Ada banyak kesamaan antara tulah-tulah yang didatangkan Elohim untuk memukul Mesir dalam peristiwa Eksodus bangsa Israel, dengan malapetaka-malapetaka yang terjadi dalam Masa Tribulasi. Korelasi ini memang disengaja dan merupakan indikasi adanya hubungan antara fakta-fakta yang tercatat dari sejarah masa lalu dengan fakta-fakta yang dinubuatkan mengenai Akhir Zaman:

  1. Tulah-tulah Nyata – Sama seperti tulah-tulah di Mesir merupakan peristiwa historis dan nyata, maka malapetaka-malapetaka pada masa Tribulasi juga akan terjadi seperti itu.
  2. Pencobaan bagi Mereka yang Tidak Bertobat – Pukulan-pukulan Elohim terhadap Firaun dan rakyat Mesir yang menolak untuk bertobat dengan mengeraskan hatinya.

Keluaran 7:13 (ILT) Namun, hati Firaun dikeraskan, dan dia tidak mendengarkan mereka, seperti yang telah YAHWEH firmankan.

Keluaran 7:23 (ILT) Lalu Firaun berpaling dan pergi ke istananya, dan dia tidak mau memerhatikan hal itu juga.

Keluaran 8:15 (ILT) Dan Firaun melihat bahwa telah datang kelegaan, namun dia membuat hatinya berat, dan dia tidak mendengarkan mereka, seperti YAHWEH telah berfirman.

Keluaran 8:19 (ILT) Dan penyihir itu berkata kepada Firaun, “Itulah jari Elohim.” Namun hati Firaun menjadi keras, ia tidak mau mendengarkan mereka, seperti yang telah YAHWEH firmankan.

Keluaran 8:32 (ILT) Dan kali ini pun, Firaun tetap mengeraskan hatinya, dan dia tidak melepaskan umat itu pergi.

Keluaran 9:34 (ILT) Dan Firaun melihat bahwa hujan, hujan es, dan gemuruh telah berhenti, tetapi dia masih menambah dosanya, dan dia mengeraskan hatinya, dia maupun hamba-hambanya.

Keluaran 9:35 (ILT) Dan hati Firaun menjadi keras, dan dia tidak melepaskan bani Israel pergi, seperti YAHWEH telah berfirman melalui perantaraan Musa.

Sama seperti Firaun Mesir yang menolak untuk bertobat dengan mengeraskan hatinya, demikian juga penduduk bumi akan menolak untuk bertobat selama Masa Tribulasi:

Wahyu 9:20 (ILT) Namun sisa manusia yang tidak terbunuh oleh bencana-bencana itu, mereka bahkan tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan tangan mereka, bahwa mereka tidak boleh menyembah setan-setan, dan berhala-berhala emas, dan perak, dan perunggu dan batu dan kayu yang bahkan tidak mampu baik untuk melihat, maupun mendengar ataupun berjalan.

Wahyu 9:21 (ILT) Dan mereka tidak bertobat dari pembunuhan-pembunuhan mereka, maupun dari sihir-sihir mereka, maupun dari percabulan mereka, atau dari pencurian-pencurian mereka.

Wahyu 16:9 (ILT) Dan manusia terbakar oleh panas yang dahsyat, dan mereka menghujat Nama Elohim yang mempunyai otoritas atas bencana-bencana itu, tetapi mereka tidak bertobat untuk memberikan kemuliaan kepada-Nya.

Wahyu 16:11 (ILT) Dan mereka menghujat Elohim di surga oleh karena rasa sakit mereka dan oleh karena luka-luka mereka, tetapi mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan mereka.

Wahyu 16:21 (ILT) Dan hujan es yang besar, seukuran satu talenta, jatuh dari langit ke atas manusia, dan manusia menghujat Elohim karena bencana hujan es itu, sebab sangat besarlah bencananya.

Tulah-tulah ini dimaksudkan untuk mencobai musuh-musuh Elohim yang menunjukkan kekerasan hati mereka.

Wahyu 3:10 (IMB) Karena engkau telah memelihara firman-Ku untuk tetap tabah, maka Aku juga akan melindungi engkau dari masa pencobaan yang akan segera datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang tinggal di bumi.

Dalam seluruh peristiwa-peristiwa penghakiman mereka, Elohim mendapatkan kemuliaan dan kemasyhuran atas seluruh bumi.

Keluaran 7:5 (IMB) Dan orang-orang Mesir akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, apabila Aku mengacungkan tangan-Ku terhadap Mesir, dan membawa bani Israel keluar dari tengah-tengah mereka.”

Keluaran 9:16 (IMB) Sesungguhnya, dalam hal ini Aku telah menempatkanmu untuk melihat kuasa-Ku, supaya Nama-Ku dapat dinyatakan ke seluruh bumi;

Keluaran 11:9 (IMB) YAHWEH berfirman kepada Musa, “Firaun tidak akan mendengarkanmu, supaya mujizat-mujizat-Ku bertambah banyak di tanah Mesir.”

Roma 9:17 (ILT) Sebab kitab suci berkata kepada Firaun, “Untuk hal seperti inilah Aku membangkitkan kamu, supaya Aku dapat menunjukkan kuasa-Ku kepadamu, dan supaya Nama-Ku dimasyhurkan ke seluruh bumi.”

