Semua nabi-nabi berbicara tentang tribulasi atau masa kesusahan yang akan datang di Akhir Zaman. Yeremia menyebutnya “waktu kesusahan Yakub” (30:7), dan ini disebut “tribulasi” atau “kesukaran” atau “kesusahan” dalam Injil (Matius 24; Markus 13), dan Kitab Wahyu menyebutnya “kesukaran besar” (7:14).

Berikut ini adalah survei yang disederhanakan dari nubuat-nubuat tribulasi Daniel dari paruh kedua kitabnya.

Pasal 7 – Tahun Pertama Belshazzar

  1. Kerajaan monster mengerikan seperti binatang buas dengan gigi besi (7; 23).

Dan 7:7 (ILT) Dan setelah itu, aku melihat dalam penglihatan malam, dan tampaklah binatang yang keempat itu, yang menakutkan, dan mengerikan, dan sangat kuat! Dan dia mempunyai gigi besi yang besar. Ia melahap dan meremukkan serta menginjak-injak apa yang tertinggal dengan kakinya. Dia berbeda dengan semua binatang yang terdahulu dan dia mempunyai sepuluh tanduk.

Dan 7:23 (ILT) Demikianlah dia berkata, “Binatang yang keempat itu akan menjadi kerajaan yang keempat di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya, serta meremukkannya.”

  1. Seorang raja yang jahat, “tanduk kecil,” berbicara hal-hal yang angkuh melawan Elohim (8; 20; 25).

Dan 7:8 (ILT) Aku sedang berpikir tentang tanduk-tanduk itu dan lihatlah, tanduk kecil lainnya muncul di antaranya, dan tiga tanduk yang dahulu itu tercabut beserta akar-akarnya. Dan, lihatlah, pada tanduk ini tampak ada mata seperti mata manusia dan sebuah mulut yang berbicara tentang perkara-perkara besar.

Dan 7:20 (ILT) dan tentang kesepuluh tanduk yang ada pada kepalanya, dan lainnya yang tumbuh dan mematahkan tiga tanduk sebelumnya, yakni tanduk yang mempunyai mata dan yang mempunyai mulut yang berbicara perkara-perkara besar, dan kelihatan lebih besar daripada kelompoknya.

Dan 7:25 (ILT) Dan dia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan membinasakan orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi, dan dia bermaksud untuk mengubah waktu dan hukum. Mereka akan diserahkan ke dalam tangannya hingga satu masa dan dua masa dan setengah masa.

  1. Dia berperang melawan “orang-orang kudus” Elohim (21; 25).

Dan 7:21 (ILT) Aku melihat tanduk itu mengadakan perang melawan orang-orang kudus dan menguasai mereka,

Dan 7:25 (ILT) Dan dia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan membinasakan orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi, dan dia bermaksud untuk mengubah waktu dan hukum. Mereka akan diserahkan ke dalam tangannya hingga satu masa dan dua masa dan setengah masa.

  1. Dia mengambil alih kekuasaan atas pemerintahan dan kalender (waktu dan hukum) selama tiga setengah tahun (25).

Dan 7:25 (ILT) Dan dia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan membinasakan orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi, dan dia bermaksud untuk mengubah waktu dan hukum. Mereka akan diserahkan ke dalam tangannya hingga satu masa dan dua masa dan setengah masa.

  1. Yang Lanjut Usia (YAHWEH sendiri) tampil di atas takhta api-Nya (9-10).

Dan 7:9 (ILT) Aku melihat hingga takhta-takhta diturunkan, dan Yang Lanjut Usia duduk, jubah-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya seperti bulu domba yang bersih. Takhta-Nya seperti nyala api, roda-rodanya seperti api yang berkobar-kobar.

Dan 7:10 (ILT) Suatu aliran api muncul dan mengalir dari hadapan-Nya. Ribuan orang keluar melayani Dia dan berlaksa-laksa orang berdiri di hadapan-Nya. Pengadilan bersidang dan kitab-kitab dibuka.

  1. Dia menghakimi dunia (10; 22; 26).

Dan 7:10 (ILT) Suatu aliran api muncul dan mengalir dari hadapan-Nya. Ribuan orang keluar melayani Dia dan berlaksa-laksa orang berdiri di hadapan-Nya. Pengadilan bersidang dan kitab-kitab dibuka.

Dan 7:22 (ILT) sampai Yang Lanjut Usia itu datang. Dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; dan waktunya tiba, dan orang-orang kudus itu memiliki kerajaan.

Dan 7:26 (ILT) Tetapi, Pengadilan akan bersidang, dan mereka akan merenggut kekuasaannya untuk menghancurkannya dan memusnahkannya sampai lenyap.

