Ada hubungan langsung antara apa yang diajarkan Tuhan Yesus di Bukit Zaitun dalam Matius 24, Lukas 21, dan Markus 13 mengenai Tanda-tanda Kedatangan-Nya dan Akhir Zaman, yang sering disebut Masa Kesusahan atau Tribulasi, dengan apa yang disaksikan Rasul Yohanes di Pulau Patmos tentang Anak Domba membuka 7 Meterai, yang dia tuliskan dalam Kitab Wahyu pasal 6. Semuanya ini berbicara mengenai periode yang sama.


Matius 24, Lukas 21, dan Markus 13 Memiliki Harmonisasi dengan Wahyu 6

Matius 24:3 (ILT) Dan sementara Dia duduk di atas bukit Zaitun, datanglah para murid kepada-Nya secara tersendiri, sambil berkata, “Katakanlah kepada kami, bilamanakah hal-hal ini akan terjadi, dan apa tanda kedatangan-Mu dan akhir zaman itu?”

Kitab Wahyu adalah salah satu kitab yang paling menakjubkan dalam seluruh Alkitab, dan itu memberitahukan hal-hal yang “harus segera terjadi.” Pada bagian awal Kitab Wahyu, itu berbicara mengenai zaman Gereja dan peristiwa-peristiwa ketika Anak Domba membuka 7 meterai dari gulungan kitab yang termeterai. Dalam pasal 6 kita melihat permulaan masa kesusahan bagi Yakub, Masa Kesusahan Besar.

Tanda-tanda Kedatangan Tuhan dan Akhir Zaman

Ada hubungan yang menakjubkan antara apa yang diajarkan Tuhan Yeshua (Yesus) di Bukit Zaitun dalam Matius 24Lukas 21, dan Markus 13 mengenai tanda-tanda kedatangan-Nya dan Akhir Zaman, dengan apa yang disaksikan oleh Rasul Yohanes di Pulau Patmos dalam Wahyu 6, yaitu ketika Anak Domba itu mulai membuka 7 meterai itu. Apa yang disebutkan oleh Tuhan Yeshua (Yesus) itu secara kronologis sinkron dengan apa yang disaksikan oleh Yohanes.

Dan Yohanes melihat ketika Anak Domba itu mulai membuka meterai-meterai itu:

4-horsemen-of-apocalypse

Meterai ke-1: Penunggang Kuda Putih

Wahyu 6 dimulai dengan dibukanya meterai pertama, kedatangan messias-messias palsu, roh anti-Kristus, dan atau munculnya Anti-Kristus. Wahyu 6:1,2 (ILT)

  1. Dan aku melihat ketika Anak Domba itu membuka satu dari meterai-meterai itu, dan aku mendengar satu dari keempat makhluk hidup itu yang berkata bagaikan bunyi guntur, “Marilah dan lihatlah!”
  2. Dan aku melihat, dan lihatlah: seekor kuda putih dan dia yang menunggang di atasnya yang memegang sebuah busur, dan kepadanya diberikan sebuah mahkota, dan dia keluar untuk menaklukkan, bahkan agar dia dapat menaklukkan.

Sekarang perhatikan apa yang pertama kali disebutkan Yeshua (Yesus) dalam Injil Matius mengenai apa yang akan terjadi. Matius 24:3-5 (ILT)

  1. Dan sementara Dia duduk di atas bukit Zaitun, datanglah para murid kepada-Nya secara tersendiri, sambil berkata, “Katakanlah kepada kami, bilamanakah hal-hal ini akan terjadi, dan apa tanda kedatangan-Mu dan akhir zaman itu?”
  2. Dan seraya menanggapi, Yesus berkata kepada mereka, “Perhatikanlah, janganlah seorang pun menyesatkan kamu!
  3. Sebab banyak orang akan datang atas Nama-Ku dengan mengatakan: Akulah Mesias; dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Pembanding: Lukas 21:7,8 (ILT)

  1. Dan mereka menanyai-Nya sambil berkata, “Guru, kapan kemudian hal-hal ini akan terjadi, dan apakah tandanya manakala hal ini akan segera terjadi?”
  2. Dan Dia menjawab, “Perhatikanlah, agar kamu tidak disesatkan, karena banyak orang akan datang atas Nama-Ku sambil berkata: Akulah Dia! Dan, saatnya sudah dekat! Janganlah kemudian kamu mengikuti mereka.

