Pengumuman Penghancuran Yerusalem yang Akan Datang

Pasal 1

  1. Dan terjadilah pada tahun kedua puluh lima dari Yekonya, raja Yehuda, bahwa firman Tuhan datang kepada Barukh, ben Neriah, dan berkata kepadanya:
  2. “Sudahkah engkau melihat semua yang bangsa ini perbuat kepada-Ku, bahwa kejahatan-kejahatan yang kedua suku yang tersisa ini telah perbuat adalah lebih besar daripada (yang diperbuat) sepuluh suku yang dibawa pergi sebagai tawanan?
  3. Karena suku-suku yang terdahulu dipaksa oleh raja-raja mereka untuk berbuat dosa, tetapi yang dua suku ini dari diri mereka sendiri telah memaksa dan mendorong raja-raja mereka untuk berbuat dosa.
  4. Karena hal ini, lihatlah, Aku mendatangkan malapetaka ke atas kota ini dan ke atas penduduknya, dan itu akan disingkirkan dari hadapan-Ku untuk sementara waktu, dan Aku akan menyerakkan bangsa ini ke antara Goyim supaya mereka dapat berbuat baik kepada Goyim. Dan umat-Ku akan dihajar, dan waktunya akan tiba ketika mereka akan mencari kemakmuran dari zaman-zaman mereka.

Pasal 2

  1. Karena Aku telah mengatakan hal-hal ini kepadamu, supaya engkau dapat meminta Yeremia, dan semua orang yang seperti engkau, untuk mengundurkan diri dari kota ini.
  2. Karena perbuatan-perbuatanmu adalah bagi kota ini seperti tiang yang kokoh, Dan doa-doamu seperti tembok yang kuat.”

Pasal 3

  1. Dan aku berkata: “Ya YHWH, Tuhanku, apakah aku datang ke dalam dunia ini untuk tujuan ini supaya aku dapat melihat malapetaka-malapetaka ibuku? Tidak (begitu) Tuhanku.
  2. Jika aku mendapatkan kasih karunia di hadapan-Mu, pertama-tama ambillah rohku, supaya aku dapat pergi kepada bapa leluhurku dan tidak menyaksikan kehancuran ibuku.
  3. Karena dua hal dengan kuat memaksa aku: karena aku tidak dapat menentang Engkau, dan jiwaku, apalagi, tidak dapat menyaksikan malapetaka-malapetaka ibuku.
  4. Tetapi satu hal akan aku katakan di hadapan-Mu, ya Tuhan.
  5. Karena itu, apakah yang akan terjadi sesudah hal-hal ini? Karena jika Engkau menghancurkan kota-Mu, dan menyerahkan tanah-Mu kepada orang-orang yang membenci kami, bagaimana mungkin nama Israel akan diingat lagi?
  6. Atau bagaimanakah seseorang akan berbicara tentang puji-pujian-Mu? Atau kepada siapakah yang ada di dalam Torah-Mu akan dijelaskan? Atau apakah dunia akan kembali kepada keadaannya pada zaman dahulu, dan zaman kembali kepada keheningan purbakala? Dan akankah banyak jiwa akan diambil, dan sifat manusia tidak akan disebutkan lagi? Dan di manakah semua yang telah Engkau firmankan kepada Musa mengenai kami?”

Pasal 4

  1. Dan Tuhan berfirman kepadaku: “Kota ini akan diserahkan untuk sementara waktu, Dan bangsa ini akan dihajar selama sementara waktu, Dan dunia tidak akan diserahkan untuk dilupakan.

Yerusalem Surgawi

  1. [Apakah engkau berpikir bahwa inilah kota yang tentangnya Aku berfirman: “Di telapak tangan-Ku Aku telah mengukirkan engkau”?
  2. Bangunan yang sekarang dibangun di tengah-tengahmu bukanlah apa yang disingkapkan oleh-Ku, yang telah dipersiapkan sebelumnya di sini sejak waktu ketika Aku bermusyawarah untuk membuat Firdaus, dan menunjukkannya kepada Adam sebelum dia berdosa, namun ketika dia melanggar perintah, itu disingkirkan dari padanya, seperti juga Firdaus.
  3. Dan sesudah hal-hal ini Aku menunjukkannya kepada hamba-Ku Abraham pada waktu malam hari di antara bagian-bagian kurban.
  4. Dan lagi Aku juga menunjukkannya kepada Musa di atas Gunung Sinai ketika Aku menunjukkan kepadanya keserupaan Tabernakel dan semua perkakas-perkakasnya.
  5. Dan sekarang, lihatlah, itu terpelihara bersama-Ku, sama seperti Firdaus.
  6. Karena itu pergilah, dan lakukanlah seperti yang Kuperintahkan kepadamu.”]

Keluhan Barukh dan Jaminan Elohim

Pasal 5

  1. Dan aku menjawab dan berkata: “Jadi, aku ditakdirkan untuk berdukacita bagi Zion, Karena musuh-musuh-Mu akan datang ke tempat ini dan mencemarkan tempat kudus-Mu, Dan membawa milik pusaka-Mu ke penawanan, Dan menjadikan diri mereka tuan-tuan atas orang-orang yang Engkau kasihi, Dan mereka akan pergi lagi ke tempat berhala-berhala mereka, Dan akan menyombongkan diri di hadapan mereka: Dan apa yang akan Engkau lakukan bagi nama-Mu yang besar?’
  2. Dan Tuhan berfirman kepadaku: ‘Nama-Ku dan kemuliaan-Ku adalah sampai seluruh kekekalan; Dan penghakiman-Ku akan mempertahankan haknya pada waktunya sendiri.
  3. Dan engkau akan melihatnya dengan matamu Bahwa musuh tidak akan meruntuhkan Zion, Tidak juga mereka akan membakar Yerusalem, Tetapi menjadi pelayan-pelayan Hakim untuk sementara waktu.
  4. Tetapi engkau pergilah dan lakukan apapun yang telah Aku firmankan kepadamu.
  5. Dan aku pergi dan membawa Yeremia, dan Adu, dan Seraya, dan Yabish, dan Gedalya, dan semua orang terhormat dari rakyat, dan aku membawa mereka ke lembah Kidron, dan aku menceritakan kepada mereka semua yang telah difirmankan kepadaku.
  6. Dan mereka menyaringkan suara mereka, dan mereka semua menangis.
  7. Dan kami duduk di sana dan berpuasa sampai petang.

Invasi orang-orang Kasdim dan Penyerbuan Mereka ke dalam Kota

Pasal 6

  1. Dan terjadilah keesokan paginya, lihatlah! Tentara orang Kasdim mengepung kota itu, dan pada waktu petang, aku, Barukh, meninggalkan orang-orang, dan aku pergi dan berdiri di dekat pohon tarbantin.
  2. Dan aku berduka cita atas Zion, dan meratapi penawanan yang telah menimpa rakyat.
  3. Dan lihatlah! Tiba-tiba roh yang kuat membangunkan aku, dan mengangkat aku tinggi-tinggi di atas tembok Yerusalem.
  4. Dan aku memandang, dan lihatlah! Empat malaikat berdiri di keempat penjuru kota, masing-masing dari mereka memegang obor api di tangannya.
  5. Dan malaikat lain mulai turun dari sorga, dan berkata kepada mereka: ‘Peganglah pelitamu, dan jangan nyalakan itu sampai aku katakan kepadamu.
  6. Karena aku pertama-tama diutus untuk menyampaikan firman kepada bumi, dan untuk menempatkan di dalamnya apa yang Tuhan Yang Mahatinggi telah perintahkan kepadaku.’
  7. Dan aku melihat dia turun ke dalam Ruang Maha Kudus, dan mengambil dari sana tirai, dan tabut kudus, dan tutup pendamaian, dan kedua meja, dan pakaian kudus para imam, dan mezbah dupa, dan empat puluh delapan batu mulia, yang dengannya imam dihiasi dan semua perkakas kudus dari Tabernakel.
  8. Dan dia berbicara kepada bumi dengan suara nyaring: ‘Bumi, bumi, bumi, dengarkanlah firman Elohim yang perkasa, Dan terimalah apa yang aku serahkan kepadamu, Dan jagalah itu sampai waktu-waktu terakhir, Supaya, ketika engkau diperintahkan, engkau dapat mengembalikannya, Supaya orang-orang asing tidak dapat memilikinya.
  9. Karena waktunya tiba ketika Yerusalem juga akan diserahkan untuk sementara waktu, Sampai dikatakan, bahwa itu dipulihkan lagi untuk selamanya.’
  10. Dan bumi membuka mulutnya dan menelannya.

Pasal 7

  1. Dan setelah hal-hal ini aku mendengar malaikat itu berkata kepada malaikat-malaikat yang memegang pelita-pelita itu: ‘Karena itu hancurkanlah, dan runtuhkanlah temboknya sampai kepada fondasi-fondasinya, supaya jangan musuh menyombongkan diri dan berkata: “Kami telah meruntuhkan tembok Zion, Dan kami telah membakar tempat Elohim yang perkasa.”‘
  2. Dan mereka telah merebut tempat di mana aku berdiri sebelumnya.

Pasal 8

  1. Dan malaikat-malaikat itu melakukan seperti yang dia perintahkan kepada mereka, dan ketika mereka telah menghancurkan sudut-sudut tembok, suatu suara terdengar dari bagian dalam Bait Suci, sesudah tembok roboh, mengatakan:
  2. ‘Masuklah, kamu musuh-musuh, Dan datanglah, kamu lawan-lawan; Karena Dia yang menjaga Bait ini telah meninggalkannya.’
  3. Dan aku, Barukh, pergi.
  4. Dan terjadilah sesudah hal-hal ini bahwa pasukan orang Kasdim memasuki dan merebut Bait itu, dan semua yang ada di sekitarnya. Dan mereka membawa orang-orang pergi tertawan, dan membunuh beberapa orang dari mereka, dan membelenggu raja Zedekia, dan mengirimnya kepada raja Babel.

Puasa Tujuh Hari Pertama

Pasal 9

  1. Dan aku, Barukh, datang, dan Yeremia, yang hatinya didapati murni dari dosa-dosa, yang tidak ditawan dalam perebutan kota.
  2. Dan kami mengoyakkan pakaian-pakaian kami, kami menangis dan berkabung, dan berpuasa tujuh hari lamanya.

Pasal 10

  1. Dan terjadilah sesudah tujuh hari, bahwa firman Elohim datang kepadaku, dan berkata kepadaku:
  2. “Beritahukan Yeremia untuk pergi dan mendukung orang-orang yang tertawan ke Babel.
  3. Tetapi engkau tetap di sini di tengah-tengah kehancuran Zion, dan Aku akan menunjukkan kepadamu sesudah hari-hari ini ‘apa yang akan terjadi pada hari-hari terakhir.’
  4. Dan aku berkata kepada Yeremia seperti yang Tuhan perintahkan kepadaku.
  5. Dan dia, memang pergi bersama orang-orang, tetapi aku, Barukh, kembali dan duduk di depan pintu-pintu gerbang Bait Suci, dan aku meratap dengan ratapan ini atas Zion dan berkata:
  6. ‘Berbahagialah dia yang belum dilahirkan, Atau dia, yang setelah dilahirkan, mati.
  7. Tetapi bagi kami yang hidup, celakalah kami, Karena kami melihat penderitaan-penderitaan Zion, Dan apa yang telah menimpa Yerusalem.
  8. Aku akan memanggil Siren-siren dari lautan, Dan engkau Lilith, datanglah engkau dari padang gurun, Dan engkau Shedim dan naga-naga dari hutan-hutan: Bangunlah dan ikatlah pinggangmu untuk perkabungan, Dan angkatlah bersamaku nyanyian perkabungan, Dan buatlah ratapan bersamaku.
  9. Engkau para petani, janganlah menabur lagi; Dan, ya bumi, mengapakah engkau memberikan panenan buah-buahanmu? Simpanlah di dalam dirimu manisnya makananmu.
  10. Dan engkau, pohon anggur, mengapakah engkau terus memberikan air anggurmu; Karena persembahan tidak akan lagi dibuat dari sana di Zion, Tidak juga buah-buah sulung akan dipersembahkan lagi.
  11. Dan engkau, hai langit, tahanlah embunmu, Dan jangan membuka perbendaharaan-perbendaharaan hujan:
  12. Dan engkau, hai matahari, tahanlah terang sinar-sinarmu. Dan engkau, hai bulan, padamkanlah banyaknya terangmu; Karena mengapakah terang harus terbit kembali Di manakah terang Zion digelapkan?
  13. Dan engkau, mempelai-mempelai laki-laki, janganlah masuk, Dan jangan biarkan mempelai-mempelai perempuan menghiasi diri mereka dengan karangan-karangan bunga; Dan, engkau perempuan, jangan berdoa supaya engkau dapat melahirkan.
  14. Karena orang-orang yang mandul, di atas semuanya akan bersukacita, Dan orang-orang yang tidak memiliki anak-anak akan bergembira, Dan orang-orang yang memiliki anak-anak akan mendapatkan penderitaan.
  15. Karena mengapa mereka harus melahirkan dalam kesakitan, Hanya untuk menguburkan dalam kesedihan?
  16. Atau mengapa, sekali lagi, manusia harus memiliki anak-anak? Atau mengapa keturunan dari generasi mereka diberi nama lagi, Di mana ibu ini terlantar, Dan anak-anaknya dibawa kepada penawanan?
  17. Mulai saat ini dan seterusnya jangan berkata tentang kecantikan, Dan jangan berbincang-bincang tentang keanggunan.
  18. Selain itu, engkau para imam, ambillah kunci-kunci dari tempat kudus, Dan lemparkan mereka ke ketinggian surga, Dan berikan mereka kepada Tuhan dan katakan: “Jagalah sendiri Bait-Mu, Karena lihatlah! Kami didapati sebagai pelayan-pelayan yang tidak benar.”
  19. Dan engkau, engkau para perawan; yang menenun lenan halus Dan sutra dengan emas Ofir, Bawalah dengan segera semua hal-hal (ini) Dan lemparkan mereka ke dalam api, Supaya itu dapat membawa mereka kepada Dia yang membuat mereka, Dan nyala api mengirim mereka kepada Dia yang menciptakan mereka, Supaya jangan musuh memiliki mereka.’

Pasal 11

  1. Selain itu, aku, Barukh, mengatakan ini terhadap engkau, Babel: ‘Jika engkau telah makmur, Dan Zion telah berdiam dalam kemuliaannya, Namun dukacita bagi kami sangat hebat Bahwa engkau harus setara dengan Zion.
  2. Tetapi sekarang, lihatlah! Dukacita itu tidak terbatas, Dan ratapan itu tidak terukur, Karena lihatlah! Engkau makmur Dan Zion sunyi sepi.
  3. Siapakah yang akan menghakimi hal-hal ini? Atau kepada siapa kami akan mengeluh tentang apa yang telah menimpa kami? Ya Tuhan, bagaimana Engkau menanggungnya?
  4. Bapa leluhur kami pergi untuk beristirahat tanpa dukacita, Dan lihatlah! Orang-orang benar tidur di bumi dalam ketenangan;
  5. Karena mereka tidak mengetahui penderitaan ini, Belum juga mereka mendengar tentang apa yang menimpa kami.
  6. Apakah engkau memiliki telinga, hai bumi, Dan apakah engkau memiliki hati, hai debu: Supaya engkau dapat pergi dan memberitahukan di Sheol, Dan berkata kepada orang-orang mati:
  7. “Berbahagialah engkau lebih daripada kami yang hidup.”‘

Pasal 12

  1. Tetapi aku akan mengatakan ini seperti yang aku pikirkan. Dan aku akan berbicara melawan engkau, hai negeri yang makmur.
  2. Siang hari tidak selalu membakar. Tidak juga sinar-sinar matahari terus memberi terang.
  3. Jangan mengira [dan mengharapkan] bahwa engkau akan selalu makmur dan bersukacita. Dan janganlah sangat meninggikan diri dan menyombongkan diri.
  4. Karena sesungguhnya pada musimnya sendiri, murka (ilahi) akan bangkit melawan engkau. Yang sekarang ini dalam panjang sabar ditahan sama seperti oleh tali-tali kekang.

Puasa Kedua. Wahyu tentang Penghakiman yang akan Datang terhadap Goyim.

  1. Dan ketika aku telah mengatakan hal-hal ini, aku berpuasa tujuh hari.

Pasal 13

  1. Dan terjadilah setelah hal-hal ini, bahwa aku, Barukh, sedang berdiri di atas Gunung Zion, dan lihatlah! Suatu suara datang dari ketinggian dan berkata kepadaku:
  2. ‘Berdirilah di atas kakimu, hai Barukh, dan dengarkanlah firman dari Elohim yang perkasa.
  3. Karena engkau keheranan akan apa yang telah menimpa Zion, karena itu engkau pasti dipelihara sampai kepada kesudahan zaman, supaya engkau dapat menjadi suatu kesaksian.
  4. Supaya, jika kota-kota yang makmur itu berkata:
  5. ‘Mengapa Elohim yang perkasa mendatangkan ke atas kami pembalasan ini?’ Katakanlah kepada mereka, engkau dan orang-orang yang seperti engkau yang telah melihat malapetaka ini: ‘(Inilah malapetaka) dan pembalasan yang sedang datang ke atasmu dan ke atas bangsamu pada waktu (yang ditetapkan) supaya bangsa-bangsa dapat dihancurkan sepenuhnya.
  6. Dan kemudian mereka akan ada di dalam penderitaan.
  7. Dan jika mereka berkata pada waktu itu:
  8. Untuk berapa lama? Engkau akan berkata kepada mereka: “Engkau yang telah minum air anggur yang disaring, Minumlah juga ampasnya, Penghakiman dari Yang Mahatinggi Yang tidak memandang orang.”’
  9. Karena hal ini, Dia yang pada masa lampau tidak berbelas kasihan kepada anak-anak-Nya sendiri, Tetapi menindas mereka seperti musuh-musuh-Nya, karena mereka berdosa,
  10. Karena itu mereka pun dihajar Supaya mereka dapat dikuduskan.
  11. Tetapi sekarang, engkau orang-orang dan bangsa-bangsa, engkau bersalah Karena engkau selalu menginjak-injak bumi, Dan menggunakan ciptaan dengan tidak benar.
  12. Karena Aku selalu memberi keuntungan kepadamu. Dan engkau selalu tidak tahu berterima kasih atas kemurahan hati.