  1. Tanduk dan binatang itu akan dihancurkan sepenuhnya oleh api (11).

Dan 7:11 (ILT) kemudian aku memerhatikannya, karena suara perkataan yang tanduk-tanduk itu mengucapkannya sangat keras. Aku memerhatikannya hingga binatang itu terbunuh dan tubuhnya dihancurkan dan diserahkan ke dalam api yang menyala-nyala.

  1. Kerajaan-kerajaan lainnya akan diizinkan untuk berlanjut selama jangka waktu tertentu (12).

Dan 7:12 (ILT) Dan binatang-binatang lainnya, kekuasaan mereka dicabut. Namun, jangka hidup telah diberikan kepada mereka hingga saat dan waktunya.

  1. Anak Manusia (Yeshua) diberikan otoritas atas bangsa-bangsa dan datang di atas awan kemuliaan (13-14).

Dan 7:13 (ILT) Aku melihat dalam penglihatan malam itu, dan lihatlah, seorang seperti Anak Manusia datang dengan awan-awan dari langit. Dan Dia datang kepada Yang Lanjut Usia itu. Lalu mereka membawa Dia ke hadapan-Nya.

Dan 7:14 (ILT) Dan kekuasaan diberikan kepada-Nya, kemuliaan, dan suatu kerajaan sehingga semua orang, bangsa, dan bahasa akan melayani-Nya. Kekuasaan-Nya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaan-Nya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

  1. Otoritas kerajaan dialihkan kepada orang-orang kudus (18; 22; 27).

Dan 7:18 (ILT) Tetapi, orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi akan menerima kerajaan dan memiliki kerajaan itu selama-lamanya, bahkan kekal selama-lamanya.

Dan 7:22 (ILT) sampai Yang Lanjut Usia itu datang. Dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; dan waktunya tiba, dan orang-orang kudus itu memiliki kerajaan.

Dan 7:27 (ILT) Pemerintahan, kekuasaan, dan kebesaran kerajaan di bawah seru segenap langit akan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi, kerajaan-Nya adalah kerajaan yang kekal. Dan segala kekuasaan akan melayani dan patuh kepada-Nya.

Pasal 8 – Tahun Ketiga Belshazzar

  1. Dua kerajaan berperang melawan satu sama lain (1-8; 20-22).

Dan 8:1-8 (ILT) Pada tahun yang ketiga pemerintahan Raja Belshazar, suatu penglihatan tampak kepadaku, Daniel, sesudah yang tampak kepadaku pada kali pertama. Maka terjadilah, aku melihat dalam sebuah penglihatan. Sementara aku melihat, aku berada di puri Susan, yang ada di provinsi Elam. Dan aku melihat dalam suatu penglihatan, aku sedang berada di tepi Sungai Ulai. Kemudian aku melayangkan mataku dan melihat. Dan tampaklah seekor domba jantan berdiri di depan sungai itu, bertanduk dua. Kedua tanduk itu tinggi, tetapi yang satu lebih tinggi dari yang lain, dan yang tinggi itu muncul terakhir. Aku melihat domba jantan itu menanduk ke barat, ke utara, dan ke selatan, sehingga binatang-binatang buas pun tidak tahan menghadapinya, dan tidak ada yang dapat melepaskan diri dari tangannya. Namun dia berbuat sekehendak hatinya dan menjadi besar. Dan sementara aku memerhatikannya, tampaklah seekor kambing jantan datang dari sebelah barat, yang melintasi seluruh permukaan bumi dan tidak menyentuh tanah. Kambing jantan itu mempunyai satu tanduk yang menonjol di antara kedua matanya. Dia datang pada domba jantan yang mempunyai dua tanduk, yang telah aku lihat berdiri di depan sungai itu, dan menyerang dengan kegeraman kekuatannya. Dan aku melihatnya menyentuh samping domba jantan itu. Dan menjadi sangat marah untuk melawannya, lalu menanduk domba jantan itu dan mematahkan kedua tanduknya. Dan tidak ada kekuatan pada domba jantan itu untuk bertahan menghadapinya. Dan dia menghempaskannya ke tanah dan menginjak-injaknya. Dan tidak ada seorang pun dapat melepaskan domba jantan itu dari tangannya. Dan kambing jantan itu menjadi sangat besar. Dan ketika menjadi kuat, tanduk yang besar itu dipatahkan. Dan muncullah pada tempatnya empat tanduk yang menonjol mengarah kepada keempat mata angin di langit.