Pembanding: Markus 13:4-6 (ILT)

  1. “Beritahukanlah kepada kami, kapankah hal itu akan terjadi? Dan apakah tandanya bilamana semua ini akan segera digenapi?”
  2. Dan seraya menjawab, Yesus mulai berkata kepada mereka, “Waspadalah agar tidak seorang pun menyesatkan kamu.
  3. Sebab, banyak orang akan datang atas Nama-Ku, dengan mengatakan: Akulah Dia! Dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Meterai ke-2: Penunggang Kuda Merah

Peperangan dan berita-berita perang: pertikaian. Damai sejahtera diambil dari bumi.  Wahyu 6:3,4 (ILT)

  1. Dan ketika Dia membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk hidup kedua yang berkata, “Marilah dan lihatlah!”
  2. Dan keluarlah kuda yang lain berwarna merah api. Dan kepada dia yang menunggang di atasnya telah dikaruniakan kepadanya untuk mengambil damai dari bumi, juga agar mereka saling membunuh seorang terhadap yang lain, dan kepadanya telah diberikan pedang yang besar.

Lalu perhatikan apa yang selanjutnya dikatakan Yeshua dalam Matius 24:6,7a (ILT)

  1. Dan kamu akan segera mendengar peperangan dan berita-berita perang. Perhatikanlah, janganlah ketakutan, karena seharusnyalah semuanya itu terjadi, tetapi hal itu belumlah kesudahannya.
  2. Karena bangsa akan dibangkitkan melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan.

Pembanding: Lukas 21:9,10

  1. Dan manakala kamu mendengar peperangan dan kerusuhan, kamu tidak boleh digentarkan! Sebab seharusnyalah hal-hal ini terjadi lebih dahulu, tetapi kesudahannya tidak pada saat itu juga.”
  2. Lalu, Dia berkata kepada mereka, “Bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan.

Pembanding: Markus 13:7,8a (ILT)

  1. Dan, bilamana kamu mendengar peperangan dan kabar-kabar tentang perang, janganlah ketakutan, karena seharusnyalah itu terjadi, tetapi belum kesudahannya.
  2. Sebab, bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan.

Meterai ke-3: Penunggang Kuda Hitam

Keruntuhan ekonomi, kelaparan, kelangkaan bahan makanan. Wahyu 6:5,6 (ILT)

  1. Dan ketika Dia membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk hidup ketiga yang berkata, “Marilah dan lihatlah!” Dan aku melihat, dan lihatlah: seekor kuda hitam dan dia yang menunggang di atasnya yang memegang timbangan di tangannya.
  2. Dan aku mendengar suara di tengah-tengah keempat makhluk hidup itu, yang berkata, “Setakar gandum sedinar dan tiga takar jelai sedinar, tetapi jangan engkau merusak minyak zaitun dan air anggur itu.”

Hal itu juga yang selanjutnya dikatakan Yeshua dalam Matius 24:7b,8 (ILT)

  1. Dan akan terjadi kelaparan dan wabah penyakit, dan gempa bumi di berbagai tempat.
  2. Dan semua ini merupakan awal penderitaan.

Pembanding: Lukas 21:11a (ILT)

  1. Juga akan terjadi gempa bumi yang dahsyat di berbagai tempat, dan kelaparan-kelaparan, dan wabah-wabah penyakit…

Pembanding: Markus 13:8b (ILT)

  1. Akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat dan akan terjadi kelaparan dan kekacauan. Inilah awal penderitaan!

Meterai ke-4: Penunggang Kuda Hijau Pucat bernama Kematian

Kuda hijau/kuning pucat (warna kematian, pucat mayat): Kematian karena peperangan, kelaparan, wabah, dan binatang buas. Wahyu 6:7,8 (ILT)

  1. Dan ketika Dia membuka meterai yang keempat, aku mendengar suara dari makhluk hidup yang keempat yang berkata, “Marilah dan lihatlah!”
  2. Dan aku melihat, dan lihatlah: seekor kuda hijau pucat dan dia yang menunggang di atasnya; namanya Kematian, dan alam maut (Yunani: hades; neraka) ikut bersamanya. Dan kepada mereka telah diberikan wewenang untuk membunuh atas seperempat bumi dengan pedang dan dengan kelaparan dan dengan kematian dan oleh binatang-binatang buas di bumi.