Penggenapan masa depan:

Wahyu 11:13 (ILT) Dan pada jam itu, terjadilah suatu gempa yang dahsyat dan sepersepuluh dari kota itu roboh, dan dalam gempa itu terbunuh tujuh ribu nama manusia. Dan yang selebihnya menjadi takut, dan mereka memberikan kemuliaan kepada Elohim surga.

Yehezkiel 38:22-23 (ILT) Dan Aku akan menghukumnya dengan tulah dan darah, dan hujan yang lebat, dan hujan batu. Aku akan menurunkan hujan api dan belerang atasnya, dan ke atas pasukan-pasukannya, dan ke atas banyak bangsa yang bersamanya. Dan Aku akan meninggikan diri-Ku sendiri dan menguduskan diri-Ku. Dan Aku akan dikenal di depan mata banyak bangsa, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH.”

Yehezkiel 39:7 (ILT) Aku akan memperkenalkan Nama kudus-Ku di tengah-tengah umat-Ku Israel. Dan Aku tidak akan membiarkan Nama kudus-Ku dicemarkan lagi. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, Yang Mahakudus ada di Israel.

  1. Mendirikan Kerajaan Theokrasi – Tulah-tulah di Mesir mengakibatkan dijungkirbalikkannya kerajaan Mesir (sistem duniawi) dan lahirnya kerajaan Theokrasi Israel. Malapetaka-malapetaka pada Masa Tribulasi akan berakibat penghancuran sistem Antikristus dan menghantar kepada Kerajaan Seribu Tahun yang merupakan pendirian pemerintahan Theokrasi kerajaan Elohim di bumi.

Daniel 2:44 (IMB) Dan pada zaman raja-raja ini, Elohim yang berkuasa akan mendirikan sebuah kerajaan yang tidak akan pernah dihancurkan. Kerajaan itu tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain. Kerajaan itu akan meremukkan berkeping-keping dan menghancurkan semua kerajaan, dan kerajaan itu sendiri akan berdiri selamanya.

Zakharia 14:9 Dan pada hari itu YAHWEH akan menjadi Raja atas seluruh bumi, YAHWEH-lah satu-satunya, dan Nama-Nya pun satu.

Ada persamaan nyata antara persiapan supernatural dalam berdirinya kerajaan di bawah pimpinan Musa, dengan penghakiman-penghakiman supernatural yang akan dicurahkan ke atas dunia yang memberontak dalam persiapan masa depan untuk Kerajaan Seribu Tahun dari pemerintahan Tuhan kita Yeshua haMashiach (Yesus Kristus) pada saat kedatangan-Nya kembali.

Akan ada perlawanan buruk yang sama terhadap Elohim yang benar dari pihak kekuasaan-kekuasaan di dunia, baik para pemimpin mereka maupun rakyatnya juga.

Mazmur 2:1-3 (IMB) Mengapa bangsa-bangsa mengamuk dan rakyat mereka-reka hal yang sia-sia? Raja-raja di bumi mempersiapkan diri dan para penguasa berhimpun bersama untuk menentang YAHWEH dan Yang Diurapi (Ibrani: Mashiach; Kristus)-Nya, “Marilah kita memutuskan belenggu-belenggu mereka dan mencampakkan tali-tali mereka dari kita!”

Akan ada tahapan-tahapan cepat dalam penghakiman-penghakiman hebat Elohim terhadap penduduk bumi, dan bahkan paralel dalam sifat-sifat penghakiman itu sendiri (antara tulah-tulah Mesir dengan Tribulasi).

Akan ada kemenangan besar yang sama seperti penghancuran Firaun beserta pasukannya, dengan penghancuran Antikristus beserta pasukannya dalam Perang Harmageddon.

Akan ada pembebasan besar yang sama seperti pembebasan bangsa Israel dari Mesir, dengan pembebasan orang-orang kudus dan benar dari sistem pemerintahan duniawi – Babel Besar – pemerintahan Antikristus (Wahyu 19:1-21).

Wahyu 19:1 (ILT) Dan setelah hal-hal ini, aku mendengar suara yang nyaring dari kerumunan orang banyak di dalam surga, yang mengatakan, “Halelu-YAH! Keselamatan dan kemuliaan dan hormat dan kuasa ada pada YAHWEH, Elohim kita,

Wahyu 19:6 (ILT) Dan aku mendengar seperti suara kerumunan orang banyak, dan seperti desau air bah, dan seperti bunyi guntur yang keras, yang mengatakan, “Halelu-YAH! Sebab YAHWEH, Elohim Penguasa Semesta, memerintah.

Akan ada keajaiban yang sama namun jauh lebih besar dari Eksodus bangsa Israel dari tanah Mesir melalui tengah-tengah Laut Merah, yakni Rapture Gereja – yang mengingatkan manusia akan supremasi YAHWEH dan kekalahan total dari semua orang-orang yang memberontak melawan Dia.

Akan ada nyanyian kemenangan lagi, yang disebut sebagai Nyanyian Musa (Keluaran 15:1-21) dan Nyanyian Anak Domba (Wahyu 15:2-4).