Penghakiman Elohim Tidak Bisa Dipahami

Pasal 14

  1. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Lihatlah! Engkau telah menunjukkan kepadaku rangkaian zaman, dan apa yang akan terjadi setelah hal-hal ini, dan Engkau telah berfirman kepadaku, bahwa pembalasan, yang telah Engkau katakan, akan datang ke atas bangsa-bangsa.
  2. Dan sekarang aku tahu bahwa orang-orang yang telah berdosa itu banyak, dan mereka hidup dalam kemakmuran,’ dan pergi dari dunia ini, tetapi sedikit bangsa-bangsa akan ditinggalkan pada waktu-waktu itu, kepada siapa kata-kata itu akan diucapkan, yang telah Engkau firmankan.
  3. Sebab apakah keuntungan yang ada dalam hal ini, atau (malapetaka) apa, yang lebih buruk dari apa yang telah kami lihat menimpa kami, yang kami harapkan untuk lihat?
  4. Tetapi kembali aku akan berkata-kata di hadapan-Mu:
  5. Apakah keuntungan mereka yang mendapat pengetahuan di hadapan-Mu, dan yang tidak berjalan dalam kesia-siaan seperti selebihnya dari bangsa-bangsa lain, dan yang tidak berkata kepada orang-orang mati: “Berilah kami hidup,” tetapi selalu takut akan Engkau, dan yang tidak meninggalkan jalan-jalan-Mu?
  6. Dan lihatlah! Mereka telah ditawan, juga bukan karena mereka Engkau berbelaskasihan kepada Zion.
  7. Dan jika orang-orang lain berbuat jahat, adalah hak bagi Zion bahwa karena perbuatan dari orang-orang yang melakukan perbuatan-perbuatan baik, dia akan diampuni, dan tidak akan dikalahkan karena perbuatan-perbuatan dari orang-orang yang melakukan kejahatan.
  8. Tetapi siapakah, ya YHWH, Tuhanku, yang akan memahami keputusan-Mu, Atau siapakah yang akan menyelidiki kedalaman jalan-Mu? Atau siapakah yang akan memikirkan bobot jalan-Mu?
  9. Atau siapakah yang bisa memikirkan nasihat-Mu yang tidak terpahami? Atau siapakah dari orang-orang yang dilahirkan pernah menemukan Permulaan atau ujung dari hikmat-Mu?
  10. Karena kami semua telah dibuat seperti nafas.
  11. Karena sama seperti nafas naik tanpa disadari, dan kemudian mati, demikian juga dengan sifat manusia, yang pergi bukan menurut kehendak mereka sendiri, dan tidak tahu apa yang akan menimpa mereka pada akhirnya.
  12. Karena orang benar berharap keadilan untuk akhirnya, dan tanpa rasa takut berangkat dari tempat kediaman ini, karena mereka memiliki pada-Mu gudang perbuatan-perbuatan yang disimpan dalam perbendaharaan-perbendaharaan.
  13. Karena hal ini juga, mereka tanpa rasa takut meninggalkan dunia ini, dan percaya dengan sukacita mereka berharap untuk menerima dunia yang telah Engkau janjikan kepada mereka.
  14. Tetapi kami – celakalah kami, yang juga sekarang ini diperlakukan dengan hina, dan yang pada waktu itu (hanya) menantikan malapetaka-malapetaka.
  15. Tetapi Engkau tahu dengan pasti, apa yang telah Engkau perbuat dengan perantaraan hamba-hamba-Mu; karena kami tidak dapat memahami apa yang baik seperti Engkau, ya Pencipta kami.
  16. Tetapi kembali aku akan berkata-kata di hadapan-Mu, ya YHWH, Tuhanku.
  17. Pada waktu purbakala, tidak ada dunia dengan penduduk-penduduknya, Engkau telah merancangkan dan berfirman dengan sepatah kata, dan dengan segera karya-karya ciptaan berdiri di hadapan-Mu.
  18. Dan Engkau berfirman bahwa Engkau akan membuat bagi dunia-Mu, manusia sebagai pengelola karya-karya-Mu, supaya diketahui bahwa dia sama sekali bukan dibuat karena dunia, tetapi dunia karena dia.
  19. Dan sekarang aku melihat bahwa mengenai dunia yang telah dibuat karena kami, lihatlah! Itu tetap ada; tetapi kami, karena siapa itu dibuat, pergi.”

Pasal 15

  1. Dan Tuhan menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Engkau sudah sepatutnya takjub tentang kepergian manusia, tetapi engkau belum menilai dengan baik tentang malapetaka-malapetaka yang menimpa orang-orang yang berdosa.
  2. Dan tentang apa yang telah engkau katakan, bahwa orang-orang benar tertawan dan orang-orang fasik makmur.
  3. Dan tentang apa yang telah engkau katakan: “Manusia tidak mengetahui keputusan-Mu” –
  4. Karena hal ini dengarlah, dan Aku akan berfirman kepadamu, dan dengarkanlah, dan Aku akan membuat engkau mendengar firman-Ku.
  5. Manusia tidak akan benar-benar memahami keputusan-Ku, kecuali dia telah menerima Torah, dan Aku telah mengajar dia dalam pengertian.
  6. Tetapi sekarang, karena dia melanggar dengan sengaja, ya, hanya berdasarkan bahwa dia mengetahui (hal-hal ini), dia akan disiksa.
  7. Dan tentang apa yang engkau katakan mengenai orang-orang benar, bahwa karena mereka dunia ini telah datang, demikian juga lagi bahwa itu, (dunia) yang akan datang, datang karena mereka.
  8. Karena dunia ini bagi mereka suatu perselisihan dan jerih payah dengan banyak kesukaran; dan itu sesuai dengan apa yang akan datang, sebuah mahkota dengan kemuliaan besar.’

Pasal 16

  1. Dan aku menjawab dan berkata: “Ya YHWH, Tuhanku, lihatlah! Tahun-tahun dari waktu ini hanya sedikit dan jahat, dan siapakah yang dapat dalam waktunya yang singkat mencapai apa yang tidak terukur?’

Pasal 17

  1. Dan Tuhan menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Bagi Yang Mahatinggi, perhitungan tidak diambil dari banyaknya waktu atau pun dari sedikitnya tahun-tahun.
  2. Karena apa untungnya bagi Adam bahwa ia hidup sembilan ratus tiga puluh tahun dan melanggar apa yang telah diperintahkan kepadanya? Karena itu, banyaknya waktu yang dia hidupi tidak menguntungkan baginya, tetapi membawa kematian dan memperpendek tahun-tahun dari orang-orang yang dilahirkan dari padanya. Atau, di manakah Musa menderita kerugian karena dia hidup hanya seratus dua puluh tahun, dan, karena dia tunduk kepada Dia yang membentuknya, membawa Torah kepada keturunan Yakub, dan menyalakan sebuah pelita bagi bangsa Israel?’

Pasal 18

  1. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Dia yang menerangi telah diambil dari terang, dan hanya ada sedikit orang yang telah menyerupai dia. Tetapi orang-orang banyak yang telah dia terangi telah diambil dari kegelapan Adam dan tidak bersukacita di dalam terang pelita itu.’

Pasal 19

  1. Dan Dia menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Oleh karenanya, pada waktu itu dia menetapkan bagi mereka sebuah perjanjian dan berkata: “Lihatlah, aku telah menempatkan di hadapanmu hidup dan mati,” Dan dia memanggil surga dan bumi untuk bersaksi terhadap mereka.
  2. Karena dia tahu bahwa waktunya hanyalah singkat, Tetapi bahwa surga dan bumi selalu bertahan senantiasa.
  3. Tetapi setelah kematiannya mereka berdosa dan melanggar, Meskipun mereka tahu bahwa mereka memiliki Torah yang menegur (mereka), Dan terang yang di dalamnya tidak ada yang dapat berbuat salah, Juga dunia-dunia yang bersaksi, dan Aku.
  4. Sekarang tentang segala sesuatu yang ada, Akulah yang menghakimi, tetapi janganlah engkau mempertimbangkan dalam jiwamu tentang hal-hal ini, atau menyusahkan dirimu sendiri karena orang-orang yang telah ada.
  5. Karena sekarang ini, kesudahan zaman yang harus dipertimbangkan, apakah urusan, atau kemakmuran, atau rasa malu, dan bukan permulaannya.
  6. Karena jika seorang manusia menjadi makmur dalam permulaannya dan diperlakukan dengan hina pada masa tuanya, dia lupa semua kemakmuran yang dia miliki.
  7. Dan lagi, jika seorang manusia diperlakukan dengan hina pada permulaannya, dan pada akhirnya dia makmur, dia tidak lagi mengingat perlakuan buruknya.
  8. Dan lagi dengarkanlah: meskipun setiap orang makmur sepanjang waktu – sepanjang waktu sejak hari dimana kematian diputuskan terhadap orang-orang yang melanggar – dan pada akhirnya dihancurkan, maka segala sesuatunya adalah sia-sia.’

Zion Telah Diambil Untuk Mempercepat Kedatangan Penghakiman

Pasal 20

  1. “Karena itu, lihatlah! Hari-harinya akan datang, Dan waktu-waktu akan bersegera lebih cepat daripada sebelumnya, Dan musim-musim akan melaju lebih cepat daripada yang sudah berlalu, Dan tahun-tahun akan berlalu lebih cepat daripada (tahun-tahun) sekarang.
  2. Karena itu Aku sekarang telah mengambil Zion, Supaya Aku dapat lebih cepat melawat dunia pada musimnya.
  3. Karena itu sekarang, peganglah teguh dalam hatimu segala sesuatu yang Aku perintahkan kepadamu, Dan meteraikan itu di dalam relung-relung pikiranmu.
  4. Dan kemudian Aku akan menunjukkan kepadamu penghakiman kekuatan-Ku, Dan jalan-jalan-Ku yang tak terselidiki.
  5. Karena itu pergilah dan kuduskanlah dirimu tujuh hari lamanya, dan jangan makan roti, atau pun minum air, atau pun berbicara kepada siapapun juga.
  6. Dan setelah itu datanglah ke tempat itu dan Aku akan menyingkapkan diri-Ku kepadamu, dan berbicara hal-hal yang benar denganmu, dan Aku akan memberikan kepadamu perintah mengenai rangkaian zaman-zaman; karena mereka sedang datang dan tidak berlambat-lambat.’

Puasa Tujuh hari: Doa Barukh

Doa Barukh ben Neriah

Pasal 21

  1. Dan aku pergi ke sana dan duduk di lembah Kidron di dalam sebuah gua di bumi, dan aku menguduskan jiwaku di sana, dan aku tidak makan roti, namun aku tidak lapar, dan aku tidak minum air, namun aku tidak haus, dan aku ada di sana sampai hari ketujuh, seperti yang Dia perintahkan kepadaku.
  2. Dan kemudian aku datang ke tempat itu di mana Dia telah berbicara denganku.
  3. Dan terjadilah pada saat matahari terbenam, bahwa jiwaku banyak berpikir, dan aku mulai berbicara di hadapan Yang Mahaperkasa, dan berkata:
  4. “Hai Engkau yang telah membuat bumi, dengarlah aku, yang telah mengokohkan cakrawala oleh firman, dan telah membuat kokoh ketinggian surga oleh roh, yang telah memanggil sejak permulaan dunia apa yang belum ada, dan mereka mentaati Engkau.
  5. Engkau yang telah memerintah udara oleh anggukan-Mu, dan telah melihat hal-hal itu terjadi seperti hal-hal yang Engkau perbuat.
  6. Engkau yang memerintah dengan pikiran yang agung, pasukan-pasukan yang berdiri di hadapan-Mu: juga makhluk-makhluk kudus yang tak terhitung banyaknya, yang Engkau buat sejak permulaan, dari nyala api dan api, yang berdiri di sekeliling takhta-Mu, Engkau memerintah dengan kegeraman.
  7. Hanya bagi-Mu saja ini menjadi milik, supaya Engkau dapat melakukan apa pun yang Engkau inginkan.
  8. Siapakah yang membuat tetesan-tetesan hujan menghujani menurut jumlah di atas bumi, dan yang sendirian mengetahui kesudahan zaman-zaman sebelum mereka datang; hormatilah akan doaku.
  9. Karena Engkau sendirilah yang sanggup menopang segala sesuatu yang ada, dan mereka yang telah berlalu, dan mereka yang akan ada, mereka yang berdosa, dan mereka yang benar [yang hidup (dan) yang tak terselidiki].
  10. Karena Engkau sendirilah yang hidup kekal dan tak terselidiki, dan mengetahui jumlah umat manusia.
  11. Dan jika di dalam waktu, banyak orang yang telah berdosa, namun lain-lainnya tidak sedikit yang telah menjadi orang benar.
  12. Engkau tahu di mana Engkau menyimpan akhir dari orang-orang yang berdosa, atau kesudahan dari orang-orang yang benar.
  13. Karena jika hanya ada hidup ini saja, yang adalah milik dari semua orang, tidak ada yang lebih pahit daripada ini.
  14. Karena apa untungnya kekuatan yang berubah menjadi penyakit, Atau kelimpahan makanan yang berubah menjadi kelaparan, Atau kecantikan yang berubah menjadi keburukan.
  15. Karena sifat manusia selalu berubah-ubah.
  16. Karena seperti apa kami dahulu, sekarang kami tidak lagi, dan apa yang sekarang kami ada selanjutnya kami tidak akan tetap ada.
  17. Karena jika kesudahan tidak dipersiapkan bagi semua orang, dalam kesia-siaanlah permulaan mereka.
  18. Namun tentang segala sesuatu yang berasal dari pada-Mu, beritahukanlah kepadaku, dan tentang segala sesuatu yang aku tanyakan kepada-Mu, terangkanlah kepadaku.

Barukh Berdoa kepada Elohim untuk Mempercepat Penghakiman dan Menggenapi Janji-Nya

  1. Berapa lama lagi yang dapat binasa itu akan tetap ada, dan berapa lama lagi waktu dari yang fana ini akan makmur, dan sampai waktu kapan orang-orang yang melanggar di dunia ini dicemarkan dengan banyak kejahatan?
  2. Karena itu perintahkanlah dalam belas kasihan dan genapilah segala yang Engkau firmankan akan Engkau datangkan, supaya Engkau dapat dikenal oleh orang-orang yang berpikir bahwa panjang sabar-Mu adalah kelemahan.
  3. Dan tunjukkan kepada orang-orang yang tidak tahu, bahwa segala sesuatu yang telah menimpa kami dan kota kami sampai sekarang telah sesuai dengan panjang sabar kuasa-Mu, sebab oleh karena nama-Mu Engkau telah memanggil kami umat kekasih.
  4. Karena itu akhirilah mulai sekarang sampai seterusnya kematian.
  5. Dan hardiklah sepatutnya malaikat maut, dan biarlah kemuliaan-Mu muncul, dan biarlah kekuatan keindahan-Mu diketahui, dan biarlah Sheol dimeteraikan supaya sejak saat ini dan seterusnya ia tidak dapat menerima orang mati, dan biarlah perbendaharaan-perbendaharaan jiwa-jiwa mengembalikan orang-orang yang tersimpan di dalam mereka.
  6. Karena telah banyak tahun-tahun yang seperti itu yang sunyi sepi sejak zaman Abraham dan Ishak dan Yakub, dan semua orang yang seperti mereka, yang tidur di bumi, yang oleh karena mereka Engkau berkata bahwa Engkau telah menciptakan dunia.
  7. Dan sekarang bersegeralah tunjukkan kemuliaan-Mu, dan janganlah menunda apa yang telah dijanjikan oleh-Mu.’
  8. Dan (ketika) aku telah menyelesaikan kata-kata doa ini, aku sangat lemah.

Jawaban Elohim untuk Doa Barukh

Pasal 22

  1. Dan terjadilah sesudah hal-hal ini, lihatlah! Surga terbuka, dan aku melihat, dan kuasa diberikan kepadaku, dan suatu suara terdengar dari tempat tinggi, dan itu berkata kepadaku:
  2. Barukh, Barukh, mengapa engkau kesusahan?
  3. Dia yang berjalan melewati jalanan tetapi tidak menyelesaikannya, atau orang yang berangkat melalui laut tetapi tidak sampai ke pelabuhan, dapatkah dia dihibur?
  4. Atau dia yang berjanji untuk memberikan hadiah kepada orang lain, tetapi tidak memenuhinya, bukankah itu perampokan?
  5. Atau orang yang menaburi tanah, tetapi tidak menuai buahnya pada musimnya, tidakkah dia kehilangan segalanya?
  6. Atau dia yang menanam tanaman, kecuali hingga itu tumbuh sampai pada waktu yang tepat baginya, apakah dia yang menanamnya berharap mendapatkan buah dari padanya?
  7. Atau seorang perempuan yang mengandung, jika dia melahirkan sebelum waktunya, tidakkah dia tentu telah membunuh bayinya?
  8. Atau dia yang membangun rumah, jika dia tidak memasang atapnya dan menyelesaikannya, dapatkah itu disebut rumah? Katakan kepada-Ku itu dulu.’

Pasal 23

  1. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Tidak demikian, ya YHWH, Tuhanku.’
  2. Dan Ia menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Lalu mengapa engkau kesusahan tentang apa yang engkau tidak ketahui, dan mengapa engkau gelisah tentang hal-hal yang engkau tidak pahami?
  3. Karena sama seperti engkau tidak melupakan orang-orang yang sekarang ada dan orang-orang yang telah mati, demikianlah Aku mengingat orang-orang yang ditetapkan untuk datang.
  4. Karena ketika Adam berdosa dan kematian ditetapkan terhadap orang-orang yang harus dilahirkan, maka banyak orang-orang yang harus dilahirkan dihitung, dan untuk jumlah itu suatu tempat telah dipersiapkan di mana orang-orang hidup dapat tinggal dan orang-orang mati dapat dijaga.
  5. Karena itu, sebelum jumlah yang disebutkan itu digenapi, makhluk itu tidak akan hidup kembali [karena roh-Ku adalah pencipta kehidupan], dan Sheol akan menerima orang-orang mati.
  6. Dan lagi, telah diberikan kepadamu untuk mendengar hal-hal yang akan terjadi sesudah waktu-waktu ini.
  7. Karena sesungguhnya pembebasan-Ku telah dekat, dan tidak jauh lagi seperti pada waktu sebelumnya.

