereka, karena rahmat-Nya sangat besar.
  • Note ayat 50:3 rahmat-Nya sangat besar: 2Petrus 3:9 (ILT) Tuhan tidak menunda akan janji-Nya, sebagaimana beberapa orang menganggapnya penundaan, sebaliknya, Dia bersabar terhadap kita karena tidak menghendaki seorang pun binasa, melainkan supaya semua orang memperoleh pertobatan.

Henokh 50:4. Dan Dia adil dalam segala penghakiman-Nya, dan di hadapan kemuliaan-Nya, dan ketidakadilan tidak akan berdiri di hadapan-Nya: barangsiapa tidak mau bertobat akan dibinasakan. 

  • Note ayat 50:4 adil dalam segala penghakiman-Nya: Wahyu 16:7 (ILT) Dan aku mendengar yang lain, dari mezbah itu, yang berkata, “Benar, ya YAHWEH, Elohim Penguasa Semesta, benar dan adillah penghakiman-Mu.”
  • Note ayat 50:4 barangsiapa tidak mau bertobat akan dibinasakan: Wahyu 9:20 (ILT) Namun sisa manusia yang tidak terbunuh oleh bencana-bencana itu, mereka bahkan tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan tangan mereka, bahwa mereka tidak boleh menyembah setan-setan, dan berhala-berhala emas, dan perak, dan perunggu dan batu dan kayu yang bahkan tidak mampu baik untuk melihat, maupun mendengar ataupun berjalan.

Henokh 50:5. Selanjutnya Aku tidak akan berbelas kasihan kepada mereka, firman TUHAN segala Roh.

Penghakiman Terakhir

PASAL 51.

Henokh 51:1. Dan pada hari-hari itu bumi akan mengembalikan apa yang dipercayakan kepadanya, dan dunia orang mati akan mengembalikan apa yang dipercayakan kepadanya, yang telah diterimanya, dan neraka akan mengembalikan apa yang menjadi hutangnya.

  • Note ayat 51:1 mengembalikan: Pasal 51 berbicara mengenai peristiwa kebangkitan orang mati. Daniel 12:2 (ILT) Dan banyak di antara orang-orang itu yang tidur di dalam debu tanah akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk menjadi malu, dan kejijikan yang kekal.
  • Note ayat 51:1 dunia orang mati mengembalikan apa yang dipercayakan kepadanya: Wahyu 20:13 (TB) Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.
  • Note ayat 51:1 mengembalikan apa yang menjadi hutangnya: Dalam ayat ini, penulis menyebutkan tiga tempat: bumi, dunia orang mati dan neraka, akan mengembalikan apa yang dipercayakan kepada mereka. Dalam konsep Perjanjian Lama, dunia orang mati (Ibrani: Sheol) terbagi menjadi dua tempat: pertama tempat penyimpanan roh-roh orang yang sudah mati, dan yang kedua adalah neraka. Istilah neraka disini sama dengan istilah Abaddon yang digunakan dalam Perjanjian Lama: Ayub 26:6 (ILT) Alam maut (Ibrani: Sheol; dunia orang mati, kuburan, sumur, neraka) terbuka di hadapan-Nya, dan lubang kebinasaan (Ibrani: Abaddon; tempat kehancuran, kebinasaan) tidak ada tutupnya. Ayub 28:22 (ILT) Tempat kehancuran (Ibrani: Abaddon; tempat kehancuran, kebinasaan) dan maut (Ibrani: maveth; mati, kematian) berkata: Kami telah mendengar kemasyhurannya lewat telinga kami. Amsal 15:11 (ILT) Alam maut (Ibrani: Sheol; dunia orang mati, kuburan, sumur, neraka) dan kebinasaan (Ibrani: Abaddon; tempat kehancuran, kebinasaan) ada di hadapan YAHWEH, begitu juga hati anak-anak manusia.; Kitab Henokh mengajarkan tentang kebangkitan semua manusia: orang benar akan bangkit pada kebangkitan pertama, dan orang fasik akan bangkit pada kebangkitan kedua. Lihat catatan Henokh 91:10 Dan orang benar akan bangkit dari tidurnya, dan kebijaksanaan akan muncul dan akan diberikan kepada mereka. Henokh 92:3 Dan orang benar akan bangkit dari tidurnya, akan muncul dan berjalan di jalan keadilan, dan semua langkahnya dan jalannya akan berada dalam kebaikan yang kekal dan kemurahan.; Lihat catatan Henokh 22:12-13 Dan jika sebelum kekekalan, maka tempat ini dibuat bagi jiwa-jiwa yang meratap dan mereka yang mengungkapkan kehancuran mereka ketika mereka dibunuh pada hari-hari orang berdosa. Suatu tempat telah diciptakan juga bagi jiwa-jiwa manusia yang tidak benar, orang-orang berdosa, yang telah menggenapi kejahatan mereka; dan mereka akan bersama-sama dengan para penjahat seperti mereka; tetapi jiwa mereka tidak akan dibunuh pada hari penghakiman dan tidak akan diambil dari sini.” Henokh 61:5 Dan ukuran ini akan mengungkapkan semua rahasia kedalaman bumi, dan mereka yang telah mati oleh gurun, dan mereka yang telah mati dimakan ikan di laut, dan mereka yang telah mati dimakan oleh binatang, mereka akan kembali dan tinggal tetap pada hari dari Dia Yang Terpilih, karena tidak ada yang akan hancur di hadapan TUHAN segala Roh, dan tidak ada yang dapat dihancurkan. 2Esdras 4:41,42 Dan dia berkata kepadaku, “Di dalam Hades, kamar-kamar bagi jiwa-jiwa adalah seperti rahim. Karena sama seperti seorang wanita yang sedang dalam kesakitan bersegera melepaskan diri dari rasa sakit bersalin, demikian juga tempat-tempat ini bersegera mengembalikan hal-hal yang diserahkan kepada mereka sejak permulaan.

Henokh 51:2. Dan Dia akan memilih orang benar dan orang kudus dari antara mereka, karena harinya telah tiba bagi mereka untuk diselamatkan. 3. Dan Dia Yang Terpilih, di hari-hari itu akan duduk di atas takhta-Nya, dan segala rahasia kebijaksanaan akan keluar dari pikiran perkataan-Nya, karena TUHAN segala Roh telah memberikannya kepada-Nya dan telah menghormati-Nya.

  • Note ayat 51:3 kebijaksanaan: Lihat catatan Henokh 49:1 Karena kebijaksanaan dicurahkan seperti air, dan kemuliaan tidak akan lenyap dari hadapan-Nya selama-lamanya. Dalam Dia berdiam roh kebijaksanaan, dan Roh Dia yang menanamkan pengertian, dan roh pengajaran dan kuasa, dan roh mereka yang mati di dalam keadilan.

Henokh 51:4. Dan pada hari-hari itu gunung-gunung akan melompat seperti domba jantan, dan bukit-bukit akan meloncat seperti anak domba terpuaskan dengan susu, dan mereka semua akan menjadi malaikat-malaikat di surga.

  • Note ayat 51:4 gunung-gunung akan melompat seperti domba jantan, dan bukit-bukit akan meloncat seperti anak domba: Mazmur 114:4,6 (ILT) Gunung-gunung melompat-lompat seperti domba jantan, dan bukit-bukit seperti anak domba. Hai gunung-gunung, sehingga engkau berlompatan seperti domba jantan? Hai bukit-bukit kecil, seperti anak-anak domba?
  • Note ayat 51:4 mereka semua akan menjadi malaikat-malaikat di surga: Matius 22:30 (TB) Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga. Markus 12:25 (ILT) Sebab, ketika mereka bangkit dari antara orang mati, mereka tidak kawin ataupun dikawini, melainkan mereka menjadi seperti para malaikat yang ada di surga. Orang-orang benar yang dibangkitkan akan menjadi seperti para malaikat di surga.

Henokh 51:5. Wajah mereka akan bersinar dalam kelegaan, karena Dia Yang Terpilih telah bangkit pada hari-hari itu, dan bumi akan bersukacita, dan orang benar akan hidup di atasnya, dan orang pilihan akan berjalan kesana-kemari di atasnya.

  • Note ayat 51:5 Wajah mereka akan bersinar: Daniel 12:3 (ILT) Dan orang-orang yang bijaksana akan bercahaya bagaikan cahaya cakrawala. Mereka yang menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang selama-lamanya.
  • Note ayat 51:5 Dia Yang Terpilih telah bangkit: Kolose 3:4 (TB) Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.
  • Note ayat 51:5 orang benar akan hidup di atasnya: Mazmur 37:9,11,29,34 (ILT) Sebab para pelaku kejahatan akan dilenyapkan; tetapi mereka yang menanti-nantikan YAHWEH, akan mewarisi bumi. Namun mereka yang rendah hati akan memiliki bumi, dan akan menikmati sendiri atas kelimpahan damai sejahtera. Orang benar akan memiliki bumi, dan mereka akan tinggal di atasnya selama-lamanya. Nantikanlah YAHWEH dan peliharalah jalan-Nya, maka Dia akan meninggikan engkau untuk memiliki negeri; engkau akan menyaksikan ketika orang fasik dilenyapkan.

PASAL 53.

Henokh 53:1. Dan mataku melihat lembah yang dalam, yang mulutnya terbuka, dan semua orang yang diam di atas bumi dan laut dan pulau-pulau akan membawakan Dia hadiah dan persembahan dan upeti, tapi lembah yang dalam itu tidak akan penuh.

  • Note ayat 53:1 Dia: Dia Yang Terpilih, Messias. Lihat Henokh 52:9.
  • Note ayat 53:1 lembah yang dalam itu tidak akan penuh: Hadiah, persembahan dan upeti ini untuk membeli kebebasan dari penghakiman Messias, namun itu tidak akan cukup. Henokh 52:7 Dan akan terjadi pada hari-hari itu seorang pun tidak akan dapat menyelamatkan diri, tidak dengan emas, bukan dengan perak: tidak ada yang akan dapat menyelamatkan diri atau melarikan diri. Henokh 63:10 Sekarang mereka akan berkata kepada diri mereka sendiri, “Jiwa kami penuh dengan barang-barang yang tidak adil, tetapi itu tidak mencegah kami turun ke dalam nyala api dan penderitaan neraka.” Henokh 98:10 Dan sekarang ketahuilah, bahwa kamu telah dipersiapkan untuk hari kehancuran, dan jangan berharap bahwa kamu akan hidup, hai kamu orang-orang berdosa, tetapi kamu akan pergi dan mati, karena kamu tidak mengenal tebusan; karena kamu telah dipersiapkan bagi hari penghakiman besar, dan bagi hari kesusahan dan aib yang besar bagi jiwamu. Henokh 94:7 Celakalah mereka yang membangun rumah mereka di dalam dosa, karena mereka akan dicabut dari dasar mereka, dan akan tewas oleh pedang; dan mereka yang mendapatkan emas dan perak akan dihancurkan oleh penghakiman dengan tiba-tiba. Henokh 97:8-9 Celakalah kamu, hai orang-orang yang memperoleh perak dan emas tanpa keadilan, dan berkata, “Kami telah menjadi kaya, dan memiliki harta, dan memiliki segala sesuatu yang kami inginkan. Dan sekarang kami akan melakukan apa yang kami rencanakan, karena kami telah mengumpulkan perak, dan perbendaharaan kami telah penuh, dan seperti air demikianlah banyaknya pekerja di rumah-rumah kami.”

Henokh 53:2. Dan mereka melakukan kejahatan dengan tangan mereka, dan segala sesuatu yang mereka buat mereka habiskan dengan kejahatan, mereka, para pendosa; namun mereka akan dihancurkan di hadapan TUHAN segala Roh, mereka, para pendosa, dan mereka akan dikejar-kejar dari muka bumi-Nya terus-menerus sampai kepada seluruh kekekalan.

  • Note ayat 53:2 dihancurkan: Lihat keterangan Henokh 38:1 Ketika jemaat orang-orang benar muncul, dan orang-orang berdosa dihukum karena dosa-dosa mereka, dan diusir dari muka bumi.

Henokh 53:3. Karena aku telah melihat malaikat penghukuman, telah pergi dan menyiapkan semua alat-alat untuk Satan.

  • Note ayat 53:3 malaikat penghukuman: Henokh 54:6 Michael dan Gabriel, Rufael dan Fanuel, akan mengalahkan mereka pada hari besar, akan melemparkan mereka pada hari itu ke dalam tungku api pembakaran, supaya TUHAN segala Roh dapat membalaskan kepada mereka atas ketidakadilan mereka, karena mereka menjadi tunduk kepada Satan, dan telah menyesatkan orang-orang yang diam di bumi. Henokh 56:1 Dan aku melihat pasukan malaikat penghukuman berjalan dan memegang rantai besi dan perunggu. Henokh 62:11 Dan malaikat penghukuman akan melakukan pembalasan kepada mereka, karena mereka telah menindas anak-anak-Nya dan orang pilihan-Nya. Henokh 63:1 Dan pada hari-hari itu raja-raja yang kuat, yang menguasai bumi, akan memohon kepada para malaikat penghukuman, kepada siapa mereka diserahkan, agar mereka diberi sedikit kelonggaran, sehingga mereka dapat bersujud dan menyembah di hadapan TUHAN segala Roh, dan dapat mengakui dosa-dosa mereka di hadapan-Nya. Henokh 66:1 Dan setelah itu dia menunjukkan para malaikat penghukuman, yang telah siap untuk datang dan melepaskan semua kekuatan air yang berada di bawah bumi, untuk mendatangkan penghakiman dan kehancuran atas semua orang yang hidup dan tinggal di bumi.

Henokh 53:4. Dan aku bertanya kepada malaikat damai sejahtera yang pergi bersamaku, “Alat-alat ini, bagi siapa mereka telah dipersiapkan?” 5. Dan dia berkata kepadaku, “Ini telah dipersiapkan bagi raja-raja dan orang-orang perkasa di bumi ini supaya mereka dihancurkan bersamanya. 6. Dan setelah ini, Dia Yang Benar dan Terpilih akan membuat rumah jemaat-Nya muncul, dan selanjutnya mereka tidak akan terhalang dalam nama TUHAN segala Roh.

  • Note ayat 53:6 rumah jemaat-Nya: Henokh 39:4-6 Dan di sini aku melihat penglihatan lain, tempat tinggal orang benar dan tempat kediaman orang kudus. Di sana mataku melihat tempat tinggal mereka bersama para malaikat, dan tempat kediaman mereka dengan para kudus, dan mereka bertanya dan memohon dan berdoa bagi anak-anak manusia, dan keadilan seperti air mengalir di hadapan mereka, dan belas kasihan seperti embun di atas bumi; demikianlah itu ada diantara mereka untuk selama-lamanya. Dan pada hari-hari itu mataku melihat tempat orang pilihan dan yang adil dan yang beriman, dan bagaimana keadilan akan ada di hari-hari mereka, dan orang-orang benar dan terpilih yang tidak terhitung jumlahnya ada di hadapan-Nya untuk selama-lamanya.

Henokh 53:7. Gunung-gunung ini akan ada di hadapan-Nya seperti bumi, dan bukit-bukit akan menjadi seperti mata air, dan orang benar akan beristirahat dari penindasan orang-orang berdosa.”

  • Note ayat 53:7 bukit-bukit akan menjadi seperti mata air: Yesaya 41:18 (ILT) Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata-mata air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering. Yesaya 30:25 (ILT) dan di atas setiap gunung yang tinggi dan di atas setiap bukit yang ditinggikan, akan mengalir anak-anak sungai, aliran-aliran air, pada hari pembantaian yang hebat ketika menara-menara runtuh.

Peperangan Akhir Zaman, Gog dan Magog

PASAL 56.

Henokh 56:5. Dan pada hari-hari itu para malaikat akan berkumpul, dan mengarahkan pandangan mereka ke timur, ke arah orang-orang Parthia dan Media, dalam rangka menggerakkan raja-raja, dan supaya roh pengganggu datang atas mereka, dan menggiring mereka dari takhta mereka, supaya mereka datang keluar dari tempat peristirahatan mereka seperti singa, dan seperti serigala lapar di tengah-tengah ternak mereka.