Wahyu 15:2-4 (ILT) Dan aku melihat sesuatu seperti laut kaca yang dicampur dengan api, dan mereka yang menang atas binatang buas itu dan atas ikonnya dan atas tandanya dan atas bilangan namanya, yang berdiri di atas laut kaca itu sambil memegang harpa Elohim. Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Elohim itu, dan nyanyian Anak Domba, seraya berkata, “Besar dan ajaiblah karya-karya-Mu, ya YAHWEH, Elohim Penguasa Semesta, adil dan benarlah jalan-jalan-Mu, Raja orang-orang kudus. Siapakah yang dapat sama sekali tidak takut akan Engkau dan memuliakan Nama-Mu, ya YAHWEH? Sebab hanya Engkaulah yang kudus, karena segala bangsa akan datang dan menyembah di hadapan Engkau, karena keadilan-Mu telah dinyatakan.”

Nyanyian Musa adalah nyanyian bangsa Israel ketika mereka telah dibebaskan YAHWEH dari Firaun dan pasukannya, sesudah melintasi Laut Merah (Keluaran 15:1-21).

Keluaran 15:1-3 (ILT) Kemudian Musa dan bani Israel menyanyikan lagu ini bagi YAHWEH, dan mereka berucap dengan mengatakan, “Aku akan bernyanyi bagi YAHWEH, sebab, Dia agung mulia. Dia telah melemparkan kuda dan penunggangnya ke dalam laut. YAHWEH itulah kekuatan dan kidungku, dan Dialah Keselamatan (Ibrani: Yeshuah)-ku. Dialah Elohimku dan aku akan memuliakan Dia. Elohim leluhurku dan aku akan meninggikan Dia. YAHWEH adalah pahlawan perang, YAHWEH Nama-Nya.

Berikut ini perbandingan paralel antara tulah-tulah Eksodus dengan malapetaka-malapetaka pada masa Tribulasi.

Perbandingan Tulah-tulah Mesir dengan Tribulasi

1. Air menjadi darah

Mesir:

Keluaran 7:20-21 (ILT) Dan Musa serta Harun berbuat demikian, seperti yang telah YAHWEH perintahkan. Dan dia mengangkat tongkat itu dan memukul air yang ada di sungai, di depan mata Firaun, dan di depan mata para hambanya. Dan seluruh air yang ada di sungai berubah menjadi darah. Dan matilah ikan di sungai, lalu sungai itu berbau busuk, dan orang-orang Mesir tidak dapat meminum air dari sungai Nil. Dan darah ada di seluruh tanah Mesir.

Mazmur 105:29 (ILT) Dia mengubah air menjadi darah, dan membunuh ikannya.

Mazmur 78:44 (ILT) Dia mengubah sungai-sungai mereka menjadi darah, dan mereka tidak dapat minum aliran-aliran sungainya.

Yashar 80:3-4 YAHWEH mengirim melalui tangan Aharon dan mengubah seluruh air di Mesir menjadi darah, dengan seluruh mata air dan sungai-sungai mereka. Dan ketika seorang Mesir datang untuk minum dan menimba air, dia melihat ke dalam buyungnya, dan lihatlah, seluruh air berubah menjadi darah. Dan ketika dia datang untuk minum dari pialanya, air di dalam piala itu menjadi darah.

Tribulasi:

Wahyu 8:8-9 (ILT) Dan malaikat yang kedua meniup sangkakalanya, dan sesuatu seperti gunung besar yang terbakar dengan api dilemparkan ke laut, dan sepertiga laut itu menjadi darah, dan dia mematikan sepertiga ciptaan yang mempunyai jiwa yang ada di laut, dan sepertiga kapal-kapal dihancurkan.

Wahyu 11:6 Mereka ini memiliki otoritas untuk menutup langit agar tidak mengirim hujan pada hari-hari mereka bernubuat dan mereka memiliki otoritas atas air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan berbagai bencana, sesering yang sekiranya mereka inginkan.

Wahyu 16:3-6 Dan malaikat yang kedua menumpahkan cawannya ke laut. Dan terjadilah darah seperti orang mati, dan matilah semua jiwa yang hidup di dalam laut itu. Dan malaikat yang ketiga menumpahkan cawannya ke sungai-sungai dan ke sumber-sumber air, dan terjadilah darah. Dan aku mendengar malaikat air itu yang berkata, “Engkau adil, ya YAHWEH, Yang Ada, Yang Telah Ada dan Yang Akan Datang, karena Engkau telah menghakimi hal-hal ini; sebab mereka menumpahkan darah orang-orang kudus dan para nabi, dan Engkau telah memberikan darah kepada mereka untuk minum, sebab mereka itu pantas.”

2. Katak

Mesir:

Keluaran 8:6 (ILT) Dan Harun mengulurkan tangannya ke atas segala air di Mesir; dan katak-katak pun bermunculan dan menutupi tanah Mesir.

Mazmur 105:30 (ILT) Katak mengerumuni negeri mereka, dalam kamar-kamar raja mereka.

Mazmur 78:45 (ILT) Dia mengirim lalat pikat melawan mereka, dan lalat-lalat itu melahap mereka; juga katak, sehingga mengganggu mereka.

Yashar 80:6 Dan YAHWEH mengirim kembali dan menyebabkan semua air mereka mengeluarkan katak-katak. Dan seluruh katak masuk ke dalam rumah-rumah orang Mesir.