Penghakiman yang Akan Datang

Pasal 24

  1. ‘Karena lihatlah! Hari-harinya akan datang dan kitab-kitab akan dibuka di mana tertulis dosa-dosa semua orang-orang yang telah berdosa, dan juga perbendaharaan-perbendaharaan di mana kebenaran semua orang-orang yang benar di dalam ciptaan dikumpulkan.
  2. Karena akan terjadi pada waktu itu bahwa engkau akan melihat – dan banyak orang yang ada bersamamu – panjang sabar dari Yang Mahatinggi, yang telah ada di sepanjang seluruh generasi, yang telah panjang sabar terhadap semua yang lahir, (sama bagi) orang-orang yang berdosa dan (orang-orang) yang benar.’
  3. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Tetapi, lihatlah! Ya Tuhan, tidak seorang pun yang tahu jumlah dari hal-hal yang telah berlalu atau pun hal-hal yang akan datang.
  4. Karena aku sungguh-sungguh tahu apa yang telah menimpa kami, tetapi apa yang akan terjadi kepada musuh-musuh kami, aku tidak tahu, dan kapan Engkau akan melawat karya-karya-Mu.’

Tanda Penghakiman yang Akan Datang

Pasal 25

  1. Dan Dia menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Engkau juga akan dipelihara sampai waktu itu sampai tanda itu, yang akan dikerjakan Yang Mahatinggi bagi penduduk bumi pada hari-hari terakhir.
  2. Karena itu inilah tandanya.
  3. Ketika kengerian akan mencengkeram penduduk bumi, dan mereka akan jatuh ke dalam banyak kesengsaraan, dan lagi ketika mereka akan jatuh ke dalam siksaan-siksaan besar. Dan akan terjadi ketika mereka berkata dalam pikiran-pikiran mereka karena alasan banyaknya kesengsaraan mereka: “Yang Mahaperkasa tidak lagi mengingat bumi” – ya, akan terjadi ketika mereka kehilangan pengharapan, maka kemudian waktu itu akan tiba.’

Pasal 26

  1. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Apakah kesengsaraan yang akan terjadi itu berlangsung lama, dan apakah itu akan dibutuhkan meliputi bertahun-tahun?’

Dua Belas Kesengsaraan yang Datang ke Bumi

Pasal 27

  1. Dan Dia menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Ke dalam dua belas bagian waktu itu telah dibagi, dan masing-masing dari mereka disediakan bagi apa yang ditetapkan baginya.
  2. Dalam bagian pertama akan ada permulaan kekacauan.
  3. Dan dalam bagian kedua (akan ada) pembantaian orang-orang besar.
  4. Dan dalam bagian ketiga jatuhnya banyak orang oleh kematian.
  5. Dan dalam bagian keempat pedang dikirimkan.
  6. Dan dalam bagian kelima kelaparan dan hujan ditahan.
  7. Dan dalam bagian keenam gempa-gempa bumi dan kengerian-kengerian.
  8. [Kekurangan.]
  9. Dan dalam bagian kedelapan banyak hantu-hantu dan serangan-serangan Shedim.
  10. Dan dalam bagian kesembilan turunnya api.
  11. Dan dalam bagian kesepuluh perampokan dan banyak penindasan.
  12. Dan dalam bagian kesebelas kejahatan dan ketidaksenonohan.
  13. Dan dalam bagian kedua belas kekacauan karena bercampur baurnya segala hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya.
  14. Karena bagian-bagian waktu ini disimpan, dan akan bercampur baur satu dengan yang lainnya dan melayani satu kepada yang lainnya.
  15. Karena sebagian akan menyisakan sebagian dari bagiannya sendiri, dan menerima (menggantikannya) dari yang lain-lainnya, dan sebagian menyelesaikan bagiannya dan bagian dari yang lain-lainnya, supaya orang-orang yang ada di bumi pada hari-hari itu tidak dapat mengerti bahwa ini adalah kesudahan zaman.

Pasal 28

  1. Namun demikian, siapapun yang mengerti akan kemudian menjadi bijak.
  2. Sebab ukuran dan perhitungan dari waktu itu adalah dua bagian sepekan dari tujuh pekan.’
  3. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Adalah baik bagi manusia untuk datang dan melihat, tetapi adalah lebih baik bahwa dia tidak datang supaya jangan dia jatuh.
  4. [Tetapi aku akan mengatakan ini juga:
  5. Apakah orang yang tidak dapat binasa akan memandang hina hal-hal yang dapat binasa, dan apa pun yang terjadi dalam hal-hal yang dapat binasa itu, supaya ia hanya dapat memandang kepada hal-hal yang tidak dapat binasa?]
  6. Tetapi kapan, ya Tuhan, hal-hal itu pasti akan terjadi, yang telah Engkau nubuatkan kepadaku, demikian Engkau tunjukkanlah ini juga kepadaku jika aku sungguh-sungguh telah mendapatkan kasih karunia di mata-Mu.
  7. Apakah ini hanya di satu tempat atau di salah satu dari bagian-bagian bumi, bahwa hal-hal ini akan terjadi, atau apakah seluruh bumi akan mengalami (hal ini)?’

Pasal 29

  1. Dan Dia menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Apa pun yang akan terjadi (akan menimpa) seluruh bumi; karena itu semua orang yang hidup akan mengalami (mereka).
  2. Karena pada waktu itu Aku hanya akan melindungi orang-orang yang didapati pada hari-hari yang sama itu di negeri ini.
  3. Dan akan terjadi ketika semua sudah diselesaikan, yang akan terjadi di dalam bagian-bagian itu, maka kemudian Mesias akan mulai disingkapkan.
  4. Dan Behemoth akan disingkapkan dari tempatnya dan Leviathan akan naik dari lautan, dua monster besar yang Aku ciptakan pada hari kelima penciptaan, dan akan disimpan sampai waktu itu; dan kemudian mereka akan menjadi makanan bagi semua orang yang tertinggal.
  5. Bumi juga akan menghasilkan buahnya sepuluh ribu kali lipat dan pada masing-masing pohon anggur akan ada seribu cabang, dan masing-masing cabang akan menghasilkan seribu tandan, dan masing-masing tandan menghasilkan seribu buah anggur, dan masing-masing buah anggur menghasilkan satu kor air anggur.
  6. Dan orang-orang yang lapar akan bersukacita: selain itu juga, mereka akan menyaksikan keajaiban-keajaiban setiap hari.
  7. Karena angin akan keluar dari hadapan-Ku untuk membawa setiap pagi keharuman aroma buah-buahan,dan pada penghujung hari awan-awan menitikkan embun kesehatan.
  8. Dan akan terjadi pada waktu yang sama, perbendaharaan manna akan turun lagi dari tempat tinggi, dan mereka akan memakannya dalam tahun-tahun itu, karena inilah orang-orang yang telah sampai kepada kesudahan zaman.

Pasal 30

  1. Dan akan terjadi setelah semua hal-hal ini, ketika waktu kedatangan Mesias digenapi, bahwa Dia akan kembali dalam kemuliaan.

Kebangkitan

  1. Maka semua orang yang telah mati dalam pengharapan akan Dia akan bangkit kembali. Dan akan terjadi pada waktu itu bahwa perbendaharaan-perbendaharaan akan dibuka di mana tersimpan jumlah jiwa-jiwa orang benar, dan mereka akan muncul, dan sejumlah besar jiwa-jiwa akan terlihat bersama-sama dalam satu kumpulan dengan satu pikiran, dan yang pertama akan bersukacita dan yang terakhir tidak akan berdukacita.
  2. Karena mereka mengetahui, bahwa waktunya telah tiba dimana dikatakan, bahwa ini adalah kesudahan zaman.
  3. Tetapi jiwa-jiwa orang fasik, ketika mereka melihat semua hal-hal ini, kemudian akan merana lebih banyak lagi.
  4. Karena mereka akan mengetahui, bahwa siksaan mereka telah tiba dan kebinasaan mereka telah datang.’

Barukh Menasihati Umat untuk Mempersiapkan Diri Mereka Terhadap Malapetaka-malapetaka yang Lebih Buruk

Pasal 31

  1. Dan terjadilah sesudah hal-hal ini: bahwa aku pergi kepada orang-orang dan berkata kepada mereka: ‘Kumpulkan kepadaku semua tua-tuamu dan aku akan mengucapkan kata-kata kepada mereka.’
  2. Dan mereka semua berkumpul di lembah Kidron.
  3. Dan aku menjawab dan berkata kepada mereka: Dengarlah, hai Israel, dan aku akan berbicara kepadamu, Dan berilah telinga, hai keturunan Yakub, dan aku akan mengajar engkau.
  4. Jangan lupakan Zion, Tetapi peganglah ingatan penderitaan Yerusalem.
  5. Karena lihatlah! Hari-harinya akan datang, Ketika segala sesuatu yang ada akan menjadi mangsa kehancuran Dan menjadi seolah-olah itu tidak pernah ada.

Pasal 32

  1. ‘Tetapi mengenai engkau, jika engkau mempersiapkan hatimu, supaya menabur di dalamnya buah-buah dari Torah, itu akan melindungi engkau pada waktu itu, dimana Yang Mahaperkasa akan menggoncangkan seluruh ciptaan.
  2. [Karena sesudah sedikit waktu, bangunan Zion akan diguncangkan, supaya itu dapat dibangun kembali.
  3. Tetapi bangunan itu tidak akan tetap ada, tetapi sesudah beberapa waktu akan kembali dihancurkan, dan akan tetap reruntuhan sampai pada waktunya.
  4. Dan sesudah itu ia akan diperbaharui dalam kemuliaan, dan disempurnakan untuk selama-lamanya.]
  5. Karena itu, kita tidak seharusnya begitu cemas atas malapetaka yang sekarang datang, sama seperti atas apa yang masih akan terjadi.
  6. Karena akan ada pengujian yang lebih besar daripada dua kesengsaraan ini ketika Yang Mahaperkasa akan memperbarui ciptaan-Nya.
  7. Dan sekarang, jangan mendekat kepadaku selama beberapa hari, dan jangan mencari aku sampai aku datang kepadamu.’
  8. Dan terjadilah ketika aku telah berbicara kepada mereka semua kata-kata ini, maka aku, Barukh, pergi ke jalanku, dan ketika orang-orang melihatku berangkat, mereka menyaringkan suara mereka dan meratap dan berkata:
  9. ‘Ke manakah engkau pergi dari kami, Barukh, dan apakah engkau meninggalkan kami seperti seorang bapa yang meninggalkan anak-anak yatimnya, dan pergi dari mereka?’

Pasal 33

  1. ‘Bukankah ini perintah-perintah yang rekanmu, nabi Yeremia, memerintahkan kepadamu, dan berkata kepadamu:
  2. “Perhatikanlah orang-orang ini sampai aku pergi dan mempersiapkan saudara-saudara yang lain di Babel, terhadap siapa telah dikeluarkan hukuman bahwa mereka harus dibawa ke penawanan”?
  3. Dan sekarang jika engkau juga meninggalkan kami, adalah baik bagi kami semua untuk mati di hadapanmu, dan kemudian engkau dapat mengundurkan diri dari kami.’

Ratapan Barukh

Pasal 34

  1. Dan aku menjawab dan berkata kepada orang-orang itu: ‘Jauhlah itu dari padaku untuk meninggalkan engkau atau untuk mengundurkan diri dari padamu, tetapi aku hanya akan pergi ke Tempat Mahakudus untuk menanyakan Yang Mahaperkasa mengenai engkau dan mengenai Zion, jika dalam beberapa hal aku harus menerima lebih banyak pewahyuan: dan sesudah hal-hal ini aku akan kembali kepadamu.’

Pasal 35

  1. Dan aku, Barukh, pergi ke tempat kudus, dan duduk di atas reruntuhan dan menangis, dan berkata:
  2. ‘Oh sekiranya mataku adalah mata air, Dan kelopak mataku sumber air mata.
  3. Karena bagaimana aku akan meratap bagi Zion, Dan bagaimana aku harus berkabung bagi Yerusalem?
  4. Karena di tempat itu di mana aku sekarang bersujud, Dari dahulu Imam Besar mempersembahkan kurban-kurban kudus, Dan menempatkan di atasnya dupa berbau harum.
  5. Tetapi sekarang kemuliaan kami telah dibuat menjadi debu, Dan hasrat jiwa kami ke dalam pasir.’

Penglihatan Hutan, Pohon Anggur, Mata Air dan Pohon Aras

Pasal 36

  1. Dan ketika aku telah mengatakan hal-hal ini, aku jatuh tertidur di sana, dan aku melihat sebuah penglihatan di malam hari.
  2. Dan lihatlah! Sebuah hutan pepohonan yang ditanam di dataran, dan gunung-gunung yang tinggi dan berbatu kasar mengelilinginya, dan hutan itu menduduki tempat yang luas.
  3. Dan lihatlah! Di seberangnya muncullah pohon anggur, dan dari bawahnya mengalirlah mata air yang tenang.
  4. Lalu mata air itu sampai ke hutan dan (digerakkan) menjadi gelombang-gelombang besar, dan gelombang-gelombang itu menenggelamkan hutan itu, dan tiba-tiba mereka menghanyutkan sebagian besar hutan itu, dan meruntuhkan semua gunung yang ada di sekelilingnya.
  5. Dan ketinggian hutan dijadikan rendah, dan puncak gunung-gunung dijadikan rendah dan mata air itu berkuasa dengan hebat, sehingga tidak menyisakan hutan besar itu kecuali satu pohon aras saja.
  6. Ketika itu juga telah merobohkannya dan menghancurkan dan menghanyutkan sebagian besar hutan itu, sehingga tidak ada yang tersisa dari padanya, dan tidak juga tempat itu dapat dikenali, maka pohon anggur itu datang bersama mata air dalam kedamaian dan ketenangan yang besar, dan itu sampai ke suatu tempat yang tidak jauh dari pohon aras itu, dan mereka membawa pohon aras yang telah dirobohkan itu kepadanya.
  7. Dan aku memandang dan lihatlah! Pohon anggur itu membuka mulutnya dan berbicara dan berkata kepada pohon aras itu: ‘Bukankah engkau pohon aras yang tersisa dari hutan kejahatan, dan yang olehnya kejahatan terus berlangsung, dan melakukan itu di seluruh tahun-tahun itu, dan tidak pernah ada kebaikan.
  8. Dan engkau terus menaklukkan apa yang bukan milikmu, dan terhadap apa yang engkau miliki, engkau tidak pernah menunjukkan belas kasihan, dan engkau terus memperluas kekuasaanmu atas orang-orang yang jauh dari padamu, dan orang-orang yang mendekat kepadamu, engkau genggam kuat-kuat dalam kerja keras kejahatanmu, dan engkau selalu meninggikan dirimu sendiri seperti seseorang yang tidak bisa ditumbangkan!
  9. Tetapi sekarang, waktumu telah dipercepat dan saatmu telah tiba.
  10. Karena itu, hai pohon aras, pergilah menyusul hutan yang telah mati mendahului engkau, dan jadilah debu bersamanya, dan biarlan abumu bercampur bersama-sama.
  11. Dan sekarang berbaringlah dalam penderitaan dan beristirahatlah dalam siksaan sampai waktu terakhirmu tiba, di mana engkau akan datang kembali, dan disiksa lebih lagi.’

Pasal 37

  1. Dan setelah hal-hal ini aku melihat pohon aras itu terbakar, dan pohon anggur itu bertumbuh, ia dan semua yang di sekelilingnya, dataran itu dipenuhi bunga-bunga yang tidak dapat layu. Dan aku sungguh-sungguh terbangun dan bangkit.

Tafsir Penglihatan

Pasal 38

  1. Dan aku berdoa dan berkata: “Ya YHWH, Tuhanku, Engkau selalu menerangi orang-orang yang dipimpin oleh pengertian.
  2. Torah-Mu adalah hidup, dan hikmat-Mu adalah tuntunan yang benar.
  3. Oleh karena itu, beritahukanlah kepadaku tafsir dari penglihatan ini.
  4. Karena Engkau tahu bahwa jiwaku selalu berjalan di dalam Torah-Mu, dan sejak hari-hari masa mudaku aku tidak pergi dari hikmat-Mu.”

Pasal 39

  1. Dan Dia menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Barukh, inilah tafsir dari penglihatan yang telah engkau lihat.
  2. Seperti engkau telah melihat hutan besar yang tinggi dan pegunungan yang kasar mengelilinginya, inilah dunia.
  3. Lihatlah! Hari-harinya akan datang, dan kerajaan ini akan dihancurkan, yang dulunya pernah menghancurkan Zion, dan akan ditaklukkan kepada yang akan datang sesudahnya.
  4. Kemudian, itu juga, setelah beberapa waktu akan dihancurkan, dan yang lainnya, yang ketiga, akan bangkit, dan itu juga akan memiliki kekuasaan untuk waktunya, dan akan dihancurkan.
  5. Dan setelah hal-hal ini, kerajaan keempat akan bangkit, yang kekuasaannya akan kejam dan jahat jauh melampaui kerajaan-kerajaan yang ada sebelumnya, dan ia akan memerintah berkali-kali lipat seperti hutan-hutan di dataran, dan akan berkuasa selama waktu-waktu, dan akan meninggikan dirinya sendiri lebih daripada pohon-pohon aras Lebanon.
  6. Dan karena dia, kebenaran akan disembunyikan, dan semua orang yang dicemarkan dengan kefasikan akan pergi ke sana, seperti binatang-binatang buas berlari dan menyusup ke dalam hutan.
  7. Dan akan terjadi ketika waktu kegenapannya bahwa dia akan runtuh mendekat, maka pemerintahan Mesias-Ku akan disingkapkan, yang seperti mata air dan pohon anggur, dan ketika ia disingkapkan ia akan membinasakan pasukannya yang banyak
  8. Dan mengenai apa yang telah engkau lihat, pohon aras yang tinggi, yang tersisa dari hutan itu, dan kejadian bahwa pohon anggur itu mengucapkan kata-kata itu kepadanya, yang telah engkau dengar, inilah firmannya.