  • Note ayat 56:5 Parthia dan Media: Parthia, atau Persia dan Media adalah orang-orang di daerah Iran sekarang ini. Ayat 5-8 ini rupanya nubuat tentang peperangan Akhir Zaman, Perang Gog dan Magog di Har-Meggido. Wahyu 16:13-16 (ILT) Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang buas dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis serupa katak, untuk pergi kepada raja-raja di bumi dan seluruh penduduk bumi guna mengumpulkan mereka ke dalam peperangan hari itu, hari besar Elohim Penguasa Semesta, karena mereka adalah roh-roh jahat yang mengadakan tanda-tanda. Dan Dia mengumpulkan mereka di tempat yang disebut dalam bahasa Ibrani, Har-Megido.

Henokh 56:6. Dan mereka akan naik dan melangkah di atas tanah orang-orang pilihan-Nya, tetapi tanah orang-orang yang dipilih-Nya, bagi mereka akan menjadi lantai pengirikan dan jalan raya.

  • Note ayat 56:6 mereka akan naik dan melangkah di atas tanah orang-orang pilihan-Nya: Dalam Perang Gog dan Magog (Yehezkiel 38-39) di Akhir Zaman, YHWH akan mengumpulkan seluruh penduduk bumi untuk peperangan pada Hari Besar, Hari YHWH Elohim Yang Maha Kuasa, di Har-Megiddo, Israel. Yehezkiel 38:9,16 (ILT) Engkau (Gog di tanah Magog) akan muncul, engkau akan datang seperti sebuah angin badai, engkau akan seperti awan menutupi negeri itu, engkau dan seluruh pasukanmu dan banyak bangsa bersama engkau.” Engkau akan datang atas umat-Ku Israel seperti segumpal awan, menutupi negeri itu. Dan akan terjadi pada hari-hari terakhir, Aku akan membawa engkau ke atas tanah-Ku, supaya bangsa-bangsa mengenal Aku, ketika Aku dikuduskan melalui engkau di depan mata mereka, hai Gog. Yoel 3:1-2 (ILT) Sebab, lihatlah, pada hari-hari itu dan pada waktu itu, ketika Aku akan membawa kembali tawanan Yehuda dan Yerusalem, maka Aku akan mengumpulkan semua bangsa dan membawa mereka turun ke Lembah Yosafat (Ibrani: Yehoshaphat; Yahweh menghakimi), dan Aku akan beperkara dengan mereka di sana, berkenaan dengan umat-Ku dan milik pusaka-Ku Israel, yang telah mereka serakkan di antara bangsa-bangsa; dan tanah-Ku yang telah mereka bagi-bagi. Zefanya 3:8 (ILT) “Sebab itu nantikanlah Aku, firman YAHWEH, pada waktu Aku bangkit menerkam mangsa. Sebab keputusan-Ku adalah untuk mengumpulkan bangsa-bangsa bagi-Ku, untuk menghimpun kerajaan-kerajaan, untuk mencurahkan ke atas mereka geram-Ku, yaitu kepanasan amarah-Ku. Karena dalam api kemurkaan-Ku yang penuh kecemburuan, seluruh bumi akan terbakar hangus.” Zakharia 14:1-15 (ILT) “Lihatlah, hari YAHWEH telah tiba! Dan jarahanmu akan dibagi-bagi di tengah-tengahmu. Dan Aku akan mengumpulkan semua bangsa ke Yerusalem untuk peperangan. Dan kota itu akan direbut, dan rumah-rumah akan dijarah, dan wanita-wanita akan diperkosa, dan setengah dari kota itu akan keluar ke pembuangan, tetapi sisa dari umat itu tidak akan diangkut dari kota itu.” Lalu YAHWEH akan keluar, dan Dia akan terlibat perang dengan bangsa-bangsa itu, seperti waktu Dia terlibat perang pada hari pertempuran. 2Esdras 13:5. Sesudah ini aku memandang, dan lihatlah, sejumlah besar manusia yang tak terhitung banyaknya berkumpul bersama-sama dari keempat angin surga untuk melakukan peperangan melawan Manusia yang bangkit keluar dari lautan.
  • Note ayat 56:6 lantai pengirikan: Yesaya 41:15 (ILT) Lihatlah, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam, baru, yang memiliki mulut, Engkau akan mengirik dan menghancurkan gunung-gunung, dan bukit-bukit akan kaubuat seperti sekam. Mikha 4:13 (ILT) Bangkitlah dan iriklah, hai putri Zion! Sebab, Aku akan membuat tandukmu seperti besi dan Aku akan membuat kukumu seperti tembaga. Lalu engkau akan menghancurleburkan banyak bangsa. Dan Aku akan menyerahkan hasil jarahan mereka kepada YAHWEH dan kekayaan mereka kepada Tuhan seluruh bumi.

Henokh 56:7. Tetapi kota orang-orang benar-Ku akan menjadi penghalang bagi kuda mereka, dan mereka akan berperang diantara mereka sendiri, dan tangan kanan mereka akan menjadi kuat melawan mereka sendiri, dan seseorang tidak akan mengenal tetangganya atau saudaranya, atau anak laki-laki mengenal ayah atau ibunya, sampai jumlah mayat mereka tidak terhitung melalui pembantaian dan hukuman atas mereka,—itu tidak akan sia-sia.

  • Note ayat 56:7 mereka akan berperang diantara mereka sendiri: Yehezkiel 38:21,22 (ILT) Dan Aku akan memanggil sebilah pedang melawannya di atas semua gunung-Ku,” demikianlah firman Tuhan YAHWEH, “dan pedang tiap-tiap orang akan melawan saudaranya.” “Dan Aku akan menghukumnya dengan tulah dan darah, dan hujan yang lebat, dan hujan batu. Aku akan menurunkan hujan api dan belerang atasnya, dan ke atas pasukan-pasukannya, dan ke atas banyak bangsa yang bersamanya.” Hagai 2:22 (ILT) Dan Aku akan menggulingkan takhta kerajaan-kerajaan, dan Aku akan menghancurkan kekuatan kerajaan bangsa-bangsa. Dan Aku akan menggulingkan kereta-kereta perang, dan para pengendaranya, dan kuda-kuda dan para penunggangnya akan berjatuhan, masing-masing oleh pedang saudaranya.” Zakharia 14:12,13 (ILT) Dan inilah tulah yang akan YAHWEH timpakan kepada semua bangsa yang berperang melawan Yerusalem. Dagingnya akan membusuk sementara dia masih berdiri tegak di atas kakinya, dan matanya akan membusuk di dalam rongganya, dan lidahnya akan membusuk di dalam mulutnya. Dan pada hari itu akan terjadi, bahwa kepanikan besar dari YAHWEH ada di antara mereka; dan mereka akan mencengkeram tangan seorang terhadap sesamanya, dan tangannya akan naik melawan tangan sesamanya. 2Esdras 13:31. Dan mereka akan berencana untuk berperang melawan satu sama lain, kota melawan kota, tempat melawan tempat, bangsa melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. 2Esdras 15:15. Karena pedang dan kesengsaraan mendekat kepada mereka, dan bangsa akan bangkit melawan bangsa, dengan pedang-pedang di tangan mereka.
  • Note ayat 56:7 seseorang tidak akan mengenal tetangganya atau saudaranya: Yesaya 3:5 (ILT) Dan orang-orang akan saling menindas, manusia melawan manusia, dan manusia kepada sesamanya. Anak-anak akan berlaku kurang ajar terhadap orang tua, dan yang rendah melawan yang terhormat. Yesaya 9:19-20 (ILT) Oleh murka YAHWEH Tsebaot, negeri itu dihanguskan, dan umat itu akan menjadi seperti mangsa api; manusia tidak akan menyayangi saudaranya. Dan dia telah memotong tangan kanannya, tetapi tetap lapar, dan dia memakan tangan kirinya, tetapi tidak kenyang, setiap orang akan memakan daging lengannya.
  • Note ayat 56:7 jumlah mayat mereka tidak terhitung: Yehezkiel 39:17-20 (ILT) Dan kamu, hai anak manusia, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Katakanlah kepada burung dari segala jenis yang bersayap dan segala binatang buas di padang: Berkumpullah dan datanglah, berhimpunlah kamu dari segala penjuru pada perjamuan kurban yang Kuadakan bagi kamu, yaitu suatu perjamuan kurban yang besar di atas Pegunungan Israel, sehingga kamu dapat makan daging dan minum darah. Kamu akan makan daging orang yang kuat dan minum darah raja-raja bumi, … Kamu akan makan lemak sampai kenyang dan minum darah sampai mabuk dari kurban-Ku yang telah Aku kurbankan bagimu. Dan kamu akan menjadi kenyang di meja-Ku, beserta kuda-kuda dan kereta-kereta perang, dan orang-orang yang kuat, dan semua prajurit perang, firman Tuhan YAHWEH. Wahyu 19:17-21 (ILT) Dan aku melihat seorang malaikat yang berdiri di matahari, dan dia berseru dengan suara nyaring sambil berkata kepada semua burung yang beterbangan di tengah langit, “Marilah dan berkumpullah bersama dalam perjamuan besar Elohim, supaya kamu dapat memakan daging para raja dan daging para panglima dan daging para pahlawan dan daging kuda-kuda dan mereka yang duduk di atasnya dan daging semua orang, baik orang merdeka maupun hamba, baik kecil maupun besar.” … Dan mereka yang selebihnya dibunuh oleh pedang yang keluar dari mulut Dia yang duduk di atas kuda itu. Dan semua burung dikenyangkan oleh daging mereka.
  • Note ayat 56:7 melalui pembantaian dan hukuman atas mereka: Yesaya 66:16 (ILT) Sebab dengan api dan dengan pedang-Nya, YAHWEH akan menjatuhkan hukuman kepada semua yang hidup, dan orang-orang yang terbunuh oleh YAHWEH akan menjadi banyak jumlahnya.

Henokh 56:8. Dan pada hari-hari itu dunia orang mati akan membuka mulutnya, dan mereka akan tenggelam ke dalamnya; dan kehancuran mereka, dunia orang mati, akan melahap orang-orang berdosa dari hadapan orang-orang pilihan.

  • Note ayat 56:8 membuka mulutnya: Yesaya 5:14 (ILT) Dengan demikian alam maut (Ibrani: Sheol) telah memperbesar hasratnya dan dia telah membuka lebar mulutnya dengan tanpa batas; maka kemuliaannya, dan rombongannya dan kegaduhannya, dan dia yang bersukaria akan turun ke dalamnya.
  • Note ayat 56:8 dunia orang mati, akan melahap orang-orang berdosa: Mazmur 49:15 (TB) Seperti domba mereka meluncur ke dalam dunia orang mati, digembalakan oleh maut; mereka turun langsung ke kubur, perawakan mereka hancur, dunia orang mati menjadi tempat kediaman mereka.

PASAL 58.

Henokh 58:3. Dan orang benar akan berada dalam terang matahari, dan orang pilihan dalam terang kehidupan yang kekal; dan tidak akan ada akhir untuk hari-hari kehidupan mereka, dan hari-hari orang kudus tidak akan terhitung jumlahnya.

  • Note ayat 58:3 berada dalam terang matahari, dan orang pilihan dalam terang kehidupan yang kekal: Yesaya 60:19,20 (ILT) Bagimu matahari tidak akan lagi menjadi terang pada siang hari, atau bulan akan memberimu terang sebagai sinar, tetapi YAHWEH akan ada sebagai terang abadi bagimu, dan Elohimmu adalah keindahanmu. Mataharimu tidak lagi akan menjadi terang bagimu, dan bulanmu tidak akan memudar, karena YAHWEH akan menjadi terang abadimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir.; Lihat catatan Henokh 38:4 Dan sejak waktu itu mereka yang menguasai bumi tidak akan menjadi kuat dan ditinggikan, mereka tidak dapat memandang wajah orang benar, karena terang TUHAN segala Roh akan terpancar dari wajah orang kudus dan yang benar dan yang terpilih.

Henokh 58:4. Dan mereka akan mencari terang dan akan menemukan keadilan dengan TUHAN segala Roh; akan ada damai sejahtera bagi orang benar bersama TUHAN seluruh dunia.

  • Note ayat 58:4 terang: Henokh 50:1 Dan pada hari-hari itu akan ada perubahan bagi orang kudus dan yang dipilih, dan terang hari-hari akan berdiam atas mereka, dan kemuliaan dan kehormatan akan beralih kepada orang kudus.
  • Note ayat 58:4 keadilan: Henokh 48:1 Dan di tempat itu aku melihat mata air keadilan yang tidak ada habisnya; dan di sekitarnya banyak mata air kebijaksanaan, dan mereka yang haus minum dari padanya dan akan dipenuhi dengan kebijaksanaan, dan tempat kediaman mereka adalah dengan yang benar dan kudus dan yang dipilih. Henokh 46:3 Dan dia menjawab dan berkata kepadaku, “Ini adalah Anak Manusia, yang memiliki keadilan, dan keadilan berdiam di dalam-Nya, dan segala harta kerahasiaan Dia singkapkan, karena TUHAN segala Roh telah memilih Dia, dan bagian-Nya melebihi segala sesuatu di hadapan TUHAN segala Roh, di dalam kebenaran sampai kepada kekekalan.

Henokh 58:5. Dan setelah itu akan dikatakan kepada yang kudus, bahwa mereka harus mencari di surga rahasia keadilan, bagian dari iman [kesetiaan], karena hal itu telah terbit seperti matahari di bumi, dan kegelapan telah menghilang. 

  • Note ayat 58:5 rahasia keadilan: Henokh 49:2 Karena Dia sangat kuat di dalam semua rahasia keadilan; dan ketidakadilan akan berakhir seperti bayangan dan tidak akan teguh, karena Dia Yang Dipilih telah muncul di hadapan TUHAN segala Roh dan kemuliaan-Nya sepanjang kekekalan, dan kekuasaan-Nya sepanjang semua generasi. Henokh 51:3 Dan Dia Yang Terpilih, di hari-hari itu akan duduk di atas takhta-Nya, dan segala rahasia kebijaksanaan akan keluar dari pikiran perkataan-Nya, karena TUHAN segala Roh telah memberikannya kepada-Nya dan telah menghormati-Nya.

Henokh 58:6. Dan akan ada terang yang tidak akan berkesudahan, dan mereka tidak akan masuk ke dalam hari-hari yang terbatas, karena pertama-tama kegelapan akan dihancurkan, dan terang akan perkasa di hadapan TUHAN segala Roh, dan terang kejujuran akan menjadi kuat dalam kekekalan di hadapan TUHAN segala Roh.

PASAL 61.

Henokh 61:1. Dan aku melihat pada hari-hari itu, tali yang panjang diberikan kepada para malaikat, dan mereka mengambil sayap bagi diri mereka sendiri dan terbang, dan pergi ke arah utara.

  • Note ayat 61:1 tali: Yehezkiel 47:3 (ILT) Ketika orang itu keluar ke arah timur ia memegang tali pengukur di tangannya, dia mengukur seribu hasta. Dan dia membawa aku melewati air, air sebatas mata kaki. Zakharia 1:16 (TB) Sebab itu, beginilah firman TUHAN, Aku kembali lagi kepada Yerusalem dengan kasih sayang. Rumah-Ku akan didirikan pula di sana, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan tali pengukur akan direntangkan lagi di atas Yerusalem.

Henokh 61:2. Dan aku bertanya kepada malaikat itu, “Mengapa mereka ini mengambil tali panjang dan pergi jauh?” Dan dia berkata kepadaku, “Mereka pergi keluar untuk mengukur.”

