Pada hari ketika Yesus Kristus disalibkan, semua nubuatan yang berhubungan dengan penderitaan-Nya digenapi dalam setiap detail – suatu kesaksian bahwa Yeshua haMashiach atau Yesus Kristus adalah benar-benar Messias.

Nubuat pertama, yang paling tua dari semuanya, diberikan Elohim pada waktu Adam dan Hawa berbuat dosa:

1. Ular akan meremukkan keturunan perempuan itu

Nubuat:

Kejadian 3:15 (ILT) Dan Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dengan wanita ini, dan antara keturunanmu dengan keturunannya. Dia akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

Penggenapan:

Yohanes 12:31-33 (TB)

  1. Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
  2. dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku.”
  3. Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.

2. Messias akan disingkirkan, tetapi tidak ada kesalahan apa pun pada-Nya, seperti dinubuatkan oleh Daniel

Nubuat:

Daniel 9:26 (ILT) Dan sesudah enam puluh dua pekan, Messias akan disingkirkan, tetapi tidak ada kesalahan apa pun pada-Nya.

Penggenapan:

Yohanes 11:50-52  (TB)

  1. dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa.”
  2. Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu,
  3. dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.

3. Pengkhianatan Yesus oleh Yudas dinubuatkan oleh Daud

Nubuat:

Mazmur 41:10 (ILT) Bahkan orang kepercayaanku yang aku percaya kepadanya, yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya melawan aku.

Penggenapan:

Markus 14:10-11 (ILT)

  1. Dan Yudas Iskariot, seorang dari kedua belas murid itu pergi kepada imam-imam kepala itu agar ia dapat menyerahkan Dia kepada mereka.
  2. Dan yang mendengarkannya bersukacita dan berjanji untuk memberikan perak kepadanya. Dan dia berusaha bagaimana dapat menyerahkan Dia dengan tepat.

4. Yesus Kristus akan ditinggalkan oleh murid-murid-Nya, seperti dinubuatkan oleh Zakharia

Nubuat:

Zakharia 13:7 (TB) “Hai pedang, bangkitlah terhadap gembala-Ku, terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!”, demikianlah firman TUHAN semesta alam. “Bunuhlah gembala (Yesus), sehingga domba-domba tercerai-berai! Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah.

Penggenapan:

Markus 14:50 (TB) Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.

5. Harga dari pengkhianatan-Nya dinubuatkan oleh Zakharia

Nubuat:

Zakharia 11:12 (ILT) Dan aku berkata kepada mereka, “Sekiranya baik menurut pandanganmu, berikanlah upahku, tetapi jika tidak, tahanlah!” Maka mereka membayar upahku, tiga puluh keping perak.

Penggenapan:

Matius 26:15 (TB) Ia berkata: “Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?” Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya.

6. Zakharia juga menubuatkan apa yang akan diperbuat dengan uang hasil pengkhianatan itu

Nubuat:

Zakharia 11:13 (ILT) Namun, YAHWEH berfirman kepadaku, “Serahkanlah itu kepada tukang periuk!” Oleh karena aku telah dihargai oleh mereka dengan harga tinggi, maka aku mengambil ketiga puluh keping perak itu dan menyerahkannya kepada tukang periuk di bait YAHWEH.

Penggenapan:

Matius 27:3-7 (ILT)

  1. Kemudian Yudas, yang mengkhianati Dia, setelah melihat bahwa Dia dijatuhi hukuman, dengan menyesal ia mengembalikan tiga puluh keping perak itu kepada para imam kepala dan para tua-tua,
  2. seraya berkata, “Aku telah berdosa dengan menyerahkan darah yang tidak bersalah.” Namun mereka berkata, “Apa urusan kami, akan engkau lihat!”
  3. Dan setelah melemparkan keping-keping perak itu ke tempat suci, dia menyingkir, dan setelah pergi, dia menggantung diri.
  4. Dan para imam kepala, sambil mengambil keping-keping perak itu, mereka berkata, “Tidaklah sah untuk memasukkan uang ini ke dalam perbendaharaan, karena ini adalah harga darah.”
  5. Dan setelah mengambil kesepakatan, mereka membeli ladang tukang periuk dengan uang itu, sebagai pekuburan bagi orang-orang asing.