Dan 8:20-22 (ILT) Domba jantan yang telah engkau lihat dengan dua tanduk adalah raja-raja orang Media dan Persia. Dan kambing jantan yang berbulu lebat itu ialah raja Yunani. Dan tanduk besar yang di antara kedua matanya itu ialah raja yang pertama. Dan tentang tanduk yang patah, dan empat buah yang muncul pada tempatnya itu, adalah empat kerajaan yang akan muncul dari bangsa itu, tetapi bukan dengan kekuatannya.

  1. Domba jantan bertanduk dua [Persia-Iran]
  2. Kambing bertanduk tunggal [Yunani-Eropa]

2. Seorang raja jahat bertanduk kecil berkuasa dan kemudian berbalik menuju Tanah Permai [Israel] (9).

Dan 8:9 (ILT) Dan dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar mengarah ke selatan, mengarah ke timur, dan mengarah ke tanah yang subur makmur.

  1. Dia berperang melawan Elohim dan berperang melawan orang-orang kudus (10-11; 24).

Dan 8:10-11 (ILT) Dan dia menjadi besar, bahkan sampai kepada bala tentara langit. Dan dia menjatuhkan beberapa dari bala tentara itu dan dari bintang-bintang ke bumi dan menginjak-injak mereka. Bahkan dia membesarkan dirinya sendiri terhadap panglima bala tentara itu. Dan olehnya kurban terus-menerus telah dihapuskan dan dasar tempat kudus telah dirobohkan.

Dan 8:24 (ILT) Dan kekuatannya akan menjadi hebat, tetapi bukan karena kekuatannya sendiri. dengan luar biasa dia akan menghancurkan, dan dia akan berhasil, lalu bekerja, untuk menghancurkan orang-orang yang berkuasa dan orang-orang kudus.

  1. Dia akan memiliki “wajah garang, ahli dalam intrik” (23), mendemonstrasikan kekuasaan supranatural (24) dan bertindak dengan licik, tipu daya, cerdas dan ‘damai’ (24).

Dan 8:23 (ILT) Dan pada akhir dari kerajaan mereka, ketika memuncaknya para pendurhaka, seorang raja akan bangkit dengan wajah yang garang dan dapat memahami kata-kata kiasan.

Dan 8:24 (ILT) Dan kekuatannya akan menjadi hebat, tetapi bukan karena kekuatannya sendiri. Dengan luar biasa dia akan menghancurkan, dan dia akan berhasil, lalu bekerja, untuk menghancurkan orang-orang yang berkuasa dan orang-orang kudus.

  1. Dia akan menduduki tempat kudus selama tiga setengah tahun (14).

Dan 8:14 (ILT) Dan dia berkata kepadaku, “selama dua ribu, tiga ratus petang dan pagi, barulah tempat kudus itu akan dipulihkan kembali.”

Pasal 9 – Tahun Pertama Darius

  1. Tempat kudus dikuasai dan kurban dan persembahan harian dihentikan selama tiga setengah tahun (27).

Dan 9:27 (ILT3) Dan dia akan meneguhkan perjanjian dengan banyak orang selama satu pekan, tetapi pada pertengahan pekan itu ia akan menyebabkan kurban dan persembahan sajian terhenti. Namun atas memuncaknya kekejian itu, akan datang yang membinasakan bahkan hingga tuntas. Dan itulah yang telah ditetapkan untuk menimpa pembinasa itu.”

  1. Kejijikan yang membinasakan akan didirikan di tempat kudus (27).

Dan 9:27 (ILT2) Dan dia akan meneguhkan perjanjian dengan banyak orang selama satu pekan. Dan pada pertengahan pekan itu ia akan menghapuskan kurban dan persembahan sajian; dan di atas sayap mezbah kekejian yang membinasakan, bahkan sampai sempurna. Maka itulah yang ditetapkan akan menimpa penghancur itu.”

Pasal 10 – Tahun Ketiga Koresh

  1. Yeshua tampil dalam kemuliaan (5-6).

Dan 10:5-6 (ILT) maka aku melayangkan mataku dan melihat: Dan sungguh seorang berpakaian lenan dan berikat pinggang emas murni dari Ufas. Tubuhnya seperti permata Tarsis, wajahnya seperti cahaya kilat, matanya seperti suluh yang menyala-nyala, lengannya dan kakinya seperti kilau logam yang digosok, dan suara perkataannya seperti gaduh orang banyak.

  1. Dia dan Mikhael berperang melawan raja-raja Persia dan Yunani (13; 20-21).

Dan 10:13 (ILT) Namun, raja kerajaan Persia sedang berdiri menentang aku dua puluh satu hari lamanya; tetapi lihatlah Mikhael, salah seorang dari pemimpin terkemuka, datang menolong aku. Dan aku tetap di sana bersama dengan raja-raja Persia.