Pasal 40

  1. Pemimpin terakhir pada waktu itu akan dibiarkan hidup, ketika banyak pasukan akan diserahkan kepada pedang, dan dia akan diikat, dan mereka akan membawa dia ke gunung Zion, dan Mesias-Ku akan menghukum dia dari segala kejahatannya, dan akan mengumpulkan dan memperhadapkan kepadanya segala perbuatan-perbuatan pasukannya.
  2. Dan setelah itu, Dia akan membunuhnya, dan melindungi sisa umat-Ku, yang akan didapati di tempat yang telah Aku pilih.
  3. Dan kekuasaan-Nya akan tegak untuk selama-lamanya sampai dunia kerusakan ini berakhir, dan sampai waktu-waktu yang telah disebutkan sebelumnya digenapi.
  4. Inilah penglihatanmu, dan inilah tafsirnya.’

Takdir Orang-orang Murtad dan Orang-orang Percaya

Pasal 41

  1. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Bagi siapa dan untuk seberapa banyakkah hal-hal ini? Atau siapakah yang akan layak untuk hidup pada waktu itu?
  2. Karena aku akan berbicara di hadapan-Mu segala sesuatu yang aku pikirkan, dan aku akan bertanya dari pada-Mu tentang hal-hal yang aku renungkan.
  3. Karena lihatlah! Aku melihat banyak dari umat-Mu yang telah mengundurkan diri dari perjanjian-Mu, dan mencampakkan dari diri mereka kuk Torah-Mu.
  4. Tetapi yang lain-lain lagi, aku telah melihat orang-orang yang meninggalkan kesia-siaan mereka, dan berlari mencari perlindungan di bawah sayap-sayap-Mu.
  5. Karena itu, apa yang akan terjadi kepada mereka? Atau bagaimana akhir zaman akan menerima mereka?
  6. Ataukah barangkali waktu dari mereka akan ditimbang, dan sebagaimana neraca itu miring, akankah mereka dihakimi menurut itu?’

Pasal 42

  1. Dan Ia menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Hal-hal ini juga akan Aku tunjukkan kepadamu.
  2. Mengenai apa yang engkau katakan: “Bagi siapakah hal-hal ini, dan berapa banyakkah jumlah (mereka)?” – kepada orang-orang yang percaya akan ada yang baik seperti yang telah dikatakan dari waktu yang lampau, dan kepada orang-orang yang memandang hina, akan ada kebalikan dari hal-hal ini.
  3. Dan mengenai apa yang engkau katakan tentang orang-orang yang datang mendekat dan orang-orang yang mengundurkan diri, inilah firmannya.
  4. Adapun orang-orang yang dahulunya taat, dan kemudian mengundurkan diri dan mencampurbaurkan diri mereka dengan benih dari bangsa-bangsa yang bercampur baur, waktu dari orang-orang ini adalah yang pertama, dan diperhitungkan sebagai hal-hal yang ditinggikan.
  5. Dan mengenai orang-orang yang sebelumnya tidak tahu, tetapi kemudian mengenal kehidupan, dan bercampur baur (hanya) dengan benih dari bangsa yang telah memisahkan dirinya sendiri, waktu dari orang-orang ini adalah yang terakhir, dan diperhitungkan sebagai hal-hal yang ditinggikan.
  6. Dan waktu akan menggantikan waktu dan musim menggantikan musim, dan yang satu akan menyambut yang lain, dan kemudian dengan suatu pandangan kepada kesudahan, maka segala sesuatunya akan dibandingkan menurut ukuran waktu-waktu dan saat-saat dari musim-musim.
  7. Karena kebinasaan akan mengambil orang-orang yang menjadi miliknya, dan kehidupan (akan mengambil) orang-orang yang menjadi miliknya.
  8. Dan debu akan dipanggil, dan di sana akan difirmankan kepadanya: “Kembalikanlah apa yang bukan milik kepunyaanmu dan bangunkanlah semua yang telah engkau simpan sampai pada waktunya”.’

Barukh Diberitahukan tentang Kematiannya

Pasal 43

  1. ‘Tetapi, engkau, Barukh, arahkanlah hatimu kepada apa yang telah difirmankan kepadamu, Dan pahami hal-hal yang telah ditunjukkan kepadamu; Karena ada banyak penghiburan kekal bagimu.
  2. Karena engkau akan pergi dari tempat ini, Dan engkau akan melintasi wilayah-wilayah yang sekarang engkau lihat, Dan engkau akan melupakan apa pun yang dapat binasa, Dan tidak akan kembali mengingat hal-hal yang terjadi di antara mereka yang dapat binasa.
  3. Karena itu pergilah dan perintahkanlah kepada bangsamu, dan datanglah ke tempat ini, kemudian berpuasalah tujuh hari, dan kemudian Aku akan datang kepadamu dan berbicara dengan engkau.’

Barukh Memberitahu para Tua-tua tentang Kematiannya yang Segera Datang

Pasal 44

  1. Dan aku, Barukh, pergi dari sana dan datang kepada bangsaku, dan aku memanggil anak sulungku dan [Gedalya,] teman-temanku, dan tujuh tua-tua dari bangsa itu, dan aku berkata kepada mereka:
  2. Lihatlah, aku pergi kepada bapa leluhurku Menurut jalan dari semua yang di bumi.
  3. Tetapi jangan mengundurkan dirimu dari jalan Torah, Tetapi jagalah dan nasihatilah orang-orang yang tersisa, Supaya jangan mereka mengundurkan diri dari perintah-perintah Yang Mahaperkasa.
  4. Karena engkau melihat bahwa Dia yang kita layani adalah adil, Dan Pencipta kita tidak membedakan orang-orang.
  5. Dan engkau lihat apa yang telah menimpa Zion, Dan apa yang telah terjadi kepada Yerusalem.
  6. Karena penghakiman dari Yang Mahaperkasa (dengan demikian) akan diketahui, Dan jalan-jalan-Nya, yang meskipun tak terselidiki, adalah benar.
  7. Karena jika engkau bertahan dan bertekun dalam takut akan Dia, Dan tidak melupakan Torah-Nya, Waktu-waktu akan berubah atasmu untuk kebaikan. Dan engkau akan melihat penghiburan Zion.
  8. Karena apa pun yang sekarang ada, bukanlah apa-apa,  Tetapi apa yang akan ada, sangatlah besar.
  9. Karena segala sesuatu yang dapat binasa akan berlalu, Dan segala sesuatu yang bisa mati akan pergi, Dan semua waktu yang sekarang ini akan dilupakan, Juga tidak akan ada kenangan apa pun tentang waktu sekarang, yang dicemarkan dengan kejahatan-kejahatan.
  10. Karena apa yang sekarang sedang berjalan, berjalan menuju kesia-siaan, Dan apa yang makmur, dengan cepat akan jatuh dan dipermalukan.
  11. Karena apa yang akan ada, akan menjadi hal-hal yang diinginkan, Dan untuk apa yang datang kemudian, akan kita harapkan; Karena itu adalah waktu yang tidak akan berlalu,
  12. Dan saatnya tiba, yang akan ada selamanya. Dan dunia baru (datang), yang tidak beralih kepada kerusakan, orang-orang yang pergi menuju keberkatannya, Dan tidak berbelaskasihan kepada orang-orang yang pergi menuju siksaan, Dan tidak memimpin kepada kebinasaan, orang-orang yang tinggal di dalamnya.
  13. Karena inilah orang-orang yang akan mewarisi waktu yang telah difirmankan itu, Dan milik merekalah warisan dari waktu yang telah dijanjikan itu.
  14. Inilah orang-orang yang telah memperoleh harta karun kebijaksanaan bagi diri mereka sendiri, Dan bersama mereka didapati perbendaharaan-perbendaharaan pengertian, Dan dari belas kasihan mereka tidak mengundurkan diri, Dan kebenaran Torah Aku jadikan mereka memeliharanya.
  15. Karena kepada mereka akan diberikan dunia yang akan datang, Tetapi tempat kediaman bagi yang lainnya yang banyak, akan ada di dalam api.’

Pasal 45

  1. ‘Karena itu sejauh yang engkau dapat ajarlah bangsamu, karena jerih payah itu adalah bagian kita. Karena jika engkau mengajar mereka, engkau akan menghidupkan mereka.’

Pasal 46

  1. Dan anakku dan tua-tua bangsa itu menjawab dan berkata kepadaku: ‘Apakah Yang Mahaperkasa menghinakan kami sampai seperti itu? Dengan mengambil engkau dari kami begitu cepat?
  2. Dan sesungguhnya kami akan ada dalam kegelapan, Dan tidak akan ada terang bagi orang-orang yang ditinggalkan,
  3. Karena di mana lagi kami akan mencari Torah, Atau siapakah yang akan membedakan bagi kami antara kematian dan kehidupan?’
  4. Dan aku berkata kepada mereka: ‘Takhta Yang Mahaperkasa aku tidak dapat menentangnya; Namun demikian, tidak akan kekurangan bagi Israel seorang bijak  Tidak juga seorang putera Torah bagi ras Yakub.
  5. Tetapi hanya persiapkanlah hatimu, supaya engkau mematuhi Torah, Dan tunduklah dalam rasa takut kepada orang-orang yang bijak dan berpengertian; Dan persiapkanlah jiwamu supaya engkau tidak meninggalkan mereka.
  6. Karena jika engkau melakukan hal-hal ini, kabar baik akan datang kepadamu. [Yang pernah aku katakan sebelumnya; tidak juga engkau akan jatuh ke dalam siksaan, yang telah aku saksikan kepadamu sebelumnya.’
  7. Tetapi berkenaan dengan firman bahwa aku akan diambil, aku tidak memberitahukan (itu) kepada mereka atau kepada anakku.]

Pasal 47

  1. Dan ketika aku telah pergi dan membubarkan mereka, aku pergi ke sana dan berkata kepada mereka: ‘Lihatlah! Aku pergi ke Hebron, karena ke sanalah Yang Mahaperkasa telah mengutus aku.’
  2. Dan aku sampai ke tempat itu di mana firman telah diucapkan kepadaku, dan aku duduk di sana, dan berpuasa tujuh hari lamanya.

Doa Barukh

Pasal 48

  1. Dan terjadilah setelah hari ketujuh, aku berdoa di hadapan Yang Mahaperkasa dan berkata
  2. ‘Ya Tuhanku, Engkau memanggil kedatangan waktu-waktu, Dan mereka berdiri di hadapan-Mu; Anda menyebabkan kekuasaan zaman-zaman untuk berlalu, Dan mereka tidak melawan Engkau; Engkau mengatur rangkaian musim-musim, Dan mereka mentaati Engkau.
  3. Engkau sendirian mengetahui durasi generasi-generasi, Dan Engkau tidak menyingkapkan misteri-misteri-Mu kepada banyak orang.
  4. Engkau memberitahukan banyaknya api, Dan Engkau menimbang ringannya angin.
  5. Engkau menjelajahi batas-batas ketinggian, Dan Engkau menyelidiki kedalaman-kedalaman kegelapan.
  6. Engkau memperhatikan jumlah orang-orang yang telah berlalu supaya mereka dapat dipelihara, Dan Engkau mempersiapkan tempat kediaman bagi orang-orang yang akan ada.
  7. Engkau mengingat permulaan yang telah Engkau buat, Dan kehancuran yang akan terjadi tidak Engkau lupakan.
  8. Dengan isyarat anggukan kegentaran dan kemarahan, Engkau memerintahkan api, Dan mereka berubah menjadi roh-roh, Dan dengan sepatah kata Engkau menghidupkan apa yang tidak ada, Dan dengan kekuatan kekuasaan Engkau menggenggam apa yang belum datang.
  9. Engkau mengajar makhluk-makhluk ciptaan dalam pengertian akan Engkau, Dan Engkau membuat bijaksana planet-planet supaya melayani dalam urutan-urutan mereka.
  10. Bala tentara yang tak terhitung berdiri di hadapan-Mu Dan melayani dalam tatanan-tatanan mereka secara diam-diam menurut isyarat anggukan-Mu.
  11. Dengarkanlah hamba-Mu Dan berilah telinga kepada permohonanku.
  12. Karena dalam waktu yang singkat kami dilahirkan, Dan dalam waktu yang singkat kami kembali.
  13. Tetapi dengan-Mu saat-saat adalah sama seperti suatu zaman, Dan hari-hari seperti generasi-generasi.
  14. Karena itu janganlah murka terhadap manusia; karena dia bukan apa-apa
  15. Dan janganlah memperhitungkan perbuatan-perbuatan kami; Karena apakah kami ini? Karena lihatlah! Oleh anugerah-Mu kami datang ke dunia ini, Dan kami pergi bukan karena kehendak kami sendiri.
  16. Karena kami tidak berkata kepada orang tua kami, “Peranakkanlah kami,” Tidak juga kami pergi ke Sheol dan berkata, “Terimalah kami.”
  17. Karena itu, apakah kekuatan kami, sehingga kami harus menanggung murka-Mu, Atau apakah kami ini sehingga kami harus menanggung penghakiman-Mu?
  18. Lindungi kami dalam belas kasihan-Mu, Dan di dalam kemurahan-Mu tolonglah kami.
  19. Lihatlah orang-orang lemah yang takluk kepada-Mu, Dan selamatkanlah semua orang yang datang mendekat kepada-Mu: Dan janganlah menghancurkan harapan bangsa kami, Dan janganlah mempersingkat waktu-waktu pertolongan kami.
  20. Karena inilah bangsa yang telah Engkau pilih, Dan inilah orang-orang, yang kepadanya Engkau tidak mendapati yang setara.
  21. Tetapi sekarang aku akan berbicara di hadapan-Mu, Dan aku akan berkata seperti yang dipikirkan hatiku.
  22. Di dalam Engkau kami percaya, karena lihatlah! Torah-Mu ada bersama kami, Dan kami tahu bahwa kami tidak akan jatuh selama kami memelihara peraturan-peraturan-Mu.
  23. [Sepanjang waktu kami diberkati di segala peristiwa dalam hal ini sehingga kami tidak bercampur baur dengan Goyim.]
  24. Karena kami semua adalah satu bangsa yang kenamaan, Yang telah menerima satu Torah dari Yang Esa: Dan Torah yang ada di antara kami akan menolong kami, Dan hikmat yang unggul yang ada di dalam kami akan menolong kami.’
  25. Dan ketika aku telah berdoa dan mengatakan hal-hal ini, aku sangat lemah.
  26. Lalu Dia menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Engkau telah berdoa dengan sungguh-sungguh, hai Barukh, Dan semua kata-katamu telah didengar.
  27. Tetapi penghakiman-Ku menuntut bagiannya Dan Torah-Ku menuntut hak-haknya.
  28. Karena dari kata-katamu Aku akan menjawab engkau, Dan dari doamu Aku akan berfirman kepadamu.
  29. Karena seperti beginilah: dia yang telah rusak tidak akan ada sama sekali; dia telah melakukan kefasikan sama seperti kebohongan bisa melakukan apa pun, dan tidak mengingat kebaikan-Ku, tidak juga menerima panjang sabar-Ku.
  30. Karena itu, engkau pasti akan diangkat, seperti sebelumnya telah Aku katakan kepadamu.
  31. Karena waktu itu akan muncul, yang membawa penderitaan; karena ia akan datang dan berlalu dengan kekuatan yang hebat, dan akan bergejolak datang dalam kepanasan amarah.
  32. Dan akan terjadi pada hari-hari itu bahwa seluruh penduduk bumi akan bergerak seorang melawan yang lainnya, karena mereka tidak tahu bahwa penghakiman-Ku telah datang mendekat.
  33. Karena tidak akan ditemukan banyak orang bijak pada waktu itu, Dan orang-orang pandai hanya akan ada sedikit saja: Lagipula, bahkan orang-orang yang tahu, hampir semuanya akan berdiam diri.
  34. Dan akan ada banyak rumor-rumor dan tidak sedikit berita-berita, Dan perbuatan-perbuatan hantu-hantu akan dinyatakan, Dan tidak sedikit janji-janji yang diberitakan, Sebagian dari mereka (akan terbukti) kosong, Dan sebagian dari mereka akan diteguhkan.
  35. Dan kehormatan akan diubahkan menjadi aib, Dan kekuatan dipermalukan menjadi kehinaan, Dan kejujuran dihancurkan, Dan keindahan akan menjadi keburukan.
  36. Dan banyak orang akan berkata kepada banyak orang pada waktu itu: “Di manakah banyaknya kepintaran menyembunyikan dirinya sendiri, Dan ke manakah banyaknya hikmat menyingkirkan dirinya sendiri?”
  37. Dan sementara mereka merenungkan hal-hal ini, Maka iri hati akan timbul di dalam orang-orang yang tidak memikirkan dirinya sendiri, Dan nafsu akan mencengkeram orang yang pendamai, Dan banyak orang akan terdorong dalam kemarahan untuk mencelakai banyak orang, Dan mereka akan membangun bala tentara untuk menumpahkan darah, Dan pada akhirnya mereka akan binasa bersama-sama dengan mereka.
  38. Dan itu akan terjadi pada waktu yang bersamaan, Bahwa perubahan zaman akan dinyatakan secara terbuka kepada setiap orang, Karena dalam semua waktu-waktu itu mereka mencemarkan diri mereka sendiri Dan mereka menjalankan penindasan, Dan setiap orang berjalan dalam perbuatan-perbuatannya sendiri, Dan tidak mengingat Torah dari Yang Mahaperkasa.
  39. Karena itu api akan memakan habis pikiran-pikiran mereka, Dan di dalam nyala api, kendali perenungan-perenungan mereka akan diuji; Karena sang Hakim akan datang dan tidak akan berlambat-lambat.
  40. Karena masing-masing penduduk bumi tahu kapan dia melakukan pelanggaran. Tetapi Torah-Ku tidak mereka kenal karena keangkuhan mereka.
  41. Tetapi banyak orang yang kemudian pasti menangis, Ya, atas orang-orang hidup lebih daripada atas orang-orang mati.’
  42. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Hai Adam, apa yang telah engkau perbuat kepada semua orang yang lahir dari engkau? Dan apa yang akan dikatakan kepada Hawa yang pertama yang mendengarkan si ular itu?
  43. Karena seluruh orang banyak ini akan menuju kepada kerusakan, Tidak juga ada penghitungan dari orang-orang yang dimakan api.
  44. Tetapi kembali aku akan berbicara di hadapan-Mu.
  45. Engkau, ya YHWH, Tuhanku, mengetahui apa yang ada di dalam makhluk ciptaan-Mu.
  46. Karena Engkau dari zaman dahulu memerintahkan debu untuk menghasilkan Adam, dan Engkau mengetahui jumlah orang-orang yang dilahirkan dari padanya, dan seberapa jauh mereka telah berbuat dosa di hadapan-Mu, yang telah ada dan tidak mengakui Engkau sebagai Pencipta mereka.
  47. Dan tentang semua ini, kesudahan mereka akan menghukum mereka, dan Torah-Mu yang telah mereka langgar akan membalas mereka pada hari-Mu.’