Tribulasi:

Wahyu 16:13-14 (ILT) Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang buas dan dari mulut nabi palsu itu tiga roh najis serupa katak, agar pergi kepada raja-raja bumi dan seluruh bumi yang didiami untuk mengumpulkan mereka ke dalam peperangan hari itu, hari besar Elohim Penguasa Semesta, karena mereka adalah roh-roh setan yang mengadakan tanda-tanda.

Meski bukan tulah serbuan katak-katak secara fisik, representasi roh-roh najis yang seperti katak tidak diragukan lagi dimaksudkan sebagai pengingat akan tulah katak di Eksodus. Roh-roh najis serupa katak ini bergerak ke seluruh penjuru bumi untuk menyatukan raja-raja bumi dan penduduk bumi untuk peperangan pada Hari YAHWEH di Harmageddon.

3. Kutu

Mesir:

Keluaran 8:17 (ILT) Dan mereka berbuat demikian, lalu Harun pun mengulurkan tongkatnya dengan tangannya dan memukul debu tanah, dan kutu-kutu itu hinggap pada manusia dan pada binatang. Semua debu tanah menjadi kutu di seluruh tanah Mesir.

Mazmur 105:31 (ILT) Dia berfirman dan datanglah lalat pikat, dan kutu di seluruh perbatasan mereka.

Yashar 80:10-11 Dia mengirim dan memukul debu mereka menjadi kutu. Dan kutu-kutu di Mesir berubah menjadi setinggi dua hasta dari tanah. Kutu-kutu ini juga sangat banyak, pada daging manusia dan binatang, di semua penduduk Mesir, juga atas raja dan ratu, YAHWEH mengirim kutu. Dan itu sangat menyusahkan Mesir karena kutu ini.

Tribulasi:

Wahyu 11:6 (IMB) Mereka ini (dua saksi Elohim) memiliki kuasa untuk menutup langit agar tidak menurunkan hujan pada hari-hari mereka bernubuat, juga memiliki kuasa untuk mengubah air menjadi darah dan untuk memukul bumi dengan berbagai bencana, sesering yang mereka inginkan.

Meskipun tidak secara khusus disebutkan, namun tulah kutu kemungkinan termasuk salah satu malapetaka yang akan didatangkan oleh kedua saksi Elohim tersebut.

4. Lalat

Mesir:

Keluaran 8:24 (ILT) Dan YAHWEH berbuat demikian. Dan kerumunan lalat itu memasuki istana Firaun dan rumah para hambanya, dan di seluruh tanah Mesir negeri itu digerogoti oleh kerumunan lalat itu.

Mazmur 105:31 (ILT) Dia berfirman dan datanglah lalat pikat, dan kutu di seluruh perbatasan mereka.

Mazmur 78:45 Dia mengirim lalat pikat melawan mereka, dan lalat-lalat itu melahap mereka; juga katak, sehingga mengganggu mereka.

Yashar 80:15-17 Lalat, lebah, kutu busuk, serangga dan agas, masing-masing berkeriapan sesuai jenisnya. Segala jenis reptil dan binatang bersayap menurut jenisnya datang ke Mesir dan sangat menyusahkan orang Mesir. Kutu busuk dan lalat masuk ke mata dan telinga orang Mesir.

Tribulasi:

Wahyu 11:6 (IMB) Mereka ini memiliki kuasa untuk menutup langit agar tidak menurunkan hujan pada hari-hari mereka bernubuat, juga memiliki kuasa untuk mengubah air menjadi darah dan untuk memukul bumi dengan berbagai bencana, sesering yang mereka inginkan.

Meskipun tidak secara khusus disebutkan, namun tulah lalat kemungkinan termasuk salah satu malapetaka yang akan didatangkan oleh kedua saksi Elohim tersebut.

5. Sumber makanan (ternak dan panenan) dimusnahkan

Mesir:

Keluaran 9:6 (ILT) Dan pada esok harinya, YAHWEH melakukan hal ini, dan seluruh ternak orang Mesir mati, tetapi dari ternak bani Israel tidak seekor pun mati.

Mazmur 78:47-48 (TB) Ia mematikan pohon anggur mereka dengan hujan batu (Ibrani: barad), dan pohon-pohon ara mereka dengan embun beku; Dia menyerahkan kawanan sapi mereka pada hujan batu (barad), dan kawanan domba mereka pada kilatan halilintar.

Yashar 80:24-26 Elohim mengirim wabah, dan wabah merasuki Mesir, pada kuda-kuda dan keledai-keledai, dan pada unta-unta, pada kawanan lembu sapi dan domba dan pada manusia. Ketika orang Mesir bangun pagi-pagi sekali untuk membawa ternak mereka untuk digembalakan, mereka mendapati seluruh ternak mereka mati. Di sana tersisa dari ternak orang Mesir hanya satu dari sepuluh, namun dari ternak milik Yisrael di Goshen tidak satu pun yang mati.

Tribulasi:

Wahyu 8:9 (AYT) maka sepertiga dari makhluk yang berada di laut dan memiliki hidup menjadi mati, dan sepertiga dari kapal dihancurkan.

Ini bukan korelasi langsung, tetapi serupa. Dalam kedua kasus tersebut, sumber makanan dari musuh-musuh Elohim dihancurkan. Dalam penghakiman lain, hasil panenan juga dihancurkan.