7. Yesaya menubuatkan bahwa Yesus Kristus akan dikurbankan sebagai Anak Domba Paskah Elohim

Nubuat:

Yesaya 53:7 (ILT) Dia ditindas dan dia disengsarakan, tetapi dia tidak membuka mulutnya. Seperti seekor domba dia digiring ke pembantaian, dan seperti induk domba, dia menjadi kelu di hadapan yang mengguntingi bulunya, demikianlah dia tidak membuka mulutnya.

Penggenapan:

1Korintus 5:7 (ILT) Sebab Kristus, Paskah kita pun, sudah dikurbankan ganti kita.

1Petrus 1:18-20 (ILT)

  1. Dengan mengetahui, bahwa kamu sudah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia, yang diwariskan oleh leluhurmu, bukan dengan barang yang fana, perak ataupun emas,
  2. melainkan dengan darah yang mahal, bagaikan anak domba yang tanpa cacat dan tanpa noda, yaitu Kristus,
  3. yang memang telah diketahui terlebih dahulu sebelum permulaan dunia, tetapi baru dinyatakan pada masa yang terakhir bagi kamu…

8. Yesaya juga menubuatkan pencambukan dan cemooh yang akan diderita oleh Messias

Nubuat:

Yesaya 50:6 (ILT) Aku telah memberikan punggungku kepada mereka yang memukul, dan pipiku untuk mereka yang menarik wajahku, aku tidak menyembunyikan wajahku dari aib dan ludah.

punggung-700

Penggenapan:

Matius 27:26-30 (ILT)

  1. Kemudian, dia membebaskan Barabas bagi mereka; dan setelah mencambuki Yesus, ia menyerahkan supaya Dia disalibkan.
  2. Kemudian para prajurit gubernur, setelah membawa Yesus ke markas, mereka mengumpulkan seluruh pasukan ke hadapan-Nya.
  3. Dan setelah menelanjangi Dia, mereka mengenakan jubah ungu kebesaran kepada-Nya.
  4. Dan setelah menganyam sebuah mahkota dari duri, mereka mengenakannya di atas kepala-Nya, dan sebatang buluh pada tangan kanan-Nya. Dan seraya berlutut di hadapan-Nya, mereka mengejek-Nya dengan berkata, “Salam, hai raja orang Yahudi!”
  5. Dan seraya meludah kepada-Nya, mereka mengambil buluh itu dan memukuli pada kepala-Nya.

9. Yesaya dan Daud menubuatkan bahwa tubuh Yesus akan begitu rusaknya karena luka dan penderitaan

Nubuat:

Yesaya 52:14 (ILT) Ketika banyak orang tertegun atasmu, -keburukan rupanya lebih daripada manusia mana pun, dan keburukan bentuknya lebih daripada anak manusia.

Mazmur 22:18 (TB) Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku.

buruk-700

Penggenapan:

Matius 27:26 (ILT) … dan setelah mencambuki Yesus, ia menyerahkan supaya Dia disalibkan.

Yohanes 19:1 (ILT) Oleh karena itu kemudian, Pilatus membawa Yesus dan mencambuk-Nya.

10. Daud menubuatkan cela dan penghinaan yang akan diderita Yesus, dijatuhi hukuman sebagai seorang penjahat

Nubuat:

Mazmur 69:10,20,21(ILT)

  1. … dan celaan dari orang yang mencela Engkau telah menimpa diriku.
  1. Engkau mengetahui aibku dan rasa maluku, dan kehinaanku; semua musuhku berada di hadapan-Mu.
  2. Celaan itu telah meremukkan hatiku, dan aku menjadi lemah; maka aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, dan para penghibur, tetapi aku tidak mendapatkan.