Pesan Barukh kepada Bangsa Itu

  1. [‘Tetapi sekarang mari kita menyingkirkan orang-orang jahat dan menanyakan tentang orang-orang benar.
  2. Dan aku akan menceritakan keberkatan mereka Dan tidak berdiam dalam merayakan kemuliaan mereka, yang disediakan bagi mereka.
  3. Karena pastilah seperti dalam waktu yang singkat di dalam dunia fana di mana engkau hidup, engkau telah memikul banyak jerih payah, Sehingga di dalam dunia yang tidak ada kesudahannya itu, engkau akan menerima terang yang besar.’]

Sifat Tubuh Kebangkitan: Takdir Final Orang-orang Benar dan Orang-orang Jahat

Pasal 49

  1. ‘Namun demikian, aku akan kembali bertanya dari pada-Mu, wahai Yang Mahaperkasa, ya, aku akan memohon belas kasihan dari Dia yang membuat segala sesuatu.
  2. “Dalam bentuk apakah orang-orang hidup yang akan hidup di dalam hari-Mu? Atau bagaimanakah kemuliaan dari orang-orang yang ada sesudah waktu itu berlanjut?
  3. Apakah mereka kemudian akan melanjutkan bentuk dari sekarang ini, Dan mengenakan anggota-anggota tubuh yang terbatas ini, Yang sekarang ini terlibat di dalam kejahatan-kejahatan, Dan yang di mana kejahatan-kejahatan disempurnakan, Atau apakah Engkau barangkali akan mengubah hal-hal ini yang telah ada di dalam dunia ini Sama seperti juga halnya dunia?”

Pasal 50

  1. Dan Dia menjawab dan berfirman kepadaku: ‘Dengarkanlah, Barukh, firman ini, Dan tuliskanlah dalam ingatan hatimu segala yang harus engkau pelajari.
  2. Karena bumi pastilah akan mengembalikan orang mati, [Yang sekarang dia terima, dengan tujuan untuk menyimpan mereka]. Ia tidak akan membuat perubahan dalam bentuk mereka, Tetapi sebagaimana ia telah menerima, demikianlah ia akan mengembalikan mereka, Dan sebagaimana Aku telah menyerahkan mereka kepadanya, demikianlah juga ia akan membangkitkan mereka.
  3. Karena diperlukan untuk menunjukkan kepada orang-orang hidup bahwa orang-orang mati telah bangkit kembali, dan bahwa orang-orang yang telah pergi telah kembali (lagi).
  4. Dan akan terjadi, ketika mereka telah mengenali beberapa orang yang mereka kenal sekarang, maka penghakiman akan menjadi kuat, dan hal-hal yang telah difirmankan sebelumnya itu akan datang.

Pasal 51

  1. Dan akan terjadi, ketika hari yang telah ditetapkan itu berlalu, maka rupa dari orang-orang yang dihukum akan kemudian berubah, dan juga kemuliaan dari orang-orang yang dibenarkan.
  2. Sebab rupa dari orang-orang yang sekarang berbuat jahat akan menjadi lebih buruk daripada saat ini, karena mereka akan menderita siksaan.
  3. Demikian juga kemuliaan dari orang-orang yang sekarang ini telah dibenarkan di dalam Torah-Ku, yang telah memiliki pengertian dalam kehidupan mereka, dan yang telah menanam di dalam hati mereka akar hikmat, maka kemuliaan mereka akan dimuliakan di dalam perubahan, dan penampilan wajah mereka akan diubahkan ke dalam cahaya keindahan mereka, supaya mereka dapat memperoleh dan menerima dunia yang tidak mati, yang telah dijanjikan kepada mereka.
  4. Karena di atas semua ini, orang-orang yang datang kemudian meratap, bahwa mereka telah menolak Torah-Ku, dan menutup telinga mereka supaya mereka tidak mendengar hikmat atau menerima pengertian.
  5. Karena itu, ketika mereka melihat orang-orang itu, atas mereka yang sekarang ditinggikan, yang kemudian akan ditinggikan dan dimuliakan lebih daripada mereka, mereka masing-masing akan diubahkan, orang-orang yang terakhir ke dalam kemuliaan para malaikat, dan orang-orang yang pertama akan merana lebih dalam lagi dalam kekejutan akan penglihatan-penglihatan dan karena melihat bentuk-bentuknya.
  6. Karena mereka pertama-tama akan melihat dan sesudah itu akan pergi untuk disiksa.
  7. Tetapi orang-orang yang telah diselamatkan oleh perbuatan-perbuatan mereka, Dan yang kepada siapa Torah telah menjadi pengharapan, Dan pengertian sebagai suatu harapan, Dan hikmat sebagai suatu keyakinan, Keajaiban-keajaiban akan muncul dalam waktu mereka.
  8. Karena mereka akan melihat dunia yang sekarang ini tidak kelihatan oleh mereka, Dan mereka akan melihat waktu yang sekarang ini tersembunyi dari mereka:
  9. Dan waktu tidak akan lagi menjadikan mereka tua.
  10. Karena dalam ketinggian-ketinggian dunia itu mereka akan tinggal, Dan mereka akan dijadikan seperti para malaikat, Dan dijadikan setara dengan bintang-bintang, Dan mereka akan diubahkan ke dalam setiap bentuk yang mereka inginkan, Dari cantik ke dalam keindahan, Dan dari terang ke dalam semarak kemuliaan.
  11. Karena di sana akan dihamparkan di hadapan mereka tingkatan-tingkatan Firdaus, dan di sana akan ditunjukkan kepada mereka keindahan keagungan makhluk-makhluk hidup yang ada di bawah takhta, dan seluruh bala tentara malaikat, yang [sekarang ini ditahan kuat-kuat oleh firman-Ku, supaya jangan mereka tampak, dan] ditahan kuat-kuat oleh sebuah perintah, supaya mereka dapat berdiri di tempat-tempat mereka sampai kedatangan mereka tiba.
  12. Selain itu, kemudian akan ada keunggulan di dalam orang-orang benar melampaui yang ada di dalam para malaikat.
  13. Karena yang pertama akan menerima yang terakhir, orang-orang yang mereka harapkan, dan yang terakhir orang-orang yang dahulu telah mereka dengar bahwa mereka telah mati.
  14. Karena mereka telah dilepaskan dari dunia kesengsaraan ini, Dan meletakkan beban penderitaan.
  15. Lalu untuk apa manusia kehilangan nyawa mereka, Dan untuk apa orang-orang yang ada di bumi menukarkan jiwa mereka?
  16. Karena kemudian mereka (tidak) memilih bagi diri mereka sendiri zaman ini, Yang, di luar jangkauan penderitaan, tidak akan berlalu: Tetapi mereka memilih bagi diri mereka sendiri zaman itu, Yang hasilnya penuh dengan ratapan-ratapan dan malapetaka-malapetaka, Dan mereka menolak dunia yang tidak menjadikan tua orang-orang yang datang kepadanya, Dan mereka menolak zaman kemuliaan, Sehingga mereka tidak akan datang kepada kehormatan yang telah Aku katakan kepadamu sebelumnya.’

Pasal 52

  1. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Bagaimana kami dapat melupakan orang-orang yang bagi mereka celaka telah dipersiapkan?
  2. Dan mengapa kami berkabung bagi orang-orang yang mati? Atau mengapa kami menangis bagi orang-orang yang pergi ke Sheol?
  3. Biarlah ratapan dipersiapkan untuk permulaan siksaan yang akan datang, Dan biarlah air mata dipersiapkan untuk kedatangan kehancuran pada waktu itu.
  4. [Tetapi bahkan di hadapan hal-hal ini aku akan berbicara.
  5. Dan bagi orang-orang benar, apa yang akan mereka lakukan sekarang?
  6. Bersukacitalah di dalam penderitaan yang sekarang engkau derita: Karena mengapa engkau menantikan keruntuhan musuh-musuhmu?
  7. Persiapkanlah jiwamu untuk apa yang disimpan bagimu, Dan persiapkanlah jiwamu untuk upah yang dipersiapkan bagimu.’]

Penyingkapan Mesias – Penglihatan Awan dengan Air Hitam dan Putih

Pasal 53

  1. Dan ketika aku telah mengatakan hal-hal ini, aku jatuh tertidur di sana, dan aku melihat sebuah penglihatan, dan lihatlah! Suatu awan naik dari lautan yang sangat luas, dan aku terus memandanginya dan lihatlah! Itu penuh dengan air putih dan hitam, dan ada banyak warna-warni di dalam air itu, dan seakan-akan seperti keserupaan kilat besar terlihat di puncaknya.
  2. Dan aku melihat awan itu berlalu dengan cepat di dalam jalur-jalur singkat, dan itu menyelubungi seluruh bumi.
  3. Dan terjadilah sesudah hal-hal ini bahwa awan itu mulai mencurahkan ke atas bumi air yang ada di dalamnya.
  4. Dan aku melihat bahwa tidak ada satu pun dan keserupaan yang sama di dalam air yang turun dari padanya.
  5. Karena pada permulaan pertama, mereka hitam dan banyak untuk suatu waktu, dan kemudian aku melihat bahwa air itu menjadi terang, tetapi mereka tidak banyak, dan setelah hal-hal ini, kembali aku melihat (air) hitam, dan setelah hal-hal ini kembali terang, dan kembali hitam dan kembali terang.
  6. Dan ini terjadi dua belas kali, tetapi yang hitam selalu lebih banyak daripada yang terang.
  7. Dan terjadilah pada ujung awan, lihatlah! Turunlah hujan air hitam, dan itu lebih gelap daripada semua air yang telah ada sebelumnya, dan api bercampur dengan mereka, dan di mana air itu turun, mereka menimbulkan kerusakan dan kehancuran.
  8. Dan setelah hal-hal ini aku melihat bagaimana kilat yang telah aku lihat di puncak awan, merebutnya dan melemparkannya ke atas bumi
  9. Kemudian kilat itu bersinar luar biasa, untuk menerangi seluruh bumi, dan itu menyembuhkan wilayah-wilayah itu di mana air yang terakhir itu telah turun dan menyebabkan kerusakan.
  10. Dan ia menguasai seluruh bumi, dan berkuasa atasnya.
  11. Dan aku melihat setelah hal-hal ini, dan lihatlah! Dua belas sungai naik dari laut, dan mereka mulai mengelilingi petir itu dan menjadi tunduk kepadanya.
  12. Dan karena takut, aku terbangun.

Doa Barukh untuk Tafsir Penglihatan: Kedatangan Ramiel untuk Tujuan ini

Pasal 54

  1. Dan aku memohon Yang Mahaperkasa, dan berkata: ‘Engkau sendiri, ya Tuhan, mengetahui sejak permulaan hal-hal yang tersembunyi dari dunia ini, Dan hal-hal yang akan menimpa pada waktu-waktu mereka yang Engkau datangkan oleh firman-Mu, Dan terhadap perbuatan-perbuatan penduduk bumi, Engkau mempercepat permulaan waktu-waktu, Dan akhir dari musim-musim yang hanya Engkau sendiri mengetahuinya.
  2. (Engkau) yang bagi-Nya tidak ada yang terlalu sulit, Tetapi yang melakukan segala sesuatu dengan mudah hanya dengan anggukan:
  3. (Engkau) yang bagi-Nya kedalaman-kedalaman datang seperti ketinggian-ketinggian, Dan yang firman-Nya permulaan-permulaan zaman-zaman melayani:
  4. (Engkau) yang menyingkapkan kepada orang-orang yang takut akan Engkau apa yang dipersiapkan bagi mereka, Supaya sejak waktu itu mereka boleh dihiburkan.
  5. Engkau menunjukkan perbuatan-perbuatan besar kepada orang-orang yang tidak mengetahui; Engkau menghancurkan kandang orang-orang yang bebal, Dan menerangi apa yang gelap, Dan menyingkapkan apa yang tersembunyi kepada orang-orang yang murni, [Yang dalam iman menundukkan diri mereka kepada Engkau dan Torah-Mu.]
  6. Engkau telah menunjukkan kepada hamba-Mu penglihatan ini; Singkapkanlah juga tafsirnya.
  7. Karena aku mengetahui bahwa mengenai hal-hal itu yang aku minta kepada-Mu, aku telah menerima jawaban, Dan mengenai apa yang aku minta, Engkau menyingkapkan kepadaku dengan suara yang aku harus memuji Engkau, Dan dari anggota-anggota tubuh mana aku harus membuat puji-pujian dan haleluyah naik kepada-Mu.
  8. Karena jika anggota-anggota tubuhku adalah mulut, Dan rambut kepalaku adalah suara, Meski demikian, aku tidak bisa memberikan kepada-Mu balasan pujian, Ataupun memuji Engkau seperti yang selayaknya, Tidak juga aku bisa menceritakan pujian-Mu, Ataupun menceritakan kemuliaan keindahan-Mu.
  9. Karena apakah aku ini di antara manusia, Atau, mengapa aku diperhitungkan di antara orang-orang yang lebih unggul daripada aku, Bahwa aku telah mendengar semua hal-hal yang menakjubkan ini dari Yang Mahatinggi, Dan janji-janji tak terhitung dari Dia yang menciptakan aku?
  10. Diberkatilah ibuku di antara orang-orang yang melahirkan, Dan terpujilah di antara para wanita kiranya dia yang melahirkan aku.
  11. Karena aku tidak akan berdiam dalam memuji Yang Mahaperkasa, Dan dengan suara pujian aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan-Nya yang luar biasa.
  12. Karena siapakah yang melakukan seperti perbuatan-perbuatan-Mu yang luar biasa, ya Elohim, Atau siapakah yang memahami pemikiran-Mu yang dalam tentang kehidupan.
  13. Karena dengan pertimbangan-Mu, Engkau memerintah segala makhluk yang telah tangan kanan-Mu ciptakan Dan Engkau telah membentuk setiap sumber terang di sisi-Mu, Dan harta kekayaan hikmat di bawah takhta-Mu telah Engkau siapkan.
  14. Dan dengan adil mereka binasa, orang-orang yang tidak mencintai Torah-Mu, Dan siksaan penghakiman akan menantikan orang-orang yang tidak menundukkan diri mereka kepada kekuasaan-Mu.
  15. Karena meskipun Adam pertama kali berbuat dosa Dan membawa kematian dini ke atas semuanya, Namun dari orang-orang yang lahir dari padanya Masing-masing dari mereka telah mempersiapkan bagi jiwanya sendiri siksaan yang akan datang, Dan lagi masing-masing dari mereka telah memilih bagi dirinya sendiri kemuliaan yang akan datang.
  16. [Karena pastilah dia yang percaya akan menerima upah.
  17. Tetapi sekarang, mengenai kamu, kamu orang-orang jahat yang sekarang ada, berpalinglah kepada kehancuran, karena engkau akan segera dihukum, karena sebelumnya engkau menolak pengertian dari Yang Maha Tinggi.
  18. Karena perbuatan-perbuatan-Nya belum mengajari engkau, Tidak juga kecakapan ciptaan-Nya yang di segala waktu telah berusaha meyakinkan engkau.]
  19. Oleh karena itu Adam bukanlah penyebabnya, kecuali hanya jiwanya sendiri, Tetapi masing-masing dari kita telah menjadi Adam dari jiwanya sendiri.
  20. Tetapi Engkau, ya Tuhan, menjelaskan kepadaku tentang hal-hal yang telah Engkau singkapkan kepadaku, Dan memberitahukan aku tentang apa yang aku minta kepada-Mu.
  21. Karena pada waktu kesudahan dunia ini, pembalasan akan dilakukan atas orang-orang yang telah melakukan kejahatan sesuai dengan kejahatan mereka, Dan Engkau akan memuliakan orang-orang yang setia sesuai dengan kesetiaan mereka.
  22. Karena orang-orang yang ada di antara milik-Mu sendiri Engkau memerintah, Dan orang-orang yang berdosa Engkau hapuskan dari antara milik-Mu sendiri.

Pasal 55

  1. Dan terjadilah ketika aku telah selesai mengucapkan kata-kata doa ini, aku duduk di sana di bawah pohon, supaya aku dapat beristirahat di bawah naungan ranting-ranting.
  2. Dan aku bertanya-tanya dan keheranan, dan merenungkan kembali dalam pikiran-pikiranku mengenai banyaknya kebaikan yang oleh para pendosa yang ada di dunia ini telah tolak, dan tentang siksaan besar yang telah mereka anggap hina, meskipun mereka tahu bahwa mereka harus disiksa karena dosa yang telah mereka perbuat.
  3. Dan ketika aku merenungkan hal-hal ini dan lainnya, lihatlah! Malaikat Ramiel yang berkuasa atas penglihatan-penglihatan yang benar diutus kepadaku, dan dia berkata kepadaku:
  4. ‘Mengapa hatimu menggelisahkan engkau, Barukh, dan mengapa pikiranmu mengganggu engkau?
  5. Karena jika hanya karena laporan yang engkau dengar saja tentang penghakiman, engkau begitu gelisah, Apa (jadinya engkau) ketika harus melihat itu menjadi kenyataan dengan matamu?
  6. Dan jika dengan pengharapan yang dengannya engkau mengharapkan hari Yang Mahaperkasa, engkau begitu gelisah, Apa (jadinya engkau) ketika harus sampai pada waktu kedatangannya?
  7. Dan, jika atas perkataan pengumuman tentang siksaan orang-orang yang telah melakukan kebodohan, engkau begitu kebingungan, Seberapa banyak lagi ketika peristiwa itu akan menyingkapkan hal-hal yang menakjubkan?
  8. Dan jika engkau telah mendengar kabar-kabar tentang hal-hal baik dan jahat yang akan datang dan berdukacita, Apa (jadinya engkau) ketika engkau harus melihat apa yang akan disingkapkan oleh keagungan, Yang akan menghukum orang-orang yang ini, dan membuat orang-orang yang itu bersukacita.’