Perhatikan kembali apa yang Yeshua katakan dalam bagian Injil tadi: Matius 24:7b,8 (ILT)

  1. Dan akan terjadi kelaparan dan wabah penyakit, dan gempa bumi di berbagai tempat.
  2. Dan semua ini merupakan awal penderitaan.

Pembanding: Lukas 21:11a (ILT)

  1. Juga akan terjadi gempa bumi yang dahsyat di berbagai tempat, dan kelaparan-kelaparan, dan wabah-wabah penyakit

Pembanding: Markus 13:8b (ILT)

  1. Dan akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat dan akan terjadi kelaparan dan kekacauan (Yunani: tarache). Inilah awal penderitaan!

Ayat 8, kata “kekacauan” bahasa aslinya “tarache” (G5016); artinya: gangguan, keributan, huru-hara, hasutan.


Meterai ke-5: Jiwa-jiwa di bawah mezbah

Penganiayaan karena Nama Yeshua (Yesus). Wahyu 6:9,10 (ILT)

  1. Dan ketika Dia membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh berkenaan dengan firman Elohim dan berkenaan dengan kesaksian yang mereka miliki.
  2. Dan mereka berseru dengan suara yang keras sambil berkata, “Sampai kapan, ya Tuhan yang kudus dan yang benar, Engkau tidak menghakimi dan membalaskan darah kami terhadap mereka yang tinggal di bumi?”

Lalu apa yang dikatakan Yesus dalam Kitab Injil? Matius 24:9-13 (ILT)

  1. Kemudian mereka akan menyerahkan kamu ke dalam kesukaran (Yunani: thlipsis), dan mereka akan membunuh kamu dan kamu akan dibenci oleh semua bangsa karena Nama-Ku,
  2. dan pada waktu itu banyak orang akan tersandung dan mereka akan mengkhianati seorang terhadap yang lain dan akan membenci seorang terhadap yang lain.
  3. Dan banyak nabi palsu akan dimunculkan dan mereka akan menyesatkan banyak orang.
  4. Dan karena kedurhakaan dilipatgandakan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.
  5. Dan siapa yang bertahan sampai kesudahannya, dia akan diselamatkan.

Ayat 9, kata “kesukaran” bahasa aslinya adalah “thlipsis” (G2347); artinya: tekanan, penganiayaan, kesusahan, penderitaan, kesukaran. Thlipsis mempunyai akar kata “thlibo,” yang memiliki arti sesak, jalan yang sesak, kesusahan, kesukaran; seperti seorang perempuan yang menderita karena sakit bersalin.

Tuhan Yeshua mengatakan, “Masuklah melalui gerbang yang sempit karena lebarlah gerbang dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan ada banyak yang masuk melaluinya. Sebab, sempitlah gerbang dan sesaklah (Yunani: thlibo) jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit yang menemukannya. ” Matius 7:13-14 (AYT)

Pembanding: Lukas 21:12-19 (ILT)

  1. Namun sebelum semuanya ini, mereka akan menjatuhkan tangannya kepada kamu dan akan menganiaya seraya menyerahkan ke sinagoga-sinagoga dan penjara-penjara sambil dibawa ke hadapan raja-raja dan gubernur-gubernur demi Nama-Ku,
  2. dan hal itu akan menjadi suatu kesaksian bagimu.
  3. Oleh sebab itu, taruhlah di dalam hatimu agar kamu bersiap untuk tidak membela;
  4. karena Aku akan memberikan kepadamu sebuah mulut dan hikmat yang dengannya semua orang yang menentang kamu tidak dapat membantah maupun melawan.
  5. Namun kamu akan dikhianati juga oleh orang tua, dan saudara-saudara, dan kaum keluarga, dan sahabat, dan mereka akan membunuh dari antara kamu.
  6. Dan kamu akan dibenci (Yunani: miseo) oleh semua orang karena Nama-Ku.
  7. Tetapi tidak sehelai rambut pun dari kepalamu sekali-kali akan binasa.
  8. Dengan kesabaranmu, kamu akan memperoleh jiwamu.