Penggenapan:

Matius 26:55,66 (ILT)

  1. Pada waktu itu Yesus berkata kepada kerumunan orang itu, “Seperti terhadap penyamunkah kamu keluar dengan pedang dan kayu untuk menangkap Aku?
  1. Dan seraya menanggapi, mereka berkata, “Dia layak mati!”

11. Daud juga menubuatkan bahwa saksi-saksi palsu akan bersaksi melawan Messias

Nubuat:

Mazmur 35:11 (ILT) Saksi-saksi yang sangat jahat bangkit, mereka menanyai aku apa yang tidak aku ketahui.

Penggenapan:

Markus 14:55-57 (ILT)

  1. Dan para imam kepala dan seluruh Sanhedrin terus mencari kesaksian melawan Yesus untuk menghukum mati Dia; dan mereka tidak mendapatkannya.
  2. Sebab banyak orang memberikan kesaksian palsu melawan Dia, tetapi kesaksian-kesaksian itu tidaklah sesuai.
  3. Dan ada beberapa orang, seraya bangkit berdiri mereka memberikan kesaksian palsu melawan Dia sambil berkata,

12. Yesaya menubuatkan bahwa Yesus tidak akan berusaha membela diri-Nya sendiri di pengadilan

Nubuat:

Yesaya 53:7 (ILT) Dia ditindas dan dia disengsarakan, tetapi dia tidak membuka mulutnya. Seperti seekor domba dia digiring ke pembantaian, dan seperti induk domba, dia menjadi kelu di hadapan yang mengguntingi bulunya, demikianlah dia tidak membuka mulutnya.

jeshua-trial-700

Penggenapan:

Matius 27:13,14

  1. Kemudian berkatalah Pilatus kepada-Nya, “Tidakkah Engkau mendengar betapa banyak hal yang mereka persaksikan menentang-Mu?”
  2. Dan Dia tidak menjawab kepadanya, bahkan sepatah kata pun tidak, sehingga gubernur itu sangat heran.

13. Yesaya juga menubuatkan penyaliban Yesus Kristus sebagai kurban penebus dosa dunia

Nubuat:

Yesaya 53:4-6,10,11 (ILT)

  1. Sesungguhnya, dia telah menanggung penyakit dan penderitaan kita, dia telah memikulnya, tetapi kita menganggap dia kena kutuk, dihajar dan didera Elohim.
  2. Namun, dia ditikam karena pemberontakan kita, diremukkan karena kejahatan kita. Ganjaran demi keselamatan kita menimpa atasnya, dan melalui bilurnya dia telah menjadi kesembuhan bagi kita.
  3. Seperti domba, kita semua telah tersesat, kita masing-masing telah berbalik menurut jalannya sendiri, tetapi YAHWEH telah menimpakan kepadanya kejahatan kita semua.
  1. Namun YAHWEH berkehendak untuk meremukkannya, membuatnya sakit. Sekiranya dia menaruh jiwanya sebagai persembahan penghapus salah, dia akan melihat benihnya, dia akan memperpanjang hari-harinya, dan dalam tangannya kehendak YAHWEH akan berhasil.
  2. “Melalui jerih lelah jiwanya dia akan melihat, dia akan dipuaskan. Dalam pengetahuannya, hamba-Ku yang benar itu akan membenarkan banyak orang, dan dia akan menanggung kejahatan mereka.

yeshua-carry-cross-700

Penggenapan:

Yohanes 19:16-19 (ILT)

  1. Maka kemudian, Pilatus menyerahkan Dia kepada mereka supaya Dia disalibkan. Dan mereka menerima Yesus serta menggiring-Nya.
  2. Dan sambil memikul salib-Nya, Dia keluar menuju tempat yang disebut Tengkorak, yang dalam bahasa Ibrani disebut Golgota,
  3. tempat mereka menyalibkan Dia; dan bersama Dia ada dua orang lainnya, di sisi sini dan di sisi sana, dan Yesus di tengah-tengah.
  4. Dan Pilatus pun menuliskan sebuah prasasti serta meletakkannya di atas salib itu. Dan yang tertulis adalah: Yesus orang Nazaret, Raja Orang Yahudi.