Tafsir Penglihatan. Air yang Hitam dan Terang Melambangkan Sejarah Dunia dari Adam sampai Kedatangan Mesias.

Pasal 56

  1. ‘Namun demikian, karena engkau telah memohon Yang Mahatinggi untuk menyingkapkan kepadamu tafsir penglihtan yang telah engkau lihat, aku telah diutus untuk memberi tahu engkau.
  2. Dan Yang Mahaperkasa telah memberitahukan kepadamu rangkaian waktu-waktu yang telah berlalu, dan tentang orang-orang yang ditakdirkan untuk berlalu di dalam dunia-Nya dari sejak permulaan penciptaannya bahkan sampai kepada kesudahannya, dari hal-hal (yang merupakan) tipuan dan hal-hal (yang merupakan) kebenaran.
  3. Karena seperti engkau melihat suatu awan besar yang naik dari lautan, lalu bergerak dan menyelubungi seluruh bumi, inilah durasi dari dunia yang Yang Mahaperkasa buat ketika Dia mempertimbangkan untuk membuat dunia.
  4. Dan terjadilah ketika firman itu telah keluar dari hadapan-Nya, bahwa durasi dunia ini telah terbentuk dalam tingkatan yang kecil, dan didirikan sesuai dengan banyaknya kecerdasan dari Dia yang mengutusnya.
  5. Dan seperti yang telah engkau lihat sebelumnya di puncak awan air hitam yang turun sebelumnya ke atas bumi, inilah pelanggaran yang dengannya Adam, manusia pertama telah melanggarnya.
  6. Karena [sejak] ketika dia melanggar Kematian dini menjadi nyata, Dukacita disebutkan Dan penderitaan disiapkan, Dan kesakitan diciptakan, Dan kesusahan disempurnakan, Dan sakit-penyakit mulai terbentuk, Dan Sheol terus menuntut supaya ia diperbaharui lagi dalam darah, Dan melahirkan anak-anak didatangkan, Dan gairah orang tua dihasilkan, Dan kebesaran umat manusia dipermalukan, Dan kebaikan menjadi layu.
  7. Karena itu, apa yang dapat menjadi lebih hitam atau lebih gelap daripada hal-hal ini?
  8. Inilah permulaan dari air hitam yang telah engkau lihat.
  9. Dan dari (air) hitam ini, hitam diturunkan lagi, dan kegelapan dari kegelapan dihasilkan.
  10. Karena ia menjadi bahaya bagi jiwanya sendiri, bahkan bagi para malaikat dia menjadi bahaya.
  11. Karena, bahkan, pada waktu ketika ia diciptakan, mereka menikmati kebebasan.
  12. Dan beberapa dari mereka turun, dan kawin-mengawin dengan para perempuan.
  13. Dan kemudian malaikat-malaikat yang melakukan itu, disiksa dengan belenggu-belenggu.
  14. Tetapi selebihnya dari banyak malaikat lainnya, yang jumlahnya tak terhitung, menahan diri mereka.
  15. Dan mereka yang tinggal di bumi binasa bersama-sama (bersama mereka) melalui air bah.
  16. Inilah air hitam yang pertama.

Pasal 57

  1. Dan setelah (air) ini engkau melihat air yang terang: inilah mata air Abraham, juga generasi-generasinya dan kedatangan anaknya, dan anak dari anaknya, dan orang-orang yang seperti mereka.
  2. Karena pada waktu itu Torah yang tidak tertulis disebutkan di antara mereka, Dan perbuatan-perbuatan dari perintah-perintah itu kemudian digenapi, Dan kepercayaan dalam penghakiman yang akan datang kemudian ditimbulkan, Dan pengharapan akan dunia yang akan diperbaharui kemudian dibangun, Dan janji akan kehidupan yang akan datang sesudah akhirat pun ditanamkan.
  3. Inilah air terang, yang telah engkau lihat.

Pasal 58

  1. ‘Dan air hitam yang ketiga yang telah engkau lihat, inilah bercampur-baurnya segala dosa, yang kemudian dilakukan oleh bangsa-bangsa sesudah kematian orang-orang benar itu, dan kejahatan tanah Mesir, di mana mereka melakukan kejahatan di dalam perbudakan yang dengannya mereka membuat anak-anak mereka untuk melayani.
  2. Namun demikian, ini juga pada akhirnya musnah.

Pasal 59

  1. Dan air terang yang keempat yang telah engkau lihat adalah kedatangan Musa dan Harun dan Miryam dan Yosua anak Nun dan Kaleb dan semua orang yang seperti mereka.
  2. Karena pada waktu itu pelita Torah yang kekal bersinar atas semua orang yang duduk di dalam kegelapan, yang mengumumkan kepada mereka yang percaya janji upah mereka, dan bagi mereka yang menolak, siksaan api yang dipersiapkan bagi mereka.
  3. Tetapi juga pada waktu itu surga diguncangkan dari tempatnya, dan mereka yang ada di bawah takhta Yang Mahaperkasa menjadi gelisah, ketika Dia membawa Musa kepada diri-Nya.
  4. Karena Dia menunjukkan kepadanya banyak nasihat bersama-sama prinsip-prinsip Torah dan kesudahan zaman-zaman, seperti juga kepadamu, dan demikian juga pola Zion dan ukuran-ukurannya, dalam pola dimana tempat kudus pada waktu itu dibuat.
  5. Tetapi kemudian Dia juga menunjukkan kepadanya ukuran-ukuran api, juga kedalaman-kedalaman jurang maut, dan berat angin, dan jumlah tetesan-tetesan hujan.
  6. Dan pengekangan amarah, dan banyaknya panjang sabar, dan kebenaran penghakiman.
  7. Dan akar hikmat, dan harta kekayaan pengertian, dan mata air pengetahuan.
  8. Dan ketinggian udara, dan kebesaran Firdaus, dan kesudahan zaman-zaman, dan permulaan hari penghakiman.
  9. Dan jumlah persembahan-persembahan, dan bumi-bumi yang belum datang.
  10. Dan mulut Gehinnom, dan tempat pembalasan, dan tempat iman, dan wilayah pengharapan.
  11. Dan keserupaan dari siksaan masa depan, dan banyaknya para malaikat yang tak terhitung jumlahnya, dan pasukan-pasukan yang bernyala-nyala, dan kemegahan kilat, dan suara guruh, dan tatanan kepala-kepala malaikat, dan perbendaharaan-perbendaharaan terang, dan pergantian-pergantian zaman-zaman, dan penyelidikan-penyelidikan Torah.
  12. Inilah air terang yang keempat yang telah engkau Anda lihat.

Pasal 60

  1. Dan air hitam yang kelima yang engkau lihat menghujani adalah perbuatan-perbuatan yang dilakukan orang-orang Amori, dan mantera-mantera dari jampi-jampi mereka yang mereka lakukan, dan kejahatan dari misteri-misteri mereka, dan pencampurbauran kecemaran mereka.
  2. Tetapi bahkan orang-orang Israel pun tercemar oleh dosa-dosa dalam zaman hakim-hakim, meskipun mereka melihat banyak tanda yang berasal dari Dia yang menjadikan mereka.

Pasal 61

  1. Dan air terang yang keenam yang engkau telah lihat, inilah waktu dimana Daud dan Salomo dilahirkan.
  2. Dan pada saat itulah ada pembangunan Zion, Dan pentahbisan tempat kudus, Dan penumpahan banyak darah dari bangsa-bangsa yang berdosa saat itu, Dan banyak persembahan yang dipersembahkan pada waktu pentahbisan tempat kudus.
  3. Dan shalom dan ketenangan ada pada waktu itu,
  4. Dan hikmat diperdengarkan di dalam perhimpunan: Dan kekayaan pengertian dipuji-puji di dalam jemaat,
  5. Dan hari-hari raya kudus digenapi di dalam keberkatan dan dalam banyak sukacita.
  6. Dan penghakiman dari para penguasa dapat dilihat terjadi tanpa tipu daya, Dan kebenaran dari peraturan-peraturan Yang Mahaperkasa digenapi dengan kebenaran.
  7. Dan negeri [yang] ada kemudian dikasihi oleh Tuhan, Dan karena penduduknya tidak berbuat dosa, itu dimuliakan di atas semua negeri-negeri, Dan kota Zion kemudian memerintah atas semua negeri dan wilayah-wilayah.
  8. Inilah air terang yang telah engkau lihat.

Pasal 62

  1. Dan air hitam yang ketujuh yang engkau lihat, inilah penyimpangan (yang didatangkan) oleh nasihat Yerobeam, yang menasihati untuk membuat dua anak lembu emas.
  2. Dan segala kefasikan yang diperbuat raja-raja sesudah dia dengan fasik.
  3. Dan kutuk Izebel dan pemujaan berhala-berhala yang dijalankan orang-orang Israel pada waktu itu.
  4. Dan hujan yang ditahan, dan kelaparan yang terjadi sehingga kaum perempuan memakan anak-anak yang dilahirkan rahim mereka.
  5. Dan waktu penawanan mereka yang menimpa sembilan dan setengah suku tersebut, karena mereka berada di dalam banyak dosa.
  6. Dan Shalmaneser, raja Ashur datang dan membawa mereka pergi ke penawanan.
  7. Tetapi tentang Goyim, adalah menjemukan untuk mengatakan bagaimana mereka selalu melakukan ketidakadilan dan kejahatan, dan tidak pernah melakukan kebenaran.
  8. Inilah air hitam yang ketujuh yang telah engkau lihat.

Pasal 63

  1. ‘Dan air terang yang kedelapan yang telah engkau lihat, inilah ketulusan hati dan kejujuran Hizkia, raja Yehuda, dan anugerah (Elohim) yang turun atasnya.
  2. Karena ketika Sancherib digerakkan dengan maksud supaya ia dapat binasa, dan murkanya menggelisahkan dia dengan maksud supaya olehnya ia dapat binasa, karena banyak bangsa-bangsa yang juga ada bersama dia.
  3. Lagipula, ketika raja Hizkia mendengar hal-hal yang direncanakan raja Ashur, (yaitu) untuk datang dan menawan dia dan menghancurkan bangsanya, dua suku dan setengahnya yang tersisa: bahkan, ia juga ingin meruntuhkan Zion juga: maka Hizkia percaya dalam perbuatan-perbuatannya, dan berharap dalam kebenarannya, dan berbicara dengan Yang Mahaperkasa dan berkata:
  4. “Lihatlah! Sancherib bersiap untuk menghancurkan kami, dan dia akan menyombongkan diri dan tinggi hati ketika ia telah menghancurkan Zion.”
  5. Dan Yang Mahaperkasa mendengarkan dia, karena Hizkia bijaksana, Dan Dia menghormati doanya, karena dia benar.
  6. Dan kemudian Yang Mahaperkasa memerintahkan Ramiel, malaikat-Nya yang berbicara dengan engkau.
  7. Dan aku pergi dan menghancurkan orang-orang mereka yang banyak, yang jumlah pemimpinnya saja seratus delapan puluh lima ribu, dan masing-masing dari mereka memiliki jumlah yang sama (atas perintahnya).
  8. Dan pada waktu itu aku membakar tubuh-tubuh mereka di dalam, tetapi pakaian dan persenjataan mereka aku sisakan di luarnya, dengan maksud supaya lebih banyak perbuatan-perbuatan yang ajaib dari Yang Mahaperkasa dapat muncul, dan dengan demikian nama-Nya dapat diceritakan di seluruh bumi.
  9. Dan Zion diselamatkan dan Yerusalem dilepaskan: Israel juga dibebaskan dari kesengsaraan.
  10. Dan semua orang yang ada di tanah suci bersukacita, dan nama Yang Mahaperkasa dimuliakan, supaya itu diperbincangkan.
  11. Inilah air terang yang telah engkau lihat.

Pasal 64

  1. ‘Dan air hitam yang kesembilan yang telah engkau lihat, inilah semua kejahatan yang terjadi pada zaman Manasye anak Hizkia.
  2. Karena ia melakukan banyak kefasikan, dan ia membunuh orang-orang benar, dan ia merampas penghakiman, dan ia menumpahkan darah orang yang tidak bersalah, dan mengawini perempuan-perempuan yang dia cemarkan dengan kekerasan, dan ia meruntuhkan mezbah-mezbah, dan menghancurkan persembahan-persembahannya, dan mengusir imam-imamnya supaya jangan mereka melayani di tempat kudus.
  3. Dan dia membuat patung dengan lima wajah: empat dari mereka memandang ke empat mata angin, dan yang kelima di puncak patung itu sebagai lawan terhadap kecemburuan Yang Mahaperkasa.
  4. Maka murka keluar dari hadapan Yang Mahaperkasa sampai kepada maksud bahwa Zion harus dicabut, seperti itu juga yang terjadi pada hari-harimu.
  5. Tetapi juga terhadap kedua suku dan setengahnya itu keluar keputusan bahwa mereka juga harus dibawa pergi tertawan, seperti yang telah engkau lihat sekarang.
  6. Dan kefasikan Manasye bertambah-tambah sampai kepada tingkatan, bahwa ia menyingkirkan pujian Yang Mahatinggi dari tempat kudus.
  7. Karena hal ini Manasye pada waktu itu dinamai ‘orang fasik’, dan akhirnya tempat kediamannya adalah di dalam api.
  8. Karena meskipun doanya didengar oleh Yang Mahatinggi, pada akhirnya, ketika ia dilemparkan ke dalam kuda tembaga dan kuda tembaga itu meleleh, itu sebagai pertanda baginya pada saat itu.
  9. Karena ia tidak hidup sempurna, karena ia tidak layak – tetapi sejak waktu itulah ia tahu pada akhirnya ia harus disiksa.
  10. Karena Dia yang sanggup memberi kebaikan, juga sanggup menyiksa.

Pasal 65

  1. ‘Demikianlah, bahkan, Manasye bertindak fasik, dan meskipun pada zamannya Yang Mahaperkasa tidak menuntut pertanggungjawaban akan hal-hal ini.
  2. Inilah air hitam yang kesembilan yang telah engkau lihat.

Pasal 66

  1. Dan air terang yang kesepuluh yang telah engkau lihat, inilah kemurnian generasi-generasi Yosia, raja Yehuda, yang menjadi satu-satunya orang pada waktu itu yang menundukkan dirinya kepada Yang Mahaperkasa dengan segenap hatinya dan dengan segenap jiwanya.
  2. Dan ia membersihkan negeri itu dari berhala-berhala, dan menguduskan semua perkakas-perkakas yang telah tercemar, dan mengembalikan persembahan-persembahan ke mezbah, dan mengangkat tanduk orang-orang kudus, meninggikan orang-orang benar, dan menghormati semua orang yang bijaksana dalam pengertian, dan membawa kembali para imam kepada pelayanan mereka, dan menghancurkan dan menyingkirkan para penyihir dan para pemantera dan para pemanggil arwah dari negeri itu.
  3. Dan bukan saja dia membunuh orang-orang fasik yang masih hidup, tetapi mereka juga mengambil dari kuburan-kuburan tulang-tulang dari yang mati dan membakarnya dengan api.
  4. [Dan hari-hari raya dan Shabbat-shabbat dia tegakkan dalam kekudusannya], dan orang-orang mereka yang tercemar dia bakar di dalam api, dan nabi-nabi pendusta yang menyesatkan orang-orang, mereka juga dia bakar dalam api, dan orang-orang yang mendengarkan mereka ketika mereka hidup, dia mencampakkan mereka ke sungai Kidron, dan menumpuk batu di atas mereka.
  5. Dan dia sangat giat dengan kecemburuan bagi Yang Mahaperkasa dengan segenap jiwanya, dan dia sendiri tetap teguh di dalam Torah pada waktu itu, sehingga dia tidak meninggalkan satu orang pun yang tidak bersunat, atau orang yang melakukan kefasikan di seluruh negeri, di seluruh hari-hari kehidupannya.
  6. Karena itu ia akan menerima upah yang kekal, dan ia akan dimuliakan bersama Yang Mahaperkasa di atas orang banyak pada waktu yang terkemudian.
  7. Karena atas perbuatannya dan atas perbuatan orang-orang yang seperti dialah kemuliaan kehormatan, yang tentangnya engkau telah diberitahukan sebelumnya, diciptakan dan dipersiapkan. Ini adalah air terang yang telah engkau lihat.

Pasal 67

  1. ‘Dan air hitam yang kesebelas yang telah engkau lihat: inilah malapetaka yang sekarang ini menimpa Zion.
  2. Apakah engkau berpikir bahwa tidak ada kesedihan yang mendalam bagi para malaikat di hadapan Yang Mahaperkasa, Bahwa Zion telah diserahkan, Dan itu lihatlah! Goyim menyombongkan diri di dalam hati mereka, Dan berkumpul di hadapan berhala-berhala mereka dan berkata, “Dia diinjak-injak, yang seringkali menginjak-injak, Dan dia telah diturunkan menjadi budak, yang menurunkan (orang-orang lain)”?
  3. Apakah engkau berpikir bahwa dalam hal-hal ini Yang Mahatinggi bersukacita, Atau bahwa nama-Nya dimuliakan?
  4. [Tetapi bagaimana hal itu akan menjalankan penghakiman keadilan-Nya?]
  5. Namun setelah hal-hal ini orang-orang yang terserak di antara Goyim akan dicengkeram oleh kesengsaraan, Dan dalam rasa malu, mereka akan tinggal di setiap tempat.
  6. Karena sejauh seperti Zion diserahkan Dan Yerusalem menjadi reruntuhan, Maka berhala-berhala akan bertambah-tambah di kota-kota Goyim, Dan uap asap dari dupa kebenaran yang ditetapkan oleh Torah dipadamkan di Zion, Dan di wilayah Zion di setiap tempat lihatlah! Ada asap kefasikan.
  7. Tetapi raja Babel akan bangkit, yang sekarang telah menghancurkan Zion, Dan dia akan menyombongkan diri atas bangsa ini, Dan dia akan berbicara perkara-perkara besar di dalam hatinya di hadapan Yang Mahatinggi.
  8. Tapi dia juga akan jatuh pada akhirnya. Ini adalah air hitam.