Dan 10:20-21 (ILT) Lalu ia berkata, “Apakah engkau mengetahui mengapa aku datang kepadamu? Dan sekarang aku akan kembali untuk berperang dengan pemimpin Persia. Dan ketika aku keluar, maka lihatlah, pemimpin Yunani akan datang. Namun demikian aku akan memberitahukan kepadamu apa yang tertulis dalam kitab Kebenaran. Dan tidak seorang pun membuat dirinya kuat berada di pihakku dalam semuanya ini, kecuali Mikhael pemimpinmu.

Pasal 11

  1. Raja Utara menyerang tanah Tanah Permai [Israel] (16; 41), dan mendirikan perkemahan antara laut dan Yerusalem (45).

Dan 11:16 (ILT) Namun, dia yang datang melawannya akan berbuat sekehendak hatinya, dan tidak ada seorang pun akan bertahan menghadapinya. Dan dia akan menduduki tanah yang mulia, dan kehancuran total ada dalam tangannya.

Dan 11:41 (ILT) Dia akan masuk ke dalam negeri yang mulia dan banyak orang akan tersandung. Tetapi, mereka ini akan terluput dari tangannya, Edom, dan Moab, dan kepala dari kaum Amon.

Dan 11:45 (ILT) Dan dia akan mendirikan kemah-kemah istananya di antara laut dan gunung kudus yang mulia itu. Namun dia akan memasuki sampai pada akhir hidupnya dan tidak ada penolong baginya.”

  1. Raja yang jahat memerintah “dengan damai” dengan “rayuan tipu daya” (21; 32).

Dan 11:21 (ILT) Dan seorang yang dipandang rendah akan muncul menggantikannya dan mereka tidak akan menyerahkan kepadanya kehormatan raja; tetapi dia akan masuk secara diam-diam dan merebut kerajaan dengan tipu daya.

Dan 11:32 (ILT) Dan Dia akan menjerumuskan orang-orang fasik yang menentang perjanjian itu dengan rayuan-rayuan. Tetapi umat yang mengenal Elohimnya akan menjadi kuat dan akan bertindak.

  1. Tempat kudus diduduki, kurban harian dihentikan, kejijikan yang membinasakan didirikan (31).

Dan 11:31 (ILT) Kekuatan akan muncul dari padanya, dan mereka akan menajiskan tempat kudus, benteng itu, dan akan menghapuskan kurban terus-menerus yang telah ditetapkan. Mereka akan menegakkan kekejian yang membinasakan.

  1. Orang-orang kudus selama waktu ini akan:

1. Dihancurkan dan dianiaya sampai mati (33)

Dan 11:33 (ILT) Dan orang-orang yang bijaksana di antara umat itu akan mengajar banyak orang. Namun mereka akan tersandung oleh pedang dan nyala api, oleh pengasingan dan perampasan, beberapa waktu lamanya.

2. menjadi kuat dan mengambil tindakan (32)

Dan 11:32 (ILT) Dan Dia akan menjerumuskan orang-orang fasik yang menentang perjanjian itu dengan rayuan-rayuan. Tetapi umat yang mengenal Elohimnya akan menjadi kuat dan akan bertindak.

3. menerima pewahyuan yang besar (33)

Dan 11:33 (ILT) Dan orang-orang yang bijaksana di antara umat itu akan mengajar banyak orang. Namun mereka akan tersandung oleh pedang dan nyala api, oleh pengasingan dan perampasan, beberapa waktu lamanya.

4. mengajar banyak orang lain dalam iman (33)

Dan 11:33 (ILT) Dan orang-orang yang bijaksana di antara umat itu akan mengajar banyak orang. Namun mereka akan tersandung oleh pedang dan nyala api, oleh pengasingan dan perampasan, beberapa waktu lamanya.

5. dimurnikan (35)

Dan 11:35 (ILT) Dan sebagian dari orang-orang yang bijaksana itu akan tersandung, untuk menyaring, membersihkan dan memurnikan mereka sampai pada akhir zaman. Sebab akhir zaman itu masih belum mencapai waktu yang telah ditetapkan.

  1. Raja jahat dari utara akan sangat membesarkan dirinya di atas setiap elohim, menantang Elohim, berhasil, menaklukkan banyak orang dalam murka (36; 40; 44), namun pada akhirnya akan hancur (45).

Dan 11:36 (ILT) Dan raja itu akan berbuat sekehendaknya dan akan memuliakan dan membesar-besarkan dirinya di atas setiap ilah, bahkan berbicara tentang hal-hal yang menakjubkan menentang Elohim segala ilah dan akan beruntung sampai murka itu digenapi. Sebab apa yang telah ditetapkan akan terjadi.