14. Seperti yang telah dinubuatkan Yesaya, Dia terhitung di antara para penjahat

Nubuat:

Yesaya 53:12 (ILT) …dan dia telah terhitung bersama para pemberontak…

Penggenapan:

Lukas 23:32,33 (ILT)

  1. Dan ada juga dua orang penjahat yang lain, digiring bersama Dia untuk dihukum mati.
  2. Dan ketika mereka sampai di tempat yang disebut Tengkorak, di sana mereka menyalibkan Dia dan para penjahat itu, seorang di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.

15. Daud menubuatkan bahwa tangan-Nya dan kaki-Nya akan ditusuk

Nubuat:

Mazmur 22:17 (ILT) …karena anjing-anjing telah mengerumuni aku; segerombolan orang jahat telah mengepung aku; menusuk kedua tangan dan kakiku.

pierce-hand-700

Penggenapan:

Markus 15:25 (ILT) Dan saat itu jam ketiga, dan mereka telah menyalibkan Dia.

Yohanes 20:25-27 (ILT)

  1. Lalu murid-murid yang lain berkata kepadanya, “Kami telah melihat Tuhan.” Namun dia berkata kepada mereka, “Jika aku tidak melihat tanda paku di kedua tangan-Nya, dan mencucukkan jariku ke dalam tanda paku itu, serta mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, aku sekali-kali tidak akan percaya!”
  2. Dan setelah delapan hari, para murid-Nya ada di dalam rumah lagi, dan Tomas ada bersama mereka. Ketika pintu-pintu telah dikunci, Yesus datang dan berdiri di tengah-tengah, serta berkata, “Damai sejahtera bagimu!”
  3. Lalu Dia berkata kepada Tomas, “Ulurkanlah jarimu ke sini dan lihatlah kedua tangan-Ku, dan ulurkanlah tanganmu dan cucukkanlah ke dalam lambung-Ku; dan janganlah menjadi tidak percaya, tetapi percaya.”

16. Daud menubuatkan bahwa pakaian-Nya akan dibagi-bagi dan mereka akan membuang undi atas jubah-Nya

Nubuat:

Mazmur 22:19 (ILT) …mereka membagi-bagi jubahku di antara mereka, dan membuang undi untuk pakaianku.

Penggenapan:

Yohanes 19:24 (ILT) Lalu mereka berkata seorang terhadap yang lain, “Janganlah kita merobeknya, tetapi kita akan membuang undi atasnya, itu akan menjadi milik siapa.” Dengan demikian kitab suci dapat digenapi, yang mengatakan: “Mereka membagi-bagikan jubah-Ku di antara mereka, dan mereka melempar undi atas pakaian-Ku.” Memang kemudian, para prajurit itu telah melakukan hal-hal itu.

17. Dalam Mazmur yang lain, Daud menubuatkan bahwa mereka akan memberi Dia minum anggur asam/cuka

Nubuat:

Mazmur 69:22 (ILT) Mereka memberikan empedu dalam makananku, dan dalam kehausanku mereka memberikan cuka untuk diminum.

Penggenapan:

Matius 27:34 (ILT) …mereka memberi minum anggur asam yang telah dicampur dengan empedu kepada-Nya. Dan sesudah mengecapnya, Dia tidak mau minum.

18. Daud juga menubuatkan bahwa banyak orang akan memandangi Yesus selama penyaliban-Nya

Nubuat:

Mazmur 22:18 (ILT) … mereka memandang, mereka menatap aku,

Penggenapan:

Matius 27:36 (ILT) Dan sambil duduk, mereka menjaga Dia di sana.