Pasal 68

  1. Dan air terang yang kedua belas yang telah engkau lihat: inilah firmannya.
  2. Karena setelah hal-hal ini, waktunya akan tiba ketika bangsamu akan ditimpa kesukaran, sehingga mereka semuanya akan menanggung bahaya kebinasaan bersama-sama.
  3. Namun demikian, mereka akan diselamatkan, dan musuh-musuh mereka akan rebah di hadapan mereka.
  4. Dan mereka akan memiliki (pada) waktunya banyak sukacita.
  5. Dan pada waktu itu setelah selang beberapa waktu Zion akan kembali dibangun, dan persembahan-persembahannya akan kembali dipulihkan, dan para imam akan kembali kepada pelayanan mereka, dan juga Goyim akan datang untuk memuliakannya.
  6. Namun demikian, tidak sepenuhnya seperti pada permulaannya.
  7. Tetapi akan terjadi sesudah hal-hal ini, bahwa akan terjadi kejatuhan banyak bangsa.
  8. Inilah air terang yang telah engkau lihat.

Pasal 69

  1. ‘Untuk air terakhir yang telah engkau lihat yang lebih gelap daripada semua yang ada sebelum mereka, yang sesudah bilangan keduabelas, yang dikumpulkan bersama-sama, adalah bagian seluruh dunia.
  2. Karena Yang Mahatinggi membuat pembagian sejak permulaan, karena Dia sendiri mengetahui apa yang akan terjadi.
  3. Karena mengenai kekejaman dan kefasikan yang akan diperbuat di hadapan-Nya, Dia telah melihat enam macam dari padanya.
  4. Dan tentang perbuatan-perbuatan baik dari orang-orang benar yang harus digenapkan di hadapan-Nya, Dia telah melihat enam macam dari padanya, di luar hal-hal yang Dia harus kerjakan pada kesudahan zaman.
  5. Atas perbuatan-Nya, tidak ada air hitam dengan hitam, atau terang dengan terang; karena itu adalah kesudahannya.

Pasal 70

  1. ‘Karena itu dengarkanlah tafsir dari air hitam terakhir yang akan datang [setelah yang hitam]: ini firmannya.
  2. Lihatlah! Hari-hari akan tiba, dan akan terjadi ketika waktu dari zaman ini sudah matang, Dan tuaian dari benih-benih jahat dan baik telah tiba, Bahwa Yang Mahaperkasa akan mendatangkan ke atas bumi dan penduduknya dan atas para penguasanya Kekacauan roh dan kebingungan hati.
  3. Dan mereka akan membenci satu sama lain, Dan memprovokasi satu sama lain untuk berperang, Dan orang-orang kejam akan memerintah atas orang-orang terhormat, Dan orang-orang yang rendah derajat akan dipuji-puji di atas orang-orang kenamaan.
  4. Dan yang banyak akan diserahkan ke dalam tangan segelintir orang, Dan orang-orang yang bukan apa-apa akan memerintah atas yang kuat, Dan orang-orang miskin akan memiliki berlimpah-limpah di atas orang-orang kaya, Dan orang-orang fasik akan meninggikan diri mereka di atas orang-orang berani.
  5. Dan orang-orang bijak akan berdiam, Dan orang-orang bodoh akan berbicara, Tidak juga pikiran manusia akan diteguhkan, Tidak juga nasihat orang kuat, Tidak juga pengharapan orang-orang yang berharap akan diteguhkan.
  6. Dan ketika hal-hal yang telah dinubuatkan itu telah terjadi, Maka kekacauan akan menimpa semua orang, Dan sebagian dari mereka akan jatuh dalam peperangan, Dan sebagian dari mereka akan binasa dalam penderitaan,
  7. Dan sebagian dari mereka akan dihancurkan oleh mereka sendiri. Kemudian Yang Mahatinggi akan menyingkapkan bangsa-bangsa itu, yang telah Dia persiapkan sebelumnya, Dan mereka akan datang dan berperang dengan para pemimpin yang kemudian akan ditinggalkan.
  8. Dan akan terjadi bahwa barangsiapa yang selamat dari peperangan akan mati dalam gempa bumi, Dan barangsiapa yang selamat dari gempa bumi akan dibakar oleh api, Dan barangsiapa yang selamat dari api akan dihancurkan oleh kelaparan.
  9. [Dan akan terjadi, bahwa barangsiapa dari para pemenang dan mereka yang ditaklukkan berhasil keluar dan lolos dari semua hal yang dinubuatkan ini, akan diserahkan ke dalam tangan hamba-Ku Mesias.]
  10. Karena seluruh bumi akan memakan penduduknya.

Pasal 71

  1. ‘Dan tanah suci akan berbelas kasihan atas miliknya sendiri, dan ia akan melindungi penduduknya pada waktu itu.
  2. Inilah penglihatan yang telah engkau lihat, dan inilah tafsirnya.
  3. Karena aku telah datang untuk memberitahukan kepadamu hal-hal ini, karena doamu telah didengar oleh Yang Mahatinggi.

Pasal 72

  1. ‘Dengarkanlah juga sekarang tentang kilat terang yang akan datang pada kesudahannya sesudah (air-air) hitam ini: inilah firmannya.
  2. Setelah tanda-tanda ini datang, yang telah diberitahukan kepadamu sebelumnya, ketika bangsa-bangsa menjadi bergolak, dan waktu Mesias-Ku telah tiba, Dia akan mengumpulkan segala bangsa, dan sebagian dari mereka akan Dia ampuni, dan sebagian dari mereka akan Dia bunuh
  3. Karena itu, hal-hal ini akan menimpa bangsa-bangsa yang diampuni oleh-Nya.
  4. Setiap bangsa, yang tidak mengenal Israel dan tidak pernah menginjak-injak keturunan Yakub, pasti akan diampuni.
  5. Dan ini karena sebagian dari setiap bangsa akan ditaklukkan kepada bangsamu.
  6. Tetapi semua bangsa yang telah berkuasa atasmu, atau yang telah mengenal engkau, akan diserahkan kepada pedang.

Pasal 73

  1. ‘Dan akan terjadi, ketika Dia telah merendahkan segala sesuatu yang ada di dunia ini, Dan telah duduk dalam shalom untuk zaman di atas takhta kerajaan-Nya, Maka sukacita itu kemudian akan disingkapkan, Dan istirahat itu akan muncul.
  2. Dan kemudian kesembuhan akan turun dalam embun, Dan sakit-penyakit akan menarik diri, Dan kecemasan dan penderitaan dan ratapan berlalu dari antara manusia, Dan kegembiraan berjalan maju ke seluruh bumi.
  3. Dan tidak ada seorang pun lagi yang mati sebelum waktunya, Tidak juga kemalangan apa pun tiba-tiba menimpa.
  4. Dan penghakiman, dan caci maki, dan pertengkaran, dan balas dendam, Dan darah, dan hawa nafsu, dan iri hati, dan kebencian, Dan hal-hal apa pun seperti itu akan pergi ke dalam penghukuman ketika mereka disingkirkan.
  5. Karena inilah hal-hal yang telah memenuhi dunia ini dengan kejahatan-kejahatan, Dan karena hal-hal inilah kehidupan manusia telah sangat kesusahan.
  6. Dan binatang-binatang buas akan datang dari hutan dan melayani manusia Dan ular tedung dan naga-naga akan keluar dari lubang-lubang mereka untuk menundukkan diri mereka kepada seorang anak kecil.
  7. Dan para perempuan tidak lagi akan merasakan sakit ketika mereka melahirkan, Tidak juga mereka akan menderita siksaan ketika mereka mengandung buah kandungan.

Pasal 74

  1. ‘Dan akan terjadi pada waktu itu bahwa para penuai tidak akan menjadi letih, Tidak juga orang-orang yang membangun kelelahan bekerja keras; Karena pekerjaan-pekerjaan dengan sendirinya melaju dengan cepat Bersama-sama dengan mereka yang mengerjakannya di dalam ketenteraman yang besar.
  2. Karena waktu itu adalah kesudahan dari apa yang dapat binasa, Dan permulaan dari apa yang tidak dapat binasa.
  3. Karena itu, hal-hal yang dinubuatkan akan menjadi bagiannya: Karenanya, itu sangat jauh dari kejahatan-kejahatan, dan dekat kepada hal-hal yang tidak mati.
  4. Inilah kilat terang yang datang sesudah air gelap yang terakhir.’

Nyanyian Pujian Barukh

Pasal 75

  1. Dan aku menjawab dan berkata: ‘Siapakah yang bisa mengerti, ya Tuhan, kebaikan-Mu? Karena itu tidak terpahami.
  2. Atau siapakah yang bisa menyelidik ke dalam belas kasihan-Mu, Yang tidak terbatas?
  3. Atau siapakah yang bisa memahami kecerdasan-Mu?
  4. Atau siapakah yang bisa menceritakan pikiran-pikiran dari akal-Mu?
  5. Atau siapakah dari mereka yang dilahirkan dapat berharap untuk mencapai hal-hal itu, Kecuali dia adalah orang yang kepadanya Engkau berbelas kasihan dan berkemurahan?
  6. Sebab, sesungguhnya jika Engkau tidak memiliki belas kasihan terhadap manusia, Mereka yang ada di bawah tangan kanan-Mu, Mereka tidak bisa datang kepada hal-hal itu, Tetapi mereka yang ada dalam bilangan nama dapat dipanggil.
  7. Tetapi jika, bahkan, kami yang ada mengetahui mengapa kami telah datang, Dan menundukkan diri kami kepada Dia yang membawa kami keluar dari Mesir, Kami akan datang kembali dan mengingat hal-hal yang telah berlalu itu, Dan akan bersukacita atas apa yang telah terjadi.
  8. Tapi jika sekarang kami tidak tahu mengapa kami telah datang, Dan tidak mengenal peraturan Dia yang membawa kami keluar dari Mesir, Kami akan datang kembali dan mencari hal-hal yang telah ada sekarang ini, Dan berdukacita dengan rasa sakit karena hal-hal itu yang telah menimpa.’

Barukh Diperintahkan Mengajar Umat Selama Empat Puluh Hari

Pasal 76

  1. Dan dia menjawab dan berkata kepadaku: [‘Karena sama seperti penyingkapan penglihatan ini telah ditafsirkan kepadamu seperti yang engkau minta], dengarkanlah firman Yang Mahatinggi supaya engkau tahu apa yang akan menimpa engkau setelah hal-hal ini.
  2. Karena engkau pasti akan pergi dari dunia ini, namun bukan kepada kematian, tetapi engkau akan dipelihara sampai kesudahan zaman.
  3. Karena itu, naiklah ke atas gunung itu, dan di sana akan berlalu dari hadapanmu seluruh wilayah-wilayah negeri itu, dan gambaran dari dunia yang berpenghuni, dan puncak-puncak pegunungan, dan kedalaman-kedalaman lembah-lembah, dan kedalaman-kedalaman lautan-lautan, dan jumlah sungai-sungai, supaya engkau dapat melihat apa yang engkau tinggalkan, dan ke manakah engkau pergi.
  4. Hal ini akan terjadi setelah empat puluh hari. Karena itu pergilah sekarang selama hari-hari ini dan perintahkanlah orang-orang sebanyak yang engkau bisa, supaya mereka dapat belajar supaya tidak mati pada waktu terakhir, tapi dapat belajar supaya mereka dapat hidup pada waktu-waktu terakhir.’

Peringatan Barukh kepada Umat dan Tulisannya tentang Dua Surat

Pasal 77

  1. Dan aku, Barukh, pergi ke sana dan datang kepada bangsa itu, dan mengumpulkan mereka bersama-sama dari yang terbesar sampai yang terkecil, dan berkata kepada mereka:
  2. “Dengarkanlah, hai anak-anak Israel, lihatlah, berapakah banyak engkau, yang tersisa dari kedua belas suku Israel.
  3. Karena kepadamu dan kepada bapa leluhurmu Tuhan memberikan Torah yang lebih unggul daripada kepada segala bangsa.
  4. Dan karena saudara-saudaramu melanggar perintah-perintah Yang Mahatinggi, Dia mendatangkan pembalasan ke atasmu dan ke atas mereka, Dan dia tidak menyayangkan yang pertama, Dan yang terakhir juga Dia berikan kepada penawanan: Dan Dia tidak meninggalkan suatu sisa dari mereka,
  5. Tetapi lihatlah! Engkau ada di sini bersamaku.
  6. Karena itu, jika engkau mengarahkan jalan-jalanmu dengan benar, Engkau juga tidak akan pergi sebagaimana saudara-saudaramu pergi, Tetapi mereka akan datang kepadamu.
  7. Karena Dia berbelas kasihan, yang engkau sembah, Dan Dia bermurah hati, yang di dalam-Nya engkau berharap, Dan Dia benar, supaya Ia berbuat baik dan bukan yang jahat.
  8. Tidakkah engkau melihat di sini apa yang telah menimpa Zion?
  9. Atau apakah engkau barangkali berpikir bahwa tempat itu telah berdosa, Dan bahwa karena hal itu ia diruntuhkan? Atau bahwa negeri itu telah melakukan kebodohan, Dan bahwa karena itu ia diserahkan?
  10. Dan tidak tahukah kamu, bahwa oleh karena kamu yang melakukan dosa, Bahwa yang tidak berdosa diruntuhkan, Dan, oleh karena orang-orang yang melakukan kejahatan, Bahwa yang tidak melakukan kebodohan diserahkan kepada musuh-musuhnya?’
  11. Dan seluruh bangsa itu menjawab dan berkata kepadaku: ‘Sejauh yang kami dapat mengingat hal-hal baik yang telah dilakukan Yang Mahaperkasa kepada kami, kami mengingatnya kembali; dan hal-hal yang tidak kami ingat, Dia dalam belas kasihan-Nya mengetahui.
  12. Namun demikian, lakukanlah ini bagi kami, bangsamu: tuliskanlah juga kepada saudara-saudara kita di Babel, sebuah surat pengajaran dan sebuah gulungan pengharapan, supaya engkau dapat meneguhkan mereka juga sebelum engkau pergi dari kami.
  13. Karena gembala-gembala Israel telah binasa, Dan pelita-pelita yang memberi cahaya telah padam, Dan mata-mata air telah menahan aliran mereka di mana kami biasa minum.
  14. Dan kami ditinggalkan di dalam kegelapan, Dan di tengah-tengah pepohonan hutan, Dan kehausan padang gurun.’
  15. Dan aku menjawab dan berkata kepada mereka ‘Gembala-gembala dan pelita-pelita dan mata-mata air berasal dari Torah: Dan meskipun kami pergi, namun Torah tetap tinggal.
  16. Karena itu jika engkau menghormati Torah, Dan berhasrat akan hikmat, Sebuah pelita tidak akan kurang, Dan seorang gembala tidak akan gagal, Dan sebuah mata air tidak akan mengering.
  17. Meskipun demikian, seperti yang engkau katakan kepadaku, aku juga akan menulis kepada saudara-saudaramu di Babel, dan aku akan mengirim melalui manusia, dan aku akan menulis seperti itu juga kepada kesembilan dan setengah suku tersebut, dan mengirimnya melalui seekor burung.’
  18. Dan terjadilah pada hari yang kedua puluh satu dalam bulan kedelapan, aku, Barukh, datang dan duduk di bawah pohon tarbantin di bawah naungan dahan-dahan pohon, dan tidak ada seorang pun yang menyertai aku, tetapi aku sendirian.
  19. Dan aku menulis dua surat ini: satu aku kirim melalui seekor rajawali kepada sembilan dan setengah suku; dan yang lainnya aku kirim kepada orang-orang yang berada di Babel melalui tiga orang laki-laki.
  20. Dan aku memanggil rajawali itu dan mengucapkan kata-kata ini kepadanya:
  21. ‘Yang Mahatinggi telah menjadikan engkau supaya engkau menjadi lebih tinggi daripada semua burung.
  22. Dan sekarang pergilah dan jangan berlambat-lambat di tempat (mana pun), atau pun jangan memasuki sarang, atau pun berdiam di pohon apapun, sampai engkau telah melewati lebarnya banyak air dari sungai Efrat, dan telah pergi kepada orang-orang yang tinggal di sana, dan melemparkan kepada mereka surat ini.
  23. Selain itu, ingatlah, bahwa pada waktu air bah, Nuh menerima dari seekor merpati buah zaitun, ketika dia mengirimnya dari bahtera.
  24. Ya, juga burung-burung gagak melayani Elia, memberinya makanan, seperti yang telah diperintahkan kepada mereka.
  25. Juga Salomo, pada zaman kerajaannya, kapan pun dia ingin untuk mengirim atau mencari apa pun, memerintahkan seekor burung (untuk pergi ke sana), dan ia mentaatinya seperti yang dia perintahkan kepadanya.
  26. Dan sekarang biarlah itu tidak melelahkan engkau, dan jangan berpaling ke kanan atau ke kiri, tetapi terbanglah dan pergilah melalui jalan yang langsung, supaya engkau dapat memelihara perintah Yang Mahaperkasa, menurut yang aku katakan kepadamu.’