  • Note ayat 61:2 Mereka pergi keluar untuk mengukur: Zakharia 2:1 (ILT) Lalu aku melayangkan mataku dan melihat, dan tampaklah seseorang, dan tali pengukur ada di tangannya. Dan aku berkata, “Ke manakah engkau pergi?” Dan dia berkata kepadaku, “Ke Yerusalem, untuk mengukurnya, untuk melihat berapa lebarnya dan berapa panjangnya.”

Henokh 61:3. Dan malaikat, yang pergi bersamaku, berkata kepadaku, “Mereka ini membawa ukuran bagi orang benar dan tali bagi orang benar, supaya mereka dapat bertopang dalam nama TUHAN segala Roh untuk selama-lamanya.  

  • Note ayat 61:3 Mereka ini membawa ukuran bagi orang benar dan tali bagi orang benar: Yesaya 28:17 (ILT) Dan Aku akan meletakkan keadilan sebagai tali pengukur, dan kebenaran sebagai tali sipat.
  • Note ayat 61:3 bertopang dalam nama TUHAN: Amsal 18:10 (ILT) Nama YAHWEH adalah menara kekuatan, orang benar berlari ke dalamnya dan dia akan ditinggikan. Zefanya 3:12-13 (ILT) Bahwasanya Aku akan menyisakan di tengah-tengahmu suatu umat yang miskin dan lemah, mereka akan mencari tempat perlindungan di dalam Nama YAHWEH; yaitu orang-orang yang tersisa di Israel. Mereka tidak akan melakukan kesalahan dan tidak akan mengucapkan kata-kata dusta, juga tidak akan ditemukan lidah yang menipu pada mulut mereka. Karena mereka akan makan dan berbaring dan tidak satu pun yang membuat mereka takut.”

Henokh 61:4. Orang pilihan akan mulai tinggal dengan orang pilihan, dan ukuran ini akan diberikan kepada iman dan akan mengokohkan kebenaran. 5. Dan ukuran ini akan mengungkapkan semua rahasia kedalaman bumi, dan mereka yang telah mati oleh gurun, dan mereka yang telah mati dimakan ikan di laut, dan mereka yang telah mati dimakan oleh binatang, mereka akan kembali dan tinggal tetap pada hari dari Dia Yang Terpilih, karena tidak ada yang akan hancur di hadapan TUHAN segala Roh, dan tidak ada yang dapat dihancurkan.

  • Note ayat 61:5 mereka akan kembali: Kebangkitan orang mati. Lihat catatan Henokh 51:1 Dan pada hari-hari itu bumi akan mengembalikan apa yang dipercayakan kepadanya, dan dunia orang mati akan mengembalikan apa yang dipercayakan kepadanya, yang telah diterimanya, dan neraka akan mengembalikan apa yang menjadi hutangnya.
  • Note ayat 61:5 tinggal tetap: Wahyu 20:12 (TB) Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

Henokh 61:6. Dan semua yang tinggal di tempat tinggi di surga menerima perintah, satu kekuasaan, satu suara, satu terang, seperti api, diberikan kepada mereka. 7. Dan mereka memberkati dan meninggikan dan memuliakan dengan kebijaksanaan Dia Yang Esa, dan mereka bijaksana dalam ucapan dan dalam roh kehidupan. 8. Dan TUHAN segala Roh menempatkan Dia Yang Terpilih di atas takhta kemuliaan-Nya, dan Dia akan menghakimi semua perbuatan mereka yang kudus di surga, dan akan menimbang perbuatan mereka dengan timbangan.

  • Note ayat 61:8 menempatkan: Mazmur 110:1 (ILT) Mazmur Daud. Perkataan YAHWEH kepada Tuhanku: Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Aku membuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu.
  • Note ayat 61:8 mereka yang kudus di surga: Para malaikat surgawi.
  • Note ayat 61:8 menimbang: Lihat catatan Henokh 41:1 Dan setelah itu aku melihat semua rahasia surga, dan bagaimana kerajaan itu dibagi, dan bagaimana perbuatan manusia ditimbang pada timbangan.

Henokh 61:9. Dan ketika Dia mengangkat wajah-Nya untuk menghakimi jalan-jalan mereka yang rahasia oleh firman TUHAN segala Roh, dan jalan-jalan mereka di jalan penghakiman Elohim Yang Maha Tinggi, maka mereka semua akan berbicara dengan satu suara, dan memberkati, dan memuji, dan meninggikan, dan memuliakan nama TUHAN segala Roh.

  • Note ayat 61:9 mereka semua akan berbicara dengan satu suara: Wahyu 5:13 (ILT) Dan aku mendengar segala ciptaan yang ada di dalam surga dan di bumi dan di bawah bumi, dan apa yang ada di atas laut serta semua yang ada di dalamnya yang berkata, “Berkat dan hormat dan kemuliaan dan kekuasaan sampai selama-lamanya bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba.”

Henokh 61:10. Dan kemudian akan berseru semua jemaah surga, dan mereka yang kudus di surga, dan tentara Elohim, Cherubim dan Seraphim dan Ophanim, dan semua malaikat kekuasaan, dan semua malaikat tinggi, dan Dia Yang Terpilih, dan kekuasaan lain di bumi, di atas air, pada hari itu;  

  • Note ayat 61:10 Cherubim, dalam bahasa Ibrani: kerub, salah satu golongan malaikat surgawi yang berhubungan dengan penyembahan dan pujian kepada Elohim dan membawa kemuliaan Elohim. Disebutkan sebagai malaikat penjaga Taman Eden (Kejadian 3:24) dan makhluk malaikat surgawi yang mengapit di sisi-sisi takhta Elohim. Yesaya 37:16 (ILT) Ya YAHWEH Tsebaot, Elohim Israel, yang berdiam di antara para kerub…
  • Note ayat 61:10 Seraphim, dalam bahasa Ibrani saraph artinya ular naga terbang berapi. Makhluk yang berada dekat di takhta Elohim dan yang dilihat oleh nabi Yesaya. Yesaya 6:2-3 (ILT) Di atasnya ada para Seraf yang berdiri, padanya ada enam sayap, enam sayap untuk masing-masing, dengan dua sayap menutupi wajahnya, dan dengan dua sayap ia menutupi kakinya, dan dengan dua sayap ia terbang. Dan yang ini berseru kepada yang itu, dan berkata, “Kudus, kudus, kuduslah YAHWEH Tsebaot; seluruh bumi penuh dengan kemuliaan-Nya.”
  • Note ayat 61:10 Ophanim, dalam bahasa Ibrani ophan, artinya roda. Makhluk surgawi seperti yang dilihat oleh nabi Yehezkiel. Yehezkiel 1:15 Dan aku melihat pada makhluk-makhluk hidup itu, dan tampaklah sebuah roda (Ibrani: ophan; roda) di atas tanah di samping makhluk-makhluk hidup itu dengan keempat wajahnya. (ILT)
  • Note ayat 61:10 semua malaikat kekuasaan, dan semua malaikat tinggi: Kolose 1:16 (ILT) sebab oleh Dia segala sesuatu telah diciptakan, yang ada di dalam surga dan yang ada di atas bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik takhta-takhta atau para pemegang kekuasaan, atau penguasa-penguasa atau otoritas-otoritas; segala sesuatu telah diciptakan melalui Dia dan bagi Dia. Efesus 1:20-21 (ILT) yang telah Dia kerjakan dalam HaMashiach dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati, dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di alam surgawi, jauh mengatasi segala penguasa dan otoritas dan kuasa dan pemegang kekuasaan dan setiap nama yang disebut, bukan saja pada masa kini tetapi juga pada masa yang akan datang.
  • Note ayat 61:10 Dia Yang Terpilih: Lihat catatan Henokh 40:5 Dan aku mendengar suara kedua, memuji Dia Yang Terpilih dan orang-orang pilihan, yang bergantung pada TUHAN segala Roh.

Henokh 61:11. dan akan menaikkan satu suara, dan akan memberkati, dan memuliakan, dan memuji, dan meninggikan, dalam roh iman dan dalam roh kebijaksanaan dan kesabaran, dan dalam roh kemurahan, dan dalam roh penghakiman dan damai sejahtera, dan dalam roh kebaikan, dan semua akan berkata dengan satu suara, “Diberkatilah Dia, dan terpujilah nama TUHAN segala Roh, dalam kekekalan, dan sampai kekekalan.” 12. Dan mereka yang tidak tidur di surga yang tinggi akan memberkati Dia; semua para kudus-Nya, yang di surga, akan memberkati Dia, dan semua orang-orang pilihan, yang tinggal di taman kehidupan, dan setiap roh terang, yang bisa memberkati, dan memuliakan, dan meninggikan, dan berkata, “‘Kudus,’ untuk nama-Mu yang suci, dan segala makhluk, akan memuji-muji dan memberkati nama-Mu untuk selama-lamanya. 

  • Note ayat 61:12 mereka yang tidak tidur: Para malaikat surgawi. Lihat catatan Henokh 12:2 Dan semua hal yang dikerjakannya adalah bersama para kudus dan dengan para malaikat penjaga sepanjang hari-harinya.
  • Note ayat 61:12 segala makhluk: Filipi 2:10 (ILT) supaya di dalam Nama Yeshua, setiap lutut, yang surgawi dan duniawi dan yang di bawah bumi, akan bertelut.

Henokh 61:13. Karena besar rahmat TUHAN segala Roh, dan Dia lambat untuk marah, dan semua perbuatan-Nya, dan semua kekuatan-Nya, sebanyak yang telah Dia buat, telah Dia ungkapkan kepada orang benar dan orang pilihan, di dalam nama TUHAN segala Roh.”

PASAL 62.

Henokh 62:1. Dan Tuhan memerintahkan raja-raja dan orang-orang kuat dan orang-orang mulia dan mereka yang diam di bumi, dan berkata, “Bukalah matamu, dan angkatlah tandukmu, jika kamu mampu untuk mengenali Dia Yang Terpilih.”  

  • Note ayat 62:1 raja-raja dan orang-orang kuat: Lihat catatan Henokh 38:4 Dan sejak waktu itu mereka yang menguasai bumi tidak akan menjadi kuat dan ditinggikan, mereka tidak dapat memandang wajah orang benar, karena terang TUHAN segala Roh akan terpancar dari wajah orang kudus dan yang benar dan yang terpilih. Henokh 46:7 Dan mereka ini adalah yang menguasai bintang-bintang di langit, dan mengangkat tangan mereka terhadap Yang Maha Tinggi, dan menginjak-injak bumi dan hidup di atasnya, dan semua perbuatan mereka adalah ketidakadilan, dan kekuasaan mereka adalah dalam kekayaan mereka, dan iman mereka adalah kepada dewa-dewa yang mereka buat dengan tangan mereka, dan mereka telah menyangkal nama TUHAN segala Roh. Henokh 62:3,6,9 Kemudian akan berdiri pada hari itu semua raja-raja dan orang kuat dan orang mulia dan mereka yang menguasai bumi, dan akan melihat Dia dan akan tahu bahwa Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan bahwa orang benar dihakimi dalam keadilan di hadapan-Nya, dan tidak ada kata-kata sia-sia yang dapat diucapkan di hadapan-Nya. Dan raja-raja yang berkuasa, dan semua orang yang menguasai bumi, akan menghormati, dan memberkati, dan meninggikan Dia yang memerintah atas segala sesuatu, Dia yang disembunyikan. Dan semua raja-raja yang kuat dan orang mulia dan mereka yang memerintah atas bumi akan tersungkur, dan akan menyembah dan akan berharap kepada Anak Manusia, dan akan memohon kepada-Nya dan meminta belas kasihan-Nya. Henokh 63:1,12 Dan pada hari-hari itu raja-raja yang kuat, yang menguasai bumi, akan memohon kepada para malaikat penghukuman, kepada siapa mereka diserahkan, agar mereka diberi sedikit kelonggaran, sehingga mereka dapat bersujud dan menyembah di hadapan TUHAN segala Roh, dan dapat mengakui dosa-dosa mereka di hadapan-Nya. Dan berfirmanlah TUHAN segala Roh, “Ini adalah ketetapan dan penghakiman bagi orang-orang perkasa dan raja-raja dan orang-orang mulia dan mereka yang menguasai bumi di hadapan TUHAN segala Roh.” Henokh 67:8,12 Dan air itu akan melayani para raja dan orang kuat dan orang mulia dan mereka yang diam di bumi, untuk menyembuhkan jiwa dan tubuh, tapi akan menjadi penghakiman bagi roh, karena roh mereka penuh hawa nafsu, supaya mereka dihukum di dalam tubuh mereka, karena mereka telah menyangkal TUHAN segala Roh, dan akan melihat penghukuman mereka sehari-hari, tetapi tetap tidak percaya dalam nama-Nya. Dan aku mendengar Michael yang kudus menjawab dan berkata, “Penghakiman bagi para malaikat yang dikutuk ini adalah kesaksian bagi raja-raja dan orang kuat dan bagi mereka yang menguasai bumi.
  • Note ayat 62:1 tandukmu: Mazmur 75:5-6 (ILT) Aku berkata kepada orang yang sombong, “Janganlah sombong,” dan kepada orang fasik, “Janganlah meninggikan tanduk.” Janganlah mengangkat tandukmu tinggi-tinggi, janganlah berbicara dengan bersitegang leher.

Henokh 62:2. Dan TUHAN segala Roh duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan roh keadilan dicurahkan keluar dari pada-Nya, dan perkataan mulut-Nya membunuh semua orang berdosa dan semua orang fasik, dan mereka dihancurkan di hadapan wajah-Nya.

  • Note ayat 62:2 perkataan mulut-Nya membunuh semua orang berdosa dan semua orang fasik: Wahyu 19:15,21 (ILT) Dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam supaya dengannya Dia dapat memukul bangsa-bangsa. Dan Dia akan menggembalakan mereka dengan tongkat besi. Dan Dia akan memeras di pemerasan anggur, anggur amarah dan murka Elohim Penguasa Semesta. Dan mereka yang selebihnya dibunuh oleh pedang yang keluar dari mulut Dia yang duduk di atas kuda itu. Dan semua burung dikenyangkan oleh daging mereka.

Henokh 62:3. Kemudian akan berdiri pada hari itu semua raja-raja dan orang kuat dan orang mulia dan mereka yang menguasai bumi, dan akan melihat Dia dan akan tahu bahwa Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan bahwa orang benar dihakimi dalam keadilan di hadapan-Nya, dan tidak ada kata-kata sia-sia yang dapat diucapkan di hadapan-Nya.  

  • Note ayat 62:3 kata-kata sia-sia: Matius 12:36 (TB) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Henokh 62:4. Dan rasa sakit akan datang atas mereka, seperti wanita yang sakit bersalin, suatu kelahiran yang sulit, ketika bayi keluar dari rahim ibunya, dan dia kesakitan melahirkan.  

  • Note ayat 62:4 wanita yang sakit bersalin: Yesaya 21:3 (ILT) Oleh karena itu pinggangku telah menjadi penuh dengan penderitaan, rasa sakit telah merenggutku seperti rasa sakit wanita yang melahirkan, aku dibungkukkan untuk mendengar, diganggu untuk melihat. Yesaya 26:17 (ILT) Seperti wanita yang mengandung yang sudah dekat waktunya untuk melahirkan, dia menggeliat kesakitan, dan berteriak dalam penderitaannya, demikianlah kami di hadapan-Mu, ya YAHWEH. Yesaya 37:3 (ILT) Dan mereka berkata kepadanya, “Beginilah Hizkia berkata: Hari ini adalah hari kesesakan dan celaan dan kehinaan! Sebab seorang anak sudah tiba untuk dilahirkan, tetapi tidak ada kekuatan untuk melahirkan. Yeremia 4:31 (ILT) Oleh karena Aku telah mendengar suara seperti wanita yang lemah, penderitaan seperti dia yang melahirkan anak pertamanya, suara putri Zion yang sesak napas, dan merentangkan tangannya: Celaka sekarang bagiku, karena jiwaku menjadi lemah oleh karena para pembunuh.” Yeremia 22:23 (ILT) Wahai penghuni Libanon, yang bersarang di pohon-pohon aras, betapa engkau akan mengerang ketika rasa sakit menimpamu, sakit seperti seorang wanita yang hendak melahirkan! Yeremia 30:6 (ILT) Sekarang bertanyalah dan lihatlah, adakah seorang laki-laki melahirkan? Mengapa aku melihat setiap pria dengan tangan pada pinggangnya, seperti seorang wanita yang sakit bersalin, dan semua wajah berubah pucat? Yohanes 16:21 (ILT) Ketika seorang wanita akan melahirkan, dia menderita kesakitan karena waktunya telah tiba, tetapi tatkala dia telah melahirkan seorang bayi, dia tidak lagi mengingat kesukaran itu, karena sukacita bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.