Ayat 17, kata “dibenci” bahasa aslinya adalah “miseo” (G3404); artinya: dibenci, dikejar-kejar dengan kebencian, dianggap hina/najis/seperti kotoran (seperti anjing atau babi).

Pembanding: Markus 13:9-13

  1. Namun kamu, jagalah dirimu, karena mereka akan menyerahkan kamu ke Sanhedrin (Yunani: sunedrion) dan ke sinagoga-sinagoga. Kamu akan dipukuli, dan kamu akan dihadapkan kepada para gubernur dan raja-raja demi Aku, sebagai suatu kesaksian bagi mereka.
  2. Dan, seharusnyalah injil diberitakan terlebih dahulu kepada semua bangsa.
  3. Dan bilamana mereka membawa kamu dengan berkhianat, janganlah khawatir lebih dahulu apa yang harus kamu katakan, bahkan janganlah ambil peduli; sebaliknya, apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu, katakanlah itu! Sebab bukanlah kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus.
  4. Dan seorang saudara akan menyerahkan saudaranya pada kematian, juga seorang ayah akan anaknya; dan anak-anak akan memberontak kepada orang tuanya dan mereka akan membunuhnya.
  5. Dan kamu akan dibenci oleh semua orang karena Nama-Ku, tetapi yang bertahan sampai kesudahannya, dia akan diselamatkan.”

Ayat 9, kata “Sanhedrin” bahasa aslinya adalah “sunedrion” (G4892); artinya: mahkamah (khususnya hakim, juri, wasit, jaksa, duta) untuk merumuskan keputusan, Sanhedrin (mahkamah agama di Yerusalem yang terdiri dari 71 anggota, terdiri dari ahli torah, penatua, anggota keluarga terkemuka imam-imam dan imam besar), mahkamah agama, dewan.


Sebelum Meterai ke-6 dibuka, Yeshua mengatakan akan terjadi Kesusahan Besar seperti yang belum pernah terjadi sejak dunia dijadikan. Matius 24:21,22 (ILT)

  1. Sebab, pada waktu itu akan terjadi kesukaran besar (Yunani: thlipsis megale) seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang, bahkan sekali-kali tidak akan pernah terjadi.
  2. Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup (Yunani: sarx) tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat. (TB)

Ayat 22, kata “yang hidup” bahasa aslinya “sarx” (G4561); artinya: daging, tubuh, makhluk hidup (manusia maupun binatang). Apa yang terjadi di sini adalah perulangan kembali apa yang pernah terjadi pada hari-hari zaman Nuh, dimana segala “makhluk hidup” (Ibrani: basar; daging, tubuh, makhluk hidup baik manusia maupun binatang), akan menjadi rusak. (Bandingkan Kejadian 6:12 Maka Elohim menilik bumi, dan lihatlah, itu telah rusak, karena segala makhluk (Ibrani: basar) telah rusak jalan hidupnya di bumi.)

Pembanding: Lukas 21:22 (ILT)

  1. Sebab inilah hari-hari pembalasan (Yunani: ekdikesis), supaya digenapi segala sesuatu yang telah tertulis.

Ayat 22 dari Lukas 21, kata “pembalasan” bahasa aslinya “ekdikesis” (G1557); artinya: pembalasan, penghukuman. Ini adalah hari-hari penghukuman YHWH atas manusia yang berdosa.

Pembanding: Markus 13:19,20 (ILT)

  1. Sebab hari-hari itu akan menjadi kesukaran (Yunani: thlipsis) yang seperti itu belum pernah terjadi sedemikian sejak awal penciptaan yang telah Elohim ciptakan sampai sekarang, bahkan sama sekali tidak pernah terjadi.
  2. Dan jika Tuhan tidak mempersingkat hari-hari itu, tidak ada satu pun makhluk (Yunani: sarx) akan diselamatkan; tetapi demi mereka yang terpilih, yaitu yang telah Dia pilih, Dia mempersingkat hari-hari itu.

Ayat 20 ini mengisyaratkan bahwa orang-orang pilihan masih ada di bumi pada waktu masa kesusahan besar (mega thlipsis), dan hari-hari penghukuman YHWH atas seluruh dunia yang jahat.