Dan 11:40 (ILT) Pada akhir zaman, raja selatan akan berperang dengannya. Dan raja utara itu akan datang melawannya seperti angin badai, dengan kereta perang, pasukan berkuda dan dengan banyak kapal. Dan dia akan memasuki negeri-negeri, lalu membanjiri dan melintasinya.

Dan 11:44 (ILT) Namun berita dari timur dan dari utara akan menggelisahkannya. Kemudian dia akan keluar dengan kegeraman yang besar untuk menghancurkan dan membinasakan banyak orang.

Dan 11:45 (ILT) Dan dia akan mendirikan kemah-kemah istananya di antara laut dan gunung kudus yang mulia itu. Namun dia akan memasuki sampai pada akhir hidupnya dan tidak ada penolong baginya.”

Pasal 12

  1. Ini adalah Akhir Zaman
  2. Mikhael berperang bagi Israel (1).

Dan 12:1 (ILT) Pada waktu itu akan muncul Mikhael, pemimpin besar yang akan mendampingi anak-anak bangsamu. Dan akan ada suatu masa kesusahan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak bangsa-bangsa ada sampai pada waktu itu. Dan pada waktu itu bangsamu akan dibebaskan, yakni semua orang yang akan didapati namanya tertulis dalam kitab itu.

  1. Banyak orang diselamatkan (1).
  2. Orang-orang mati akan dibangkitkan (2).

Dan 12:2 (ILT) Dan banyak di antara orang-orang itu yang tidur di dalam debu tanah akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk menjadi malu, dan kejijikan yang kekal.

  1. Orang-orang kudus akan bercahaya dalam kemuliaan (3).

Dan 12:3 (ILT) Dan orang-orang yang bijaksana akan bercahaya bagaikan cahaya cakrawala. Mereka yang menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang selama-lamanya.

  1. Rahasia-rahasia Kitab Suci hanya akan diungkapkan di Akhir Zaman, ketika pengetahuan bertambah-tambah (4).

Dan 12:4 (ILT) Tetapi engkau, hai Daniel, sembunyikanlah segala firman itu dan meteraikanlah kitab itu sampai pada akhir zaman. Banyak orang akan berlari kian kemari dan pengetahuan akan bertambah.”

  1. Orang-orang kudus akan:

a. dianiaya dan dicerai-beraikan (7)

Dan 12:7 (ILT) Dan aku mendengar orang yang berpakaian lenan yang ada di atas air sungai itu, ketika dia mengangkat tangan kanannya dan tangan kirinya ke surga, dan bersumpah demi Nama Dia yang hidup selamanya, bahwa akan ada satu masa, dua masa dan setengah masa, dan ketika berakhir perpecahan kekuatan umat yang kudus, maka berakhirlah semuanya itu!”

b. dimurnikan (10)

Dan 12:10 (ILT) Banyak orang akan dibersihkan dan disucikan dan dimurnikan. Namun, orang-orang jahat akan berbuat jahat. Dan tidak seorang pun dari orang jahat itu akan memahaminya, tetapi orang yang bijaksana akan memahaminya.

c. membuktikan bahwa orang-orang jahat layak dihukum (10)

Dan 12:10 (ILT) Banyak orang akan dibersihkan dan disucikan dan dimurnikan. Namun, orang-orang jahat akan berbuat jahat. Dan tidak seorang pun dari orang jahat itu akan memahaminya, tetapi orang yang bijaksana akan memahaminya.

d. membawa banyak orang kepada iman (10)

Dan 12:10 (ILT) Banyak orang akan dibersihkan dan disucikan dan dimurnikan. Namun, orang-orang jahat akan berbuat jahat. Dan tidak seorang pun dari orang jahat itu akan memahaminya, tetapi orang yang bijaksana akan memahaminya.

  1. Tempat kudus akan dinajiskan, kurban harian dihentikan dan kejijikan yang membinasakan didirikan (11)

Dan 12:11 (ILT) Dan dari waktu kurban terus-menerus dihapuskan dan kekejian yang membinasakan itu ditetapkan, ada seribu dua ratus sembilan puluh hari.

  1. Masa kesusahan atau tribulasi akan berlangsung selama tiga setengah tahun (7; 11; 12).

Dan 12:7 (ILT) Dan aku mendengar orang yang berpakaian lenan yang ada di atas air sungai itu, ketika dia mengangkat tangan kanannya dan tangan kirinya ke surga, dan bersumpah demi Nama Dia yang hidup selamanya, bahwa akan ada satu masa, dua masa dan setengah masa, dan ketika berakhir perpecahan kekuatan umat yang kudus, maka berakhirlah semuanya itu!”