Wahyu 8:7 (ILT) Dan malaikat yang pertama meniup sangkakalanya, dan terjadilah hujan es dan api yang bercampur dengan darah, dan itu dilemparkan ke bumi, dan sepertiga pepohonan terbakar musnah, dan semua rumput (Yunani: chortos) hijau terbakar musnah.

Kata “rumput” pada ayat di atas menggunakan bahasa Yunani “chortos“, yang artinya: tempat dimana rerumputan tumbuh dan hewan-hewan merumput, padang rumput, rumput, dedaunan, jerami, makanan hewan, rumput hijau, tanaman panenan, tumbuh-tumbuhan.

Keluaran 9:22-25 (ILT) Dan berfirmanlah YAHWEH kepada Musa, “Arahkanlah tanganmu ke langit supaya terjadilah hujan batu (Ibrani: barad) di seluruh tanah Mesir, pada manusia dan pada ternak dan pada setiap tumbuhan di padang di tanah Mesir.” … Dan hujan batu (barad) membinasakan segala sesuatu yang ada di padang di seluruh tanah Mesir, dari manusia bahkan sampai ternak. Dan hujan juga melanda setiap tanaman di padang dan memorak-porandakan setiap pohon di padang.

Mazmur 105:32-33 (ILT) Dia menurunkan hujan batu (barad) bagi mereka, nyala api di negeri mereka. Dia menghancurkan pohon-pohon anggur mereka, dan pohon-pohon ara mereka; dan mematahkan pepohonan di perbatasan mereka.

Yashar 80:30-32 YAHWEH mengirim hujan batu yang sangat dahsyat, yang menghantam tanaman-tanaman anggur mereka dan menghancurkan pohon buah-buahan mereka dan mengeringkannya hingga tumbang. Juga setiap tumbuhan hijau mengering dan binasa, karena campuran api turun bersamaan di tengah-tengah hujan batu, sehingga hujan batu dan api menghabiskan segala sesuatu. Juga manusia dan binatang yang ditemui di padang binasa oleh nyala api dan oleh hujan batu, dan semua singa-singa muda kelelahan.

6. Bisul atau borok

Mesir:

Keluaran 9:10-11 (ILT) Lalu, mereka mengambil jelaga dari tungku, dan berdiri di depan Firaun; dan Musa menghamburkannya ke udara, dan jelaga itu menjadi sebuah bisul yang melepuh pecah menyebar pada manusia dan pada ternak. Dan para penyihir itu tidak mampu bertahan dari bisul itu di hadapan Musa, karena bisul itu ada pada mereka dan semua orang Mesir.

Yashar 80:27-28 Elohim mengirim peradangan yang membakar tubuh orang Mesir, yang pecah di kulit mereka. Dan itu menjadi sangat gatal pada semua orang Mesir mulai dari telapak kaki hingga ke batok kepala mereka. Dan banyak borok di tubuh mereka, sehingga tubuh mereka rusak hingga menjadi busuk dan berbau.

Tribulasi:

Wahyu 16:2 (ILT) Dan yang pertama pergi dan menumpahkan cawannya ke atas bumi. Dan terjadilah borok yang buruk dan jahat pada manusia yang mempunyai tanda binatang buas itu dan mereka yang menyembah kepada ikonnya.

Wahyu 16:11 (AYT) dan menghujat Elohim yang di surga karena rasa sakit dan bisul-bisul mereka; tetapi mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan mereka.

7. Hujan es atau hujan batu dan api

Mesir:

Keluaran 9:23-24 (ILT) Lalu Musa mengacungkan tongkatnya ke langit, dan YAHWEH menurunkan guntur dan hujan batu (Ibrani: barad), dan api pun menyambar ke bumi, dan YAHWEH menurunkan hujan batu (barad) di tanah Mesir. Dan turunlah hujan batu (barad) dan api yang berkilat-kilat di tengah-tengah hujan batu (barad), sangat dahsyat, yang seperti itu belum pernah terjadi di seluruh negeri orang Mesir sejak mereka menjadi suatu bangsa.

Mazmur 105:32 (ILT) Dia menurunkan hujan batu (barad) bagi mereka, nyala api di negeri mereka.

Mazmur 78:47-48 (TB) Ia mematikan pohon anggur mereka dengan hujan batu (barad), dan pohon-pohon ara mereka dengan embun beku; Ia membiarkan kawanan binatang mereka ditimpa hujan batu (barad), dan ternak mereka disambar halilintar;

Yashar 80:30-32 YAHWEH mengirim hujan batu yang sangat dahsyat, yang menghantam tanaman-tanaman anggur mereka dan menghancurkan pohon buah-buahan mereka dan mengeringkannya hingga tumbang. Juga setiap tumbuhan hijau mengering dan binasa, karena campuran api turun bersamaan di tengah-tengah hujan batu, sehingga hujan batu dan api menghabiskan segala sesuatu. Juga manusia dan binatang yang ditemui di padang binasa oleh nyala api dan oleh hujan batu, dan semua singa-singa muda kelelahan.