Meterai ke-6: Gempa bumi, hujan meteor/asteroid, pergeseran lempeng-lempeng kerak bumi, mega tsunami.

Wahyu 6:12-17

  1. Dan aku melihat, ketika Dia membuka meterai yang keenam, dan lihatlah: gempa besar terjadi, dan matahari menjadi hitam seperti karung yang terbuat dari rambut dan bulan menjadi seperti darah.
  2. Dan bintang-bintang langit berjatuhan ke bumi seperti pohon ara menggugurkan buah mentahnya karena diguncang oleh angin kencang.
  3. Dan langit terbelah seperti gulungan kitab yang digulung, dan semua gunung dan pulau terpindahkan dari tempatnya.
  4. Dan raja-raja di bumi dan pembesar-pembesar dan orang-orang kaya dan perwira-perwira dan mereka yang berkuasa dan setiap hamba dan setiap orang merdeka menyembunyikan diri ke dalam gua-gua dan ke antara batu-batu gunung.
  5. Dan mereka berkata kepada gunung-gunung dan kepada batu-batu itu, “Runtuhlah ke atas kami dan sembunyikanlah kami dari wajah Dia yang duduk di atas takhta itu dan dari murka Anak Domba.
  6. Sebab hari besar murka-Nya telah tiba dan siapakah yang dapat bertahan?”

Lalu apa yang dikatakan Yeshua dalam Injil Matius? Matius 24:29,30 (ILT)

  1. “Dan segera sesudah kesukaran (Yunani: thlipsis) hari-hari itu, matahari akan dijadikan gelap dan bulan tidak akan memberi cahayanya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan diguncangkan.
  2. Dan pada waktu itu tanda Anak Manusia akan tampak di langit, dan kemudian semua suku-suku di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia ketika datang di atas awan di langit dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.

Pembanding: Lukas 21:11b (ILT)

  1. …juga akan terjadi hal-hal yang menakutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.

Lukas 21:25-27 (ILT)

  1. “Dan akan ada tanda-tanda pada matahari, dan bulan, dan bintang-bintang; dan di atas bumi kecemasan bangsa-bangsa dalam keputusasaan karena menderunya laut dan gelombang.
  2. Orang-orang terpingsan-pingsan oleh rasa takut dan penantian yang menimpa penduduk dunia sebab kuasa-kuasa langit akan digoncangkan.
  3. Dan kemudian mereka akan melihat Anak Manusia yang datang dalam awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.

Pembanding: Markus 13:24-26 (ILT)

  1. “Namun, pada hari-hari itu, sesudah kesukaran (Yunani: thlipsis) itu, matahari akan digelapkan dan bulan tidak akan memberikan cahayanya.
  2. Dan bintang-bintang di langit akan berjatuhan, dan kuasa-kuasa yang ada di langit akan diguncangkan.
  3. Dan kemudian mereka akan melihat Anak Manusia yang datang di awan-awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.

Pembanding dari kitab Nabi-nabi:

Yesaya 13:10-13

  1. Sebab bintang-bintang di langit dan gugusan-gugusannya tidak dapat menyinarkan terangnya, matahari akan menjadi gelap pada waktu terbit dan bulan tidak memancarkan sinarnya.
  2. Dan Aku akan membuat perhitungan atas dunia yang jahat, dan atas orang-orang fasik karena kesalahan mereka. Dan Aku akan mengakhiri keangkuhan kesombongan mereka, dan Aku akan merendahkan keangkuhan orang lalim.
  3. Aku akan membuat pria lebih berharga daripada emas murni, dan manusia daripada emas Ofir.
  4. Oleh karena itu Aku akan membuat langit bergoyang (Ibrani: ragaz), dan bumi berguncang (Ibrani: ra’ash) dari tempatnya (Ibrani: maqom), dalam amarah YAHWEH Tsebaot (Tuhan segenap pasukan), dan pada hari murka-Nya yang menyala-nyala.