Lukas 23:48 (TB) Dan sesudah seluruh orang banyak, yang datang berkerumun di situ untuk tontonan itu, melihat apa yang terjadi itu, pulanglah mereka…

19. Di antara mereka yang menyaksikan adalah keluarga Yesus dan teman-teman-Nya, yang akan berdiri di kejauhan

Nubuat:

Mazmur 38:12 (ILT) Kekasih-kekasihku dan sahabat-sahabatku menjauh karena tulah padaku; bahkan tetanggaku berdiri jauh dari padaku.

Penggenapan:

Lukas 23:49 (ILT) Dan semua orang yang mengenal Dia berdiri dari jauh, juga wanita-wanita yang menyertai Dia dari Galilea, ketika menyaksikan semuanya ini.

20. Semua orang yang menyaksikan Messias akan menggeleng-gelengkan kepalanya terhadap Dia

Nubuat:

Mazmur 22:8 (ILT) Semua orang yang melihatku menertawakan aku dengan ejekan; mereka membuka bibir; mereka menggeleng-gelengkan kepalanya, (ILT)

Mazmur 109:25 (ILT) Maka aku telah menjadi cercaan bagi mereka; mereka menatap kepadaku, sambil menggeleng-gelengkan kepalanya;

tontonan-700

Penggenapan:

Matius 27:39,40 (ILT)

  1. Dan, orang-orang yang sedang lewat menghujat Dia sambil menggeleng-gelengkan kepalanya
  2. serta berkata, “Engkau yang merobohkan tempat suci dan membangunnya dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu sendiri! Jika Engkau Anak Allah, turunlah dari salib itu!”

21. Bahkan kata-kata para pencemooh-Nya telah dinubuatkan oleh Daud

Nubuat:

Mazmur 22:9 (ILT) “Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya?”

Penggenapan:

Matius 27:43,44

  1. Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah.”
  2. Bahkan penyamun-penyamun yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela-Nya demikian juga. (TB)

22. Yesaya menubuatkan bahwa Yesus akan bersyafaat bagi para pendosa. Syafaat ini bahkan dilakukan-Nya pada saat penyaliban

Nubuat:

Yesaya 53:12 (ILT) …dan dia telah menanggung dosa orang banyak, dan dia bersyafaat bagi para pemberontak.”

Penggenapan:

Lukas 23:34 (ILT) Dan Yesus berkata, “Ya Bapa, ampunkanlah kepada mereka, sebab mereka tidak tahu mereka berbuat apa.” Dan mereka membuang undi untuk membagi jubah-Nya.

23. Daud menubuatkan ucapan-ucapan Yesus pada puncak penderitaan-Nya

Nubuat:

Mazmur 22:1 (ILT) Elohimku, Elohimku, mengapa Engkau meninggalkan aku, jauh dari keselamatanku, dan dari ucapan rintihanku?

buruk-700-2

Penggenapan:

Matius 27:46 (ILT) Dan kira-kira jam kesembilan Yesus berteriak dengan suara nyaring, sambil berkata, “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Yang artinya, “Elohim-Ku, Elohim-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?”

24. Zakharia menubuatkan bahwa tubuh-Nya akan ditikam dengan tombak

Nubuat:

Zakharia 12:10 (ILT) …Dan mereka akan memandang kepada-Ku yang telah mereka tikam; mereka akan meratap atasnya…

Penggenapan:

Yohanes 19:34,37 (ILT)

  1. Akan tetapi seorang dari para prajurit itu menikam lambung-Nya dengan sebuah tombak, dan seketika itu juga keluarlah darah dan air.
  1. Dan lagi, bagian lain kitab suci berkata: “Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam.”

25. Daud menubuatkan bahwa Messias akan menyerahkan Roh-Nya kepada Elohim

Nubuat:

Mazmur 31:6 (ILT) Ke dalam tangan-Mu aku menyerahkan rohku, Engkau telah menebusku, ya YAHWEH, Elohim kebenaran.