Dan 12:11 (ILT) Dan dari waktu kurban terus-menerus dihapuskan dan kekejian yang membinasakan itu ditetapkan, ada seribu dua ratus sembilan puluh hari.

Dan 12:12 (ILT) Diberkatilah orang yang menanti-nanti dan mencapai seribu tiga ratus tiga puluh lima hari.

Ini mengherankan sekaligus mencerahkan bagaimana elemen-elemen dasar dari kesusahan Akhir Zaman diulang-ulang dan ditekankan berkali-kali dalam nubuat-nubuat Daniel, dan gambarannya menjadi semakin jelas sementara kita mempelajari Kitab Suci.

  1. Tokoh Ilahi Mesianik muncul di setiap masing-masing nubuat;
  2. Raja yang jahat disebutkan 16 kali;
  3. Penganiayaan terhadap orang-orang kudus muncul tujuh kali;
  4. Kemenangan orang-orang kudus disebutkan delapan kali;
  5. Penajisan tempat kudus dijelaskan empat kali;
  6. Periode tiga setengah tahun disebutkan enam kali;

Dalam semua ayat-ayat di atas, perhatikan baik-baik kata-kata “kejijikan yang membinasakan“, karena ini adalah apa yang diperingatkan Tuhan Yeshua untuk dipahami dan diperhatikan baik-baik.

Mat 24:15 (ILT) “Oleh karena itu, bilamana kamu melihat pembinasa keji (Yunani: bdelugma tes eremoseos; kejijikan yang membinasakan; Inggris: abomination of desolation) –yang dibicarakan oleh Nabi Daniel– tengah berdiri di tempat yang kudus –siapa yang membaca biarlah dia memahaminya—

Mrk 13:14 (ILT)  “Apabila kamu melihat Pembinasa keji (Yunani: bdelugma tes eremoseos; kejijikan yang membinasakan; Inggris: abomination of desolation) berdiri di tempat yang tidak sepatutnya–para pembaca hendaklah memperhatikannya–maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.

Dalam ayat Injil Matius dan Markus di atas, diterjemahkan sebagai “pembinasa keji“, namun arti sebenarnya adalah “kejijikan yang membinasakan” – seperti yang dibicarakan oleh Nabi Daniel.

Kejijikan Yang Membinasakan

Kata “kejijikan yang membinasakan” muncul tiga kali dalam Kitab Daniel:

Dan 11:31 (ILT) Kekuatan akan muncul dari padanya, dan mereka akan menajiskan tempat kudus, benteng itu, dan akan menghapuskan kurban terus-menerus yang telah ditetapkan. Mereka akan menegakkan “kekejian yang membinasakan” (Inggris: abomination that desolates).

Dan 12:11 (ILT) Dan dari waktu kurban terus-menerus dihapuskan dan “kekejian yang membinasakan” (Inggris: abomination that desolates) itu ditetapkan, ada seribu dua ratus sembilan puluh hari.

Dan pertama kali itu muncul di pasal 9,

Daniel 9:27 (TB) Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian (Ibrani: shiqquts) akan datang yang membinasakan (Ibrani: shamem) (Inggris: abomination of desolation), sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan (Ibrani: shamem) itu.”

Ayat Daniel 9:27 ini cukup sulit dipahami, karenanya kita coba melihat terjemahan pembanding:

Pembanding: Daniel 9:27 (ILT) Dan dia akan meneguhkan perjanjian dengan banyak orang selama satu pekan, tetapi pada pertengahan pekan itu ia akan menyebabkan kurban dan persembahan sajian terhenti. Namun atas memuncaknya kekejian (Ibrani: shiqquts) itu, akan datang yang membinasakan (Ibrani: shamem) bahkan hingga tuntas. Dan itulah yang telah ditetapkan untuk menimpa Pembinasa (Ibrani: shamem) itu.”

Pembanding: Daniel 9:27 Dan dia akan meneguhkan perjanjian dengan banyak orang selama satu pekan. Dan pada pertengahan pekan itu ia akan menghapuskan kurban dan persembahan sajian; dan di atas sayap mezbah kekejian yang membinasakan (Ibrani: shiqqutshim meshomem), bahkan sampai sempurna. Maka itulah yang ditetapkan akan menimpa Penghancur itu.”

Pembanding: Daniel 9:27 (KJV) Dan dia akan meneguhkan perjanjian itu dengan banyak orang selama satu pekan: dan di tengah-tengah pekan itu dia akan menyebabkan kurban dan persembahan terhenti, dan karena menyebar-luasnya kejijikan (Ibrani: shiqquts) dia akan menjadikannya binasa (Ibrani: shamem), bahkan sampai kesudahannya, dan yang ditetapkan akan dicurahkan ke atas Pembinasa (Ibrani: shamem).