Henokh 62:5. Dan sebagian dari mereka akan memandang yang lain, dan mereka akan gemetar dan akan tertunduk, dan rasa sakit akan menguasai mereka, ketika mereka melihat Anak Manusia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya.

  • Note ayat 62:5 rasa sakit akan menguasai mereka: Yesaya 13:7-8 (TB) Sebab itu semua tangan akan menjadi lemah lesu, setiap hati manusia akan menjadi tawar, dan mereka akan terkejut. Sakit mulas dan sakit beranak akan menyerang mereka, mereka akan menggeliat kesakitan seperti perempuan yang melahirkan. Mereka akan berpandang-pandangan dengan tercengang-cengang, muka mereka seperti orang yang demam.
  • Note ayat 62:5 Anak Manusia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya: Pasal 62 dari Kitab Henokh ini nampaknya paralel dengan Matius 25:31-46 (TB) “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing, dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya. Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal.”

Henokh 62:6. Dan raja-raja yang berkuasa, dan semua orang yang menguasai bumi, akan menghormati, dan memberkati, dan meninggikan Dia yang memerintah atas segala sesuatu, Dia yang disembunyikan.  

  • Note ayat 62:6 memerintah: Daniel 7:14 (ILT) Dan kekuasaan diberikan kepada-Nya, kemuliaan, dan suatu kerajaan sehingga semua orang, bangsa, dan bahasa akan melayani-Nya. Kekuasaan-Nya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaan-Nya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

Henokh 62:7. Karena sebelumnya Anak Manusia tersembunyi, dan Yang Maha Tinggi menjaga-Nya dalam kekuasaan-Nya, dan telah menyatakan Dia kepada orang pilihan.  

  • Note ayat 62:7 tersembunyi: Lihat catatan Henokh 48:6-7 Untuk tujuan ini Dia telah dipilih dan disembunyikan di hadapan-Nya sebelum dunia diciptakan, dan Dia akan berada di hadapan-Nya sepanjang kekekalan. Dan kebijaksanaan TUHAN segala Roh telah menyatakan Dia kepada orang-orang yang kudus dan yang benar, karena Dia menyimpan bagian orang-orang benar, karena mereka telah membenci dan memandang hina dunia yang penuh ketidakadilan ini, dan telah membenci semua perbuatan dan cara-caranya di dalam nama TUHAN segala Roh; karena dalam nama-Nya mereka akan diselamatkan, dan Dia akan menjadi pembalas bagi hidup mereka.
  • Note ayat 62:7 menyatakan Dia kepada orang pilihan: Kolose 1:26 (ILT) yaitu rahasia yang telah disembunyikan dari masa ke masa dan dari generasi ke generasi, tetapi sekarang telah dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya,

Henokh 62:8. Dan jemaat orang kudus dan orang pilihan akan ditaburkan, dan semua orang pilihan akan berdiri di hadapan-Nya pada hari itu.  

  • Note ayat 62:8 jemaat orang kudus: Lihat catatan Henokh 38:1 Perumpamaan Pertama. Ketika jemaat orang-orang benar muncul, dan orang-orang berdosa dihukum karena dosa-dosa mereka, dan diusir dari muka bumi. Henokh 53:6 Dan setelah ini, Dia Yang Benar dan Terpilih akan membuat rumah jemaat-Nya muncul, dan selanjutnya mereka tidak akan terhalang dalam nama TUHAN segala Roh.
  • Note ayat 62:8 ditaburkan: Didirikan. Henokh 10:16 Hancurkan semua penindasan dari muka bumi, dan semua perbuatan fasik akan berhenti, tanaman keadilan dan kebenaran akan muncul, dan perbuatan baik akan menjadi berkat: keadilan dan kebenaran akan ditanam dalam sukacita selamanya.

Henokh 62:9. Dan semua raja-raja yang kuat dan orang mulia dan mereka yang memerintah atas bumi akan tersungkur, dan akan menyembah dan akan berharap kepada Anak Manusia, dan akan memohon kepada-Nya dan meminta belas kasihan-Nya. 10. Dan TUHAN segala Roh akan menindas mereka, supaya mereka segera pergi dari hadapan-Nya dan wajah mereka akan penuh dengan malu, dan kegelapan akan semakin dalam atas wajah mereka.  

  • Note ayat 62:10 supaya mereka segera pergi dari hadapan-Nya: Matius 25:41,46 (ILT) Lalu, Dia akan berkata pula kepada mereka yang di sebelah kiri: Enyahlah dari-Ku ke dalam api kekal yang sudah disediakan bagi si iblis dan para malaikatnya, hai orang-orang yang terkutuk! Dan mereka ini akan menuju ke dalam penghukuman kekal, tetapi orang-orang benar ke dalam kehidupan kekal.”
  • Note ayat 62:10 malu, dan kegelapan: Lihat catatan Henokh 46:6 Dan Dia akan merendahkan wajah orang-orang kuat; dan menggantikannya dengan rasa malu: kegelapan akan menjadi tempat tinggal mereka dan cacing-cacing akan menjadi alas tidur mereka, dan mereka tidak akan memiliki pengharapan untuk bangkit dari tempat mereka berbaring, karena mereka tidak meninggikan nama TUHAN segala Roh.

Henokh 62:11. Dan malaikat penghukuman akan melakukan pembalasan kepada mereka, karena mereka telah menindas anak-anak-Nya dan orang pilihan-Nya.  

  • Note ayat 62:11 malaikat penghukuman: Lihat catatan Henokh 53:3 Karena aku telah melihat malaikat penghukuman, telah pergi dan menyiapkan semua alat-alat untuk Satan.

Henokh 62:12. Dan mereka akan menjadi tontonan bagi orang-orang benar dan orang-orang pilihan-Nya; dan akan bersukacita karena mereka, sebab murka TUHAN segala Roh tinggal atas mereka, dan pedang TUHAN segala Roh mabuk dengan darah mereka.  

  • Note ayat 62:12 mereka akan menjadi tontonan: Yesaya 66:24 (ILT) “Dan mereka akan pergi ke luar dan melihat mayat orang-orang yang telah memberontak melawan Aku, karena ulat-ulat mereka tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, dan mereka akan menjadi suatu kebencian bagi semua yang hidup.”; Lihat catatan Henokh 27:3-4 Dan pada hari-hari terakhir akan ada pemandangan tentang penghakiman yang adil atas mereka di hadapan orang-orang benar, dalam kekekalan selamanya; karena hal ini, mereka yang telah menemukan belas kasihan akan memberkati Tuhan Yang Mulia, Raja yang Kekal. Dan pada hari-hari penghakiman mereka, mereka akan memberkati-Nya karena belas kasihan-Nya, menurut bagian yang telah Dia berikan kepada mereka.” Henokh 48:9 Dan Aku akan menempatkan mereka ke dalam tangan orang pilihan-Ku, seperti jerami di dalam api dan seperti timah di dalam air; mereka akan terbakar di hadapan muka orang benar, dan tenggelam di hadapan muka orang kudus, dan tidak ada sisa-sisa mereka yang dapat ditemukan lagi.
  • Note ayat 62:12 murka TUHAN segala Roh: Yesaya 34:2-3 (ILT) Sebab murka YAHWEH ada di atas bangsa-bangsa, dan kemarahan-Nya di atas semua tentara mereka; Dia menghancurkan mereka, Dia memberikan mereka kepada para pembantai. Dan pembunuh-pembunuh mereka akan dilemparkan ke luar, dan bau busuk dari bangkai-bangkai mereka akan menyebar, dan gunung-gunung akan dibanjiri dengan darah mereka.
  • Note ayat 62:12 mabuk dengan darah mereka: Yesaya 34:6 (ILT) Sebilah pedang ada pada YAHWEH, ia berlumuran darah, ia dilumuri lemak dari darah anak-anak domba dan kambing-kambing jantan, dari lemak buah pinggang domba-domba jantan; karena kurban bagi YAHWEH di Bozra (Ibrani: botsrah; artinya benteng, padang berpagar, kawanan domba), dan pembantaian besar di Tanah Edom (Ibrani: Edom; merah). Yeremia 46:10 (ILT) “Sebab ini adalah hari Tuhan YAHWEH Tsebaot, hari pembalasan, bahwa Dia sendiri akan melakukan pembalasan kepada musuh-musuh-Nya. Dan pedang akan melahap dan menjadi kenyang, dan mabuk oleh darah mereka, karena suatu kurban adalah bagi Tuhan YAHWEH Tsebaot, di negeri utara di tepi Sungai Efrat. Wahyu 19:21 (ILT) Dan mereka yang selebihnya dibunuh oleh pedang yang keluar dari mulut Dia yang duduk di atas kuda itu. Dan semua burung dikenyangkan oleh daging mereka.

Henokh 62:13. Dan orang-orang benar dan terpilih akan diselamatkan pada hari itu, dan tidak akan lagi melihat wajah orang-orang berdosa dan orang-orang yang tidak benar.  

  • Note ayat 62:13 tidak akan lagi melihat: Lihat catatan Henokh 38:3-4 Dan ketika rahasia orang-orang benar diungkapkan, maka orang-orang berdosa akan dihakimi, dan orang-orang fasik akan diusir dari hadapan orang-orang benar dan terpilih. Dan sejak waktu itu mereka yang menguasai bumi tidak akan menjadi kuat dan ditinggikan, mereka tidak dapat memandang wajah orang benar, karena terang TUHAN segala Roh akan terpancar dari wajah orang kudus dan yang benar dan yang terpilih.

Henokh 62:14. Dan TUHAN segala Roh akan tinggal bersama mereka, dan mereka akan tinggal bersama Anak Manusia, dan akan makan dan berbaring dan bangkit kembali dengan Dia untuk selamanya.  

  • Note ayat 62:14 TUHAN segala Roh akan tinggal bersama mereka: Yesaya 4:5-6 (ILT) Dan YAHWEH akan menciptakan seluruh tempat kediaman di Gunung Zion, dan atas perhimpunannya, awan dan asap pada siang hari, dan kilat api pada malam hari, karena di atas semua kemuliaan akan ada tudung perlindungan. Dan di sana akan ada pondok untuk bernaung dari panas terik pada siang hari, dan sebagai perlindungan bahkan sebagai tempat persembunyian terhadap badai dan hujan. Yesaya 60:17-22 (ILT) Sebagai ganti tembaga, Aku akan membawa emas, dan sebagai ganti besi Aku akan membawakan perak. Dan sebagai ganti kayu -tembaga, sebagai ganti batu -besi. Dan Aku akan menempatkan damai sejahtera sebagai penilikmu, dan kebenaran sebagai mandormu. Kekerasan tidak akan terdengar lagi di negerimu, keruntuhan dan kebinasaan di wilayahmu; tetapi engkau akan menyebut tembok-tembokmu: Keselamatan, dan pintu-pintu gerbangmu: Pujian. Bagimu matahari tidak akan lagi menjadi terang pada siang hari, atau bulan akan memberimu terang sebagai sinar, tetapi YAHWEH akan ada sebagai terang abadi bagimu, dan Elohimmu adalah keindahanmu. Mataharimu tidak lagi akan menjadi terang bagimu, dan bulanmu tidak akan memudar, karena YAHWEH akan menjadi terang abadimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir. Dan bangsamu, mereka semua adalah orang-orang yang benar, mereka akan memiliki bumi selamanya, ranting dari tanaman-Ku, karya dari tangan-Ku, untuk membuat-Ku dipermuliakan. Yang kecil akan menjadi seribu, dan yang lemah menjadi bangsa yang kuat, Aku YAHWEH, akan melaksanakannya segera pada waktunya.” Zakharia 2:10,13 (ILT) “Bersoraklah dan bersukacitalah, hai putri Zion! Karena, lihatlah, Aku datang dan akan tinggal di tengah-tengahmu, firman YAHWEH. Hai semua manusia berdiam dirilah di hadapan YAHWEH, karena Dia telah menampilkan diri-Nya dari tempat kediaman-Nya yang kudus. Zakharia 9:7-8 (ILT) Aku akan menyingkirkan darah dari mulutnya, dan kejijikan dari antara giginya.” -Tetapi dia yang tertinggal, ya, dia, akan menjadi milik Elohim kita, Dan dia akan menjadi seorang pemimpin di Yehuda, dan Ekron akan seperti orang-orang Yebus- “Namun Aku akan berkemah di sekeliling rumah-Ku sebagai penjaga, oleh karena yang melintas dan yang kembali, dan yang menindas tidak akan melewatinya lagi, karena sekarang Aku telah melihat dengan mata-Ku sendiri.” Henokh 38:1 Perumpamaan Pertama. Ketika jemaat orang-orang benar muncul, dan orang-orang berdosa dihukum karena dosa-dosa mereka, dan diusir dari muka bumi. Henokh 45:4 Dan pada hari itu Aku akan membuat Dia Yang Kupilih untuk tinggal di antara mereka, dan akan mengubahkan surga dan menjadikannya berkat dan terang yang kekal. Henokh 105:2 Karena Aku dan Anak-Ku akan bergabung bersama mereka untuk selamanya di jalan kejujuran dalam kehidupan mereka. Dan damai sejahtera akan ada bagimu; bersukacitalah, hai kamu anak-anak kejujuran, dalam kebenaran!”
  • Note ayat 62:14 bersama Anak Manusia: Yehezkiel 34:24 (ILT) Dan Aku YAHWEH, akan menjadi Elohim mereka, dan hamba-Ku Daud (Ibrani: David; kekasih) menjadi seorang raja di tengah-tengah mereka. Aku, YAHWEH, telah mengatakannya.” Zefanya 3:15,17 (ILT) YAHWEH telah melenyapkan penghukuman terhadap engkau, Dia telah melemparkan musuh-musuhmu. YAHWEH, raja Israel, berada di tengah-tengahmu sehingga engkau tidak akan takut lagi kepada kejahatan. YAHWEH, Elohimmu ada di tengah-tengahmu sebagai pahlawan yang akan memberi kemenangan. Dia akan bersukacita atas engkau dengan kegembiraan, Dia akan memperbaharui engkau di dalam kasih-Nya. Dia akan bergembira atas engkau dengan sorak-sorai penuh sukacita.
  • Note ayat 62:14 makan dan berbaring: Zefanya 3:13 (ILT) yaitu orang-orang yang tersisa di Israel. Mereka tidak akan melakukan kesalahan dan tidak akan mengucapkan kata-kata dusta, juga tidak akan ditemukan lidah yang menipu pada mulut mereka. Karena mereka akan makan dan berbaring dan tidak satu pun yang membuat mereka takut.
  • Note ayat 62:14 untuk selamanya: Yeremia 24:6 (ILT) Dan Aku mengarahkan mata-Ku ke pada mereka demi kebaikan, dan Aku akan membawa mereka kembali ke negeri ini. Dan Aku akan membangun mereka dan tidak meruntuhkannya dan Aku akan menanam mereka dan tidak mencabutnya. Yehezkiel 37:25 (ILT) Dan mereka akan tinggal di tanah yang telah Aku berikan kepada hamba-Ku, Yakub, tempat para leluhurmu tinggal di dalamnya. Mereka dan anak-anaknya akan tinggal di sana untuk selamanya. Dan hamba-Ku Daud akan menjadi raja bagi mereka selama-lamanya. Yoel 3:20 (ILT) Tetapi Yehuda dan Yerusalem akan didiami turun-temurun untuk selamanya. Daniel 7:27 (ILT) Pemerintahan, kekuasaan, dan kebesaran kerajaan di bawah seru segenap langit akan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi, kerajaan-Nya adalah kerajaan yang kekal. Dan segala kekuasaan akan melayani dan patuh kepada-Nya.