Surat Barukh ben Neriah

Pasal 78

  1. Inilah kata-kata dari surat yang Barukh, anak Neriah, kirim kepada sembilan dan setengah suku, yang ada di seberang sungai Efrat, di mana hal-hal ini dituliskan.
  2. Berkatalah Barukh ben Neriah kepada saudara-saudara yang diangkut ke dalam pembuangan: ‘Belas kasihan dan shalom.’ Aku mengingat, saudara-saudaraku, kasih dari Dia yang menciptakan kita, yang telah mengasihi kita sejak dahulu kala, dan tidak pernah membenci kita, tetapi di atas segala sesuatu mendidik kita.
  3. Dan sesungguhnya aku tahu, bahwa lihatlah! Kita semua, dua belas suku terikat oleh satu ikatan, sama seperti kita dilahirkan dari satu bapa.
  4. Oleh karena itu, aku lebih berhati-hati untuk meninggalkan bagimu kata-kata dari surat ini sebelum aku mati, supaya kamu dapat dihiburkan mengenai malapetaka-malapetaka yang telah datang ke atasmu, dan supaya kamu juga dapat berdukacita tentang malapetaka yang telah menimpa saudara-saudaramu;
  5. dan lagi juga, supaya kamu dapat membenarkan penghakiman-Nya yang telah Dia tetapkan terhadap kamu, bahwa kamu harus diangkut tertawan – karena apa yang telah kamu derita tidak sepadan dengan apa yang telah kamu lakukan – dengan maksud supaya, pada waktu terakhir, kamu bisa didapati layak bagi bapa leluhurmu.
  6. Karena itu, jika kamu menganggap bahwa kamu sekarang telah menderita hal-hal itu demi kebaikanmu, supaya kamu jangan pada akhirnya dihukum dan disiksa, maka kamu akan menerima pengharapan kekal; jika di atas segala sesuatunya kamu menghancurkan dari hatimu kesalahan yang sia-sia, yang oleh karena hal itu kamu pergi kemari.
  7. Karena jika kamu melakukan hal-hal ini, Dia akan senantiasa mengingat kamu, Dia yang selalu berjanji demi kita kepada orang-orang yang lebih unggul daripada kita, bahwa Dia tidak akan pernah melupakan atau meninggalkan kita, namun dengan banyak belas kasihan akan mengumpulkan bersama-sama kembali orang-orang yang telah terserak.

Pasal 79

  1. Sekarang, saudara-saudaraku, pelajari dahulu apa yang menimpa Zion: bagaimana Nebukadnezar, raja Babel datang melawan kita.
  2. Karena kita telah berdosa terhadap Dia yang telah menjadikan kita, dan kita tidak memelihara perintah-perintah yang telah Dia perintahkan kepada kita, namun Ia tidak menghajar kita sebagaimana kita layak.
  3. Karena apa yang telah menimpa kamu, kami juga menderita lebih lagi, karena hal itu menimpa kami juga.

Pasal 80

  1. Dan sekarang, saudara-saudaraku, aku memberitahukan kepadamu bahwa ketika musuh telah mengepung kota, malaikat-malaikat Yang Mahatinggi diutus, dan mereka meruntuhkan benteng-benteng pertahanan dari tembok yang kuat, dan mereka menghancurkan sudut-sudut besi yang kokoh, yang tidak bisa dicabut.
  2. Namun demikian, mereka menyembunyikan seluruh perkakas-perkakas tempat kudus, supaya jangan musuh memiliki mereka.
  3. Dan ketika mereka telah melakukan hal-hal ini, kemudian mereka menyerahkan kepada musuh tembok yang diruntuhkan, dan rumah yang dijarah, dan tempat suci yang dibakar, dan orang-orang yang ditaklukkan karena mereka telah diserahkan, supaya jangan musuh menyombongkan diri dan berkata: ‘Dengan kekuatan kita telah dapat meruntuhkan bait Yang Mahatinggi dalam peperangan.’
  4. Saudara-saudaramu juga telah mereka belenggu dan membawanya ke Babel, dan telah membuat mereka tinggal di sana.
  5. Tetapi kami telah ditinggalkan di sini, hanya sedikit sekali.
  6. Inilah kesengsaraan yang tentangnya aku tuliskan kepadamu.
  7. Karena sesungguhnya aku tahu bahwa (penghiburan) penduduk Zion menghiburkan kamu: semakin kamu tahu bahwa ia makmur, (penghiburanmu) lebih besar daripada kesengsaraan yang kamu derita karena harus pergi meninggalkannya.

Pasal 81

  1. Tetapi tentang penghiburan, dengarkanlah firman itu.
  2. Sebab aku berkabung karena Zion, dan aku berdoa untuk belas kasihan dari Yang Mahatinggi, dan aku berkata:
  3. ‘Berapa lama hal-hal ini akan menetap bagi kami? Dan apakah malapetaka-malapetaka ini akan menimpa kami selamanya?’
  4. Dan Yang Mahaperkasa bertindak sesuai dengan banyaknya kemurahan-Nya, Dan Yang Mahatinggi sesuai keagungan belas kasihan-Nya, Dan Dia menyingkapkan kepadaku firman, supaya aku dapat menerima penghiburan, Dan Dia menunjukkan kepadaku penglihatan-penglihatan supaya aku tidak lagi mengalami penderitaan, Dan Dia memberitahukan kepadaku misteri zaman-zaman. Dan kedatangan saat-saat Dia tunjukkan kepadaku.

Pasal 82

  1. Karena itu, saudara-saudaraku, aku telah menulis kepada kamu, supaya kamu dapat menghibur dirimu sendiri tentang banyaknya kesengsaraanmu.
  2. Karena kamu tahu, bahwa Pencipta kita pasti akan membalaskan kita terhadap semua musuh-musuh kita, menurut segala yang telah mereka perbuat terhadap kita, juga bahwa kesudahan yang akan dilakukan oleh Yang Mahatinggi sudah sangat dekat, dan kemurahan-Nya yang akan datang, dan perwujudan penghakiman-Nya sama sekali tidak jauh.
  3. Karena lihatlah! Kita sekarang melihat banyaknya kemakmuran Goyim, Meskipun mereka bertindak fasik, Tetapi mereka akan menjadi seperti asap:
  4. Dan kita melihat banyaknya kekuatan mereka, Meskipun mereka melakukan kejahatan, Tetapi mereka akan dibuat seperti sebuah tetesan:
  5. Dan kita melihat keteguhan kekuatan mereka. Meskipun mereka menentang Yang Mahaperkasa setiap saat, Tetapi mereka akan dianggap sebagai air ludah.
  6. Dan kita mempertimbangkan kemuliaan kebesaran mereka, Meskipun mereka tidak memelihara ketetapan-ketetapan Yang Mahatinggi, Tetapi seperti asap mereka akan berlalu.
  7. Dan kita merenungkan keindahan keanggunan mereka, Meskipun mereka berhubungan dengan kecemaran-kecemaran, Tetapi seperti rumput yang layu mereka akan memudar.
  8. Dan kami mempertimbangkan kekuatan kekejaman mereka, Meskipun mereka tidak mengingat akhir (daripadanya), Tetapi seperti gelombang yang berlalu mereka akan pecah.
  9. Dan kami memperhatikan kesombongan kekuatan mereka, Meskipun mereka menyangkal kemurahan hati Elohim, yang memberikan (itu) kepada mereka, Tetapi mereka akan berlalu seperti awan yang lewat.

Pasal 83

  1. [Karena Yang Mahatinggi pasti akan mempercepat waktu-waktu-Nya, Dan Dia pasti akan mendatangkan saat-saat-Nya.
  2. Dan Dia pasti akan menghakimi orang-orang yang ada di dunia-Nya, Dan akan menghakimi dalam kebenaran segala hal menurut semua perbuatan-perbuatan tersembunyi mereka.
  3. Dan Dia pasti akan memeriksa pikiran-pikiran rahasia, Dan apa yang disimpan di dalam ruang-ruang rahasia dari seluruh anggota manusia. Dan akan membuat (mereka) nyata di hadapan semua orang dengan teguran.
  4. Karena itu, jangan biarkan hal-hal yang sekarang ini naik ke dalam hatimu, tetapi di atas segalanya, marilah kita menanti-nantikan, karena apa yang dijanjikan kepada kita akan datang.
  5. Dan marilah kita sekarang tidak memandang kepada kesenangan-kesenangan Goyim pada masa sekarang, tetapi marilah kita mengingat apa yang telah dijanjikan kepada kita pada akhirnya.
  6. Karena akhir zaman dan musim-musim serta apa pun yang ada bersama mereka, pasti akan berlalu bersama-sama.
  7. Selain itu, kesudahan zaman akan menunjukkan kekuasaan besar dari para penguasanya, ketika segala sesuatu sampai kepada penghakiman.
  8. Karena itu, siapkanlah hatimu untuk apa yang sebelumnya kamu percayai, supaya jangan kamu masuk ke dalam perhambaan di kedua dunia ini, sehingga kamu dibawa pergi tertawan di sini dan disiksa di sana.
  9. Karena apa yang ada sekarang ini atau apa yang telah berlalu, atau apa yang akan datang, dalam semua hal-hal ini, tidak ada kejahatan yang benar-benar jahat, atau pun kebaikan yang benar-benar baik.
  10. Karena semua kesehatan dari waktu ini akan berubah menjadi sakit-penyakit,
  11. Dan semua keperkasaan dari waktu ini akan berubah menjadi kelemahan, Dan semua kekuatan dari waktu ini akan berubah menjadi ketidakmampuan,
  12. Dan setiap energi kemudaan akan berubah menjadi usia tua dan kematian. Dan setiap keindahan keanggunan dari waktu ini akan berubah menjadi pudar dan kejijikan,
  13. Dan setiap kekuasaan kebanggaan sekarang ini akan berubah menjadi kehinaan dan rasa malu,
  14. Dan setiap pujian kemuliaan dari waktu ini akan berubah menjadi keheningan rasa malu, Dan setiap kemegahan dan keangkuhan yang sia-sia dari waktu ini akan berubah menjadi reruntuhan yang sunyi.
  15. Dan setiap kesukaan dan kegembiraan dari waktu ini akan berubah menjadi cacing-cacing dan kerusakan,
  16. Dan setiap hiruk-pikuk kebanggaan dari waktu ini akan berubah menjadi debu dan keheningan.
  17. Dan setiap kepemilikan harta kekayaan dari waktu ini akan berubah menjadi Sheol itu sendiri,
  18. Dan semua hasrat perampokan dari waktu ini akan berubah menjadi kematian tak terduga, Dan setiap hasrat hawa nafsu dari waktu ini akan berubah menjadi penghukuman siksaan.
  19. Dan setiap tipu muslihat dan kelicikan dari waktu ini akan berubah menjadi bukti kebenaran,
  20. Dan setiap kenikmatan balsam dari waktu ini akan berubah menjadi penghakiman dan penghukuman,
  21. Dan setiap cinta kebohongan akan berubah menjadi kehinaan melalui kebenaran.
  22. [Karena semua hal ini telah dilakukan sekarang, apakah ada orang yang berpikir bahwa mereka tidak akan dibalaskan? Tetapi kesudahan segala sesuatu akan sampai kepada kebenaran.]

Pasal 84

  1. Lihatlah! Karena itu aku telah memberitahukan kepadamu (hal-hal ini) selagi aku hidup, karena aku telah mengatakan bahwa engkau harus belajar hal-hal yang terutama; karena Yang Mahaperkasa telah memerintahkan aku untuk mengajar kamu: dan aku akan menetapkan di hadapanmu beberapa perintah dari penghakiman-Nya sebelum aku mati.
  2. Ingatlah bahwa dahulu Musa dengan yakin memanggil surga dan bumi untuk bersaksi melawan kamu dan berkata: ‘Jika kamu melanggar Torah, kamu akan diserakkan, tetapi jika kamu memeliharanya, kamu akan dipelihara.’
  3. Dan hal-hal lain juga dia katakan kepadamu ketika kamu, kedua belas suku, ada bersama-sama di padang gurun.
  4. Dan setelah kematiannya, kamu mencampakkan itu dari padamu: karena hal itu, telah datang ke atasmu apa yang telah dinubuatkan.
  5. Dan Musa telah mengatakannya kepadamu sebelum itu menimpa kamu, dan lihatlah! Itu telah menimpa kamu: karena kamu telah meninggalkan Torah.
  6. Lihatlah! Aku juga berkata kepadamu sesudah kamu menderita, bahwa jika kamu mentaati hal-hal yang telah dikatakan kepadamu, kamu akan menerima dari Yang Mahaperkasa apa pun yang telah disimpan dan disediakan bagimu.
  7. Selain itu, biarlah surat ini menjadi kesaksian antara aku dan kamu, supaya kamu mengingat perintah-perintah Yang Mahaperkasa, dan bahwa juga akan ada bagiku sebuah pembelaan di hadapan Dia yang mengutus aku.
  8. Dan ingatlah kamu akan Torah dan Zion, dan tanah suci dan saudara-saudaramu, dan perjanjian bapa leluhurmu, dan janganlah melupakan hari-hari raya dan Shabbat-shabbat.
  9. Dan sampaikanlah surat ini dan tradisi-tradisi Torah kepada anak-anakmu sesudah engkau, seperti juga bapa leluhurmu menyampaikan (itu) kepadamu.
  10. Dan pada segala waktu buatlah permohonan dengan sungguh-sungguh dan berdoalah dengan tekun dengan segenap hatimu supaya Yang Mahaperkasa dapat diperdamaikan kepadamu, dan supaya Dia tidak memperhitungkan banyaknya dosa-dosamu, tetapi mengingat ketulusan hati bapa leluhurmu.
  11. Sebab jika Ia menghakimi kita tidak berdasarkan banyaknya belas kasihan-Nya, celakalah kita semua yang telah dilahirkan.

Pasal 85

  1. [Selain itu, ketahuilah bahwa Di waktu-waktu lampau dan dalam generasi-generasi tua, bapa leluhur kita memiliki para penolong, Orang-orang benar dan nabi-nabi kudus:
  2. Tidak ada lagi, kita berada di negeri kita sendiri [Dan mereka menolong kita ketika kita berdosa], Dan mereka bersyafaat bagi kita kepada Dia yang membentuk kita, [Karena mereka percaya dalam perbuatan-perbuatan mereka], Dan Yang Mahaperkasa mendengar doa mereka dan mengampuni kita.
  3. Tetapi sekarang orang-orang benar telah dikumpulkan Dan para nabi telah mati, Dan kita juga telah pergi meninggalkan negeri, Dan Zion telah dirampas dari kita, Dan kita tidak memiliki apa pun sekarang ini kecuali Yang Mahaperkasa dan Torah-Nya.
  4. Karena itu jika kita mengarahkan dan mengatur hati kita, Kita akan menerima segala sesuatu yang kita kehilangan, Dan hal-hal yang jauh lebih baik daripada yang kita kehilangan berkali-kali lipat.
  5. Karena apa yang kita telah kehilangan ditaklukkan kepada kerusakan, Dan apa yang akan kita terima tidak akan dapat binasa.
  6. [Selain itu, aku juga telah menulis seperti demikian kepada saudara-saudara kita di Babel, bahwa kepada mereka juga aku dapat menegaskan hal-hal ini.]
  7. Dan biarlah semua hal-hal yang sudah disebutkan selalu ada di hadapan matamu, Karena kita masih di dalam roh dan kuasa kebebasan kita.
  8. Lagi, selain itu, Yang Mahatinggi juga berpanjang sabar kepada kita di sini, Dan Dia telah menunjukkan kepada kita apa yang akan terjadi, Dan tidak menyembunyikan dari kita apa yang akan menimpa pada akhirnya.
  9. Karena itu, sebelum penghakiman menuntut bagiannya, Dan kebenaran apa yang menjadi haknya, Marilah kita mempersiapkan jiwa kita Supaya kita boleh memiliki, dan tidak diambil menjadi milik, Dan supaya kita boleh berharap dan tidak akan dipermalukan, Dan supaya kita boleh beristirahat bersama bapa leluhur kita, dan tidak disiksa bersama musuh-musuh kita.
  10. Karena kemudaan dunia ini sudah berlalu, Dan kekuatan ciptaan telah habis, Dan kedatangan waktu-waktu sudah sangat singkat, Ya, mereka telah berlalu; Dan buyung itu ada di dekat sumur, Dan kapal ke pelabuhan, Dan alur perjalanan kepada kota, Dan kehidupan kepada kesudahannya.
  11. Dan lagi persiapkanlah jiwamu, sehingga ketika kamu berlayar dan naik dari kapal kamu dapat memperoleh istirahat
  12. dan tidak dihukum ketika kamu pergi. Karena lihatlah! Ketika Yang Mahatinggi akan mendatangkan segala hal-hal ini, Tidak akan ada lagi [tempat pertobatan, ataupun] batasan untuk waktu-waktu, Tidak juga durasi untuk saat-saat, Tidak juga perubahan jalan-jalan, Tidak juga tempat untuk berdoa, Tidak juga pengajuan permohonan-permohonan, Tidak juga menerima pengetahuan, Tidak juga pemberian kasih, Tidak juga tempat pertobatan bagi jiwa, Tidak juga permohonan untuk pelanggaran-pelanggaran, Tidak juga doa syafaat dari bapa leluhur, Tidak juga doa dari para nabi, Tidak juga pertolongan dari orang-orang benar.
  13. Di sana ada penghukuman dari kerusakan, Jalan api, Dan jalur yang menuntun kepada Gehinnom.
  14. Mengenai hal ini ada satu Torah oleh Yang Esa, Satu zaman dan akhir bagi semua yang ada di dalamnya.
  15. Kemudian Ia akan memelihara orang-orang yang dapat Dia ampuni, Dan pada saat yang bersamaan menghancurkan orang-orang yang dicemarkan dengan dosa-dosa.

Pasal 86

  1. Karena itu jika kamu telah menerima suratku ini, bacakanlah di jemaat-jemaatmu dengan seksama.
  2. Dan renungkan itu, di atas segala sesuatu pada hari-hari puasamu.
  3. Dan ingatlah aku dalam pikiranmu melalui surat ini, seperti aku juga mengingat kamu dalam pikiranku di dalamnya, dan senantiasa. Selamat tinggal.

Pasal 87

  1. Dan terjadilah ketika aku telah menyelesaikan semua kata-kata surat ini, dan telah menuliskannya dengan sungguh-sungguh sampai penutupnya, maka aku melipatnya, dan memeteraikannya dengan hati-hati, dan mengikatkannya ke leher rajawali, dan melepasnya dan mengirimnya.
Iklan