Kata “kekejian” atau “kejijikan” di sini menggunakan kata Ibrani “shiqquts” (H8251), yang artinya: hal yang menjijikkan atau berhala, hal yang buruk sekali, sesuatu yang sangat dibenci, berhala, menjijikkan, kotor (mesum, cabul, ceroboh, najis).

Sedangkan kata “membinasakan” bahasa Ibraninya “shamem” (H8074), yang artinya: menjadi rusak, hancur, mengerikan, kengerian, binasa, perusakan, penghancuran, penghancur.

2 kata Ibrani di atas ini digabung menjadi “shiqqutshim meshomem“, memiliki arti “kekejian yang membinasakan” atau “kejijikan yang akan menjadikan binasa“. Ini frase kata yang sama yang digunakan oleh terjemahan Yunani (LXX dan ABP) dari Daniel 9:27bdelugma ton eremoseon“, yang artinya: “kekejian yang membinasakan” atau “kejijikan yang menyebabkan binasa.”

Kata ini juga yang dipakai oleh Tuhan Yeshua ketika memperingatkan para pengikut-Nya tentang nubuat Daniel ini:

Matius 24:15-22 “Oleh karena itu, bilamana kamu melihat Pembinasa Keji (Yunani: bdelugma tes eremoseos; kejijikan yang membinasakan) –yang dibicarakan oleh Nabi Daniel– tengah berdiri di tempat yang kudus (Yunani: topo agio) –siapa yang membaca biarlah dia memahaminya– 16. maka biarlah mereka yang berada di Yudea melarikan diri ke pegunungan. 21. Sebab, pada waktu itu akan terjadi Kesukaran Besar (Yunani: thlipsis megale; Tribulasi) seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang, bahkan sekali-kali tidak akan pernah terjadi. 22. Dan sekiranya hari-hari itu tidak diperpendek, maka semua manusia (Yunani: sarx; daging, makhluk hidup, tubuh manusia) tidak akan diselamatkan; tetapi karena mereka yang terpilih, hari-hari itu akan diperpendek.

Pembinasa keji” atau “kejijikan yang membinasakan” dalam bahasa Yunani di atas “bdelugma tes eremoseos“, dari kata “bdelugma” (G946), artinya: sesuatu yang kotor, busuk, menjijikkan, perbuatan menjijikkan, berhala, hal-hal yang berhubungan dengan pemujaan berhala, sesuatu yang sangat dibenci. Dan “eremosis” (G2050), artinya: menjadikan binasa, rusak, hancur.

Kata “kejijikan yang membinasakan” di sini nampaknya mungkin berhubungan dengan Tanda Binatang itu dan “ikon”-nya, dimana setiap orang yang menerima Tanda Binatang itu, menyembahnya dan menyembah “ikon”-nya, dipastikan binasa dan dilemparkan ke dalam lautan api.

Wahyu 14:9-10 (ILT) Dan malaikat yang ketiga mengikuti mereka seraya berkata dengan suara nyaring, “Jika seseorang menyembah binatang buas itu dan ikonnya dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya, 10. maka dia pun akan minum dari anggur amarah Elohim, yang telah dicampur tanpa diencerkan di dalam cawan murka-Nya; dan dia akan disiksa dengan api dan belerang di hadapan malaikat-malaikat kudus dan di hadapan Anak Domba.

Sekarang kita kembali melihat perkataan Yeshua dalam Matius 24:15, “Pembinasa keji (atau “kejijikan yang membinasakan“) tengah berdiri di tempat kudus“.

Kata “tempat kudus” di sini menggunakan bahasa Yunani “topo agio“, berasal dari kata “topos” (G5117), yang artinya: tempat, ruang, lokasi, tempat kediaman; secara metafora: keadaan, kondisi. Dan “hagion” (G39), yang artinya: terhormat, layak untuk dihormati, hal-hal yang berhubungan dengan Elohim yang memiliki keistimewaan dan hak untuk dihormati, seperti tempat kudus bagi Elohim yang tidak boleh dinajiskan/dicemarkan; orang-orang yang melayani Elohim; dikhususkan bagi Elohim, secara eksklusif adalah milik-Nya, pelayanan dan persembahan (dipersiapkan bagi Elohim dengan khidmat, murni dan bersih); dalam pengertian moral: murni, tak bercela, benar, kudus.

Tempat kudus” (topo agio) di sini sepertinya mengindikasikan “Bait Elohim”, yaitu “tubuh orang-orang kudus” milik-Nya (1Korintus 6:19).