Henokh 62:15. Dan orang-orang benar dan orang-orang pilihan akan bangkit dari bumi, dan akan berhenti menundukkan wajah mereka, dan akan dikenakan pakaian kehidupan. 16. Dan ini akan menjadi pakaian kehidupan di hadapan TUHAN segala Roh; dan pakaianmu tidak akan menjadi tua, dan kemuliaanmu tidak akan berlalu dari hadapan TUHAN segala Roh.

  • Note ayat 62:15 pakaian kehidupan: Wahyu 3:5 (ILT) Siapa yang menang, ia ini akan dikenakan jubah putih, dan Aku sekali-kali tidak akan menghapus namanya dari Kitab Kehidupan dan Aku akan mengakui namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan malaikat-malaikat-Nya. Wahyu 19:8 (ILT) Dan kepadanya dikaruniakan agar memakai kain linen yang halus, bersih dan bercahaya; karena kain linen yang halus adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.” Henokh 10:17 Kemudian semua orang benar akan terluput, dan mereka akan tetap hidup sampai mereka melahirkan ribuan keturunan, dan mereka akan menggenapkan semua hari-hari masa muda mereka dan hari-hari Sabat mereka dalam damai sejahtera. Henokh 58:3 Dan orang benar akan berada dalam terang matahari, dan orang pilihan dalam terang kehidupan yang kekal; dan tidak akan ada akhir untuk hari-hari kehidupan mereka, dan hari-hari orang kudus tidak akan terhitung jumlahnya.

PASAL 63.

Henokh 63:1. Dan pada hari-hari itu raja-raja yang kuat, yang menguasai bumi, akan memohon kepada para malaikat penghukuman, kepada siapa mereka diserahkan, agar mereka diberi sedikit kelonggaran, sehingga mereka dapat bersujud dan menyembah di hadapan TUHAN segala Roh, dan dapat mengakui dosa-dosa mereka di hadapan-Nya.  

  • Note ayat 63:1 mereka dapat bersujud dan menyembah: Wahyu 15:4 (ILT) Siapakah yang dapat sama sekali tidak takut akan Engkau dan memuliakan Nama-Mu, ya YAHWEH? Sebab hanya Engkaulah yang kudus, karena segala bangsa akan datang dan menyembah di hadapan Engkau, karena keadilan-Mu telah dinyatakan.”

Henokh 63:2. Dan mereka akan memberkati dan memuliakan TUHAN segala Roh, dan akan berkata, “Diberkatilah TUHAN segala Roh, dan Tuhan atas segala raja, Tuhan atas orang-orang perkasa, dan Tuhan atas para penguasa, dan Tuhan segala kemuliaan, dan Tuhan segala kebijaksanaan, dan segala rahasia terbuka. 3. Kekuasaan-Mu atas semua generasi, dan kemuliaan-Mu untuk selama-lamanya: segala rahasia-Mu sangat dalam dan tidak terbilang banyaknya, dan keadilan-Mu tidak dapat dihitung.

  • Note ayat 63:3 Kekuasaan-Mu atas semua generasi: Henokh 49:2 Karena Dia sangat kuat di dalam semua rahasia keadilan; dan ketidakadilan akan berakhir seperti bayangan dan tidak akan teguh, karena Dia Yang Dipilih telah bangkit di hadapan TUHAN segala Roh dan kemuliaan-Nya sepanjang kekekalan, dan kekuasaan-Nya sepanjang semua generasi.

Henokh 63:4. Sekarang kami tahu bahwa kami harus memuji dan memberkati Tuhan atas segala raja, dan Dia yang memerintah atas semua raja-raja.”

  • Note ayat 63:4 memuji dan memberkati: Wahyu 15:3-4 (ILT) “Besar dan ajaiblah karya-karya-Mu, ya YAHWEH, Elohim Penguasa Semesta, adil dan benarlah jalan-jalan-Mu, raja orang-orang kudus. Siapakah yang dapat sama sekali tidak takut akan Engkau dan memuliakan Nama-Mu, ya YAHWEH? Sebab hanya Engkaulah yang kudus, karena segala bangsa akan datang dan menyembah di hadapan Engkau, karena keadilan-Mu telah dinyatakan.”

Henokh 63:5. Dan mereka akan berkata, “Siapakah yang akan memberikan kami istirahat, supaya kami dapat memuji dan bersyukur dan memberkati Dia, dan menjadi percaya di hadapan kemuliaan-Nya? 6. Dan sekarang kami merindukan sedikit istirahat, dan tidak menemukannya; kami terusir, dan tidak menerimanya; terang telah berhenti bercahaya bagi kami, dan kegelapan adalah tempat tinggal kami untuk selamanya.  

  • Note ayat 63:6 terusir: Henokh 38:2 Dan mereka melakukan kejahatan dengan tangan mereka, dan segala sesuatu yang mereka buat mereka habiskan dengan kejahatan, mereka, para pendosa; namun mereka akan dihancurkan di hadapan TUHAN segala Roh, mereka, para pendosa, dan mereka akan dikejar-kejar dari muka bumi-Nya terus-menerus sampai kepada seluruh kekekalan.
  • Note ayat 63:6 berhenti bercahaya: Ayub 18:5 (ILT) Ya, terang orang fasik akan dipadamkan, dan percikan apinya tidak akan bersinar terang.
  • Note ayat 63:6 kegelapan: Ayub 18:17-18 (ILT) Kenangannya akan lenyap dari bumi, dan dia tidak akan mempunyai nama di luar. Mereka mendorongnya dari tempat terang ke dalam kegelapan dan membuatnya melarikan diri dari dunia.

Henokh 63:7. Karena di hadapan-Nya kami tidak percaya, dan tidak menghormati nama TUHAN segala raja-raja, dan kami tidak memuji Tuhan dalam segala perbuatan-Nya, karena harapan kami adalah pada tongkat kerajaan kami dan dalam kemuliaan kami.

  • Note ayat 63:7 harapan kami adalah pada tongkat kerajaan kami dan dalam kemuliaan kami: Mazmur 52:9 (ILT) “Lihatlah, orang yang tidak mau menjadikan Elohim sebagai kekuatannya, sebaliknya, mengandalkan pada kelimpahan kekayaannya, dia menjadi hebat dalam kehancurannya.”

Henokh 63:8. Dan pada hari pencobaan dan kesusahan kami, Dia tidak menyelamatkan kami, dan kami tidak menemukan perhentian untuk percaya bahwa Tuhan kita adalah setia dalam segala perbuatan-Nya dan dalam penghakiman-Nya dan keadilan-Nya, dan bahwa penghakiman-Nya tidak memandang orang.  

  • Note ayat 63:8 hari pencobaan dan kesusahan kami: Wahyu 3:10 (TB) Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. Henokh 1:1 Kata-kata berkat Henokh dengan mana dia memberkati orang-orang pilihan dan orang-orang benar, yang akan ada pada hari kesusahan ketika semua orang jahat dan orang fasik akan disingkirkan.
  • Note ayat 63:8 tidak memandang orang: Kolose 3:25 (ILT) Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang.

Henokh 63:9. Dan kami akan menghilang dari hadapan-Nya karena perbuatan kami, dan segala dosa kami dihitung dalam keadilan.”

  • Note ayat 63:9 akan menghilang: Henokh 38:3 Dan ketika rahasia orang-orang benar diungkapkan, maka orang-orang berdosa akan dihakimi, dan orang-orang fasik akan diusir dari hadapan orang-orang benar dan terpilih.; Lihat catatan Henokh 94:1 Dan sekarang aku berkata kepadamu, anak-anakku, cintailah keadilan dan berjalanlah di dalamnya, karena jalan orang benar adalah layak untuk diterima; dan jalan orang fasik akan dihancurkan secara tiba-tiba dan akan lenyap.
  • Note ayat 63:9 dosa kami dihitung: Henokh 104:7 Hai kamu orang berdosa, meskipun kamu berkata, “Kamu tidak akan dapat menyelidikinya, dan semua dosa kami tidak tercatat,” tetapi mereka akan tetap terus mencatat dosa-dosamu setiap hari. Henokh 100:10 Dan sekarang ketahuilah bahwa malaikat akan menyelidiki perbuatanmu, di surga dan dari matahari dan bulan dan bintang-bintang karena dosa-dosamu, sebab kamu menghakimi orang-orang benar di bumi. Henokh 41:1 Dan setelah itu aku melihat semua rahasia surga, dan bagaimana kerajaan itu dibagi, dan bagaimana perbuatan manusia ditimbang pada timbangan.

Henokh 63:10. Sekarang mereka akan berkata kepada diri mereka sendiri, “Jiwa kami penuh dengan barang-barang yang tidak adil, tetapi itu tidak mencegah kami turun ke dalam nyala api dan penderitaan neraka.”

  • Note ayat 63:10 jiwa kami penuh dengan barang-barang yang tidak adil: Yakobus 5:1-6 (ILT) Sekarang, marilah hai kamu yang kaya, menangislah dengan meratap atas kesedihan yang datang atasmu. Kekayaanmu telah membusuk dan jubahmu telah menjadi makanan ngengat. Emas dan perakmu telah berkarat dan karatnya akan menjadi kesaksian bagimu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah menimbun kekayaan pada hari-hari terakhir. Lihatlah, upah para pekerja yang menuai ladangmu, yang telah ditahan olehmu, ia berteriak dan teriakan mereka yang menuai itu telah sampai ke telinga YAHWEH Semesta Alam. Amsal 1:13 (ILT) kita akan mendapat berbagai benda yang berharga, kita akan memenuhi rumah kita dengan barang rampasan; Yesaya 3:14 (AYT) YHWH telah siap mengajukan perkara-Nya terhadap penatua-penatua dan pemimpin-pemimpin umat-Nya. Ia berkata, “Kalian telah merampas kebun anggur, dan barang yang kamu rampas dari orang miskin ada di rumahmu.
  • Note ayat 63:10 nyala api: Henokh 100:9 Celakalah kamu, hai orang-orang berdosa, karena kata-kata mulutmu, dan karena perbuatan tanganmu, yang telah kamu lakukan, kamu yang bertindak fasik akan dibakar di dalam perapian yang menyala-nyala dengan api.
  • Note ayat 63:10 neraka: Lihat catatan Henokh 54:1-2 Dan aku melihat dan berbalik ke arah sisi lain dari bumi, dan aku melihat ada lembah yang dalam dengan api yang menyala-nyala. Dan mereka membawa raja-raja dan para penguasa, dan menempatkan mereka di dalam lembah yang dalam.; Lihat catatan Henokh 48:9 Dan Aku akan menempatkan mereka ke dalam tangan orang pilihan-Ku, seperti jerami di dalam api dan seperti timah di dalam air; mereka akan terbakar di hadapan muka orang benar, dan tenggelam di hadapan muka orang kudus, dan tidak ada sisa-sisa mereka yang dapat ditemukan lagi.

Henokh 63:11. Dan setelah itu wajah mereka akan penuh dengan kegelapan dan rasa malu di hadapan Anak Manusia, dan mereka akan diusir dari hadapan-Nya, dan sebuah pedang akan tinggal di tengah-tengah mereka di hadapan wajah-Nya. 12. Dan berfirmanlah TUHAN segala Roh, “Ini adalah ketetapan dan penghakiman bagi orang-orang perkasa dan raja-raja dan orang-orang mulia dan mereka yang menguasai bumi di hadapan TUHAN segala Roh.”

  • Note ayat 63:11 kegelapan: Henokh 46:6 Dan Dia akan merendahkan wajah orang-orang kuat; dan menggantikannya dengan rasa malu: kegelapan akan menjadi tempat tinggal mereka dan cacing-cacing akan menjadi alas tidur mereka, dan mereka tidak akan memiliki pengharapan untuk bangkit dari tempat mereka berbaring, karena mereka tidak meninggikan nama TUHAN segala Roh. Henokh 62:10 Dan TUHAN segala Roh akan menindas mereka, supaya mereka segera pergi dari hadapan-Nya dan wajah mereka akan penuh dengan malu, dan kegelapan akan semakin dalam atas wajah mereka. Henokh 92:5 Tetapi dosa akan hancur dalam kegelapan untuk selamanya, dan tidak akan terlihat mulai hari itu sampai selamanya. Henokh 94:9 Kamu telah menghujat dan berbuat tidak adil, dan telah siap untuk hari pertumpahan darah, dan untuk hari kegelapan, dan untuk hari penghakiman besar. Henokh 103:8 Dan dalam kegelapan dan dengan rantai dan di dalam api yang menyala-nyala, roh mereka akan terbakar pada penghakiman besar; dan penghakiman besar akan ada bagi semua generasi sampai kekekalan. Celakalah kamu, karena kamu tidak akan memiliki damai sejahtera! Henokh 108:14 Dan mereka akan melihat bagaimana orang-orang yang lahir di dalam kegelapan akan dilemparkan ke dalam kegelapan, sedangkan orang-orang benar akan berkilauan.

PASAL 69.

Henokh 69:27. Dan Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan semua penghakiman telah diberikan kepada-Nya, Anak Manusia, dan Dia menyebabkan orang-orang berdosa hilang dan dihancurkan dari muka bumi, dan juga orang-orang yang telah menyesatkan bumi.

  • Note ayat 69:27 semua penghakiman telah diberikan kepada-Nya, Anak Manusia: Yohanes 5:22 (TB) Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak. Henokh 55:4 “Hai kamu raja-raja perkasa, yang akan diam di bumi, kamu akan melihat Dia Yang Kupilih, saat Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Ku, dan menghakimi Azâzêl dan semua rekan-rekannya, dan semua pasukannya di dalam nama TUHAN segala Roh.” Henokh 61:8 Dan TUHAN segala Roh menempatkan Dia Yang Terpilih di atas takhta kemuliaan-Nya, dan Dia akan menghakimi semua perbuatan mereka yang kudus di surga, dan akan menimbang perbuatan mereka dengan timbangan. Henokh 62:3 Kemudian akan berdiri pada hari itu semua raja-raja dan orang kuat dan orang mulia dan mereka yang menguasai bumi, dan akan melihat Dia dan akan tahu bahwa Dia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan bahwa orang benar dihakimi dalam keadilan di hadapan-Nya, dan tidak ada kata-kata sia-sia yang dapat diucapkan di hadapan-Nya.
  • Note ayat 69:27 orang-orang berdosa hilang dan dihancurkan dari muka bumi: Yesaya 1:28 (TB) Tetapi orang-orang yang memberontak dan orang-orang berdosa akan dihancurkan bersama, dan orang-orang yang meninggalkan TUHAN akan habis lenyap.
  • Note ayat 69:27 menyesatkan: Henokh 54:6 Michael dan Gabriel, Rufael dan Fanuel, akan mengalahkan mereka pada hari besar, akan melemparkan mereka pada hari itu ke dalam tungku api pembakaran, supaya TUHAN segala Roh dapat membalaskan kepada mereka atas ketidakadilan mereka, karena mereka menjadi tunduk kepada Satan, dan telah menyesatkan orang-orang yang diam di bumi.”

Henokh 69:28. Mereka akan diikat dengan rantai dan akan dipenjarakan di tempat penghancuran mereka, dan semua pekerjaan mereka akan hilang dari muka bumi.