Tribulasi:

Wahyu 8:7 (ILT) Dan malaikat yang pertama meniup sangkakalanya, dan terjadilah hujan es (Yunani: chalaza: hujan batu) dan api yang bercampur dengan darah, dan itu dilemparkan ke bumi, dan sepertiga pepohonan terbakar musnah, dan semua rumput hijau terbakar musnah.

Wahyu 16:21 (ILT) Dan hujan es (chalaza; hujan batu) yang besar, seukuran satu talenta, jatuh dari langit ke atas manusia, dan manusia menghujat Elohim karena bencana hujan es (chalaza; hujan batu) itu, sebab sangat besarlah bencananya.

Ayat paralel yang berhubungan dengan peristiwa yang sama (Perang Harmageddon atau Gog dan Magog):

Yehezkiel 38:22 (ILT) Dan Aku akan menghukumnya dengan tulah dan darah, dan hujan yang lebat, dan hujan batu (Ibrani: ve’avnei Elgavish; hujan batu-batu besar). Aku akan menurunkan hujan api dan belerang atasnya, dan ke atas pasukan-pasukannya, dan ke atas banyak bangsa yang bersamanya.

Kata Ibrani “Elgavish” secara literal artinya: “kristal-kristal Elohim” atau “mutiara-mutiara Elohim“, yakni batu-batu besar dari angkasa yang akan berjatuhan menghujani musuh-musuh Elohim sampai musnah.

8. Belalang

Mesir:

Keluaran 10:13-14 (ILT) Dan Musa mengulurkan tongkatnya ke atas tanah Mesir. Maka YAHWEH membawa angin timur ke atas negeri itu sepanjang siang dan sepanjang malam itu hingga pagi, dan angin timur itu membawa belalang. Dan belalang itu bermunculan menyelimuti seluruh tanah Mesir, dan hinggap di seluruh wilayah Mesir, luar biasa banyaknya. Sebelumnya tidak pernah ada belalang seperti yang demikian, dan sesudahnya pun tidak akan ada lagi yang demikian.

Mazmur 105:34-35 (ILT) Dia berfirman dan datanglah belalang, dan ulat yang tidak terbilang jumlahnya: dan mereka memakan semua tanaman di negeri mereka, dan memakan buah-buahan di tanah mereka.

Mazmur 78:46 Dia juga memberikan tanaman mereka pada belalang pelahap; dan hasil jerih payah mereka pada belalang.

Yashar 80:33 Dan YAHWEH mengirim dan mendatangkan sejumlah besar belalang ke Mesir, Chasel, Salom, Chargol, dan Chagole, belalang masing-masing menurut jenisnya, yang memakan habis segala sesuatu yang disisakan oleh hujan batu.

Tribulasi:

Wahyu 9:3-10 (ILT) Dan dari asap itu keluarlah belalang-belalang ke bumi. Dan kepada mereka diberikan wewenang sebagaimana kalajengking-kalajengking di bumi memiliki wewenang; … Dan wujud belalang-belalang itu adalah serupa kuda-kuda yang dipersiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka seperti ada mahkota serupa emas dan wajah-wajah mereka seperti wajah-wajah manusia. Dan mereka mempunyai rambut seperti rambut wanita dan gigi mereka seperti gigi singa. Dan mereka mempunyai tutup dada seperti tutup dada dari besi; dan bunyi sayap-sayap mereka seperti bunyi kereta-kereta kuda dengan banyak kuda yang berpacu menuju peperangan. Dan mereka mempunyai ekor serupa kalajengking dan ada sengat-sengat pada ekornya dan wewenang mereka adalah untuk menyakiti manusia selama lima bulan.

Ayat pararel yang berhubungan:

Yoel 1:4-12 (ILT) Sisa ulat pengerip, belalang pengeriap memakannya; sisa belalang pengeriap, belalang perayap memakannya; sisa belalang perayap, belalang penggundul memakannya. … Sebab, suatu bangsa telah datang ke negeriku, kuat dan tidak terhitung jumlahnya giginya gigi seekor singa, dan dia memiliki taring seekor singa betina. Dia telah membuat pohon anggurku menjadi rusak, dan pohon araku menjadi potongan-potongan. Dia mengupas habis dan melemparkan kulitnya, cabang-cabangnya menjadi putih. … Ladang-ladang telah dirusak, tanah telah berkabung; karena biji-bijian telah dihancurkan, tunas pohon anggur telah menjadi kering, tunas pohon penghasil minyak telah dijadikan layu. Menjadi malulah hai para petani mengeranglah hai pengurus kebun anggur, karena ladang panenan gandum dan jelai telah musnah. Tanaman anggur telah menjadi kering dan pohon ara telah dijadikan layu; pohon delima, juga pohon kurma dan pohon apel, seluruh ladang pohon-pohonan telah menjadi kering, karena kegembiraan anak-anak manusia telah berakhir.

9. Kegelapan

Mesir:

Keluaran 10:22-23 (ILT) Dan Musa pun mengarahkan tangannya ke langit, dan gelap gulita menyelimuti seluruh tanah Mesir selama tiga hari. Mereka tidak dapat melihat seorang terhadap saudaranya, dan mereka masing-masing tidak dapat beranjak dari tempatnya tiga hari lamanya. Tetapi untuk seluruh bani Israel ada terang di tempat tinggalnya.