Penggenapan:

Lukas 23:46 (ILT) Dan, sambil berseru dengan suara nyaring, Yesus berkata, “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Aku menyerahkan Roh-Ku.” Dan sesudah mengatakan hal-hal itu, Dia menghembuskan napas-Nya.

26. Daud juga menubuatkan kata-kata terakhir Messias

Nubuat:

Mazmur 22:32 (ILT) Mereka akan datang dan akan mewartakan kebenaran-Nya kepada suatu bangsa yang akan dilahirkan, karena Dia telah menjadikannya.

Kata Ibraninya secara literal terbaca, “Karena sudah selesai.”

Penggenapan:

Yohanes 19:30 (TB) Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

27. Karena anak domba Paskah itu tidak boleh dipatahkan tulangnya, jadi tidak satu pun dari tulang Messias yang dipatahkan

Keluaran 12:46 (ILT) Haruslah itu dimakan di dalam sebuah rumah, engkau tidak boleh membawa keluar daging itu dari rumah; dan kamu tidak boleh mematahkan satu tulang pun dari padanya.

Nubuat:

Mazmur 34:21 (ILT) Dialah yang menjaga semua tulangnya, tidak satu pun dari padanya dipatahkan.

Penggenapan:

Yohanes 19:32,33,36 (TB)

  1. Lalu datanglah para prajurit dan benar-benar mematahkan kaki orang yang pertama dan orang yang lainnya yang disalibkan bersama Dia.
  2. Namun ketika tiba pada Yesus, saat mereka melihat Dia sudah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya.
  1. Sebab hal-hal itu telah terjadi supaya kitab suci dapat digenapi, “Tidak satu pun tulang-Nya akan dipatahkan.”

28. Penguburan-Nya di dalam makam orang kaya telah dinubatkan oleh Yesaya

Nubuat:

Yesaya 53:8,9 (ILT)

  1. Dia telah direnggut dari penahanan dan dari penghakiman, dan tentang generasi-Nya, siapakah yang akan memikirkan-Nya? Sebab Ia telah dilenyapkan dari negeri orang yang hidup. Oleh karena pemberontakan bangsa-Ku, tulah itu menimpa atas-Nya.
  2. Dan dia menetapkan kematian-Nya bersama orang-orang fasik, dan kubur-Nya bersama orang kaya, karena Dia tidak melakukan kekerasan, dan tipu daya tidak ada di dalam mulut-Nya.

Penggenapan:

Matius 27:57-60 (ILT)

  1. Dan ketika menjelang malam, datanglah seorang kaya dari Arimatea, bernama Yusuf, yang ia sendiri juga telah menjadi murid Yesus.
  2. Setelah menghadap kepada Pilatus, ia meminta jenazah Yesus. Kemudian, Pilatus memerintahkan agar jenazah itu diberikan.
  3. Dan setelah mengambil jenazah itu, Yusuf membungkus-Nya dengan kain linen yang bersih,
  4. dan dia membaringkan-Nya di dalam kuburnya yang baru, yang telah dia gali pada bukit batu. Dan setelah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu, pergilah dia.

Note:

Probabilitas atau kemungkinan satu orang manusia bisa menggenapi 12 nubuat, peluangnya hanyalah 1 kesempatan dari 12 milyar milyar milyar kemungkinan (1:12.000.000.000.000.000.000.000.000.000). Perhitungan lengkapnya bisa Anda baca pada artikel : 350 Nubuat Alkitab yang Digenapi Yesus Kristus

Baca:

Misteri di Seputar Pembukaan Makam Kristus: Radiasi Ilahi dari Peristiwa Kebangkitan?

Bukti Sejarah Kehidupan, Kematian dan Kebangkitan Yesus Kristus dari Sumber Luar Alkitab

Iklan