  • Note ayat 69:28 diikat dengan rantai dan akan dipenjarakan: Mazmur 149:5-9 (ILT) Biarlah orang-orang kudus bersukaria dalam kemuliaan; … Pujian pengagungan Elohim ada pada kerongkongan mereka; dan pedang bermata dua ada di tangan mereka; untuk mengadakan pembalasan di antara bangsa-bangsa, hukuman di antara yang bukan umat; untuk mengikat raja-raja mereka dengan rantai dan para penguasa mereka dengan pasung besi; untuk melaksanakan hukuman yang tertulis kepada mereka; inilah kehormatan bagi semua orang kudus-Nya. Halelu-YAH! Henokh 56:2-3 Dan aku bertanya kepada malaikat damai sejahtera, yang pergi bersamaku, “Kepada siapa mereka ini pergi, sambil membawa rantai?” Dan dia berkata kepadaku, “Masing-masing kepada yang telah dipilihnya dan disukainya, supaya mereka dilemparkan ke dalam jurang yang dalam di lembah. Henokh 103:8 Dan dalam kegelapan dan dengan rantai dan di dalam api yang menyala-nyala, roh mereka akan terbakar pada penghakiman besar; dan penghakiman besar akan ada bagi semua generasi sampai kekekalan. Celakalah kamu, karena kamu tidak akan memiliki damai sejahtera!
  • Note ayat 69:28 hilang dari muka bumi: Maleakhi 4:1-3 (ILT) “Sebab lihatlah, hari itu datang menyala seperti tungku perapian, dan semua orang yang angkuh dan setiap orang yang berbuat kejahatan akan menjadi sekam; dan hari yang datang itu akan membakar mereka,” YAHWEH Tsebaot berfirman. “Hari itu tidak akan meninggalkan baik akar maupun cabangnya.” “Tetapi bagi kamu yang takut akan Nama-Ku, surya kebenaran akan terbit, kesembuhan akan terdapat pada sayap-sayapnya. Dan kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak-anak lembu keluar dari kandang. Dan kamu akan menginjak-injak orang-orang jahat, karena mereka akan menjadi debu di bawah telapak kakimu pada hari yang sedang Aku siapkan,” YAHWEH Tsebaot berfirman.; Lihat catatan Henokh 38:1 Perumpamaan Pertama. Ketika jemaat orang-orang benar muncul, dan orang-orang berdosa dihukum karena dosa-dosa mereka, dan diusir dari muka bumi.; Lihat catatan Henokh 41:2 Disana aku melihat tempat tinggal orang pilihan, dan tempat tinggal orang kudus, dan mataku melihat bagaimana semua orang-orang berdosa dilemparkan dari sana, mereka yang menyangkal nama TUHAN segala Roh, dan mereka diseret, dan tidak ada istirahat bagi mereka karena hukuman yang keluar dari TUHAN segala Roh.

Henokh 69:29. Dan mulai dari saat itu tidak akan ada apa-apa lagi yang akan dihancurkan, karena Dia, Anak Manusia, telah muncul, dan duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan semua kejahatan akan menghilang dari hadapan wajah-Nya dan hilang lenyap; tapi firman Anak Manusia akan menjadi kuat di hadapan TUHAN segala Roh. Ini adalah Perumpamaan Ketiga dari Henokh.

  • Note ayat 69:29 firman Anak Manusia akan menjadi kuat di hadapan TUHAN segala Roh: Mazmur 119:89 (ILT) Ya YAHWEH, firman-Mu tetap di surga selamanya; Matius 24:35 (TB) Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

Kata-kata Hikmat dari Henokh 

PASAL 92.

Henokh 92:1. Ditulis oleh Henokh, juru tulis, semua ajaran kebijaksanaan ini, dipuji semua manusia, sebagai hakim seluruh bumi, kepada semua anak-anakku yang diam di bumi, dan bagi generasi masa depan yang akan menjalankan kejujuran dan kedamaian. 

  • Note ayat 92:1 juru tulis: Henokh 12:4 “Henokh, engkau juru tulis keadilan,…
  • Note ayat 92:1 ajaran kebijaksanaan ini: Henokh 37:1- Penglihatan kedua tentang kebijaksanaan yang dilihat Henokh, anak Yared, anak Mahalaleel, anak Kenan, anak Enos, anak Set, anak Adam. Ini adalah permulaan kata-kata bijak, yang aku katakan dan berhubungan dengan orang-orang yang diam di bumi: …

Henokh 92:2. Janganlah rohmu berduka karena waktu-waktu, sebab Yang Maha Kudus telah menetapkan waktu untuk segala sesuatu.

  • Note ayat 92:2 waktu untuk segala sesuatu: Hari-hari pendosa akan berlalu, hari penghakiman akan datang. Pengkhotbah 3:1 (ILT) Untuk segala sesuatu ada waktunya, untuk setiap hal di bawah langit ada saatnya.

Henokh 92:3. Dan orang benar akan bangkit dari tidurnya, akan muncul dan berjalan di jalan keadilan, dan semua langkahnya dan jalannya akan berada dalam kebaikan yang kekal dan kemurahan. 

  • Note ayat 92:3 orang benar akan bangkit dari tidurnya: Lihat catatan Henokh 91:10 Dan orang benar akan bangkit dari tidurnya, dan kebijaksanaan akan muncul dan akan diberikan kepada mereka. Daniel 12:2,3 (ILT) Dan banyak di antara orang-orang itu yang tidur di dalam debu tanah akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk menjadi malu, dan kejijikan yang kekal. Dan orang-orang yang bijaksana akan bercahaya bagaikan cahaya cakrawala. Mereka yang menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang selama-lamanya.

Henokh 92:4. Dia akan bermurah hati kepada orang benar, dan akan memberinya ketulusan yang kekal dan akan memberinya kuasa, dan akan ada dalam kebaikan dan keadilan, dan dia akan berjalan dalam terang yang kekal.

  • Note ayat 92:4 Dia: YAHWEH Elohim.
  • Note ayat 92:4 kuasa: Lihat Henokh 90:19,30 Dan aku melihat sampai sebuah pedang besar diberikan kepada kawanan domba itu, dan domba-domba mendatangi semua binatang buas itu untuk membunuh mereka, dan semua binatang liar dan burung-burung di udara melarikan diri dari wajah mereka. Dan aku melihat semua domba yang telah ditinggalkan dan semua binatang di bumi dan semua burung di udara, jatuh tersungkur dan menyembah kawanan domba itu dan memohon dan mentaati mereka dalam setiap perkataan. Henokh 96:1 Berharaplah, hai kamu orang-orang benar, karena orang-orang berdosa akan dihancurkan dengan tiba-tiba di hadapanmu, dan kamu akan berkuasa atas mereka sesuai dengan keinginanmu. Henokh 98:12 Celakalah kamu, hai orang-orang yang menyukai perbuatan ketidakadilan; mengapa kamu berharap kebaikan bagi dirimu sendiri? Ketahuilah bahwa kamu akan diserahkan ke dalam tangan orang-orang benar; mereka akan memotong lehermu dan membunuhmu, dan tidak akan berbelas-kasihan kepadamu. Daniel 7:27 (TB) Maka pemerintahan, kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada orang-orang kudus, umat Yang Mahatinggi: pemerintahan mereka adalah pemerintahan yang kekal, dan segala kekuasaan akan mengabdi dan patuh kepada mereka. Yohanes 1:12 (ILT) Namun, berapa banyak orang yang telah menerima Dia, kepada mereka Dia telah memberikan otoritas untuk menjadi anak-anak Elohim, yaitu kepada mereka yang percaya dalam Nama-Nya,
  • Note ayat 92:4 terang: Lihat catatan Henokh 38:2 dan ketika Dia Yang Adil muncul di hadapan orang-orang benar yang terpilih, yang perbuatannya bergantung dari TUHAN segala Roh, dan terang akan muncul bagi orang-orang benar dan orang-orang pilihan, yang diam di bumi,—di manakah tempat tinggal orang-orang berdosa, dan di manakah tempat peristirahatan orang-orang yang telah menyangkal TUHAN segala Roh? Lebih baik mereka tidak dilahirkan.

Henokh 92:5. Tetapi dosa akan hancur dalam kegelapan untuk selamanya, dan tidak akan terlihat mulai hari itu sampai selamanya.

  • Note ayat 92:5 dosa akan hancur: Lihat Henokh 10:16 Hancurkan semua penindasan dari muka bumi, dan semua perbuatan fasik akan berhenti, tanaman keadilan dan kebenaran akan muncul, dan perbuatan baik akan menjadi berkat: keadilan dan kebenaran akan ditanam dalam sukacita selamanya. Dan bersihkanlah bumi dari semua penindasan dan ketidakadilan dan semua dosa dan semua kejahatan dan semua kenajisan yang dilakukan di bumi: musnahkan mereka dari bumi. Henokh 41:2 Disana aku melihat tempat tinggal orang pilihan, dan tempat tinggal orang kudus, dan mataku melihat bagaimana semua orang-orang berdosa dilemparkan dari sana, mereka yang menyangkal nama TUHAN segala Roh, dan mereka diseret, dan tidak ada istirahat bagi mereka karena hukuman yang keluar dari TUHAN segala Roh. Henokh 69:29 Dan mulai dari saat itu tidak akan ada apa-apa lagi yang akan dihancurkan, karena Dia, Anak Manusia, telah muncul, dan duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, dan semua kejahatan akan menghilang dari hadapan wajah-Nya dan hilang lenyap; tapi firman Anak Manusia akan menjadi kuat di hadapan TUHAN segala Roh. Henokh 91:11 Dan akar ketidakadilan akan ditebang, dan orang-orang berdosa akan dihancurkan dengan pedang, dan akar penghujat akan ditebang di semua tempat, dan orang-orang yang merancangkan penindasan dan hujatan akan dihancurkan oleh mata pedang.

PASAL 100.

Henokh 100:1. Dan pada hari-hari itu, ayah akan saling bunuh dengan anak-anaknya di satu tempat, dan saudara dengan saudara akan jatuh mati bersama-sama, sampai darah mereka mengalir seperti sungai.

  • Note ayat 100:1 jatuh mati bersama-sama: Matius 10:21 (ILT) Adapun saudara akan menyerahkan saudaranya kepada kematian, dan ayah, anaknya; dan anak-anak akan bangkit melawan para orang tua dan akan membunuh mereka.
  • Note ayat 100:1 darah mereka mengalir seperti sungai: Pada Akhir Zaman, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kedua, damai sejahtera akan diambil dari muka bumi, dan manusia akan saling membunuh satu sama lain. Wahyu 6:3-4 (ILT) Dan ketika Dia membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk hidup kedua yang berkata, “Marilah dan lihatlah!” Dan keluarlah kuda yang lain berwarna merah api. Dan kepada dia yang menunggang di atasnya telah dikaruniakan kepadanya untuk mengambil damai dari bumi, juga agar mereka saling membunuh seorang terhadap yang lain, dan kepadanya telah diberikan pedang yang besar. Yesaya 34:3 (ILT) Dan pembunuh-pembunuh mereka akan dilemparkan ke luar, dan bau busuk dari bangkai-bangkai mereka akan menyebar, dan gunung-gunung akan dibanjiri dengan darah mereka. Mazmur 58:11 (ILT) Orang benar akan bersukacita ketika dia menyaksikan pembalasan, dia akan membasuh kakinya dengan darah orang fasik. Zefanya 1:7 (ILT) Berdiam dirilah di hadapan Tuhan YAHWEH, karena hari YAHWEH sudah dekat. Sebab, YAHWEH telah menyediakan suatu kurban, Dia telah menguduskan orang-orang yang diundang-Nya.

Henokh 100:2. Karena manusia tidak akan berbelas kasihan, dan tidak akan menahan tangannya untuk membunuh anak-anaknya dan keturunan anak-anaknya; dan orang berdosa tidak akan menahan tangannya dari saudaranya yang dihormati; mereka akan saling membunuh dari fajar menyingsing sampai matahari terbenam.

  • Note ayat 100:2 akan saling membunuh: Henokh 56:7 Tetapi kota orang-orang benar-Ku akan menjadi penghalang bagi kuda mereka, dan mereka akan berperang diantara mereka sendiri, dan tangan kanan mereka akan menjadi kuat melawan mereka sendiri, dan seseorang tidak akan mengenal tetangganya atau saudaranya, atau anak laki-laki mengenal ayah atau ibunya, sampai jumlah mayat mereka tidak terhitung melalui pembantaian dan hukuman atas mereka ,—itu tidak akan sia-sia. Henokh 99:5 Dan pada hari-hari itu, buah kandungan akan mengalami keguguran, dan mereka akan mengoyak-ngoyak anak-anak mereka sendiri dan akan membuangnya; mereka akan melemparkan bayi-bayi mereka yang masih menyusu, dan tidak akan kembali kepada mereka, dan tidak akan mengasihani bayi-bayi mereka. 2Tawarikh 20:23 (TB) Lalu bani Amon dan Moab berdiri menentang penduduk pegunungan Seir hendak menumpas dan memunahkan mereka. Segera sesudah mereka membinasakan penduduk Seir, mereka saling bunuh-membunuh. Zakharia 14:13 (TB) Maka pada waktu itu akan terjadi kegemparan besar dari pada TUHAN di antara mereka, sehingga masing-masing memegang tangan temannya dan mengangkat tangannya melawan tangan temannya. Yehezkiel 38:21 (ILT) Dan Aku akan memanggil sebilah pedang melawannya di atas semua gunung-Ku,” demikianlah firman Tuhan YAHWEH, “dan pedang tiap-tiap orang akan melawan saudaranya. Hagai 2:22 (ILT) Dan Aku akan menggulingkan takhta kerajaan-kerajaan, dan Aku akan menghancurkan kekuatan kerajaan bangsa-bangsa. Dan Aku akan menggulingkan kereta-kereta perang, dan para pengendaranya, dan kuda-kuda dan para penunggangnya akan berjatuhan, masing-masing oleh pedang saudaranya.” 2Esdras 15:18,19 Sebab karena keangkuhan mereka kota-kota akan ada dalam kekacauan, rumah-rumah akan dihancurkan, dan orang-orang akan ketakutan. Manusia tidak akan memiliki belas kasihan kepada tetangganya, tapi akan menyerang rumah-rumah mereka dengan pedang, dan menjarah barang-barang mereka, karena kelaparan akan roti dan karena kesusahan besar.

Henokh 100:3. Dan kuda akan berjalan dengan dadanya dalam darah orang-orang berdosa, dan kereta akan tenggelam dalam ketinggiannya.

  • Note ayat 100:3 kuda akan berjalan dengan dadanya dalam darah orang-orang berdosa: Wahyu 14:20 (ILT) Dan pemerasan anggur itu diinjak-injak di luar kota itu; dan darah mengalir dari pemerasan anggur itu sampai setinggi kekang kuda, sejauh seribu enam ratus stadia (Yunani: stadion; 1 stadion=185 m; 1600 stadion=296 km). 2Esdras 15:35,36 Mereka akan menghantam terhadap satu sama lain dan akan mencurahkan angin badai dahsyat ke atas bumi, dan angin badai mereka sendiri; dan akan ada darah dari pedang setinggi perut kuda dan paha manusia dan kaki unta.

Henokh 100:4. Dan pada hari-hari itu, para malaikat akan datang ke tempat-tempat rahasia, dan akan mengumpulkan di satu tempat semua orang yang membantu dosa; dan Yang Maha Tinggi akan muncul pada hari itu untuk menjalankan penghakiman yang besar atas semua orang berdosa. 5. Tetapi atas semua orang benar dan orang kudus, Dia akan menempatkan para malaikat kudus sebagai penjaga untuk mengawasi mereka seperti biji mata, sampai Dia membuat suatu akhir bagi semua kejahatan dan semua dosa; dan bahkan jika orang kudus itu tidur panjang, tidak akan ada yang perlu ditakutkan.

  • Note ayat 100:5 seperti biji mata: Ulangan 32:10 (ILT) Dia mendapatkannya di padang gurun, di tengah-tengah ketandusan dan auman padang belantara. Dia mengelilingi dan menyayanginya; Dia menjaganya seperti biji mata-Nya. Mazmur 17:8 (ILT) Jagalah aku seperti biji mata sembunyikanlah aku di bawah naungan sayap-Mu,… Zakharia 2:8 (ILT) karena begitulah YAHWEH Tsebaot berfirman. Di balik kemuliaan, Dia telah mengutus aku kepada bangsa-bangsa lain yang menjarah kamu, karena, siapa yang menjamah kamu, menjamah biji mata-Nya.
  • Note ayat 100:5 tidur panjang, tidak akan ada yang perlu ditakutkan: Bahkan jika orang benar tidur dalam tidur kematian, tidak perlu takut, karena mereka akan bangkit kembali. Lihat catatan pasal 22:12-13.