Mazmur 105:28 (ILT) Dia mengirimkan kegelapan dan membuatnya gelap; dan mereka tidak taat terhadap firman-Nya.

Yashar 80:36,40 Elohim mengirimkan kegelapan atas Mesir, sehingga seluruh tanah Mesir dan Pathros menjadi gelap selama tiga hari, sehingga seorang manusia tidak bisa melihat tangannya ketika dia mengangkatnya ke mulutnya. Kegelapan itu sangat dahsyat di Mesir selama tiga hari, dan setiap orang yang sedang berdiri ketika kegelapan datang, tetap berdiri di tempatnya. Dan dia yang sedang duduk tetap duduk, dan dia yang sedang berbaring tetap berbaring dalam posisi yang sama. Dan dia yang sedang berjalan tetap duduk di atas tanah di tempat yang sama. Hal ini terjadi kepada semua orang Mesir, hingga kegelapan berlalu.

Tribulasi:

Wahyu 8:12 (ILT) Dan malaikat keempat meniup sangkakalanya, dan terpukullah sepertiga dari matahari dan sepertiga dari bulan dan sepertiga dari bintang-bintang, sehingga sepertiga dari mereka menjadi gelap, dan siang sepertiganya tidak akan terang, dan seperti itu pula malam.

Wahyu 9:2 (ILT) Dan dia membuka sumur abyssos itu, dan asap membubung dari lubang itu seperti asap dari tungku yang besar. Dan matahari dan angkasa dijadikan gelap karena asap dari lubang itu.

Wahyu 16:10 (ILT) Dan malaikat kelima menumpahkan cawannya ke atas takhta binatang buas itu. Dan terjadilah, kerajaannya itu menjadi gelap, dan mereka menggigit lidah mereka oleh karena rasa sakit.

Ayat-ayat pararel yang berhubungan dengan peristiwa yang sama di masa depan:

Yoel 2:10,31 (ILT) Di hadapan mereka, bumi berguncang, langit bergetar, matahari dan bulan telah menjadi gelap, dan bintang-bintang telah menarik kembali cahayanya. … Matahari akan berubah menjadi gelap, dan bulan menjadi darah, sebelum datangnya hari YAHWEH, yang dahsyat dan menakjubkan.

Yoel 3:15 (ILT) Matahari dan bulan telah menjadi gelap, dan bintang-bintang telah menarik kembali cahayanya.

Yesaya 13:10 (ILT) Sebab bintang-bintang di langit dan gugusan-gugusannya tidak dapat menyinarkan terangnya, matahari akan menjadi gelap pada waktu terbit dan bulan tidak memancarkan sinarnya.

Amos 8:9 (ILT) “Dan akan terjadi pada hari itu, firman Tuhan YAHWEH, bahwa Aku akan membuat matahari tenggelam pada waktu siang, dan Aku akan menggelapkan bumi pada waktu siang yang cerah.

Matius 24:29 (ILT) “Dan segera sesudah kesukaran hari-hari itu, matahari akan dijadikan gelap dan bulan tidak akan memberi cahayanya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan diguncangkan.

Markus 13:24 (ILT) “Namun, pada hari-hari itu, sesudah kesukaran itu, matahari akan digelapkan dan bulan tidak akan memberikan cahayanya.

Wahyu 6:12 Dan aku melihat, ketika Dia membuka meterai yang keenam, dan lihatlah: gempa besar terjadi, dan matahari menjadi hitam seperti karung yang terbuat dari rambut dan bulan menjadi seperti darah.

10. Kematian Anak Sulung

Mesir:

Keluaran 12:29 (ILT) Dan terjadilah pada tengah malam, maka YAHWEH memukul setiap anak sulung di tanah Mesir, mulai dari anak sulung Firaun yang duduk di takhtanya sampai anak sulung orang tawanan yang ada di dalam rumah penjara, juga setiap anak sulung hewan.

Mazmur 105:36 (ILT) Dia juga membunuh semua anak sulung di negeri mereka, buah sulung dari semua kekuatan mereka.

Mazmur 78:51 (ILT) Dan Dia menumpas semua anak sulung di Mesir, pangkal kekuatan di kemah-kemah Ham.

Yashar 80:43 Dan terjadilah di tengah malam, YAHWEH pergi di tengah-tengah Mesir, dan memukul semua anak sulung Mesir, mulai dari anak sulung manusia hingga anak sulung binatang.

Pada saat selesainya tulah-tulah di Mesir, Elohim membelah Laut Merah (Keluaran 14:21; Nehemia 9:11) yang memungkinkan bangsa Israel dibebaskan dari cengkeraman Firaun dan pergi meninggalkan Mesir menuju ke Gunung Sinai di mana Musa diberikan Torah dan kerajaan Theokrasi Israel didirikan.

Keluaran 19:6 (TB) Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel.”