Dari kata-kata di atas, Tanda Binatang itu sendiri nampaknya bukan sekedar alat untuk membeli atau menjual (Wahyu 13:17), namun memiliki indikasi terjadinya “proses penajisan” atau “proses hybridisasi” yang menyebabkan tubuh setiap orang yang menerimanya, menjadi “rusak” atau “cemar/najis“, sehingga tidak lagi dapat ditebus oleh Darah Yeshua. Tuhan Yeshua hanya menebus umat manusia (kinsmen redeemer; sanak penebus) dari keturunan Adam. Tanda Binatang itu sendiri nampaknya akan menjadikan setiap orang yang menerimanya berubah menjadi “manusia yang lain”, bukan manusia lagi. Dan Tanda Binatang itu rupanya bersifat semacam “ilah kenajisan” atau “berhala kejijikan”, yang akan dipaksakan untuk dipasang/ditempatkan pada tubuh (Bait Suci) manusia.

Wahyu 13:16,17 (ILT) Dan dia membuat semua orang, kecil dan besar, juga kaya dan miskin, bahkan merdeka dan hamba, supaya dia memberikan kepada mereka sebuah tanda (Yunani: charagma) pada tangan kanan mereka atau pada dahi mereka. Dan supaya setiap orang tidak dapat membeli atau menjual, kecuali dia yang mempunyai tanda (Yunani: charagma) atau nama binatang itu atau bilangan namanya.

Wahyu 14:9-11 (ILT) Dan malaikat yang ketiga mengikuti mereka seraya berkata dengan suara nyaring, “Jika seseorang menyembah binatang buas itu dan ikonnya dan menerima tanda (Yunani: charagma) pada dahinya atau pada tangannya, maka dia pun akan minum dari anggur amarah Elohim, yang telah dicampur tanpa diencerkan di dalam cawan murka-Nya; dan dia akan disiksa dengan api dan belerang di hadapan malaikat-malaikat kudus dan di hadapan Anak Domba. Dan asap siksaan mereka membubung selama-lamanya. Dan mereka yang menyembah binatang buas dan ikonnya dan siapa saja yang menerima tanda (Yunani: charagma) namanya, mereka tidak memperoleh istirahat siang dan malam.”

Kata “tanda” di atas bahasa Yunaninya “charagma” (G5480 – tanda), yang artinya: stempel, tanda yang dicetakkan, cap tanda, goresan atau guratan atau etsa, pahatan, pekerjaan ukiran, stempel (sebagai lencana perbudakan), tanda atau bekas, (cap tanda kepemilikan seperti pada kuda), gambar / patung / keserupaan berhala. (Kiasan) sebuah tanda yang memberikan identifikasi yang tak terbantahkan, seperti simbol yang menunjukkan hubungan tak terbantahkan antar pihak.

Menurut kamus Thayer Greek Definition, “charagma” (G5480) juga memiliki arti: Tanda yang dicapkan (distempelkan) pada dahi atau tangan kanan sebagai lencana pengikut Anti-Kristus, sesuatu yang diukirkan, dipahat, karya ukiran dari gambar / lukisan / keserupaan figur berhala. Dari definisi kata “charagma” (tanda) di atas, “gambar / patung / keserupaan berhala” tadi akan diharuskan oleh Binatang buas untuk dipasang/didirikan di “tempat kudus/Bait Elohim“, yakni tubuh manusia (1Korintus 6:19).

Tuhan Yeshua menyebutkan “Sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup (Yunani: sarx; daging, makhluk hidup, tubuh manusia) tidak akan ada yang selamat.”

Bagaimana Tanda Binatang itu akan merusak tubuh manusia, baca artikel 666: Peperangan Satan Merusak Gambar Elohim.

Kata “Kesukaran Besar” (Yunani: thlipsis megale) dalam Matius 24:21 di atas sama dengan yang disebutkan Rasul Yohanes tentang orang-orang yang keluar dari “Kesusahan Besar” di Kitab Wahyu:

Wahyu 7:14 (ILT) Dan aku berkata kepadanya, “Tuan, engkau sudah tahu.” Dan dia berkata kepadaku, “Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari Kesukaran Besar (Yunani: thlipseos tes megales) dan mereka telah mencuci jubah panjang mereka dan memutihkan jubah panjangnya dengan darah Anak Domba.

Semoga Elohim memberi kita anugerah untuk memahami dan mempersiapkan diri kita untuk berdiri dalam iman, kebenaran dan kemenangan di Akhir Zaman.

Baca:

666: Tanda Binatang Itu Akan Mengubah DNA Anda! Peperangan Satan Merusak Gambar Elohim

Kitab 2 Esdras (4 Ezra)

Tanda-tanda Profetik Kedatangan Segera Yesus Kristus

Referensi:

These 6 Events Must Come Into Alignment Before Jesus Returns

Iklan