Henokh 100:6. Dan orang-orang bijak diantara manusia akan melihat kebenaran, dan anak-anak manusia di bumi akan mengerti semua perkataan dari buku ini, dan tahu bahwa kekayaan mereka tidak akan dapat menyelamatkan mereka pada waktu dosa-dosa mereka ditunggangbalikkan.

  • Note ayat 100:6 mengerti semua perkataan dari buku ini: Yesaya 29:18 (ILT) Dan pada hari itu, yang tuli akan mendengar perkataan dari sebuah kitab, dan mata yang buta akan melihat lepas dari kesuraman mereka dan dari kegelapan.
  • Note ayat 100:6 kekayaan mereka tidak akan dapat menyelamatkan mereka: Zefanya 1:18 (ILT) Pada hari kemurkaan YAHWEH, baik perak maupun emas mereka tidak akan mampu melepaskan mereka. Dan seluruh bumi akan dilalap habis oleh api cemburu-Nya, karena pemusnahan dahsyat yang sungguh-sungguh dicemaskan akan Dia lakukan terhadap seluruh penduduk bumi. Yehezkiel 7:19 (ILT) Mereka akan melemparkan semua perak di jalan-jalan, dan emas mereka akan menjadi kecemaran. Perak dan emas mereka tidak akan dapat menyelamatkan mereka pada hari murka YAHWEH. Emas dan perak mereka tidak akan memuaskan jiwa mereka, dan itu semua tidak akan memenuhi isi perut mereka, karena kejahatan mereka telah menjadi batu sandungan bagi mereka. Amsal 11:4 (ILT) Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut.

Henokh 100:7. Celakalah kamu, hai orang-orang berdosa, kamu menindas orang benar pada hari kesusahan besar dan kamu membakar mereka dengan api; kamu akan dibalaskan sesuai dengan perbuatanmu.

  • Note ayat 100:7 Celakalah kamu: Henokh 99:15 Celakalah mereka yang menjalankan ketidakadilan dan membantu penindasan, dan yang membunuh sesama mereka, sampai hari penghakiman besar!
  • Note ayat 100:7 membakar: Dalam catatan sejarah, peristiwa ini pernah terjadi dalam zaman Antiochus Epiphanes. Lihat 2Makabe 6:18-7:24 …Dan terjadilah, tujuh bersaudara bersama ibu mereka ditawan, dan dipaksa oleh raja untuk melanggar Torah dengan memakan daging babi, dan disiksa dengan cambuk dan cemeti. Tapi salah seorang dari mereka yang pertama kali berbicara berkata, “Apa yang engkau minta atau dengar dari kami? Kami siap untuk mati, daripada melanggar Torah bapa leluhur kami. Maka raja, dengan murka, memerintahkan wajan dan kuali dipanaskan: Yang segera sesudah dipanaskan, dia memerintahkan untuk memotong lidah yang pertama kali berbicara, dan memotong seluruh anggota badannya, saudara-saudaranya yang lain dan ibunya menyaksikannya. Dan sesudah dia buntung seluruh anggota badannya, dia memerintahkannya dibawa ke api hidup-hidup, dan digoreng di dalam wajan: dan sementara asap wajan tersebar kemana-mana, mereka saling menguatkan satu sama lain dengan ibunya untuk mati dengan berani, berkata demikian, “YHWH Elohim memandang kepada kita, dan dalam kebenaran dihiburkankan dalam kita, seperti Musa dalam nyanyiannya, yang bersaksi di hadapan wajah-wajah mereka, menyatakan, demikian, ‘Dan Dia akan dihiburkankan dalam hamba-hamba-Nya.'” Lalu sesudah yang pertama mati dengan cara seperti ini, mereka membawa yang kedua untuk menjadikan dia cemoohan: dan sesudah mereka menguliti kulit kepala beserta rambutnya, mereka bertanya kepadanya, “Maukah engkau makan, sebelum engkau disiksa setiap anggota tubuhmu?”

Henokh 100:8. Celakalah kamu, hai orang-orang yang mengeraskan hati, yang merancangkan kejahatan: kegentaran akan tiba bagimu, dan tidak akan ada yang dapat menyelamatkan kamu. 9. Celakalah kamu, hai orang-orang berdosa, karena kata-kata mulutmu, dan karena perbuatan tanganmu, yang telah kamu lakukan, kamu yang bertindak fasik akan dibakar di dalam perapian yang menyala-nyala dengan api.

  • Note ayat 100:9 kata-kata mulutmu, dan karena perbuatan tanganmu: Kejahatan besar para pendosa adalah penganiayaan orang benar dan mencemooh Elohim. Henokh 5:4 Tetapi kamu tidak bertekun dan tidak menjalankan perintah Tuhan, tetapi telah melanggar, dan telah menghujat kebesaran-Nya dengan kata-kata yang sombong dan kasar dari mulutmu yang najis. Hai kamu yang keras hati, kamu tidak akan mendapatkan damai sejahtera. Henokh 81:8 Tapi orang berdosa akan mati bersama dengan orang berdosa, dan pemberontak akan tenggelam bersama dengan pemberontak. Henokh 91:7,11 Dan ketika ketidakadilan dan dosa dan hujatan dan penindasan dan semua perbuatan itu bertambah, dan kejatuhan dan hujatan dan kenajisan bertambah; akan ada hukuman besar dari surga ke atas mereka semua, dan Tuhan yang kudus akan datang dalam amarah, dan dengan penghukuman, supaya Dia menjalankan penghakiman atas bumi. Dan akar ketidakadilan akan ditebang, dan orang-orang berdosa akan dihancurkan dengan pedang, dan akar penghujat akan ditebang di semua tempat, dan orang-orang yang merancangkan penindasan dan hujatan akan dihancurkan oleh mata pedang. Henokh 94:9 Kamu telah menghujat dan berbuat tidak adil, dan telah siap untuk hari pertumpahan darah, dan untuk hari kegelapan, dan untuk hari penghakiman besar. Henokh 96:7 Celakalah kamu, hai orang-orang yang menjalankan ketidakadilan dan kehancuran dan hujatan; akan ada peringatan melawan kamu bagi kejahatanmu. Henokh 97:6 Dan semua kata-kata ketidakadilanmu akan dibacakan di hadapan Dia Yang Kudus dan Besar; dan wajahmu akan penuh dengan malu, dan setiap perbuatan yang didirikan di atas ketidakadilan akan dicampakkan. Henokh 98:10 Dan sekarang ketahuilah, bahwa kamu telah dipersiapkan untuk hari kehancuran, dan jangan berharap bahwa kamu akan hidup, hai kamu orang-orang berdosa, tetapi kamu akan pergi dan mati, karena kamu tidak mengenal tebusan; karena kamu telah dipersiapkan bagi hari penghakiman besar, dan bagi hari kesusahan dan aib yang besar bagi jiwamu. Henokh 99:1 Celakalah mereka yang bertindak fasik, dan memuliakan kata-kata bohong, dan menghormatinya; kamu akan hancur, dan tidak akan memiliki kehidupan yang baik.

Henokh 100:10. Dan sekarang ketahuilah bahwa malaikat akan menyelidiki perbuatanmu, di surga dan dari matahari dan bulan dan bintang-bintang karena dosa-dosamu, sebab kamu menghakimi orang-orang benar di bumi.

  • Note ayat 100:10 menyelidiki perbuatanmu: Merupakan penegasan dari Henokh 98:6-8 Aku bersumpah kepadamu orang-orang berdosa, demi Dia Yang Kudus dan Benar, bahwa semua perbuatan jahatmu terungkap di surga, dan tidak ada perbuatan kekerasanmu yang tertutupi atau tersembunyi. Dan jangan berpikir dalam jiwamu, dan jangan katakan dalam hatimu, bahwa kamu tidak tahu dan tidak melihat, bahwa setiap dosa dicatat setiap hari di surga di hadapan Yang Maha Tinggi. Dan sekarang kamu tahu bahwa semua kekerasan yang kamu lakukan dicatat setiap hari sampai kepada hari penghakimanmu. Henokh 97:7 Celakalah kamu, hai orang-orang berdosa, di tengah-tengah laut dan di atas tanah, ingatan tentang kamu adalah jahat! Henokh 104:8 Celakalah kamu, hai orang-orang kaya, karena kamu mempercayai kekayaanmu, tetapi kamu akan dijauhkan dari kekayaanmu, karena kamu tidak mengingat Yang Maha Tinggi di dalam hari-hari kekayaanmu.

Henokh 100:11. Dan Dia akan memanggil setiap awan dan kabut dan embun dan hujan untuk bersaksi melawan kamu, dan mereka tidak akan turun atasmu; dan tidakkah mereka memikirkan dosa-dosamu?

  • Note ayat 100:11 bersaksi melawan kamu: Alam akan bersaksi melawan engkau, karena telah menyaksikan perbuatanmu, dan menahan hasilnya karena engkau. Lihat Henokh 80:2-4 Dan pada hari-hari orang berdosa, tahun-tahun akan dipersingkat, dan benih mereka akan lambat di tanah mereka dan padang rumput mereka, dan segala sesuatu di bumi akan berubah dan tidak akan muncul pada waktunya; hujan akan ditahan, dan langit akan menahannya. Dan pada waktu-waktu itu, buah-buahan di bumi akan terlambat dan tidak akan tumbuh pada waktunya; dan buah dari pohon akan ditahan pada waktunya. Dan bulan akan mengubah urutannya dan tidak akan muncul pada waktunya. Yeremia 3:3,5,24-25 (ILT) Maka hujan menjadi tertahan, dan hujan akhir tidak turun. Sekalipun dahi seorang pelacur ada padamu, engkau telah menolak untuk dipermalukan. Akankah Dia mempertahankan murka-Nya untuk selamanya? Atau akankah Dia mempertahankannya sampai akhir? Lihatlah! Engkau telah membicarakan dan akan melakukan hal-hal jahat itu, bahkan engkau sanggup.” Dan hal-hal yang memalukan telah melahap jerih lelah leluhur kami sejak masa muda kami, kawanan domba dan lembu mereka, anak-anak lelaki mereka dan anak-anak perempuan mereka. Biarlah kami berbaring dengan rasa malu kami dan biarlah aib kami menyelimuti kami, karena kami telah berdosa terhadap YAHWEH, Elohim kami, kami dan leluhur kami, sejak masa muda kami bahkan sampai hari ini. Dan kami tidak mendengarkan suara YAHWEH, Elohim kami.”

Henokh 100:12. Dan sekarang, berilah hadiah kepada hujan, agar mungkin dia tidak ditahan turun atasmu, atau kepada embun ketika telah menerima emas atau perakmu. 13. Ketika embun es dan salju dan hawa dingin mereka turun ke atasmu, dan semua badai salju dengan semua malapetakanya turun ke atasmu, pada hari-hari itu kamu tidak akan tahan berdiri di hadapan mereka.

PASAL 108.

Henokh 108:1. Buku lain yang ditulis Henokh bagi anaknya Metusalah, dan keturunannya yang akan ada setelah dia, yang menjalankan hukum di hari-hari terakhir.

  • Note ayat 108:1 hari-hari terakhir: Akhir Zaman.

Henokh 108:2. Mereka yang menyimpannya, dan yang sekarang menunggu hari-harinya sampai mereka yang melakukan kejahatan diakhiri, dan kuasa mereka yang berdosa diakhiri, 3. menunggu sampai dosa hilang lenyap, karena nama mereka akan dihapus dari buku-buku orang kudus, dan keturunan mereka dilenyapkan sampai kekekalan, dan roh mereka akan dibinasakan, dan mereka akan menangis dan meratap dalam kehampaan, di tempat kosong, dan terbakar di dalam api yang tidak akan berakhir.

  • Note ayat 108:3 dihapus: Mazmur 69:29 (ILT) Hapuslah mereka dari kitab kehidupan, jangan biarkan mereka ditulis bersama orang-orang benar. Wahyu 20:15 (ILT) Dan jika seseorang tidak didapati tertulis di dalam Kitab Kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api.
  • Note ayat 108:3 dibinasakan: Henokh 22:13 Suatu tempat telah diciptakan juga bagi jiwa-jiwa manusia yang tidak benar, orang-orang berdosa, yang telah menggenapi kejahatan mereka; dan mereka akan bersama-sama dengan para penjahat seperti mereka; tetapi jiwa mereka tidak akan dibunuh pada hari penghakiman dan tidak akan diambil dari sini.” Henokh 98:3 Dan karenanya, mereka tidak akan memiliki pengetahuan dan kebijaksanaan, dan dengan demikian mereka akan hancur bersama dengan harta kekayaan mereka dan dengan segala kemuliaan dan kehormatan mereka, dan dalam cela dan pembunuhan dan dalam kemiskinan yang besar, roh mereka akan dilemparkan ke dalam tungku perapian. Henokh 99:11 Celakalah kamu, hai kamu orang-orang yang menyebarkan kejahatan kepada sesamanya, karena kamu akan dibunuh di neraka. Kitab Yobel 36:10 Tetapi pada hari pergolakan dan kebencian dan murka dan amarah, dengan nyala api yang membakar seperti Dia membakar Sodom, demikian juga Dia akan membakar negerinya dan kotanya dan segala yang menjadi miliknya, dan dia akan dihapuskan dari buku pengajaran anak-anak manusia, dan tidak akan dicatat dalam buku kehidupan, tetapi mereka yang ditetapkan untuk kehancuran. Dan dia akan masuk ke dalam kejijikan kekal, supaya penghukuman mereka akan selalu diperbaharui didalam kebencian dan didalam kejijikan dan didalam amarah dan didalam siksaan dan didalam murka dan didalam tulah-tulah dan didalam penyakit untuk selamanya.
  • Note ayat 108:3 api yang tidak akan berakhir: Wahyu 14:10-11 (ILT) maka dia pun akan minum dari anggur amarah Elohim, yang telah dicampur tanpa diencerkan di dalam cawan murka-Nya; dan dia akan disiksa dengan api dan belerang di hadapan malaikat-malaikat kudus dan di hadapan Anak Domba. Dan asap siksaan mereka membubung selama-lamanya. Dan mereka yang menyembah binatang buas dan ikonnya dan siapa saja yang menerima tanda namanya, mereka tidak memperoleh istirahat siang dan malam.” Matius 25:41 (ILT) Lalu, Dia akan berkata pula kepada mereka yang di sebelah kiri: Enyahlah dari-Ku ke dalam api kekal yang sudah disediakan bagi si iblis dan para malaikatnya, hai orang-orang yang terkutuk! Matius 3:12 (ILT) Alat pengirik-Nya ada di tangan-Nya, dan Dia akan membersihkan lantai pengirikan-Nya, dan akan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung. Namun, Dia akan membakar jerami itu dengan api yang tak terpadamkan.

Henokh 108:4. Dan di sana aku melihat sesuatu seperti awan yang tidak bisa dilihat, karena aku tidak bisa melihat lebih dalam; dan aku melihat nyala api menyala terang, dan ada yang berputar-putar seperti gunung yang bersinar, dan yang berguncang ke sana kemari.

  • Note ayat 108:4 nyala api menyala terang: Gambaran dari tempat berapi ini lihat catatan Henokh 18:11 Dan aku melihat jurang besar di bumi, dengan kolom-kolom api surgawi; dan aku melihat di antara kolom-kolom api surgawi itu, yang jatuh dan jaraknya tidak terukur, baik ketinggiannya maupun kedalamannya. Henokh 21:4 Dan di sana aku melihat tujuh bintang langit, diikat menjadi satu, seperti gunung yang besar, dan menyala-nyala seperti api.