Ayat 13, kata “bergoyang” bahasa aslinya “ragaz” (H7264); artinya: gemetar, guncang, mengamuk, bergetar, gelisah. Kata “berguncang” bahasa aslinya “ra’ash” (H7493); artinya: gemetar, goncang, berguncang, meloncat atau melompat (seperti belalang). Kata “tempat” bahasa aslinya “maqom” (H4725); artinya: tempat kedudukan, tempat, posisi, tempat keberadaan, wilayah, ruangan, area.

Perhatikan bagian kalimat “bumi berguncang dari tempatnya,” (Ibrani: ha’Aretz vetir’Ash mimekoMah), bisa diartikan “bumi terlempar keluar dari orbitnya.”

Yesaya 34:4 (ILT)

  1. Dan seluruh tentara langit akan diserakkan, dan langit akan digulung bersama seperti sebuah kitab; kemudian seluruh tentara mereka akan berjatuhan, seperti daun jatuh dari pohon anggur, dan seperti gugurnya daun pohon ara.

Yehezkiel 32:6-8 (ILT)

  1. Aku juga akan memberi bumi minum darahmu, juga gunung-gunung dan alur-alur sungai akan penuh dengan darahmu.
  2. Aku akan menutup langit ketika Aku membinasakan engkau, dan menggelapkan bintang-bintang mereka, Aku akan menutupi matahari dengan awan, dan bulan tidak akan memberikan cahayanya.
  3. Aku akan membuat gelap segala benda yang bersinar di langit, yang ada di atasmu, dan Aku akan memberikan kegelapan atas tanahmu,” demikianlah firman Tuhan YAHWEH.

Yoel 2:10 (ILT)

  1. Di hadapan mereka, bumi berguncang, langit bergetar, matahari dan bulan telah menjadi gelap, dan bintang-bintang telah menarik kembali cahayanya.

Yoel 2:30,31 (ILT)

  1. Dan Aku akan memberikan tanda-tanda di langit dan di bumi: darah dan api serta gumpalan-gumpalan asap.
  2. Matahari akan berubah menjadi gelap, dan bulan menjadi darah, sebelum datangnya hari YAHWEH, yang dahsyat dan menakjubkan.

Yoel 3:15 (ILT)

  1. Matahari dan bulan telah menjadi gelap, dan bintang-bintang telah menarik kembali cahayanya.

 Amos 5:8 (ILT)

  1. Dia yang … mengubah kegelapan yang pekat menjadi pagi; dan Dia menggelapkan siang menjadi malam, Dialah yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi; YAHWEH adalah Nama-Nya.

Amos 8:9 (ILT)

  1. “Dan akan terjadi pada hari itu, firman Tuhan YAHWEH, bahwa Aku akan membuat matahari tenggelam pada waktu siang, dan Aku akan menggelapkan bumi pada waktu siang yang cerah.

Apa yang Terjadi sesudah Meterai ke-6?

Mulai Meterai ke-6, seluruh Bumi masuk dalam masa Kesusahan Besar: hari-hari besar murka dan penghukuman Elohim, 7 Sangkakala Penghakiman dan 7 Cawan Murka Elohim.

Wahyu 6:16-17 (ILT) …sembunyikanlah kami dari wajah Dia yang duduk di atas takhta itu dan dari murka Anak Domba. Sebab hari besar murka-Nya telah tiba dan siapakah yang dapat bertahan?”

Matius 24:21 (ILT) Sebab, pada waktu itu akan terjadi kesukaran besar (Yunani: thlipsis megale) seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang, bahkan sekali-kali tidak akan pernah terjadi.

Lukas 21:22 (ILT) Sebab inilah hari-hari pembalasan, supaya digenapi segala sesuatu yang telah tertulis.

Markus 13:19 (ILT) Sebab hari-hari itu akan menjadi kesukaran (Yunani: thlipsis) yang seperti itu belum pernah terjadi sedemikian sejak awal penciptaan yang telah Elohim ciptakan sampai sekarang, bahkan sama sekali tidak pernah terjadi.

Pada akhir masa Kesusahan Besar ini, Anak Manusia akan menampakkan diri-Nya di atas awan-awan dengan kekuasaan dan kemuliaan, dan mengutus para malaikatnya dengan bunyi sangkakala yang dahsyat, untuk mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru mata angin. Matius 24:30,31 (ILT)

  1. Dan pada waktu itu tanda Anak Manusia akan tampak di langit, dan kemudian semua suku-suku di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia ketika datang di atas awan di langit dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.
  2. Dan Dia akan mengutus para malaikat-Nya dengan bunyi sangkakala yang membahana, dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru mata angin, dari ujung langit sampai ke ujungnya.