Nehemia 9:11,13-14,20 (ILT) Dan Engkau membelah laut di hadapan mereka dan mereka lewat di tengah-tengah laut di tanah yang kering, dan Engkau mencampakkan yang mengejar mereka ke dalam air yang dalam, seperti batu ke air yang dahsyat. Dan Engkau telah turun ke atas gunung Sinai, dan berbicara dengan mereka dari langit dan memberi mereka peraturan-peraturan yang adil dan hukum-hukum (Ibrani: Torah) yang benar, ketetapan-ketetapan, dan perintah-perintah yang baik. Dan Engkau menyatakan kepada mereka sabat kudus-Mu, dan perintah-perintah, dan ketetapan-ketetapan, dan hukum-hukum (Ibrani: Torah). Engkau memerintahkan kepada mereka dengan perantaraan Musa, hamba-Mu. Dan Engkau memberikan Roh-Mu yang baik untuk mengajar mereka. Dan Engkau tidak menahan manna-Mu dari mulut mereka, dan memberikan air kepada mereka dalam kehausan mereka.

Pada akhir Masa Tribulasi, orang-orang kudus dan benar akan dikumpulkan oleh kekuasaan ajaib yang sama.

Matius 24:29-30 (ILT) “Dan segera sesudah kesukaran (Yunani: thlipsis; tribulasi) pada hari-hari itu, … pada waktu itu tanda Anak Manusia akan tampak di langit, dan kemudian semua suku-suku di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia ketika datang di atas awan di langit dengan kuasa dan kemuliaan yang besar. Dan Dia akan mengutus para malaikat-Nya dengan bunyi sangkakala yang membahana, dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru mata angin, dari ujung langit sampai ke ujungnya.

Yesaya 11:11-16 (ILT) Dan akan terjadi pada hari itu, Tuhan akan menggerakkan lagi tangan-Nya untuk kedua kalinya, untuk memulihkan sisa umat-Nya yang tertinggal dari Ashur, dan dari Mesir, dan dari Patros, dan dari Etiopia, dan dari Persia, dan dari Sinear, dan dari Hamat, dan dari pulau-pulau di laut. Dan Dia akan mengangkat sebuah panji bagi bangsa-bangsa, dan akan mengumpulkan orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda, yang terserak dari keempat penjuru bumi. … Dan YAHWEH akan benar-benar membelah lidah laut Mesir, dan Dia telah mengayunkan tangan-Nya di atas sungai itu, dalam deru angin-Nya, dan memukulnya menjadi tujuh batang air, dan membuat manusia menginjak-injak dengan kasutnya. Dan di sana akan ada jalan raya bagi sisa umat-Nya, yang tertinggal di Ashur, seperti itu telah terjadi pada Israel pada hari perjalanannya dari tanah Mesir.

Zakharia 10:8-12 (ILT) Aku akan bersuit bagi mereka, dan Aku akan mengumpulkan mereka, karena Aku telah menebus mereka. Dan mereka akan menjadi banyak, sebagaimana mereka telah menjadi banyak. … Dan Aku akan membawa mereka pulang dari tanah Mesir, dan dari Ashur Aku akan mengumpulkan mereka. Dan Aku akan membawa mereka masuk ke tanah Gilead dan Libanon, sehingga tidak lagi ditemukan tempat bagi mereka. Dan dia akan menyeberang melewati laut kesukaran, dan dia akan menerjang gelombang-gelombang di laut; dan dia akan membuat kering seluruh kedalaman sungai Nil, dan keangkuhan Ashur akan diruntuhkan dan dia akan menyingkirkan tongkat kekuasaan Mesir. Dan Aku akan membuat mereka kuat di dalam YAHWEH; dan mereka akan berjalan ke sana kemari di dalam Nama-Nya,” firman YAHWEH.

Hasil akhirnya adalah berdirinya Kerajaan Seribu Tahun di bumi (Wahyu 20:4-6).

Wahyu 20:4-6 (ILT) Dan aku melihat takhta-takhta dan mereka yang duduk di atasnya -dan penghakiman telah diberikan kepada mereka- dan jiwa-jiwa mereka yang dipenggal karena kesaksian YESUS dan karena firman Elohim, serta siapa pun yang tidak menyembah binatang buas itu maupun ikonnya dan tidak menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya. Dan mereka hidup dan memerintah bersama Kristus selama seribu tahun. Namun orang-orang mati yang selebihnya, mereka tidak hidup kembali sampai masa seribu tahun itu digenapi. Inilah kebangkitan pertama. Berbahagialah dan kuduslah dia yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama. Kematian kedua tidak mempunyai wewenang atas mereka. Namun mereka akan menjadi imam-imam Elohim dan Kristus, dan mereka akan memerintah bersama-Nya selama seribu tahun.

Daniel 7:18,27 (ILT) Tetapi, orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi akan menerima kerajaan dan memiliki kerajaan itu selama-lamanya, bahkan kekal selama-lamanya. Pemerintahan, kekuasaan, dan kebesaran kerajaan di bawah seru segenap langit akan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi, kerajaan-Nya adalah kerajaan yang kekal. Dan segala kekuasaan akan melayani dan patuh kepada-Nya.

Baca:

Papyrus Ipuwer: Tulisan Mesir Kuno tentang Peristiwa Tulah-tulah Eksodus

Kebenaran Peristiwa Eksodus Diteguhkan oleh Dokumen Historis Mesir Kuno

Planet X: Siklus Bencana Atlantis, Banjir Besar, Tulah-tulah Eksodus, Naga Merah dan Penggenapan Kitab Wahyu

Referensi:

Kitab Yashar

The Plagues of Egypt and the Tribulation

The Arrival of God’s Kingdom

Genesis and Revelation as Bookends