Henokh 108:5. Dan aku bertanya kepada salah seorang malaikat kudus yang menyertai aku, dan berkata kepadanya, “Apakah benda yang bersinar ini? Karena itu bukan surga, tetapi hanya nyala api yang terbakar, dan suara teriakan dan tangisan dan ratapan dan rasa sakit yang hebat.”

  • Note ayat 108:5 nyala api yang terbakar: Matius 13:41-42 (AYT) Anak Manusia akan mengutus para malaikat-Nya, dan mereka akan mengumpulkan semua batu sandungan serta orang-orang yang melakukan kejahatan dari kerajaan-Nya, dan akan melemparkannya ke dalam tungku api. Di tempat itu akan ada tangisan dan kertak gigi.
  • Note ayat 108:5 suara: Henokh 18:13 Dan di sana aku melihat hal yang mengerikan: tujuh bintang, seperti gunung besar yang terbakar dan seperti roh-roh, yang memohon kepadaku. Yesaya 66:24 (AYT) “Apabila mereka keluar, mereka akan melihat mayat orang-orang yang telah memberontak melawan Aku, karena ulat-ulat mereka tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, dan mereka akan menjadi kejijikan bagi semua manusia.”
  • Note ayat 108:5 rasa sakit yang hebat: Lukas 16:24 (ILT) Dan sambil berteriak, dia berkata: Bapa Abraham, berilah aku kemurahan dan suruhlah Lazarus agar dia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat menderita dalam nyala api ini.

Henokh 108:6. Dan dia berkata kepadaku, “Tempat yang engkau lihat ini—di sini dibawa jiwa-jiwa orang-orang berdosa dan para penghujat dan orang-orang yang berbuat jahat dan mengubah segala sesuatu yang difirmankan Tuhan melalui mulut para nabi tentang hal-hal yang akan terjadi.

  • Note ayat 108:6 penghujat: Henokh 91:7,11 Dan ketika ketidakadilan dan dosa dan hujatan dan penindasan dan semua perbuatan itu bertambah, dan kejatuhan dan hujatan dan kenajisan bertambah; akan ada hukuman besar dari surga ke atas mereka semua, dan Tuhan yang kudus akan datang dalam amarah, dan dengan penghukuman, supaya Dia menjalankan penghakiman atas bumi. Dan akar ketidakadilan akan ditebang, dan orang-orang berdosa akan dihancurkan dengan pedang, dan akar penghujat akan ditebang di semua tempat, dan orang-orang yang merancangkan penindasan dan hujatan akan dihancurkan oleh mata pedang. Henokh 99:12 Celakalah kamu, hai orang-orang yang mendirikan dasar untuk dosa dan penipuan, dan yang menimbulkan kepahitan di bumi, karena hal ini mereka akan berakhir.
  • Note ayat 108:6 mengubah: Henokh 104:10 Dan sekarang, aku tahu rahasia ini bahwa kata-kata kebenaran akan diubah dan dibelokkan, dan banyak orang berdosa akan memberontak, dan akan mengucapkan kata-kata jahat, dan akan berbohong dan melakukan penipuan yang besar, dan menulis buku yang berisi kata-kata mereka. Yesaya 5:20 (ILT) Celakalah mereka yang mengatakan yang jahat itu kebaikan, dan kebaikan itu jahat; yang menempatkan kegelapan pada terang, dan terang pada kegelapan; yang menaruh pahit pada manis, dan manis pada pahit. Ulangan 4:2 (ILT) Janganlah kamu menambahi perkataan yang aku perintahkan kepadamu, dan janganlah kamu menguranginya, demi memelihara perintah-perintah YAHWEH, Elohimmu, yang telah aku perintahkan kepadamu. Ulangan 12:32 (ILT) Segala hal yang aku perintahkan kepadamu, haruslah kamu pelihara hal itu dengan melakukannya, janganlah engkau menambahi kepadanya dan janganlah engkau mengurangi dari padanya.” Wahyu 22:18-19 (ILT) Sebab aku bersaksi bersama setiap orang yang mendengarkan perkataan-perkataan nubuat kitab ini, “Jika seseorang menambahkan sesuatu kepadanya, Elohim akan menambahkan atasnya bencana-bencana yang telah tertulis di dalam kitab ini. Dan jika seseorang membuang sesuatu dari perkataan-perkataan kitab nubuat ini, Elohim akan menghapus bagiannya dari Kitab Kehidupan dan dari kota kudus dan apa yang telah tertulis di dalam kitab ini.”

Henokh 108:7. Karena beberapa hal ini telah ditulis, dan dicatat di surga, supaya para malaikat dapat membaca dan tahu apa yang akan terjadi pada orang-orang berdosa dan kepada roh-roh orang yang rendah hati yang telah menderita dalam tubuh mereka, dan karenanya menerima upah dari Elohim, dan bagi mereka yang dihujat oleh orang-orang fasik;

  • Note ayat 108:7 ditulis: Henokh 81:1-4 Dan dia berkata kepadaku, “O Henokh, renungkanlah tulisan pada loh-loh surgawi, dan bacalah apa yang ada tertulis di atasnya, dan pelajarilah masing-masing.” Dan aku merenungkan segala sesuatu di dalam loh-loh surgawi ini, dan membaca segala sesuatu yang tertulis, dan mempelajari segala sesuatu dan membaca buku dan segala sesuatu yang tertulis di dalamnya, semua perbuatan manusia dan semua anak-anak manusia yang akan ada di bumi sampai generasi kekekalan. Dan segera aku memberkati Tuhan dan Raja Kemuliaan yang Kekal, karena Dia telah membuat segala hal di bumi, dan aku memberkati Tuhan karena kesabaran-Nya, dan memberkati-Nya karena anak-anak dunia. Dan pada saat itu aku berkata, “Berbahagialah manusia yang mati sebagai orang benar dan orang baik, karena baginya tidak ada buku kejahatan yang ditulis, dan kepadanya tidak ada kesalahan yang ditemukan.”

Henokh 108:8. yang mengasihi Tuhan, dan tidak mencintai emas atau perak atau seluruh kekayaan dunia, tetapi memberikan tubuh mereka untuk dianiaya;

  • Note ayat 108:8 tidak mencintai: 1Yohanes 2:15-17 (AYT) Janganlah mencintai dunia ini atau hal-hal yang ada di dalamnya. Jika seseorang mencintai dunia, kasih Bapa tidak ada di dalam dia. Sebab, semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging, keinginan mata, dan kesombongan atas harta milik, tidak berasal dari Bapa, tetapi dari dunia. Dunia ini sedang lenyap bersama dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Elohim akan hidup selama-lamanya.
  • Note ayat 108:8 memberikan tubuh mereka untuk dianiaya: Ibrani 11:36-38 (ILT) Dan yang lainnya telah menerima cemooh dan cambukan, dan bahkan belenggu dan penjara; mereka dirajam, mereka digergaji menjadi dua, mereka dicobai, mereka telah meninggal oleh pembunuhan dengan pedang; mereka mengembara dengan pakaian kulit domba, dengan kulit kambing, dengan kekurangan, dengan ditindas, dengan disiksa, bagi mereka dunia ini menjadi tidak layak, sehingga dicerai-beraikan di padang-padang gurun dan di gunung-gunung dan di gua-gua serta di celah-celah bumi.

Henokh 108:9. dan bagi siapa, sejak mereka ada, tidak merindukan makanan yang fana, tetapi menganggap diri mereka nafas yang akan berlalu, dan hidup sepatutnya, dan sering mengalami pengujian oleh Elohim, dan roh mereka ditemukan bersih untuk memuji nama-Nya.

  • Note ayat 108:9 nafas: Ayub 7:7 (TB) Ingatlah, bahwa hidupku hanya hembusan nafas; mataku tidak akan lagi melihat yang baik. Yakobus 4:14 (AYT) padahal kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu seperti uap yang muncul sebentar, dan kemudian lenyap.
  • Note ayat 108:9 ditemukan bersih: Wahyu 7:14-15 (ILT) Dan aku berkata kepadanya, “Tuan, engkau sudah tahu.” Dan dia berkata kepadaku, “Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesukaran besar dan mereka telah mencuci jubah panjang mereka dan memutihkan jubah panjangnya dengan darah Anak Domba. Sebab itu, mereka ada di hadapan takhta Elohim dan mereka beribadah kepada-Nya siang dan malam di tempat kudus-Nya. Dan Dia yang duduk di atas takhta itu akan berdiam di antara mereka.

Henokh 108:10. Semua berkat yang mereka terima telah aku tuliskan dalam buku-buku; dan Dia telah mempersiapkan upah mereka, karena mereka telah terbukti sebagai orang-orang yang lebih mencintai surga yang kekal lebih dari pada hidup mereka, dan ketika mereka diinjak-injak oleh orang-orang jahat, dan mendengar hujatan dan cercaan, mereka memuji Aku.”

  • Note ayat 108:10 upah mereka: Wahyu 22:12 (ILT) Dan lihatlah, Aku datang segera! Dan upah-Ku ada bersama-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang sesuai dengan pekerjaannya.
  • Note ayat 108:10 hidup mereka: Markus 8:35 (ILT) Sebab, siapa yang ingin menyelamatkan jiwanya, dia akan membinasakannya, tetapi siapa yang melepaskan jiwanya demi Aku dan injil, ia akan menyelamatkannya.
  • Note ayat 108:10 hujatan dan cercaan: 1Korintus 4:11-13 (ILT) Hingga saat sekarang kami juga lapar, dan haus, dan bertelanjang, dan dipukuli, bahkan tanpa tempat tinggal; dan kami berjerih lelah sambil bekerja dengan tangan kami sendiri. Ketika dicaci maki, kami memberkati; ketika dianiaya, kami tabah; ketika difitnah, kami menasihati. Hingga sekarang kami telah dijadikan seperti sampah dunia, kotoran segala sesuatu.

Henokh 108:11. Dan sekarang Aku akan memanggil roh-roh yang baik, dari generasi terang, dan mengubah mereka yang lahir dalam kegelapan, yang belum mendapatkan upah dalam tubuh mereka dengan kehormatan yang pantas sesuai ketaatan mereka.

  • Note ayat 108:11 roh-roh yang baik: Henokh 61:12 Dan mereka yang tidak tidur di surga yang tinggi akan memberkati Dia; semua para kudus-Nya, yang di surga, akan memberkati Dia, dan semua orang-orang pilihan, yang tinggal di taman kehidupan, dan setiap roh terang, yang bisa memberkati, dan memuliakan, dan meninggikan, dan berkata, “‘Kudus,’ untuk nama-Mu yang suci, dan semua manusia, akan memuji-muji dan memberkati nama-Mu untuk selama-lamanya.
  • Note ayat 108:11 dalam tubuh mereka: Henokh 102:5 Dan janganlah bersedih bahwa jiwamu turun ke dunia orang mati, dalam kesusahan besar dan ratapan dan kesedihan, dan duka cita, dan bahwa tubuhmu belum mendapatkan kebaikan yang layak selagi kamu hidup, melainkan pada hari di mana kamu mati sama seperti orang-orang berdosa, pada hari kutukan dan hukuman.

Henokh 108:12. Dan Aku akan memimpin mereka yang mengasihi nama-Ku yang kudus dalam cahaya terang, dan akan menempatkan masing-masing di atas takhta kehormatannya.

  • Note ayat 108:12 takhta kehormatannya: Wahyu 3:21 (ILT) Siapa yang menang, Aku akan mengaruniakan kepadanya untuk duduk bersama Aku di takhta-Ku, sebagaimana Aku pun menang dan duduk bersama Bapa-Ku di takhta-Nya. Matius 19:28 (ILT) Dan Yeshua berkata kepada mereka, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, bahwa kamu yang mengikut Aku, pada waktu penciptaan kembali, ketika Anak Manusia duduk di atas takhta kemuliaan-Nya, kamu juga akan duduk di atas kedua belas takhta seraya menghakimi kedua belas suku Israel. Lukas 22:28-30 (TB) Kamulah yang tetap tinggal bersama-sama dengan Aku dalam segala pencobaan yang Aku alami. Dan Aku menentukan hak-hak Kerajaan bagi kamu, sama seperti Bapa-Ku menentukannya bagi-Ku, bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam Kerajaan-Ku dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Henokh 108:13. Dan mereka akan berkilauan untuk masa-masa yang tidak terhitung, karena adil penghakiman Elohim, karena Dia akan berlaku setia kepada orang-orang yang setia di jalan yang jujur.

  • Note ayat 108:13 masa-masa yang tidak terhitung: Henokh 58:6 Dan akan ada terang yang tidak akan berkesudahan, dan mereka tidak akan masuk ke dalam hari-hari yang terbatas, karena pertama-tama kegelapan akan dihancurkan, dan terang akan perkasa di hadapan TUHAN segala Roh, dan terang kejujuran akan menjadi kuat dalam kekekalan di hadapan TUHAN segala Roh. Henokh 91:17 Dan setelah itu akan ada banyak minggu, tidak terhitung, sampai kepada kekekalan, dalam kebaikan dan keadilan, dan dosa tidak akan disebutkan lagi mulai saat itu sampai kepada kekekalan.
  • Note ayat 108:13 berlaku setia: 2Samuel 22:26 (AYT) Engkau setia terhadap orang-orang yang berlaku setia. Engkau berlaku baik terhadap orang-orang yang tidak bercela. Mazmur 18:25 (TB) Terhadap orang yang setia Engkau berlaku setia, terhadap orang yang tidak bercela Engkau berlaku tidak bercela.

Henokh 108:14. Dan mereka akan melihat bagaimana orang-orang yang lahir di dalam kegelapan akan dilemparkan ke dalam kegelapan, sedangkan orang-orang benar akan berkilauan.

  • Note ayat 108:14 ke dalam kegelapan: Henokh 103:8 Dan dalam kegelapan dan dengan rantai dan di dalam api yang menyala-nyala, roh mereka akan terbakar pada penghakiman besar; dan penghakiman besar akan ada bagi semua generasi sampai kekekalan. Celakalah kamu, karena kamu tidak akan memiliki damai sejahtera! Daniel 12:2-3 (AYT) Banyak orang-orang yang tertidur di dalam debu tanah akan terjaga, beberapa di antaranya untuk memperoleh hidup yang kekal, dan sebagian lagi untuk mendapat celaan dan kengerian untuk selama-lamanya. Orang-orang yang berakal budi akan bersinar seperti cahaya cakrawala. Mereka mengajar dan menuntun banyak orang kepada kebenaran, seperti bintang-bintang untuk selama-lamanya. Yesaya 66:24 (ILT) “Apabila mereka keluar, mereka akan melihat mayat orang-orang yang telah memberontak melawan Aku, karena ulat-ulat mereka tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, dan mereka akan menjadi kejijikan bagi semua manusia.”
  • Note ayat 108:14 berkilauan: Daniel 12:3 (ILT) Dan orang-orang yang bijaksana akan bercahaya bagaikan cahaya cakrawala. Mereka yang menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang selama-lamanya.

Henokh 108:15. Dan orang-orang berdosa akan menangis, dan melihat ketika mereka bersinar, dan mereka akan pergi ke tempat dimana hari-hari dan waktu telah dituliskan bagi mereka.

  • Note ayat 108:15 menangis: Lukas 13:28 (ILT) Di sana akan ada tangisan dan kertakan gigi, manakala kamu sudah melihat Abraham dan Ishak dan Yakub serta semua nabi ada di dalam kerajaan Elohim, tetapi kamu dicampakkan ke luar. Matius 8:11-12 (ILT) Dan Aku berkata kepadamu, bahwa banyak orang dari timur dan barat akan datang dan duduk makan bersama Abraham dan Ishak dan Yakub di dalam kerajaan surga; tetapi anak-anak kerajaan akan dibuang ke dalam kegelapan yang paling kelam, di sana akan ada tangis dan kertak gigi.”

Referensi:

Selengkapnya baca: Kitab Henokh, Buku Untuk Generasi Akhir Zaman

Kitab Henokh

Order

Iklan