Pembanding: Lukas 21:27,28 (ILT)

  1. Dan kemudian mereka akan melihat Anak Manusia yang datang dalam awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.
  2. Namun ketika hal-hal ini mulai terjadi, tegaklah dan angkatlah kepalamu sebab penebusanmu sedang mendekat.”

Pembanding: Markus 13:26,27 (ILT)

  1. Dan kemudian mereka akan melihat Anak Manusia yang datang di awan-awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.
  2. Dan kemudian, Dia akan mengutus para malaikat-Nya, dan akan mengumpulkan umat pilihan-Nya dari keempat penjuru angin, dari ujung bumi sampai ke ujung langit.

Pembanding: 1Tesalonika 4:16,17 (ILT)

  1. Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Elohim berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
  2. sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Kemudian Yohanes melihat penglihatan di Surga: Wahyu 7:9 (ILT)

  1. Sesudah hal-hal ini aku melihat, dan lihatlah, suatu kerumunan orang banyak yang tidak seorang pun dapat menghitungnya, berasal dari setiap bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, seraya berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba itu, dengan mengenakan jubah panjang putih dan ranting-ranting palem ada di tangan mereka.

Wahyu 7:14b-17 (ILT)

  1. “Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesukaran besar (Yunani: thlipseos tes megales; mega thlipsis) dan mereka telah mencuci jubah panjang mereka dan memutihkan jubah panjangnya dengan darah Anak Domba.
  2. Sebab itu, mereka ada di hadapan takhta Elohim dan mereka beribadah kepada-Nya siang dan malam di tempat kudus-Nya. Dan Dia yang duduk di atas takhta itu akan berdiam di antara mereka.
  3. Mereka tidak akan pernah lapar lagi dan tidak akan pernah haus lagi, bahkan matahari ataupun segala macam panas, sekali-kali tidak akan pernah menimpa ke atas mereka.
  4. Sebab Anak Domba yang ada di tengah-tengah takhta itu akan menggembalakan mereka dan memimpin mereka ke mata air yang hidup. Dan Elohim akan menghapus semua air mata dari mata mereka.”

Meterai ke-7: Tujuh Malaikat dengan tujuh Sangkalala Penghakiman.

Wahyu 8:1-2 (TB)

  1. Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketujuh, maka sunyi senyaplah di sorga, kira-kira setengah jam lamanya.
  2. Lalu aku melihat ketujuh malaikat, yang berdiri di hadapan Elohim, dan kepada mereka diberikan tujuh sangkakala.

Memahami apa yang dikatakan Yeshua (Yesus) dalam Matius 24, Lukas 21, dan Markus 13 akan memberikan kita pemahaman bahwa tanda-tanda itu terjadi secara berurutan dan sinkron  dengan 7 Meterai Penghakiman pertama dari Kitab Wahyu.


Lukas 21:28 (ILT)

  1. Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.”

Lukas 21:31 (ILT)

  1. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Elohim sudah dekat.

Lukas 21:34-36 (ILT)

  1. Tetapi jagalah dirimu supaya hatimu tidak dibebani oleh kebingungan dan kemabukan serta kekhawatiran hidup, dan hari yang tak terduga itu akan datang kepadamu
  2. seperti jerat, sebab ia akan datang ke atas segala sesuatu yang tinggal di atas seluruh muka bumi ini.
  3. Maka berjaga-jagalah setiap saat sambil berdoa, supaya kamu dianggap layak untuk luput dari semua hal-hal ini yang akan segera terjadi dan untuk berdiri di hadapan Anak Manusia.”

Baca juga:

Yom Teru’ah: Hari Yang Tidak Diketahui Seorang Pun!

Penganiayaan Gereja Akhir Zaman

Hari-hari pada Zaman Nuh adalah Hari-hari pada Zaman Nephilim: Itu Akan Terjadi Kembali

Nubuat David Wilkerson 40 Tahun Lalu Mulai Digenapi di Depan Mata

Iklan